pexels miguel a padrinan 1591056 1

Strategi Optimasi SEO Website dan Blog Bagi Pemula

Kembangkan website dan blog yang dimiliki dengan optimasi SEO untuk mendapatkan ranking pertama di halaman pencarian.

Sebagai seorang blogger atau content writer tentunya memiliki tugas penting untuk membuat pembaca tertarik pada artikel yang disampaikan.

Caranya adalah memahami struktur konten dan memilih gaya bahasa yang mudah dipahami oleh target audience.

Di saat seseorang memahami isi artikel anda dengan baik, tentunya memiliki kebanggan sendiri saat anda mendapatkan apresiasi dari pembaca berupa komentar atau artikel dibagikan ke orang lain.

Semakin banyak kunjungan website yang datang dan dibagikannya artikel ke orang lain akan membantu meningkatkan ranking website dan blog anda ke pencarian teratas.

Karenanya berikut beberapa tips dan strategi untuk optimasi seo bagi website dan blog.

Apa Itu Optimasi SEO

Sudah menulis berbagai macam artikel namun website anda masih sulit menjangkau target audience yang diinginkan? Berarti inilah saatnya untuk mempelajari optimasi SEO.

Optimasi SEO sangatlah penting bagi semua penulis yang hendak meniti karir sebagai blogger atau mengembangkan website bagi sebuah perusahaan.

Hal ini dikarenakan optimasi SEO proses penggunaan teknik search engine optimization untuk meningkatkan ranking blog anda dalam pencarian organik.

Pada proses optimasi SEO blog dan website terdapat dua tujuan utama yang harus dicapai oleh kreator :

Pertama adalah memastikan mesin pencari dan menemukan serta memahami postingan blog anda, sehingga mereka dapat menyampaikannya ke pengguna internet yang mencari pencarian serupa.

Kedua adalah memastikan bahwa konten blog anda berkaitan dengan kebutuhan dan minat audience.

Teknik optimasi SEO yang digunakan di blog dan website sendiri memiliki kesemaan dengan strategi pengembangan konten yang digunakan pada saluran social media lainnya.

Dengan demikian, apabila anda sudah terbiasa menyusun strategi konten untuk social media, maka teknik ini tidak asing untuk pengembangan website.

kelebihan optimasi seo untuk blog dan website

Kelebihan Optimasi SEO Untuk Website dan Blog

Meskipun strategi optimasi SEO website dan blog cukup rumit bagi pemula, namun hasil yang diberikan menguntungkan untuk jangka panjang.

Hal ini dikarenakan optimasi SEO yang maksimal akan memudahkan website dan blog anda mudah ditemukan secara organik.

Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan website dan blog anda melalui social media ads dan google ads.

Tidak hanya itu, apabila artikel anda banyak mencantumkan data dari sumber terpercaya dan menyediakan informasi terkini bagi audience, maka tidak menutup kemungkinan bagi website dan blog anda untuk menjadi sumber terpercaya bagi orang lain.

Dengan begitu, artikel yang anda unggah akan sering dibagikan oleh orang lain secara sukarela.

Strategi optimasi SEO bagi website dan blog tentunya menguntungkan bagi sebuah brand untuk memberikan edukasi bagi konsumen dengan artikel yang relevan dengan penggunaan layanan serta topik industri saat ini.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak perusahaan besar dan berkembang menggunakan optimasi SEO untuk memasarkan layanan yang dimiliki.

Hootsuite resources

Salah satunya yang dilakukan oleh website social media management Hootsuite, dimana perusahaan ini juga memiliki fitur khusus dimana pengguna internet dapat membaca artikel mengenai pengembangan industri social media dan digital marketing.

Tidak jarang artikel yang dibahas juga mengaitkan topik tertentu dengan layanan yang dimiliki, sehingga pembaca akhirnya tertarik menggunakan fitur yang ditawarkan.

Penggunaan optimasi SEO untuk pengembangan website dan blog juga akan membantu anda untuk unggul dibandingkan komptitor lain, serta memberikan rasa kepercayaan kepada konsumen yang hendak menggunakan layanan yang dimiliki oleh sebuah brand.

Sebuah website dan blog yang dikembangkan dengan baik akan membantu memberikan konten yang segar, original, serta berkualitas secara stabil.

Hal ini dikarenakan konten yang disajikan mudah ditemukan sehingga menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan dan membuat halaman anda menempati peringkat tertinggi dibandingkan kompetitor lainnya.

UFtqiwwtRyaRERJroKjc

5 Penghalang Optimasi SEO Website dan Blog

Meskipun strategi optimasi SEO sudah dirancang dengan baik dan konten artikel yang dibuat sudah sesuai minat target audience, namun bisa saja website dan blog anda tidak kunjung meningkat.

Hal ini dikarenakan adanya penghalang yang membuar artikel sulit dibaca oleh sistem Google sehingga tidak masuk ke halaman pencarian dengan kata kunci apapun.

Karenanya untuk mengatasi masalah tersebut maka berikut lima penghalang optimasi seo website dan blog serta solusinya.

Dwell Time

Penghalang pertama yang biasa ditemukan saat mengembangkan optimasi SEO adalah adanya dwell time.

Meskipun dwell adalah ranking tidak langsung dari Google, namun faktor ini penting bagi pengalaman pengguna, dimana sensasi tersebut sangat penting bagi optimasi SEO.

Dwell time sendiri merupakan durasi pembaca berada di halaman website dan blog anda, baik berupa membaca konten artikel atau mengulik berbagai fitur yang disediakan di halaman tersebut.

Durasi ini dihitung saat pertama kali audience masuk ke halaman website hingga akhirnya keluar dari website saat informasi yang di dapatkan sudah dibutuhkan.

Metrik ini secara tidak langsung memberitahu Google mengenai nilai artikel di mata audience.

Hal ini dikarenakan semakin lama pengguna internet menghabiskan waktu di website dan blog tertentu maka menjadi pertimbangan bahwa halaman tersebut disukai oleh audience.

Bagi kreator yang baru memiliki halaman website dan blog tentunya akan berfikir ulang untuk membuat pendekatan agar audience betah berkunjung ke website anda.

Caranya adalah membuat artikel pendek yang bisa dibaca dalam waktu singkat, serta membubuhkan cluster content yang saling berhubungan satu sama lain.

Sehingga pembaca tertarik untuk membaca artikel lain yang saling berhubungan satu sama lain.

Anda juga bisa menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh audience serta penggunaan visual yang mendukung isi konten sehingga mereka semakin mudah memahami isi artikel.

Contohnya adalah menggunakan visual tambahan berupa tabel dan grafik yang berkaitan dengan isi artikel.

Anda juga bisa memberikan deskripsi isi artikel di halaman depan yang membantu audience memahami isi website yang anda kembangkan, sehingga tertarik membaca isi artikel yang disuguhkan.

Misalnya saja memberikan deskripsi mengenai biografi singkat penulis serta penghargaan yang di dapatkan yang akan membuat website anda terlihat kredibel.

Meskipun dwell time penting bagi perkembanga website dan blog, namun jangan sekali-kali memanipulasi konten untuk mengubah metrik tersebut.

Page Speed

Penggunaan visual yang menarik tentunya akan memudahkan pembaca memahami isi artikel dengan mudah dan cepat.

Sayangnya jumlah gambar dan video yang terlalu banyak malah menyebabkan perlambatan website untuk membuka halaman tertentu.

Problema ini tentunya mengesalkan bagi pembaca hingga akhirnya mereka memutuskan untuk keluar dari website tersebut dan melupakan artikel yang ingin dibaca.

Tidak hanya itu, penggunaan kode dan plugins yang terlalu sering digunakan juga akan menyebabakan website menjadi lambat.

Solusi dari masalah ini adalah menghapus kode-kode yang tidak terpakai sheingga halaman website dan blog lebih mudah dibuka.

Akan tetapi, apabila anda tidak yakin mengenai kode yang harus dihilangkan maka anda bisa menggunakan website HTML Cleaner yang dapat membantu menampilkan kode-kode yang tidak penting dan harus dihapus untuk meningkatkan kecepatan website.

Selain itu, anda juga perlu memiliki daftar plugins yang harus disimpan dan akan membantu dalam memisahkan plugin yang perlu disimpan dan dihapus untuk menghindari masalah tersebut.

Mobile Responsiveness

Sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia mengakses website atau blog melalui handphone dalam genggaman.

Hal ini dikarenakan gadget satu ini sudah sangat berkembang dan memiliki kemampuan dalam mengakses berbagai website dan aplikasi.

Sehingga apabila anda ingin website dan blog anda dikunjungi oleh lebih banyak audience, maka buatlah website tersebut mudah diakses di handphone.

Caranya adalah memperbaiki tampilan website di handphone dengan memastikan tampilan, ikon, dan font tidak terpotong saat dibuka melalui handphone.

Hal ini akan memudahkan audience untuk mengunjungi website anda dan memilih ikon fitur yang dipilih sesuai keinginan.

Guna mengukur performa tampilan website di handphone maka anda bisa menggunakan website Google analytics dan menjalankan pengecekan kecepatan website saat dibuka di handphone.

Selain itu anda juga bisa melihat statistik naik turun kunjungan website dari handphone dibandingkan komputer.

Index Data

Saat melakukan pencarian topik tertentu di internet, biasanay pengguna akan memasukkan kata kunci tertentu.

Cara ini dilakukan agar memudahkan menemukan artikel dengan konten dan referensi yang sesuai.

Penggunaan informasi yang relevan juga digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan artikel dan topik yang sesuai dengan kata kunci dan tanggal terbaru.

Sehingga audience akan diberikan artikel terbaru dan tentunya relevan dengan topik yang diinginkan.

Index data di Google berarti mesin pencari menemukan konten yang sesuai dan menambahkan ke indeks pencarian.

Nantinya, halaman tersebut akan ditampilkan ketika pengguna internet mencari kata kunci yang berkaitan dengan artikel tersebut

Recent Data

Saat membaca artikel yang berisi informasi tertentu, mungkin anda pernah bertanya-tanya mengenai kredibilitas artikel tersebut.

Keragauan ini bisa saja muncul mengingat mudahnya menyebarkan berita dan informasi palsu melalui saluran social media.

Sehingga untuk membuat pembaca anda memberikan kepercayaan pada artikel yang anda unggah maka menautkan informasi dari sumber terpercaya bisa menjadi pilihan.

Sumber yang kredibel juga akan membantu pembaca mendapatkan informasi yang relevan dan akurat sehingga memberikan pengalaman membaca yang berharga.

Dimana anda bisa menyematkan link pada informasi tertentu yang akan membawa pembaca ke website atau prortal berita tertentu yang memberikan informasi awal mengenai suatu fenomena.

Cara ini juga membantu anda memberi tahu pada mesin pencari bahwa situs ini bermanfaat dan relevan bagi pembaca serta menjadi nilai tambah untuk halaman website tersebut.

Keuntungan lainnya dari menyematkan halaman website atau blog yang berisi informasi kredibel adalah membuat pembaca percaya pada artikel yang anda berikan, sehingga membuat mereka bertahan lebih lama pada artikel yang anda suguhkan.

Di sisi lain, penggunaan data terbaru yang disematkan di sebuah artikel juga membantu optimasi SEO website dan blog.

Sehingga anda perlu mengetahui berbagai website dan portal berita terpercaya dan banyak digunakan oleh orang lain.

Cara mengeceknya adalah melakukan pencarian kata kunci mengenai topik tertentu, apabila website tersebut sering muncul di halaman pencarian, maka menjadi indikator bahwa halaman tersebut sudah dipercaya banyak orang.

Kemudian anda bisa mengecek akun social media yang dimiliki, apabila akun tersebut memiliki pengikut serta interaksi yang tinggi, maka menjadi indikator bahwa informasi yang disajikan valid.

Anda juga bisa meminta rekomendasi dari profesional yang sudah menguasai bidang tersebut untuk mengetahui informasi mengenai website dan portal berita terpercaya.

Tips Optimalkan SEO Website dan Blog

Setelah mengetahui pengertian dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan optimasi SEO website dan blog, maka inilah saatnya menyusun strategi yang tepat.

Berbagai strategi berikut bisa anda gunakan jangka panjang dengan evaluasi pengembangan konten yang membantu peningkatkan ranking website dan blog.

Identifikasi Target Audience

Strategi pertama yang perlu anda ketahui dalam mengembangkan sebuah website dan blog adalah mengenai target audience yang dituju.

Informasi tersebut akan membantu membuat tampilan website yang disukai oleh audience serta fitur tambahan yang membuat mereka tertarik mengunjungi website yang anda miliki.

Tidak hanya itu, informasi tersebut juga akan membantu anda memberikan pencerahan mengenai topik artikel yang disukai oleh audience.

Sementara apabila anda mengembangkan website untuk sebuah brand yang sedang berkembang, maka anda perlu memahami kegunaan produk tersebut.

Hal ini akan membantu anda mengetahui topik yang akan diangkat dalam bentu artikel serta kata kunci yang digunakan oleh audience dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

website alodokter

Contohnya yang dilakukan oleh website brand konsultasi kesehatan Alodokter yang memuat artikel mengenai masalah kesehatan yang banyak dihadapi oleh konsumen di kalangan wanita.

Anda juga bisa mengetahui gaya bahasa yang sesuai dengan target audience sehingga mereka tertarik membaca artikel yang anda berikan dan membaca referensi lain yang anda berikan di halaman artikel.

Misalnya saja gaya bahasa untuk produk perawatan tubuh remaja tentunya akan menggunakan bahasa gaul yang mudah dipahami, bandingkan dengan website kesehatan yang memiliki audience orang dewasa yang lebih cocok menggunakan bahasa formal serta istilah kesehatan yang mudah dipahami.

Dalam pengembangan target audience di saluran pemasaran maka anda juga bisa mengembangkan buyer persona yang mengidentifikasi audience berdasarkan kebiasaan serta demografi yang dilakukan.

Sehingga akan memudahkan anda dalam pendekatan audience melalui artikel yang dimiliki.

Lakukan Analisa Kata Kunci

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan setelah menemukan target audience yang sesuai adalah melakukana analisa kata kunci.

Penggunaan kata kunci yang tepat di artikel akan membantu konten anda mudah ditemukan oleh target audience yang diinginkan.

Tidak hanya itu, apabila anda membahas mengenai topik yang sedang naik daun maka akan memudahkan website dan blog berada di pencarian teratas.

Meskipun begitu, jangan lupa juga untuk menyematkan sumber informasi yang terpercaya untuk meningkatkan kepercayaan audience.

Cara analisa kata kunci juga cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan website dan tools yang memberikan rekomendasi kata kunci yang sering dicari oleh target audience.

Beberaapa website yang menyediakan fasilitas tersebut adalah Google search console, keyword planner, trends, dan analytics.

Ketiga layanan dari Google tersebut bisa diakses secara gratis dan akan membantu dalam mengukur kinerja website, referensi kata kunci untuk artikel dan iklan dengan akurat.

Akan tetapi apabila anda menginginkan website berbayar yang membantu analisa kata kunci secara mendalam dengan referensi kata kunci terbaik, maka layanan getkeyword bisa menjadi referensi.

getkeyword

Hal ini dikarenakan Getkeyword akan memberikan rekomendasi kata kunci berdasarkan keyword yang anda berikan beserta jumlah pencarian secara berbayar dan organik.

Informasi tersebut akan membantu anda memilih kata kunci yang sekiranya memiliki kemampuan untuk meningkatkan ranking website berdasarkan artikel yang akan diunggah.

Tambahkan Visual yang Menarik

Sebuah artikel yang hanya berisi tulisan tanpa adanya visual menarik tentunya akan membuat pembaca bosan dan akhirnya hanya mencari informasi yang dibutuhkan kemudian keluar begitu saja tanpa melakukan tindakan lainnya.

Cara ini tentunya membuat dwell time berkurang dan memengaruhi ranking website dan blog yang anda kembangkan.

Karenanya agar artikel yang dibuat menarik perhatian audience maka anda bisa menambahkan visual yang menarik.

Dimana anda bisa menambahkan gambar yang relevan di setiap sub bab gambar yang akan membantu audience memahami isi artikel yang akan dibahas selanjutnya.

Pemilihan gambar tersebut bisa anda pilih dan unduh di website penyedia gambar gratis, sehingga anda tidak perlu risau dengan copyright yang dibawa.

Beberapa referensi website penyedia gambar gratis adalah Pexels dan Pixabay yang akan memberikan gambar secara gratis sesuai dengan kata kunci yang diberikan.

Sayangnya website ini hanya bisa diakses menggunakan bahasa inggris, sehingga untuk menemukan gambar yang relevan, sebaiknya anda menggunakan bahasa inggris yang mudah dipahami.

Kedua, anda juga bisa menggunakan gambar untuk membantu menjelaskan isi artikel dengan gambaran yang lebih jelas.

Hal ini tentunya akan membantu pembaca membaca isi artikel lebih lama untuk memahami isi tutorial satu demi satu.

Anda bisa mengambil gambar tersebut dengan mengambil website yang akan dibahas kemudian melakukan tangkapan layar pada tahapan yang diinginkan.

Selain itu, anda juga bisa mengambil referensi gambar dari website lain dengan mencantumkan sumber asli yang akan memudahkan pemaca mengetahui sumber data tersebut dalam melakukan pengecekan.

Penggunaan gamar yang relevan tentunya akan memudahkan pembaca memahami isi artikel dibandingkan menggunakan gaya bahasa yang berbelit dan akan menyulitkan pembaca memahami isi artikel.

Berikan Judul yang Membuat Penasaran

Setelah menemukan artikel tertentu menggunakan kata kunci dan topik yang relevan maka anda akan mencari pilihan artikel yang sekiranya menyampaikan informasi yang diinginkan.

Kegiatan ini juga memiliki kesamaan saat anda berkunjung ke perpustakaan dan memilih buku berdasarkan kata kunci tertentu.

Sehingga untuk menarik minat audience maka anda bisa menggunakan judul yang meningkatkan rasa penasaran.

Pertama, anda bisa menyematkan jumlah angka mengenai topik yang dibahas pada artikel tersebut.

Dengan memberikan angka di judul artikel, maka akan membuat audience memilah artikel yang sekiranya memberikan informasi yang lebih banyak serta durasi waktu membacanya.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menyematkan kata kunci di judul artikel yang akan memudahkan Google untuk menaikkan artikel anda berdasarkan keyword yang dipilih oleh audience.

Anda juga bisa memasukkan beberapa kata yang memancing rasa penasaran audience sehingga mereka tertarik untuk membacanya.

Contohnya adalah penggunaan kata ajakan yang membuat audience merasa ditarik untuk membaca artikel tersebut.

Memasukkan kata-kata solutif seperti “selesai” “cepat” “anti ribet” juga akan membantu audience tertarik membaca artikel yang disuguhkan.

Akan tetapi, apabila anda merasa bingung untuk memilih judul yang tepat maka anda bisa menggunakan website dan tools tertentu.

Contohnya adalah website neuronwriter yang memberikan referensi judul berdasarkan kata kunci yang digunakan oleh audience.

Sehingga artikel anda masuk ke dalam pencarian teratas apabila audience melakukan pencarian menggunakan kata kunci tersebut.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/blog-search-engine-optimization

https://www.semrush.com/blog/blog-seo/

https://yoast.com/seo-friendly-blog-post/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *