cara mudah gunakan twibbon untuk promosi

Cara Mudah Gunakan Twibbon Untuk Promosi Acara dan Bisnis

Saat mengikuti berbagai acara besar seperti olimpiade atau acara gathering yang diikuti oleh ratusan orang, biasanya anggota diwajibkan untuk menggunakan twibbon. Sebenarnya apa sih Twibbon dan manfaatnya untuk sebuah acara?

Twibbon sendiri merupakan sebuah bentuk promosi yang menggabungkan foto dan bingkai acara yang kemudian harus di upload di berbagai social media, seperti Instagram atau Facebook. Tujuannya untuk meramaikan dan mengenalkan acara ke orang lain yang belum mengetahui.

Selain itu, penggunaan twibbon bisa berguna sebagai identitas, khususnya bagi anak sekolah yang mengikuti acara orientasi, tujuannya adalah mengetahui calon temannya dengan melihat hastag yang biasanya disertakan di caption saat mengunggah foto twibbon ke social media.

Penggunaan twibbon juga akan menarik perhatian banyak orang agar kepo pada acara yang akan diadakan sehingga bisa saja peserta akan bertambah setelah melihat twibbon yang disebarkan.

Selain itu, beberapa hari besar atau peringatan tertentu biasanya menggunakan twibbon tertentu. Hal ini dilakukan agar banyak orang lebih peduli pada isu tertentu yang sedang digaungkan.

Contohnya pada peringatan hari lingkungan, biasanya beberapa orang akan menggunakan twibbon yang diisi dengan berbagai kampanye. Hal ini dilakukan agar orang-orang yang melihat lebih tertarik dan sadar pada masalah yang sedang terjadi.

Tak hanya itu, penggunaan twibbon juga berguna untuk mempromosikan berbagai produk dan juga beberapa keuntungan lainnya :

Kegunaan Twibbon Untuk Promosi Acara dan Bisnis

Kegunaan Twibbon Untuk Promosi Acara dan Bisnis

Twibbon saat ini sering digunakan oleh berbagai organisasi untuk berbagai tujuan. Tidak hanya untuk promosi acara namun juga bisa sebagai ajang pengenalan kepada anggota lain dengan cara melihatnya melalui twibbon yang tersebar.

Tidak hanya itu, berbagai platform pencarian kerja terkenal seperti Linkedin dan Jobstreet juga sudah mulai menggunakan twibbon sebagai penanda bagi orang yang ingin mendapatkan kerja lebih cepat.

Twibbon Sebagai Promosi Acara

Sebagai seorang promotor acara tentunya ingin event yang diadakannya dikunjungi dan diminati oleh banyak orang. Salah satu strategi marketing yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan twibbon.

Penyelenggara bisa meminta peserta untuk menggunakan twibbon sebagai salah satu persyaratan lomba. Selain itu, twibbon bisa digabungkan dengan hastag agar acara bisa tersebar lebih mudah.

Penggunaan twibbon yang unik juga bisa membuat peserta sukarela dalam menggunakan twibbon yang diminta.

Twibbon Digunakan di Platform Pencarian Kerja

Berbagai platform pencarian kerja saat ini mulai menggunakan twibbon sebagai identifikasi pelamar kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan secara cepat.

Penggunaan twibbon ini biasanya dipakai di foto profil pengguna sehingga memudahkan HRD saat melihat profil pekerja yang dituju dan bisa menjadi pertimbangan agar bisa naik ke sesi wawancara apabila perusahaan tersebut membutuhkan calon pekerja dengan cepat.

Penggunaan twibbon ini bisa diaktifkan apabila pengguna menggunakan pengaturan tertentu di platform yang dipilih.

Twibbon Sebagai Identitas Diri

Seseorang yang datang ke sebuah acara besar biasanya ingin mencari teman terlebih dahulu agar tidak kebingungan saat datang ke venue acara. Penggunaan twibbon ini juga membantu untuk memudahkan orang-orang yang ingin mendapatkan teman sebelum kegiatan dimulai.

Pengguna bisa mencari melalui tagar yang disertakan di twibbon dan mulai mencarinya di social media dimana twibbon diunggah. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan saat berkenalan agar lebih mudah mendapat teman.

Tidak hanya digunakan oleh peserta acara, beberapa panitia pun terkadang diminta untuk mengunggah foto diri dengan twibbon tertentu sebagai tanda pengenal dan pembeda dirinya dengan peserta yang lain.

Hal ini juga menjadi sarana yang bagus agar peserta dapat mengetahui siapa saja yang ikut bertanggung jawab dalam mensukseskan acara.

Tips Agar Twibbon Makin Menarik

Tips Agar Twibbon Makin Menarik

Penggunaan twibbon yang tepat dan efektif tentu akan membantu dalam menyukseskan promosi acara. Karenanya, penyelenggara sebaiknya membuat desain twibbon yang menarik dan unik agar disukai oleh anggotanya.

Tidak hanya itu, penggunaan twibbon yang menarik juga akan membedakan acara yang dimiliki dengan acara lain yang mungkin dilaksanakan bersamaan.

Berikut beberapa cara membuat twibbon agar makin menarik:

Padukan Berbagai Warna

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merancang desain twibbon adalah menentukan warna yang cocok dan sesuai dengan tema acara. Contohnya adalah memilih warna hijau untuk acara yang bertemakan lingkungan.

Namun pengguna juga bisa memilih warna-warna netral dan tidak bertabrakan satu dengan yang lainnya agar hasil twibbon menjadi lebih bagus. Pastikan untuk memilih 2 jenis warna dengan tone yang sama agar warnanya lebih serasi.

Setelah memilih warna yang cocok untuk dijadikan twibbon, jangan lupa juga untuk mencantumkan nama kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Penulisan biasanya ada pojok kanan agar tidak mengganggu foto profil yang akan dimasukkan ke dalam twibbon.

Pemberian logo di dalam twibbon juga penting untuk dimasukkan agar terlihat lebih profesional, terlebih apabila acara tersebut membawa nama instansi tertentu.

Beri Tagline acara

Jangan lupa juga untuk menambahkan tagline acara yang bisa dibubuhkan di atas twibbon. Tagline yang digunakan sebaiknya singkat dan padat serta sesuai dengan tema acara yang berlangsung. Penggunaan tagline sendiri juga bisa dicantumkan di caption dengan menggunakan hastag.

Agar penyebaran twibbon makin rapi, penyelenggara acara biasanya meletakkan berbagai hastag yang berisi tagline dan juga nama acara. Hal ini dilakukan agar peserta lain bisa lebih mudah untuk mencari teman sebaya dengan menggunakan hastag yang diberikan.

Gunakan Desain yang Modern

Penggunaan twibbon yang keren tentu saja akan membuat peserta acara dengan sukarela menggunakan twibbon yang diminta. Karenanya pastikan untuk membuat desain twibbon yang keren dan tidak ketinggalan zaman.

Pengguna bisa mencari referensi melalui berbagai social media, seperti Pinterest atau Instagram untuk mendapatkan inspirasi.

Akan tetapi, jangan sampai twibbon yang dimiliki memiliki kesamaan dengan orang lain guna mencegah tuduhan adanya traking yang tentu akan mempermalukan pengguna.

Apabila twibbon sudah selesai dibuat maka pengguna bisa mengetesnya sendiri terlebih dahulu, apabila hasilnya bagus maka bisa digunakan sebagi twibbon acara.

Jangan lupa untuk minta pendapat dari anggota lain untuk mengetahui twibbon mana yang cocok dan bagus untuk digunakan. Karenanya pastikan membuat rancangan desain twibbon yang banyak agar variasinya pun semakin beragam

Aplikasi Untuk Membuat Twibbon

Aplikasi Untuk Membuat Twibbon

Penggunaan twibbon yang sering dipakai di berbagai acara dan terbukti mampu meramaikan event yang ada akhirnya membuat penyelenggara mulai putar otak untuk membuat twibbon yang bagus dan mampu untuk menarik lebih banyak pengguna.

Pembuatan twibbon sendiri sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh pemula karena tidak memerlukan aplikasi yang rumit. Beberapa platform yang bisa diunduh di gadget dapat digunakan untuk membuat twibbon yang keren.

Berikut beberapa platform edit gambar yang bisa digunakan untuk membuat twibbon:

PicsAsrt

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk membuat twibbon secara mudah adalah Picsart. Meskipun biasanya diguanakan untuk membuat foto menjadi lebih cerah, namun pengguna juga bisa menggunakannya untuk membuat twibbon.

Cara membuatnya pun mudah, pengguna bisa mengunduh aplikasinya di handphone atau masuk melalui websitenya apabila mengakses melalui laptop atau personal computer.

Selanjutnya pengguna bisa membuat akun secara gratis dengan memasukkan alamat email dan juga username yang akan dipakai dan kata sandi yang aman. Pembuatan akun ini dilakukan agar pengguna bisa menyimpan hasil editan apabila belum selesai.

Bagi pengguna Picsart di personal computer dan handphone, pililhlah tombol create setelahnya pilih new project.

Setelahnya cari fitur drawing untuk membuat twibbon baru kemudian pilih pick canvas untuk memilih ukuran kanvas yang akan digunakan untuk membuat twibbon.

Pilihlah kanvas dengan ukuran 1:1 agar ukuran twibbon menjadi bentuk persegi atau kotak. Hal ini dilakukan karena bentuk tersebut cocok untuk ukuran foto profile social media, lalu klik tanda panah kanan di pojok kanan maka tampilan kanvas putih kosong akan muncul.

Setelahnya, pilih tombol layer yang ada di pojok kanan bawah yang kemudian akan muncul 2 layer awal yang transparan dan berwarna putih.

Pindahkan layer berwarna transparan ke arah bawah kemudian geser ke bawah sehingga urutan layer menjadi berwarna putih dan transparan.

Pengguna bisa menentukan background twibbon dengan memilih warna yang ada di backgorund putih.

Pilihlah warna netral yang tidak mencolok agar sesuai dengan warna frame yang dipilih. Warna-warna netral cocok untuk dijadikan backgorund twibbon.

Langkah selanjutnya adalah membuat area transparan pada background, area ini dibuat agar peserta bisa memasang foto profil di twibbon sebagai identitas diri.

Biasaya area transparan ini berbentuk lingkaran agar sesuai dengan bentuk wajah peserta.

Cara membuat area transparan pun mudah, dengan klik pada tombol penghapus kemudian pilih tombol shape di menu bawah.

Apabila bentuk sudah sesuai keinginan, pengguna bisa memilih fill kemudian klik OK.

Buat bentuk lingkaran pada area transparan dengan cara tap pada kanvas, tahan kemudian geser hingga membentuk lingkaran.

Atur sesuai dengan posisi lingkaran yang diperlukan dan pastikan cukup untuk memuat sebuah foto.

Selanjutnya, pengguna membuat layer baru yang bisa ditambahkan di tombol plus pada bagian kanan atas dan kemudian pilih empty layer.

Penggunaan layer ini nantinya untuk penambahan stiker agar twibbon terlihat lebih menarik.

Kemudian pilih tombol tambah gambar di sebeleah tombol layer dan pilihlah stiker yang diinginkan. Pastikan juga stiker yang dipilih sesuai dengan tema twibbon yang akan dipakai.

Pengguna juga bisa mencari stiker lebih cepat dengan klik tombol pencarian dan pilih stiker sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memilih frame sebagai pembatas antara foto nantinya.

Setelah memilih frame yang tepat, maka hasilnya akan terlihat di kanvas. Tarik frame ke atas lingkaran transparan dan sesuaikan agar tidak miring.

Pengguna bisa menambahkan layer lain sebagai tempat stiker agar frame menjadi lebih bagus. Letakkan stiker di bawah foto agar tidak mengganggu foto uang akan dipasang nantinya.

Setelah tampilan sudah sesuai yang diinginkan, maka pengguna bisa menambahkan logo acara atau penyelenggara acara sebagai identitas.

Caranya adalah dengan pilih tombol tambah gambar dan pilih logo dari galeri anda dan masukkan ke dalam kanvas. Atur logo sesuai dengan tempat yang diinginkan

Pemberian tagline juga harus diperhatikan agar peserta bisa mengetahui nama acara yang akan diselenggarakan.

Pengguna bisa menambahkan tagline dengan membuat shape berbentuk persegi panjang untuk background teks.

Caranya dengan pilih tombol brush dan tambah shape, pilih bentuk shape yang diinginkan lalu tap Ok. Hasilnya pun bisa diterapkan ke dalam kanvas.

Setelah selesai pilih tombol panah kanan kemudian klik edit image, tambahkan teks tagline yang sudah disetujui dengan klik pada Text dan letakkan pada posisi yang diinginkan.

Twibbon yang sudah selesai bisa disimpan dengan klik tombol unduh di bagian atas. Hasil dari editan ini sudah bisa dipakai dan bisa digunakan peserta.

Canva

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat twibbon dengan mudah adalah Canva. Platform ini pun sering direkomendasikan banyak orang karena kemudahan untuk membuat desain di berbagai perangkat elektronik.

Paltform ini pun bisa digunakan bersama-sama sehingga apabila ada desain yang belum selesai maka pengguna lain bisa menyelesaikannya sesuai dengan brief yang dibrikan.

Penggunaan aplikasi ini pun sama dengan Picsart, yakni pengguna bisa mengunduh aplikasinya di gadget yang dimiliki atau membukanya di website.

Setelahnya pengguna juga harus membuat akun yang terkoneksi melalui email dan juga kata sandi yang aman.

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat twibbon di Canva adalah dengan klik buat desain baru kemudian pilih ukuran kanvas yang sesuai. Pengguna bisa menggunakan kanvas dengan ukuran 1080×1080.

Selanjutnya pengguna bisa membuat desain twibbon sesuai dengan keinginan menggunakan template yang sudah disediakan atau membuat desain twibbon baru menggunakan berbagai fitur yang ada di Canva.

Apabila ingin menggunakan template yang sudah disediakan maka pengguna bisa menghapus beberapa tambahan gambar yang ada sehingga nantinya hanya frame yang digunakan.

Pengguna juga bisa menambahkan berbagai aksesoris lain agar twibbon menjadi makin menarik, caranya dengan mengetuk ikon  + di bawah desain kemudian buka menu elemen.

Pada kolom pencarian, ketikkan kata kunci Bentuk lalu pilih elemen bulat agar foto profil bisa masuk ke dalam twibbon yang dibuat.

Setelahnya letakkan bentuk yang dipilih ke tengah frame dan pastikan agar pengukurannya tepat agar tidak berat sebelah.

Kemudian buka menu posisi untuk mengubah bentuk menjadi background, ubahlah posisi elemen tersebut ke paling belakang.

Agar peserta bisa memasukkan foto profilenya ke dalam twibbon yang telah disebarkan, pengguna juga harus membuat background yang transparan.

Caranya adalah dengan menggunkan aplikasi lain yakni background eraser yang bisa diunduh di google playstore atau bisa dibuka melalui website apabila ingin mengedit di personal computer.

Selanjutnya adalah pengguna pilih fitur Load a Photo dan pilih desain twibbon yang sudah disimpan sebelumnya. Klik done apabila gambar yang dipilih sudah sesuai.

Apabila foto sudah terupload di aplikasi ini, pengguna tinggal memilih menu bar dari manual menjadi auto, kemudian arahkan ikon lingkaran merah ke tengah twibbon maka secara otomatis elemen tersebut akan terhapus.

Setelahnya, pengguna bisa menyimpan hasil dari editan tersebut dengan mengetik tombol done di kanan atas layar kemudian pilih save.

Pengguna bisa menambahkan elemen tambahan agar twibbon makin meriah. Pilillah elemen yang sesuai dengan tema twibbon yang akan disebarkan.

Setelah selesai, pengguna bisa menyimpannya terlebih dahulu dengan klik ikon upload yang ada di pojok kanan layar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketika file twibbon terhapus di galeri sehingga bisa diunduh kembali.

Kemudian pengguna bisa mengunduh gambar dengan memilih ikon simpan sebagai dan pilih menu file menjadi PNG agar mudah digunakan saat memasukkan foto profil ke dalam twibbon dan kemudian klik unduh.

Twibbon.com

Selain membuat twibbon menggunakan berbagai platform edit foto, pengguna juga bisa membuat twibbon menggunakan website. Salah satunya adalah dengan menggunakan twibbon.com

Pengguna bisa memulai dengan mengetik twibbon.com di kolom browser. Kemudian pengguna akan diarahkan untuk mendaftar melalui akun Facebook atau Google Mail yang dimiliki.

Setelahnya pengguna bisa memilih start campaign dan akan diarahkan untuk mengisi formulir campaign details. Isilah berbagai data tersebut agar aplikasi ini dapat membantu untuk membuat twibbon yang diinginkan.

Pada kolom Your Email, isikan alamat email yang digunakan, anda bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi khsusus dari twibbon.com. Namun apabila tidak tertarik maka pengguna bisa melewatinya.

Kemudian pada kolom twibbon name isi dengan nama twibbon yang akan dibuat, untuk mempermudah tulislah nama campaign yang akan dilakukan. Selanjutnya pada kolom deskripsi pengguna bisa mengisi mengenai twibbon yang akan dibuat.

Setelah semua form terisi dengan benar, maka pengguna bisa klik pada ikon i’m happy continue. Kemudian, pengguna akan diarahkan ke kotak add file kemudian pilih foto dan gambar yang dibutukan.

Apabila twibbon sudah selesai terunggah maka pengguna bisa menambahkan berbagai elemen sesuai dengan keinginan kita. Ketika twibbon terasa sudah siap untuk dipakai maka pengguna bisa menyimpannya.

Website twibbon ini tentu saja cocok bagi orang-orang yang ingin membuat twibbon namun belum memiliki kemaampuan dalam desain yang baik.

Twibbonize.com

Website selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat twibbon adalah twibbonize. Platorm ini pun bisa dibuka melalui handphone atau laptop sehingga memudahkan untuk membuat twibbon dimana saja dan kapan saja.

Pengguna pun bisa membuat dengan mudah, yakni buka website twibonnize, setelah masuk ke website tersebut pengguna bisa memilih desain twibbon yang akan digunakan melalui kotak Search untuk mencari keyword yang diinginkan.

Selanjutnya pilih desain yang diinginkan dan pastikan sesuai dengan tema acara yang akan berlangsung. Pilih browser image dan tunggu hingga hasil upload selesai.

Setelahnya masukkan foto ke dalam twibbon yang diinginkan dan sesuaikan peletakannya agar terlihat pas. Jika sudah selesai maka pengguna bisa klik upload foto.

Apabila semua proses sudah selesai maka pengguna tinggal mengunduh twibbon tersebut. Cara ini bisa dilakukan oleh peserta yang ingin memasukkan gambar ke dalam twibbon yang diminta untuk kegiatan tertentu.

Tips Agar Twibbon Dilirik Banyak Orang

Tips Agar Twibbon Dilirik Banyak Orang

Pemberian twibbon di sebuah acara atau kegiatan selain sebagai media promosi juga sebagai identitas acara yang bisa dipakai peserta. Penggunaan twibbon ini berguna bagi peserta yang ingin mencari teman sebelum kegiatan berlangsung sehingga bisa menjadi teman berbagi yang cocok.

Akan tetapi, sebelum mencari teman yang cocok menggunakan twibbon, maka pengguna juga harus memerhatikan strategi berikut agar proses perkenalan menjadi mudah dan juga dapat mengenal peserta lain dengan baik.

Gunakam Foto Diri yang Jelas

Tips pertama yang bisa dilakukan agar twibbon dilirik banyak orang adalah dengan menggunakan foto diri yang jelas. Pengguna bisa memakai foto dengan outfit yang bagus sehingga bisa menarik teman di acara.

Selain itu, perlihatkan wajah dengan jelas agar pengguna lain bisa mengenali anda dengan mudah saat di acara. Pastikan juga foto tidak blur agar hasil dari twibbon yang diunggah bisa semakin bagus.

Padukan dengan Caption yang Menarik

Tidak hanya menggunakan twibbon yang jelas, penggunaan caption yang baik juga bisa membantu seseorang untuk mengenal anda lebih dekat.

Pengguna bisa mengambil kutipan dari perkataan tokoh-tokoh terkenal yang memiliki kaitan dengan acara tersebut. Kemudian berikat alasan singkat mengapa anda mengikuti acara tersebut, berikan juga kalimat ajakan di akhir kalimat agar orang lain mau mengikuti anda.

Pemberian hastag yang biasanya diberikan oleh penyelenggara acara juga bisa dimasukkan agar orang lain bisa mencari anda dengan mudah melalui hastag yang diberikan.

kesimpulan

Kesimpulan

Penggunaan twibbon yang tepat tentu akan membantu dalam promosi acara sehinga semakin sukses dan diminati banyak orang.

Tidak hanya itu, pengguna bisnis juga bisa menggunakan twibbon dalam penggunaan campaign promosi bisnis atau peringatan hari-hari besar tertentu yang bisa dibalut dengan berbagai diskon. Hal ini akan meningkatkan minat konsumen untuk berkunjung dan membeli produk anda.

Karenanya pembuatan twibbon yang bagus dan menarik tentulah dibutuhkan untuk mendukung segala kegiatan.

Namun, apabila masih belum bisa membuat twibbon maka pengguna bisa memakai berbagai template yang tersedia di aplikasi edit foto yang bisa dipakai dengan mudah.

Jadi, sudah siap gunakan twibbon untuk berbagai acara dan bisnis?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *