pexels ron lach 8154655 1

5 Tips Menjadi Beauty Influencer Terkenal di Social Media 

Jadikan hobi menjadi kegiatan yang menguntungkan dengan menjadi beauty influencer di social media.

Sebagian besar wanita, tentunya menyukai kegiatan merawat diri, mulai dari sekedar merias wajah atau menggunakan produk kecantikan di wajah atau bagian tubuh tertentu.

Bagi pemula yang akan mulai merawat diri, tentunya akan mencari sumber dan wawasan yang informatif dan diikuti oleh banyak orang.

Salah satunya adalah beauty influencer yang aktif membagikan konten mengnai kecantikan dan perawatan tubuh serta memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Basis penggemar yang kuat menjadikan beauty influencer panutan banyak orang yang memiliki minat di bidang kecantikan serta ingin menambah ilmu baru mengenai cara merawat diri yang aman.

Biasanya beauty influencer berawal dari minat di bidang kecantikan yang kemudian membagikan ilmunya ke berbagai social media seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan Youtube.

Konten yang menarik dan sesuai dengan masalah yang dihadapi audience, menjadikan beauty influencer digandrungi banyak orang.

Apabila anda tertarik untuk memulai karir di bidang beauty influencer, maka berbagai tips dan trik berikut bisa anda lakukan.

apa saja yang dilakukan beauty influencer

Pengertian Beauty Influencer Social Media

Social media menjadi tempat yang cocok untuk mencari referensi mengenai topik dan wawasan baru dengan cepat dan mudah.

Hal ini dikarenakan banyaknya influencer yang aktif membagikan konten mengenai wawasan terbaru di social media.

Salah satunya adalah beauty influencer yang aktif membagikan konten mengenai tips merawat diri serta rekomendasi produk kecantikan yang sesuai dengan masalah pengikutnya.

Beauty influencer sendiri merupakan seseorang yang menjalankan akun social media untuk menarik minat pengguna social media yang tertarik pada bidang kecantikan dan fashion.

Ketertarikan pengguna social media terhadap konten yang disuguhkan oleh beauty influencer menjadikan tips, wawasan, serta rekomendasi produk yang diberikan disukai oleh banyak orang.

Di sisi lain, beauty influencer tidak hanya membagikan konten mengenai pengetahuan yang berkaitan dengan bidang kecantikan, namun mereka juga membangun kepercayaan dengan pengguna social media yang menyukai konten mereka.

Sehingga salah satu kunci kesuksesan dari beauty influencer adalah menyediakan konten yang sesuai dengan keinginan audience serta melakukan interaksi dengan mereka untuk membangun keakraban yang erat.

Berbagai konten yang disajikan bisa berupa video dan gambar yang diunggah di social media, atau konten tulisan yang diunggah di blog.

instagramn jharnabhagwani

Salah satunya yang dilakukan oleh beauty influencer @jharnabhagwani yang membagikan konten tutorial make up dengan tema tertentu yang disukai oleh pengikutnya.

Apa Saja yang Dilakukan Beauty Influencer

Anda mungkin bertanya-tanya kegiatan apa saja yang dilakukan oleh beauty influencer sehingga dapat menjangkau audience yang luas serta mendapatkan uang dari social media?

Sama seperti kreator lainnya, beauty influencer yang fokus pada topik kecantikan d social media, biasanya membagikan pengalaman saat menggunakan berbagai produk kecantikan yang baru saja ditemukan atau kolaborasi dengan brand lain.

Ulasan ini sangat membantu bagi pengguna social media yang memiliki masalah kulit tertentu sehingga membutuhkan solusi melalui produk kecantikan yang direkomendasikan oleh beauty influencer.

Di sisi lain, rekomendasi produk ini juga menguntungkan bagi brand tertentu, karena dapat menaikkan penjualan berkat ulasan yang membangun sehingga membuat banyak orang berbondong-bondong membeli produk tersebut.

Agar jangkauan audience semakin luas, maka kreator juga mencoba berbagai ide konten social media yang menarik, sehingga dapat menjangkau pengguna social media yang lebih menyukai konsep konten tertentu.

Selain itu, social media biasanya mendorong jenis konten yang sedang naik daun untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda menemukan berbagai jenis konten saat berkunjung ke akun social media beauty influencer.

Salah satu strategi lain yang digunakan oleh beauty influencer agar disukai oleh banyak orang adalah menampilkan keunikan yang tidak dimiliki oleh kreator lain.

Hal ini dikarenakan banyaknya beauty influencer yang telah melanglang buana di social media serta memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Keunikan yang berbeda dibandingkan kreator lain juga menjadi daya tarik bagi pengguna social media untuk mengikuti akun social media beuaty influencer.

keuntungan menjadi beauty influencer

Tips Menjadi Beauty Influencer Sukses

Membagikan konten kecantikan yang disukai memang menjadi kesenangan sendiri bagi kreator yang ingin mengeluarkan minat yang dimiliki.

Namun, apabila anda ingin membangun karir sebagai beauty influencer tentunya anda perlu memiliki strategi yang tepat agar anda dapat menjangkau audience yang diinginkan.

Karenanya berikut beberapa strategi yang bisa digunakan untuk menjadi beauty influencer yang sukses.

Temukan Komunitas yang Sesuai

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memulai karir sebagai beauty influencer adalah menemukan komunitas yang sesuai.

Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki masalah kulit masing-masing sehingga membutuhkan beauty influencer yang memiliki problema yang sama.

Di sisi lain, pengguna social media juga memiliki rentang usia yang berbeda-beda, sehingga mereka akhirnya mencari beauty influencer yang sekiranya memiliki umur yang sama.

Guna menemukan komunitas yang sesuai, maka anda bisa memilih membuat konten yang sama dengan kondisi anda saat ini.

Misalnya saja, anda berada di usia 20 tahun dan memiliki masalah kulit berjerawat, maka anda bisa membuat konten kecantikan yang berisi tips dan wawasan merawat kulit berjerawat untuk audience di kisaran usia 20 tahun.

Penentuan ini dilakukan mengingat pengguna social media yang tertarik di bidang kecantikan, biasanya mencari seseorang yang memiliki masalah yang sama agar menentukan orang yang tepat untuk berbagi.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menentukan budget pengeluaran produk yang akan disarankan ke target audience, setiap produk kecantikan biasanya memiliki pasar sendiri, sehingga anda hanya perlu menemukan audience yang tepat.

Kreator juga bisa berfokus pada topik kecantikan tertentu, misalnya saja topik merawat wajah, kulit tubuh, make up, atau fashion yang sesuai kebutuhan wanita.

Sehingga anda tidak perlu bingung saat memulai karir menjadi beauty influencer yang menarik.

Apabila anda sudah memiliki pengalaman di bidang kecantikan, seperti menjadi konsultan kecantikan, make up artist, atau desainer maka anda memiliki peluang lebih besar untuk menjadi beauty influencer.

Hal ini dikarenakan pengalaman dan pengetahuan anda dibutuhkan oleh banyak orang yang ingin mendapatkan wawasan mengenai bidang kecantikan tertentu langsung dari ahlinya.

Penentuan topik kecantikan yang tepat juga akan memudahkan brand kecantikan untuk menentukan beauty influencer yang bisa diajak kolaborasi promosi, sehingga memudahkan kreator untuk mendapatkan uang dari social media.

Pastikan juga anda memiliki minat yang besar di bidang kecantikan agar proses analisa produk dan pembuatan konten bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dalam jangka waktu panjang.

Berikan Ciri Khas yang Menarik

Saat mengakses aplikasi social media tertentu, anda tentunya akan dengan mudah menemukan berbagai konten kecantikan baik dari akun beauty influencer yang telah anda ikuti sebelumnya atau rekomendasi di halaman pencarian.

Jumlah pengguna social media yang semakin banyak juga selaras dengan bertambahnya beauty influencer yang terus bertambah dari hari ke hari.

Sehingga agar konten kecantikan anda disukai oleh banyak orang, maka anda perlu memberikan ciri khas yang menarik.

Contohnya saja, apabila anda memiliki konten kecantikan di bidang make up, maka anda bisa fokus di bidang make up karakter film, kartun, atau animasi tertentu.

Cara ini dilakukan agar anda dapat memiliki ciri khas sendiri yang jarang ditemukan di beauty influencer lainnya.

Ciri khas tersebut juga bisa anda sajikan saat membuat konten social media, anda bisa menambahkan backsound lagu di konten video yang anda buat sehingga membuat penonton mendalami karakter yang anda bawakan di konten tersebut.

Apabila anda bergerak di konten kecantikan skincare, maka anda bisa membuat postingan ulasan produk yang lengkap beserta kelebihan dan kekurangan.

Ulasan jujur dan lengkap mengenai suatu produk biasanya lebih disukai oleh pengguna social media yang mencari testimoni mengenai suatu barang yang sedang naik daun di kalangan pecinta skincare.

Pilih Platform Social Media yang Sesuai

Saat mencari beauty influencer yang sesuai keinginan, biasanya instagram menjadi jujukan pertama dalam mencari konten keinginan yang diinginkan.

Hal ini wajar terjadi mengingat Instagram memiliki berbagai fitur yang memudahkan beauty influencer mengunggah konten kecantikan yang mudah dipahami oleh audience dengan tampilan yang menarik.

Di sisi lain, banyak juga beauty influencer yang memulai karir dengan mengunggah konten di Instagram.

Meskipun begitu, anda juga perlu melebarkan sayap ke social media lain untuk mendapatkan audience yang lebih luas.

Berbagai social media seperti Tiktok, Blog, Twitter, serta Youtube juga bisa menjadi pilihan platform untuk menjadi beauty influencer yang sukses.

Tiktok

Tiktok menjadi social media yang populer di kalangan anak muda melalui konten video pendek yang menarik.

Tidak hanya itu, Tiktok juga memiliki berbagai fitur tambahan yang menarik dan membantu membuat konten menjadi lebih keren.

Ketenaran Tiktok yang tengah naik menjadikan social media ini cocok digunakan sebagai tempat untuk memulai karir di bidang beauty influencer.

Hal ini dikarenakan konten video pendek disukai oleh banyak orang apalagi jika ditambah dengan fitur transisi serta backsound lagu yang membukat konten video menjadi lebih menarik.

Anda juga bisa memilih topik kecantikan yang sesuai dengan audience tiktok yang berasal dari kalangan anak remaja.

Misalnya saja, ide konten merawat wajah untuk anak remaka serta tutorial make up natural untuk hangout dengan teman.

Meskipun begitu, anda juga bisa memilih ide konten kecantikan dengan suguhan editan video yang menarik.

Di sisi lain, Tiktok juga memiliki berbagai campaign yang memudahkan kreator tiktok untuk mempromosikan konten kecantikan secara maksimal.

NbynQcpRSAetqZaTFble

Beauty influencer tiktok yang bisa anda kunjungi serta menjadi inspirasi adalah akun tiktok @kartiikasd yang aktif membagikan konten tutorial make up bagi wajah yang berjerawat.

Topik yang jelas serta konten yang menarik menjadikan beauty influencer ini memiliki jumlah pengikut yang banyak serta menjadi acuan banyak orang dalam melakukan tutorial make up yang simpel.

Youtube 

Youtube juga menjadi social media yang banyak digunakan oleh beauty influencer dalam membangun karir di bidang kecantikan.

Hal ini dikarenakan kebiasaan pengguna social media yang mencari referensi produk tertentu serta ulasan barang yang sesuai dengan masalah kulit.

Di tambah lagi, durasi video youtube yang lebih panjang akan memudahkan anda membuat konten yang lebih lengkap serta menarik di kalangan pengguna Youtube.

Namun, dalam memulai karir sebagai beauty influencer di Youtube, maka anda perlu melakukan beberapa strategi yang tepat.

Pertama adalah anda perlu memilih topik kecantikan yang bisa dibahas dengan durasi yang panjang, contohnya adalah review produk, tutorial make up, serta membahas mengenai cara merawat tubuh.

Hal ini dikarenakan konten youtube yang memiliki durasi yang lebih panjang lebih disukai oleh pengguna youtube karena mereka bisa menikmati konten tersebut secara berulang-ulang, sembari menunggu video lain diunggah di waktu yang selanjutnya.

Kedua adalah melakukan optimasi Youtube seo dengan menggunakan kata kunci yang tepat dan disematkan di judul, deksripsi video, serta caption video.

Penyematan kata kunci yang sesuai juga akan mengoptimalkan kinerja video anda sehingga dapat menjangkau audience yang sesuai.

youtuber hafrida vindy

Salah satu beauty influencer yang telah memiliki pengalaman di bidangnya serta mengunggah konten melalui Youtube adalah Hafrida Vindy, dimana kreator sekaligus make up artist ini membagikan tips make up tahan lama.

Penjelasan yang lengkap serta wawasan yang diberikan menjadikan channel youtube ini jujukan bagi pengguna internet yang ingin mulai merias diri namun bingung menemukan beauty influencer yang tepat.

Twitter 

Berbeda dengan social media Instagram, Youtube, dan Instagram yang menonjolkan konten gambar dan video, Twitter mengandalkan keahlian kreatornya untuk membuat konten kecantikan dalam bentuk tulisan.

Hal ini disesuaikan dengan ciri khas Twitter yang berfokus pada konten tulisan ditambah dengan gambar yang menarik.

Meskipun beauty influencer di Twitter tidak menonjol seperti social media lainnya, namun membangun karir di Twitter cocok bagi seseorang yang menyukai dunia menulis dan kecantikan di waktu yang bersamaan.

Sehingga anda bisa mengembangkan minat dan bakat anda di waktu yang bersamaan tanpa perlu memakan banyak waktu untuk mengedit konten video yang lebih memakan banyak waktu.

Biasanya konten ulasan produk menjadi postingan yang banyak dikembangkan oleh beauty influencer,  hal ini dikarenakan kreator hanya perlu mengunggah tulisan yang menarik serta beberapa tambahan foto, sehingga lebih simpel.

Beauty influencer juga bisa menggunakan fitur twitter thread untuk membuat konten tulisan dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu tweet.

Sehingga memudahkan pembaca dalam membaca berbagai tulisan ulasan produk dengan mudah.

twitter sukaskincarean

Beauty influencer @sukaskincarean merupakan kreator yang mengunggah kontennya di Twitter, melalui ulasan yang menarik, komunikatif, serta lengkap menjadikan pengguna twitter menyukai konten kecantikan yang diunggah secara konsisten.

Blog

Google menjadi sumber pertama yang dicari oleh banyak orang apabila mencari ulasan produk atau tips tertentu.

Hal ini dikarenakan anda dapat dengan mudah menemukan berbagai tips dan saran yang tepat dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Salah satu alasan kemudahan mendapatkan konten kecantikan adalah adanya beauty influencer yang membuat konten melalui tulisan.

Berbeda dengan twitter dimana anda membuat konten tulisan dengan singkat dan padat, anda bisa membuat konten ulasan produk atau tips tertentu yang lebih panjang.

Hal ini disebabkan tidak adanya limit tulisan, sehingga anda bebas menceritakan pengalaman dalam menggunakan produk tertentu atau mencoba tutorial perawatan tubuh yang sedang naik daun.

Di sisi lain, pengguna internet yang membaca ulasan melalui blog, tentunya terbiasa dengan tulisan yang lebih panjang.

Sehingga anda lebih mudah berekspresi melalui gaya bahasa yang anda sukai dan bisa dinikmati oleh target audience.

Keuntungan lainnya dari menggunakan blog sebagai media penyaluran konten adalah anda juga bisa memanfaatkan konten tambahan, seperti video dan gambar.

Sehingga konten anda terlihat lebih menarik dan audience dapat memahami isi tulisan lebih mudah.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan blog sebagai media promosi konten di social media karena kemudahan memasukkan link dari akun social media lainnya.

Namun, agar konten blog menjangkau audience yang lebih luas, maka anda perlu melakukan optimasi search engine optimization.

Caranya adalah menggunakan kata kunci yang memiliki hasil pencarian tertinggi serta memberikan tambahan link serta konten lain agar lebih mudah diidentifikasi oleh Google.

Setelah beauty influencer memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta pengaruh yang kuat, maka anda tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan brand kecantikan terkemuka.

Namun, anda juga membuka peluang untuk mendapatkan uang dari social media menggunakan affiliate marketing.

Dimana beauty influencer akan mendapatkan uang setelah membagikan link produk tertentu dari akun marketplace brand.

Semakin banyak orang yang melakukan pembelian melalui link tersebut, maka peluang untuk mendapatkan uang juga lebih besar.

Cara ini menjadi strategi baru untuk mendapatkan penghasilan di dunia maya, sehingga anda tidak hanya mengandalkan hasil endorsement saja.

Promosi Akun Social Media

Banyaknya beauty influencer yang telah memiliki jumlah pengikut lebih banyak serta konten yang variatif, menjadikan kreator pemula memikirkan cara untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Apabila anda memilik budget promosi yang berlebih, maka anda bisa memanfaatkan social media ads untuk memasarkan konten anda ke audience yang tepat.

Sehingga anda akan mendapatkan pengikut yang lebih banyak dengan cepat dan optimal karena menjangkau audience yang diinginkan.

Namun, apabila anda belum memiliki budget promosi, maka anda bisa menggunakan social media hashtag yang relevan agar mudah ditemukan oleh audience yang diinginkan.

Unggah Konten Social Media Secara Konsisten

Bagian paling penting dalam menjadi beauty influencer social media adalah mengunggah konten secara rutin.

Anda tentunya tidak hanya bisa mengunggah sebuah konten kemudian menjadi viral dalam satu malam.

Namun dibutuhkan juga konsistensi mengunggah konten secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini akan membuat pengguna social media menunggu konten anda secara rutin agar tidak ketinggalan konten terbaru.

Di sisi lain, algoritma social media juga akan menaikkan konten anda ke halaman rekomendasi atau explore apabila anda mengunggah postingan secara rutin.

Apabila anda baru saja memiliki akun social media beauty, maka anda bisa mengunggah konten dengan satu hari mengunggah konten dan hari lainnya digunakan untuk istirahat.

Cara ini dilakuka agar hasil konten menjadi lebih baik serta anda memiliki waktu untuk analisa produk serta mengolah konten menjadi lebih menarik.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, maka anda akan dituntut mengunggah konten secara rutin.

Hal ini dikarenakan anda telah memiliki banyak pengikut yang haus pada konten yang anda suguhkan setiap hari serta jadwal unggah promosi produk dengan brand kecantikan lain.

Meskipun begitu, anda tidak perlu risau karena telah memiliki bantuan yang akan membuat konten menjadi lebih optimal.

Agar konten menjadi lebih variatif walau mengunggah konten secara rutin, maka anda bisa membuat kalender konten yang berisi jadwal postingan yang diunggah setiap hari.

Cara ini dilakukan agar anda tidak kekurangan ide konten terbaru serta mengunggah konten secara rutin setiap hari.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *