cara membuat email

4 Cara Membuat Email Baru yang Mudah dan Cepat

Ingin belajar cara membuat email baru di HP dan komputer? Simak artikel ini untuk langkah-langkah membuat email dengan mudah!

Bagaimana cara membuat email baru di perangkat Anda? Anda mungkin telah familiar dengan istilah email, terutama di era yang serba digital seperti saat ini.

Jika sebelumnya orang bertukar kabar atau mengirimkan dokumen melalui surat konvensional yang dikirim lewat layanan kantor pos, kini cara tersebut bisa menjadi lebih mudah.

Electronic mail atau surat elektronik memungkinkan setiap orang mengirimkan dokumen maupun surat secara praktis dan mudah, kapan pun dan dimana pun.

Surat elektronik atau yang sering kita sebut email adalah media bertukar pesan yang menggunakan jaringan internet. Sehingga, aktivitas menggunakan email bisa dilakukan secara fleksibel asalkan terhubung ke jaringan internet.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini email tidak hanya digunakan sebagai media bertukar pesan saja. Alamat email kerap dibutuhkan sebagai persyaratan dalam berbagai platform lainnya.

Kini email layaknya tanda pengenal seperti nomor telepon yang bisa digunakan sebagai tanda verifikasi identitas, terutama ketika ingin membuat akun di platform lain.

Contohnya seperti Instagram, Facebook, Youtube, hingga marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada, membutuhkan alamat email untuk bisa membuat akun baru.

Ada beragam website yang menyediakan cara membuat email gratis dan banyak digunakan oleh masyarakat. Beberapa yang mungkin Anda ketahui adalah Yahoo Mail dan Gmail.

Yahoo Mail sempat populer pada tahun 1990-an. Pada era tersebut, Yahoo Mail adalah penyedia email gratis terbesar dengan beragam fitur seperti menyediakan storage gratis sebesar 1 TB.

Setelah itu, barulah muncul Gmail yang merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google, mesin pencari raksasa dan paling banyak digunakan di dunia.

Saat ini, Gmail adalah pemilik market share terbesar email gratis secara global. Pengguna Gmail telah mencapai lebih dari 2 milyar di dunia. Salah satu fitur yang disediakan adalah storage sebesar 15 GB.

Tidak hanya itu, akun Gmail Anda juga akan terhubung dengan berbagai layanan Google lainnya seperti Google Drive, Google Keep, Google Calendar, Youtube, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Gmail juga menawarkan kemudahan sinkronisasi di berbagai perangkat Android milik Anda. Dengan beragam fitur tersebut, tidak heran bahwa Gmail menjadi penyedia email gratis yang terbesari di dunia.

Lalu, bagaimana cara membuat email baru? Apa saja yang bisa didapatkan dengan cara membuat email? Simak pembahasan berikut ini.

cara membuat email

Mengapa Harus Membuat Email?

Sebelum beralih ke pembahasan tentang cara membuat email, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui manfaat apa saja yang akan diperoleh ketika membuat akun email.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menggunakan contoh Gmail sebagai penyedia email gratis untuk membahas keuntungan membuat akun email.

Dapat Mengakses Produk Google

Dengan cara membuat email, khususnya jika menggunakan Gmail, Anda akan mendapatkan akses ke berbagai produk Google lainnya seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheet, Google Form, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui, untuk mengakses produk Google tersebut Anda membutuhkan akun email. Memang ada beberapa produk yang bisa digunakan tanpa membuat akun, tetapi akan lebih leluasa dan optimal jika membuat akun.

Sehingga, tidak hanya mendapat fitur bertukar pesan seperti fungsi utama email, tetapi juga bisa mendapatkan fitur dari produk Google lainnya.

Gratis

Cara membuat akun email di Gmail dapat Anda lakukan secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan. Anda bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di smartphone dan langsung mendaftarkan akun baru.

Atau Anda bisa mengakses website Gmail melalui browser komputer atau laptop Anda, melakukan registrasi akun, dan langsung menggunakannya tanpa mengeluarkan biaya seperserpun.

Selain itu, untuk mengirimkan pesan juga tidak perlu mengeluarkan biaya. Jika dibandingkan dengan mengirim surat konvensional lewat kantor pos, penggunaan email jauh lebih ekonomis.

Pengelolaan Rapi

Salah satu kelebihan lain yang dimiliki penyedia email gratis Gmail adalah fitur label atau folder untuk setiap kategori email yang masuk maupun keluar.

Anda dapat mengatur susunan dan tampilannya sesuai dengan kebutuhan Anda , atau menambahkan label lain untuk menandai email tertentu.

Label atau folder ini fungsinya untuk mengkategorikan atau memisah antara email yang satu dan yang lain. Misalkan memisahkan email yang sudah dibaca atau belum dan memisahkan email spam.

Anda juga dapat memberi label email yang dikirim oleh media sosial yang terhubung dengan akun email Anda. Dengan cara membuat email teratur seperti ini, Anda akan lebih mudah membaca email yang masuk.

Kapasitas Besar

Gmail memberikan fasilitas ruang penyimpanan sebesar 15 GB yang dapat Anda gunakan secara gratis tanpa ada batasan waktu. Hanya dengan cara membuat email di layanan penyedia email Gmail, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan ini.

Angka tersebut lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai pesan dan file yang dikirim ke email Anda. Ruang penyimpanan ini juga terhubung ke berbagai produk Google lain seperti Google Photos dan Google Drive.

Artinya, file atau berkas foto, video, dokumen yang tersimpan di produk Google akan memakai ruang penyimpanan 15 GB tersebut. Bagaimana jika kapasitas tersebut dirasa kurang?

Anda dapat menambah ruang penyimpanan dengan mengupgrade akun ke versi premium dengan membayar sejumlah biaya tergantung besar kapasitas penyimpanan yang Anda pilih.

Sinkronisasi Chrome

Kelebihan yang satu ini akan sangat mempermudah Anda, terutama jika Anda terbiasa mengakses Google di dua perangkat, smartphone dan komputer.

Anda memang tidak perlu membuat akun Gmail terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Chrome. Namun, dengan cara membuat email di Gmail, Anda dapat menyinkronkan akun Google Anda dengan Chrome.

Dampaknya, semua data seperti riwayat pencarian dan bookmark halaman penting juga akan muncul meskipun Anda membuka Chrome di perangkat yang berbeda.

Jangkauan Luas

Karena email menggunakan jaringan internet, email dapat diakses dimana saja di seluruh dunia. Anda tetap dapat mengirim dan menerima pesan meskipun terpaut jarak sangat jauh.

Misalkan Anda ingin mengirim pesan ke teman Anda yang tinggal di Belanda, sedangkan Anda berada di Indonesia. Pesan tersebut tetap dapat tersampaikan dengan baik.

Jaringan internet akan menghilangkan batasan daerah atau region, sehingga jarak jauh tidak lagi berarti.

Nah, bagaimana cara membuat email? Ada dua cara yang bisa Anda ikuti, yaitu melalui smartphone dan komputer. Keduanya tidak berbeda jauh langkah-langkahnya.

Berikut ini adalah cara membuat email di tiga penyedia layanan email gratis yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Penyedia email gratis yang pertama adalah Gmail. Google Mail atau Gmail adalah salah satu produk Google. Penggunaannya yang luas membuat Gmail tidak hanya digunakan sebagai media pengiriman surat elektronik saja.

Gmail juga bisa digunakan sebagai identitas diri, strategi pemasaran, media mengembangkan bisnis, dan masih banyak lagi.

Ikuti langkah berikut untuk membuat email di Gmail.

Langkah pertama, silahkan kunjungi alamat berikut Sign Up Gmail kemudian klik Buat Akun untuk mendaftarkan akun email baru.

1

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman registrasi akun. Isi kolom nama nama depan dan nama belakang Anda. Kemudian pilih alamat email yang Anda inginkan.

Anda dapat menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Alamat email ini nantinya yang akan digunakan oleh orang lain apabila ingin mengirim email atau mendaftarkan akun di platform lain.

Jika sudah, buatlah password yang nantinya akan digunakan untuk mengakses atau login di akun Gmail Anda. Password terdiri dari minimal 8 karakter terdiri dari huruf, simbol, dan angka. Setelah itu klik Berikutnya untuk lanjut ke langkah selanjutnya.

2

Kolom selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi nomor telepon dan email pemulihan. Keduanya dapat digunakan nantinya sebagai alternatif apabila Anda lupa password atau keperluan verifikasi lainnya.

Nomor telepon dan email pemulihan bersifat opsional, Anda boleh melewatkannya. Kemudian isi kolom tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda. Isi juga kolom gender. Jika sudah, klik Berikutnya.

Selanjutnya, pada halaman Privasi dan Persyaratan, klik Saya Setuju untuk menyelesaikan pendaftaran akun.

Nah, selesai. Anda akan diarahkan ke halaman awal akun Gmail Anda. Pada tahap ini, akun Gmail Anda sudah siap digunakan.

Cara Membuat Email Baru di Yahoo Mail

Penyedia email gratis selanjutnya adalah Yahoo Mail. Layanan ini sempat populer di tahun 1990-an. Cara membuat email di Yahoo Mail juga cukup mudah, Anda hanya memerlukan beberapa langkah.

Produk Yahoo lainnya yang bisa Anda akses yaitu Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan lain lain. Berikut langkah-langkahnya.

Buka halaman Yahoo Mail di sini Sign Up Yahoo kemudian klik Sign Up yang berada di pojok kanan atas halaman. Kemudian akan muncul kolom informasi yang harus Anda lengkapi.

1

Isi nama depan dan nama belakang Anda. Kemudian tentukan alamat email yang Anda inginkan. Buat password atau kata sandi yang akan digunakan untuk login nantinya.

Kemudian masukkan nomor telepon Anda yang masih aktif untuk proses verifikasi dan pemulihan akun. Setelah itu, isi kolom tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda. Kolom gender bersifat opsional.

Jika sudah lengkap, klik Continue. Setelah itu, akan muncul instruksi untuk verifikasi menggunakan nomor telepon yang tadi Anda isikan.

Selesai, alamat email Yahoo Anda sudah bisa digunakan. Mudah bukan?

Cara Membuat Email Baru di Outlook

Ada satu penyedia email gratis lagi yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, yaitu Outlook. Penyedia email gratis ini adalah salah satu produk milik Microsoft.

Tidak hanya berfungsi untuk mengirim email, Outlook juga bisa Anda manfaatkan untuk kalender, pencatatan tugas, pembuatan catatan, pengelolaan kontak, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah cara membuat email di Outlook yang bisa Anda ikuti.

Pertama, buka halaman Outlook, kemudian klik Create free account untuk membuat akun email baru. Anda akan diminta membuat alamat email terlebih dahulu. Selain itu, Anda dapat memilih domain antara outlook.com atau hotmail.com. Klik Next.

1

Langkah selanjutnya adalah membuat kata sandi atau password untuk melindungi akun Anda. Jika sudah, klik Next.

2

Masukkan nama depan dan nama belakang Anda. Setelah itu klik Next untuk lanjut ke langkah berikutnya.

3

Pada kolom berikutnya, isi negara, tanggal, bulan, dan tahun lahir Anda. Klik Next untuk melanjutkan tahap registrasi.

4

Jika sudah, Anda akan diminta menyelesaikan teka-teki sebagai bentuk verifikasi bahwa Anda bukanlah robot. Setelah itu, proses pendaftaran akun telah selesai. Email Outlook Anda sudah aktif dan bisa digunakan.

Itulah beberapa cara membuat email menggunakan beberapa penyedia email gratis yang bisa Anda manfaatkan. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saat ini, email adalah salah satu hal krusial atau penting yang harus dimiliki oleh hampir seluruh orang. Tidak lagi berfungsi sebagai media pengiriman surat elektronik saja, email telah berkembang menjadi lebih kompleks dari pada itu.

Anda bisa menggunakan email sebagai bentuk identitas diri, hingga strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis Anda dengan beragamnya fitur email saat ini.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *