Cara Merencanakan Launching Produk di Media Sosial

Launching produk merupakan agenda rutin suatu bisnis untuk terus mempertahankan eksistensinya. Dalam melakukan launching produk, harus diiringi dengan strategi digital. Perencanaan yang matang dalam melakukan launching produk di media sosial pun dibutuhkan.

Hal ini supaya produk yang sedang dilauncing bisa menarik perhatian pengikut baru, terjual, serta merubah pengikut menjadi pelangganmu.

Lantas hal apa saja yang perlu disiapkan dalam membuat sebuah launching produk di media sosial? Baca selengkapnya!

Menetapkan Tujuan

Sebelum melakukan launching produk di media sosial, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menetapkan tujuan. Kamu harus tahu apa tujuan yang kamu inginkan atas launching produk yang kamu lakukan itu.

Tujuan di sini tidak selalu bermuara pada penjualan. Melainkan bisa jadi tujuan tersebut adalah meningkatkan brand awareness atau merubah persepsi pelanggan atas produkmu.

Begitu kamu tahu apa tujuanmu, maka akan sangat mudah untuk menentukan strategi kreatif untuk mencapainya.

Buat Timeline

Langkah selanjutnya, kamu perlu membuat timeline sebelum produkmu diluncurkan. Fungsi timeline di sini, selain untuk melakukan perencanaan konten, juga untuk membuat pengikutmu menjadi penasaran mengenai produk yang akan kamu luncurkan.

Kamu bisa melihat contoh timeline di bawah ini :

Day 0-7 : Perencanaan Launching

Day 8 : Hari-H

Day 9-13 : Follow up paska launching

Day 14-30 : Memasukkan produk baru ke dalam jadwal konten harian.

Membuat timeline seperti ini juga akan memudahkanmu untuk mengelola waktu. Peluncuran produk baru terkadang memiliki jadwal yang sangat padat, karena itu kamu perlu mengoptimalkan waktu dengan cara mengelolanya.

Tentukan Platform Media Sosial Yang Paling Tepat

Platform media sosial memegang peran penting dalam kampanye produk barumu di media sosial. Karena itu kamu perlu untuk berhati-hati dalam menentukannya.

Namun semua ini akan mudah jika kamu telah tahu bagaimana konsumen idealmu. Untuk itu, kamu bisa membuat persona pembeli.

Buat Tema Launch Produk

influencer

Akan sangat menarik jika produk barumu memiliki tema tertentu. Tema ini bisa kamu terapkan pada produk serta tema postingan yang kamu buat.

Tema akan menentukan bagaimana produk akan dilihat. Hal ini selanjutnya juga akan menciptakan kesan tertentu pada pelanggan, misalnya, feminism atau memiliki kesan kuat, bahkan bisa membuat produkmu jadi sangat maskulin.

Penentuan tema ini tentunya akan masuk dalam proses perencanaan awal.

Pertimbangkan Menggelar Event Offline

Meskipun kamu ingin melaunching prudukmu secara online lewat media sosial, namun tak ada salahnya menggelar event offline.

Kamu bisa mengusung tema tertentu, lantas mengadakan acara misalnya fashion show, jika kamu mengusung produk fashion. Bahkan tak ada salahnya untuk menggelar seminar dengan tema dan bintang tamu menarik untuk event ini.

Kamu bisa mengundang influencer, atau mengajak publik untuk berpartisipasi. Caranya misalnya menggelar giveaway. Kamu juga bisa menyematkan hashtag tertentu. Harapannya peluncuran produkmu akan semakin banyak di posting orang-orang di akunnya.

Memakai Influencer

Terkadang orang menginginkan model asli untuk memakai produk tertentu untuk membuatnya merasa yakin. Untuk hal inilah influencer diperlukan.

Selain menjadi representasi, pengaruh influencer di media sosial juga akan membuat launching produk yang kamu gelar mendapatkan banyak impressions.

Pastikan kamu menyesuaikan dan mencari tahu latar belakang dari influencer yang akan kamu hire. Apakah ia sesuai atau tidak dengan produk yang akan kamu launching. Selain itu, sesuaikan juga tujuan dengan konten yang akan dibuat serta berapa banyak budget yang kamu bersedia keluarkan.

Membuat Aset Kampanye Produk

launch produk

Untuk melakukan launching produk, kamu tentunya membutuhkan kampanye yang gencar. Posting produk secara rutin tentu menjadi keharusan.

Untuk itu, kamu perlu membuat aset kampanye, seperti foto produk, video promosi, serta poster. Hal ini sebaiknya dilakukan di awal, sehingga ketika launching siap dimulai, maka rencana kontenmu sudah rapi dan hanya tinggal dieksekusi.

Kamu bisa membuat aset kampanye produkmu sesuai dengan kalender launching. Dengan begitu, kamu akan bisa menyesuaikan konten yang kamu buat dengan momentum yang ingin  kamu tangkap.

Buat Kalender untuk Konten Media Sosialmu

Kalender konten akan memudahkanmu untuk mengatur penayangan kontenmu. Hal ini bisa dilakukan berdasarkan riset audiencemu. Misalnya melihat jam berapa mereka paling aktif menggunakan media sosial. Hal ini bisa memaksimalkan engagement dan reach di media sosialmu.

Kamu juga bisa membuat kalender lain tentang kapan penjualanmu akan mulai dilakukan.

Supaya memudahkanmu, kamu bisa memakai beberapa tool untuk menyusun kalender konten, diantaranya :

Mulai Launching Produkmu

Pastikan semua konten telah siap beserta caption. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hitung mundur, supaya pengikutmu merasa penasaran dan mengantisipasi peluncuran produk barumu.

Jangan lupa untuk mengupdate link di biomu. Link ini bisa berupa link penjualan, supaya memudahkan calon pelangganmu. Kamu juga harus cepat dalam membalas berbagai pesan serta DM yang masuk, serta membuat highlight dari instastory terkait produkmu. Intinya jaga media sosialmu selalu aktif selama kamu melaunching produk ya!

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika merencanakan launching produk di media sosial. Semoga bermanfaat ya!

Default image
Content Creator
Articles: 14

Leave a Reply