pexels george milton 6954158 1

Beauty Blogger : Salurkan Hobi Menjadi Keuntungan Maksimal

Maksimalkan hobi merias menjadi kegiatan yang menguntungkan dengan menjadi beauty blogger terkenal.

Kegiatan merawat dan merias diri menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh banyak wanita.

Sehingga tidak jarang banyak orang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan observasi produk kecantikan yang aman dan tentunya memiliki dampak baik bagi kesehatan kulit.

Berbagai kegiatan tersebut akhirnya memberikan banyak analisa yang tentunya berguna apabila disebarkan ke banyak orang yang memiliki masalah kulit yang sama.

Salah satu caranya adalah dengan menjadi beauty blogger dimana anda menyebarkan konten mengenai cara merawat kulit menggunakan produk yang telah anda uji coba sebelumnya,

Di sisi lain, anda tidak hanya menyebarkan wawasan baru kepada pengguna internet yang hobi merias diri, namun juga mendapatkan penghasilan tambahan setelah melakukan kolaborasi promosi dengan brand kecantikan tertentu.

Namun, untuk menjadi beauty blogger terkenal maka anda perlu mengetahui beberapa strategi pengembangan konten social media yang efektif bagi pemula.

apa itu beauty blogger

Apa Itu Beauty Blogger

Saat sedang bingung memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah kulit, maka mengunjungi website miliki beauty blogger bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan beauty blogger mengulas sebuah produk berdasarkan masalah dan kebutuhan kulit dan tentunya dengan pilihan harga yang beragam.

Ulasan tersebut tentunya menguntungkan bagi pembaca yang memiliki problema serupa namun masih bingung memilih perawatan tubuh yang sesuai.

Beauty blogger memiliki kemiripan dengan influencer social media yang mengulas produk melalui konten foto dan video.

Hanya saja, beauty blogger memilih mengunggah kontennya melalui tulisan yang mudah dibaca oleh penggunanya.

Meskipun begitu, beauty blogger juga bisa menambahkan konten foto dan video untuk meningkatkan kepercayaan pengikutnya dalam membaca blog ulasan produk.

Beauty blogger juga ada yang membuat halaman websitenya sendiri atau hadir di website brand kecantikan lain dan menyumbang tulisannya mengenai suatu topik tertentu.

website caroline hirons

Salah satu beauty blogger terkenal yang bisa anda kunjungi adalah website Caroline Hirons, website ini membahas cara merawat kesehatan kulit yang bisa anda tiru di rumah.

Guna mendapatkan penghasilan tambahan dari menjadi beauty blogger, website ini juga menjual berbagai produk kecantikan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Selain itu, beauty blogger juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan memasang iklan di website mereka atau mempromosikan link affiliate marketing di beberapa rekomendasi produk.

Apabila anda ingin memulai karir sebagai beauty blogger namun masih belum mengetahui persiapan yang dibutuhkan, maka bergabung dengan brand kecantikan tertentu bisa menjadi pilihan alternatif.

Hal ini dikarenakan anda bisa belajar menjadi beauty influencer dari awal hingga akhirnya siap membangun website sendiri berdasarkan kesukaan yang anda miliki.

keuntungan menjadi beauty blogger

Keuntungan Menjadi Beauty Blogger

Influencer social media kini menjadi salah satu pekerjaan yang digandrungi oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan anda bisa mengubah hobi dan minat anda menjadi keuntungan jangka panjang dan tentunya membuat anda bersemangat melakukan pekerjaan setiap harinya.

Begitu juga dengan menjadi beauty blogger dimana anda menjadikan hobi merias dan merawat diri menjadi pekerjaan yang menguntungkan dengan membuat konten kecantikan di blog yang anda miliki.

Tidak hanya itu, menjadi beauty blogger juga memiliki berbagai keuntugan tidak terduga yang bisa anda rasakan dengan rajin mengembangkan halaman website yang dimiliki.

Kebebasan dalam Bekerja

Kegiatan bekerja dari pagi sampai malam menjadi salah kegiatan yang menjemukan apabila dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu lama.

Belum lagi jika kita melakukan pekerjaan yang kurang disukai, sehingga mengurangi rasa semangat dalam bekerja setiap hari.

Namun, hal ini berbanding terbalik apabila anda menjadi beauty blogger dimana anda memiliki kebebasan bekerja.

Dimana anda tidak perlu bekerja setiap hari dalam durasi yang sama setiap hari, namun anda bisa mengatur jadwal bekerja sendiri.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu.

Dengan menjadi beauty blogger, maka anda juga telah mengubah hobi merawat tubuh menjadi suatu kegiatan yang menguntungkan.

Sehingga anda tidak hanya menghabiskan uang untuk membeli berbagai produk kecantikan, namun juga mendapatkan keuntungan dari ulasan produk yang anda unggah di website.

Kesempatan Bekerja Sama dengan Brand Kecantikan 

Seorang beauty blogger yang memiliki jumlah kunjungan yang cukup tinggi serta mendapatkan pengikut yang banyak, biasanya mendapatkan kesempatan kolaborasi promosi dengan brand kecantikan kenamaan.

Hal ini dikarenakan brand tersebut membutuhkan promosi yang efektif dari beauty blogger yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak.

Di sisi lain, kesempatan kolaborasi promosi dengan brand kecantikan kenamaan juga patut disyukuri oleh beauty blogger.

Dimana mereka akhirnya memiliki kesempatan bergabung dengan brand kecantikan yang disukai, setelah akhirnya menjadi konsumen setia yang selalu mengulas berbagai produk yang dimiliki.

Kolaborasi promosi ini biasanya berupa ulasan produk yang baru saja dirilis di halaman website yang dimiliki.

Tidak hanya itu, pada beberapa kesempatan, maka beauty blogger mungkin saja diminta untuk melakukan give away produk dengan nominal tertentu ke pengikutnya.

Kolaborasi promosi ini tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak, karena brand kecantikan tersebut mendapatkan brand awareness yang lebih baik.

Sedangkan beauty blogger mendapatkan penghasilan tambahan dari kolaborasi promosi yang tentunya memiliki pendapatan yang berbeda di setiap campaignya.

Kesempatan bekerja sama dengan brand kecantikan kenamaan juga bisa anda dapatkan saat menjadi penulis tamu di website brand tertentu.

Dimana anda bisa mengutarakan pendapat anda mengenai topik tertentu seputar produk kecantikan tersebut.

Meskipun keuntungannya tidak sebanding dengan kolaborasi promosi lain, namun cara ini bisa digunakan oleh micro beauty blogger yang tengah mencari pengikut yang lebih banyak dengan bergabung di website brand kecantikan.

Sehingga anda tidak hanya memiliki kesempatan melakukan kolaborasi dengan brand kecantikan kenamaan, namun juga mendapatkan pengikut yang lebih banyak dari konsumen yang menyukai tulisan anda di artikel tersebut.

Mengubah Hobi Menjadi Keuntungan yang Berlipat Ganda

Meskipun awalnya beauty blogger mengeluarkan banyak biaya untuk membeli berbagai produk kecantikan yang bervariasi, namun seiring dengan berjalannya waktu, maka hasil yang di dapatkan bisa berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Misalnya saja beauty blogger bisa mendapatkan hasil monetisasi dari berbagai iklan yang dipasang di website pribadi.

Semakin banyak iklan yang dipasang dan dalam jangka waktu lama, maka beauty blogger juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Monetisasi website biasanya di dapatkan apabila jumlah kunjungan website sudah mencapai ribuan kunjungan setiap hari yang menjadi bukti bahwa halaman anda disukai oleh banyak orang dan memiliki pengikut yang setia.

Hasil iklan ini tentunya menguntungkan bagi beauty blogger yang belum mendapatkan tawarkan kolaborasi promosi dari brand kecantikan tertentu.

Namun, apabila nama website anda sudah semakin terkenal, maka anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kolaborasi promosi produk yang beragam dari brand kecantikan.

Biasanya biaya endorsement seorang beauty blogger juga beraneka ragam, tergantung dari jumlah campaign yang dijalankan, konten yang diunggah di website serta jumlah engagement yang ditawarkan oleh beauty blogger di website yang dimiliki.

Semakin variatif promosi yang dilakukan maka beauty blogger juga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Tidak hanya itu, beauty blogger juga berkesempatan untuk membuat produk kecantikannya sendiri, dimana anda bisa meracik kemasan produk serta kandungan bahan yang dimiliki dan tentunya sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.

Kesempatan membuat produk sendiri bersama brand kecantikan juga akan memberikan keuntungan tambahan saat produk anda disukai oleh berbagai kalangan yang merasakan manfaat produk yang anda miliki.

tips menjadi beauty blogger sukses

Tips Menjadi Beauty Blogger Sukses

Menjadi beauty blogger kenamaan memang memberikan keuntungan yang luar biasa, apabila anda sudah memiliki jumlah kunjungan website yang tinggi serta pengikut yang cukup banyak.

Di balik itu, beauty blogger juga terus mengembangkan diri agar websitenya bisa dilihat oleh banyak orang dan menyuguhkan berbagai konten kecantikan yang disukai oleh target audience.

Agar karir menjadi beuty blogger bisa berjalan dengan mulus, maka berikut beberapa tips yang perlu dilakukan agar website anda disukai oleh banyak orang dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tentukan Target Audience yang Dituju

Sebagai pecinta perawatan tubuh, anda tentunya memahami bahwa setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda.

Perbedaan masalah ini bisa anda manfaatkan dengan memilih kategori tertentu untuk fokus konten blog.

Sehingga audience yang mengunjungi website anda bisa mengetahui isi konten yang disuguhkan dengan mudah.

Pastikan juga anda memilih topik kecantikan yang sesuai dengan masalah tubuh anda, sehingga konten anda lebih dipercaya oleh target audience.

Berikut beberapa cara menentukan target audience yang sesuia untuk website yang anda miliki :

Topik Kecantikan untuk Audience Khusus

Pengguna internet biasanya mencari konten kecantikan yang memiliki rentang umur yang sama dengan mereka.

Hal ini dikarenakan kesamaan masalah yang dihadapi, sehingga mereka lebih mudah menemukan artikel yang sesuai.

Di sisi lain, artikel untuk target usia tertentu biasanya memiliki gaya penyampaian yang berbeda, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Bagi audience di kisaran usia 20 tahun maka mereka lebih suka mencari konten tutorial merias diri disertai dengan rekomendasi produk yang sesuai.

Berbanding terbalik dengan audience di usia 40 tahun yang mencari artikel kecantikan mengenai cara merawat tubuh agar terlihat lebih muda dan segar.

Beauty blogger juga bisa mengelompokkan topik berdasarkan daerah tertentu, kesamaan masalah,  perbedaan usia, serta gaya busana yang digunakan.

Pastikan juga anda konsisten mengunggah konten untuk target audience tertentu agar postingan anda bisa berkembang dengan pesat.

Make Up 

Konten make up menjadi salah satu postingan artikel yang paling banyak di internet dan social media lainnya.

Hal ini kebutuhan merias diri digunakan untuk berbagai kegiatan, baik untuk kegiatan sehari-hari, bekerja, atau pergi ke pesta yang tentunya membutuhkan riasan khusus.

Di sisi lain, proses merias diri biasanya membutuhkan fokus di bagian tubuh yang ingin ditonjolkan, sehingga tidak mengherankan apabila banyak artikel kecantikan yang memiliki fokus pada bagian tertentu.

Misalnya saja, mata, wajah, dan alis yang tentunya semuanya memiliki ciri khas sendiri dan membutuhkan keahlian khusus.

Perawatan Tubuh 

Tidak hanya konten merias wajah yang disukai oleh banyak orang, namun konten perawatan tubuh juga banyak dicari di internet.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang memiliki masalah kulit yang berbeda-beda dan tentunya menginginkan perawatan tubuh terbaik agar lebih percaya diri.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak beauty blogger yang mengembangkan konten perawatan tubuh sesuai dengan kondisi kulitnya.

Dalam proses pembuatan artikel perawatan tubuh maka anda juga perlu memastikan bahwa rekomendasi harga yang diberikan sudah sesuai dengan budget audience.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui kelebihan produk yang dapat membantu menyelesaikan masalah pembaca.

Konten Gaya Hidup

Meskipun konten kecantikan mendominasi topik artikel beauty blogger namun konten gaya hidup juga berada di bagian teratas konten kecantikan.

Hal ini dikarenakan mulai tumbuhnya kesadaran banyak orang untuk merawat tubuh dengan gaya hidup sehat untuk menghasilkan tubuh yang lebih baik.

Karenanya jika anda hobi memasak masakan sehat atau olahraga secara rutin maka menjadi beauty blogger bisa menjadi pilihan terbaik.

Dimana anda bisa membagikan resep masakan sehat yang simpel dengan harga bahan masakan yang murah, sehingga bisa ditiru oleh banyak orang.

Selain itu, anda juga bisa membagikan resep merawat tubuh dengan kegiatan olarahraga rutin yang anda jalani.

Beauty blogger juga bisa membagikan pengalaman saat mengembangkan gaya hidup sehat, sehingga pembaca bisa menemukan relevansi diri dan semakin motivasi untuk mengembangkan gaya hidup sehat.

Misalnya saja anda membagikan cerita mengenai kondisi tubuh anda yang sering sakit karena sering makan makanan siap saji, namun setelah anda memilih gaya hidup sehat maka tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar.

Artikel Ulasan Produk 

Berbagai produk perawatan tubuh yang beredar di pasaran dengan klaim yang berbeda-beda, terkadang membuat konsumen bingung untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga mencari ulasan produk di internet bisa menjadi solusi untuk mengetahui kelebihan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Apabila anda seseorang yang hobi belanja produk perawatan tubuh maka menjadi beauty blogger dengan konten ulasan produk bisa menjadi pilihan terbaik.

Dimana anda tidak hanya membeli dan menggunakan produk untuk kebutuhan pribadi, namun membagikannya ke orang lain yang sekiranya memiliki masalah serupa.

Anda bisa membuat artikel berisi ulasan produk tertentu yang sesuai dengan masalah kulit atau sedang naik daun di kalangan audience.

Konsistensi membuat konen ulasan produk tentunya akan membuat anda mendapatkan kunjungan website yang cukup banyak berkat testimoni jujur yang anda berikan.

Ketahui Fokus Konten Blog

Setelah menentukan jenis topik yang akan dibahas di website pribadi, maka anda juga perlu mengetahui tipe konten blog yang akan diunggah dan bagaimana cara menyampaikannya ke audience.

Apabila anda masih bingung menentukan fokus konten blog yang sesuai maka beberapa rekomendasi berikut bisa anda gunakan untuk jangka panjang.

Rekomendasi Produk

Bagi seorang pemula yang hendak memulai merawat dan merias diri, tentunya akan mengalami kebingungah memilih produk yang sesuai.

Mengingat banyaknya produk kecantikan yang beredar di pasaran dengan klaim yang berbeda-beda, namun tentu saja tidak semuanya cocok bagi konsumen.

Kegalauan ini bisa dimanfaatkan oleh beauty blogger dengan membuat jenis konten berupa rekomendasi produk yang biasa diguanakan dan sesuai dengan masalah kulit tertentu.

Jenis konten ini dinilai menguntungkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan pengikut mengingat pengguna internet biasanya mencari rekomendasi produk menggunakan kata kunci tertentu.

Kolaborasi konten rekomendasi produk dengan kata kunci terlaris tentunya akan membantu meningkatkan jumlah kunjungan potensial ke halaman website secara drastis.

Namun, anda juga perlu menentukan rekomendasi produk berdasarkan usia, gender, serta minat audience.

Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda-beda dan tentunya membutuhkan rekomendasi produk yang berbeda-beda.

Beauty Product Hauls

Sebuah brand kecantikan biasanya merilis berbagai variasi produk yang berbeda-beda sesuai dengan masalah konsumennya.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda akan menemukan sebuah brand yang memiliki berbagai variasi produk yang menarik.

Di sisi lain, sebuah brand kecantikan terkenal biasanya memiliki peminat yang cukup banyak pada variasi produk yang dimiliki.

Minat konsumen yang cukup tinggi hingga masuk ke halaman pencarian teratas menjadikan konten beauty product hauls menjadi artikel yang cukup menarik.

Sehingga tidak mengherankan apabila topik satu ini selalu menjadi topik teratas di berbagai social media karena pembaruan produk yang selalu muncul setiap bulan.

Sebelum membuat artikel beauty product hauls, maka anda bisa memulai dengan membeli beberapa produk terlaris dari brand tertentu kemudian anda mengulasnya melalui artikel di website yang anda miliki.

Beauty blogger juga bisa mengulas produk eksklusif yang diluncurkan oleh brand tertentu, sehingga memikat konsumen yang belum sempat membeli produk tersebut.

Apabila anda konsisten mengunggah artikel beauty product hauls maka tidak menutup kesempatan untuk diajak kolaborasi promosi dari brand kecantikan tertentu untuk mengulas produk eksklusif yang dimiliki.

Produk Kesukaan

Sebagai seorang beauty influencer yang rutin menggunakan berbagai produk kecantikan tertentu, anda tentunya memiliki produk dan brand tertentu yang menjadi favorit dalam jangka waktu lama.

Kesukaan terhadap produk dan brand tertentu juga meningkatkan rasa penasaran bagi pengikut anda yang mengikuti setiap artikel yang anda unggah di website.

Maka membuat konten artikel yang mengulas produk kesukaan bisa menjadi ide konten yang bisa anda unggah secara rutin.

Dimana anda akan mengulas berbagai macam produk dari brand kesukaan setiap bulannya.

Sehingga pembaca anda mengetahui produk yang anda sukai dan menjadi rekomendasi apabila akan membeli produk tersebut di kemudian hari.

Pilih Platform Blogging dan Nama Domain

Sama seperti influencer lain yang membutuhkan platform khusus untuk mengunggah berbagai konten yang telah dibuat sebelumnya, maka beauty blogger juga memiliki platform untuk mendukung unggahan artikel yang dimiliki.

Berbeda dengan influencer lain yang hanya membutuhkan social media untuk menyampaikan kontennya, maka beauty blogger memiliki dua platform, yakni social media untuk promosi serta wordpress untuk mengunggah konten artikel.

Biasanya beauty blogger akan menggunakan jasa wordpress untuk mengunggah konten artikel, hal ini dikarenakan platform ini bisa digunakan secara gratis dan tersedia berbagai plugin yang bisa digunakan untuk optimasi website yang dimiliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan platform website lain seperti Medium yang memiliki fasilitas yang berbeda.

Setelah melakukan berbagai pengaturan wordpress untuk mendapatkan tampilan yang terbaik, maka anda bisa memilih nama domain website yang sesuai.

Pada pemilihan nama domain maka anda bisa menggunakan nama pribadi agar mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan nama website yang unik dan mudah diingat oleh pengguna internet, sehingga mudah dicari oleh audience.

Penggunaan nama website yang relevan dengan topik artikel juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *