10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Jitu! 10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris dan Bisnis Sukses

Membuka usaha menjadi salah satu cara memperoleh penghasilan yang menggiurkan. Makanya, tidak heran kalau sekarang semakin banyak orang yang memilih berwirausaha. Namun, tidak sedikit pula yang gagal menjalankan usahanya. Untuk bisa meraup keuntungan, dibutuhkan strategi marketing terbaik.

Tidak setiap usaha yang gagal karena kualitas produknya yang tidak baik. Strategi pemasaran yang kurang tepat juga sangat memengaruhinya. Itulah mengapa mengetahui dan mempelajari strategi pemasaran sangat penting dilakukan. Berikut ini 10 strategi marketing yang bisa dipraktikkan agar usaha laris dan sukses.

Menciptakan Brand yang Kuat

10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Branding adalah bagian penting yang perlu dibangun sejak sedari awal usaha berjalan. Sekalipun usaha yang didirikan dalam skala kecil, tetap harus mulai membangun brand yang baik agar masyarakat tahu dan mengenal usaha yang didirikan. Cara membangun brand sekarang sudah lebih mudah, karena bisa mengandalkan media internet.

Pemilik usaha bisa memperkenalkan identitas brand ke calon konsumen melalui media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Identitas brand yang perlu dibangun berupa informasi terkait produk yang dijual, tujuan usaha dan lainnya. Sampaikan kepada calon konsumen kelebihan produk atau usaha yang dibangun dan alasan mengapa mereka harus memilih produk tersebut.

Jangan lupa untuk membuat sesuatu yang unik dan berbeda, agar menjadi daya bagi calon konsumen. Brand bukan hanya soal logo dan tagline, melainkan juga bagaimana agar calon pelanggan percaya dengan usaha yang dibangun.

Membuat Logo yang Menarik

10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Membuat logo yang menarik, merupakan salah satu strategi marketing. Bagaimanapun juga logo akan sangat menempel pada identitas suatu bisnis. Pastikan logo yang dibuat mengandung makna yang bisa mewakili usaha yang dibangun.

Untuk membuat logo usaha, bisa meminta bantuan jasa graphic designer. Pemilik usaha bisa melakukan konsultasi tentang logo yang cocok untuk bisnis yang sedang dibangun. Diskusikan bentuk logo yang cocok dengan bisnis tersebut dan buatlah logo yang khas dengan warna yang menarik. Dengan begitu, calon pelanggan akan tertarik dan penasaran dengan produk yang ditawarkan.

Melakukan Riset Pasar

10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Strategi marketing selanjutnya. yaitu melakukan riset pasar. Pemilik usaha harus senantiasa melakukan riset pasar karena tren pasar yang selalu berubah. Melakukan riset pasar bertujuan agar dapat memahami kepuasan pelanggan akan suatu produk.

Selain itu, riset juga dilakukan untuk mengetahui tren apa saja yang sedang ramai pasaran. Sehingga pemilik usaha bisa menentukan arah bisnis kedepannya.

Setelah mengetahui tren yang sedang diminati oleh pasar, tentu akan semakin memudahkan dalam menentukan strategi marketing. Tentunya, dengan begitu bisnis tidak akan kalah saing dengan bisnis sejenisnya.

Memanfaatkan Facebook Ads

Saat ini, media sosial menjadi wadah yang paling efektif untuk mengembangkan pasar suatu usaha. Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran. Terdapat 130 juta lebih pengguna media sosial Facebook di Indonesia. Sehingga akan sangat efektif jika melakukan pemasaran di media sosial ini.

Buatlah akun usaha di Facebook untuk mempromosikan produk usaha yang ingin ditawarkan ke konsumen. Untuk mendapatkan banyak sorotan dari pengguna Facebook, sebaiknya menggunakan Facebook Ads. Facebook Ads adalah fitur yang membuat profil usaha tampil di halaman akun pengguna lainnya.

10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Dengan menggunakan Facebook Ads, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan akan lebih besar, karena banyaknya pengguna Facebook yang bisa terjangkau. Namun, untuk menggunakan fitur tersebut, harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah klik dan page view.

Menulis Konten yang Menarik

Media Interntet menjadi salah satu wadah paling tepat untuk melakukan strategi marketing. Apalagi jika bisnis yang dibangun merupakan bisnis kecil. Melalui media internet pebisnis dapat membangun brand awareness, serta promosi produk.

Caranya, yaitu dengan menulis konten blog secara menarik di situs-situs komunitas, setelah itu cantumkan link usaha tersebut. Ini adalah salah satu cara strategi marketing yang paling minim budget. Menulis konten usaha bisa dimulai melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Menulis konten juga bisa menggunakan jasa freelance content writer untuk menuliskan mengenai produk-produk suatu usaha.

Memanfaatkan Media Sosial

Bukan hanya Facebook, strategi marketing juga bisa dilakukan menggunakan media sosial lain. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana promosi, seperti Instagram, Youtube, Twitter dan lainnya. Media sosial Instagram termasuk platform yang sangat efektif untuk mempromosikan suatu usaha.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Gratis dan Lengkap untuk Pemula

Melalui Instagram, pemilik usaha bisa memperlihatkan produk-produk dengan meng-upload foto ke akun Instagram. Sertakan caption tentang produk secara jelas serta informasi yang lengkap. Untuk meningkatkan awareness, bisa memanfaatkan Instagram Ads agar produk muncul di feeds pengguna Ig lainnya. Namun, pemilik usaha harus mengeluarkan biaya untuk fitur tersebut.

Memanfaatkan Email Marketing

Sebagian orang mungkin menganggap email marketing hanya spam yang bisa mengganggu konsumen. Namun, nyatanya setiap tahun penggunaan email marketing terus meningkat.

Seperti hasil studi yang telah dilakukan McKinsey and Company, yang menunjukkan bahwa email marketing lebih efektif 40 kali dalam memperoleh konsumen dibandingkan Facebook dan Twitter. Email marketing ini efektif karena perusahaan dapat menjangkau konsumen hingga area personal mereka, yaitu kotak masuk email.

Memanfaatkan Alat Promosi Cetak

Meskipun media internet efektif sebagai salah satu strategi marketing, tetap saja promosi offline harus dilakukan. Meskipun di era digital promosi offline masih efektif dilakukan. Salah satunya dengan membuat alat promosi cetak seperti brosur, flyer atau kartu nama.

Alat promosi cetak dapat membantu dalam meningkatkan brand awarness serta meningkatkan reputasi perusahaan. Apalagi, tidak semua orang yang mengakses internet dan pastinya alat promosi cetak akan membuat bisnis semakin terpercaya.

Membangun Relasi

10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris

Dalam usaha, membangun relasi penting dilakukan, karena dapat membantu berkembangnya suatu usaha. Membangun relasi bisa dilakukan dengan cara bergabung di grup Facebook yang berkaitan dengan usaha yang dijalani.

Selain itu, bisa menjadi sponsor atau pembicara pada acara seminar yang berkaitan dengan usaha tersebut. Nah, dengan demikian pelaku bisnis bisa menemukan informasi mengenai perkembangan pada bisnis tersebut.

Melakukan Evaluasi Usaha Secara Rutin

Strategi pemasaran selanjutnya, yaitu melakukan evaluasi terhadap usaha yang dijalankan. Hal tersebut bertujuan untuk melihat arus bisnis, apakah terjadi peningkatan atau malah penurunan. Apabila terjadi penurunan, maka bisa segera mencari cara baru untuk meningkatkan hasil usaha tersebut.

Jika terjadi peningkatan, perlu pula mencari tahu apa yang sebenarnya disukai oleh pasar, sehingga bisa lebih ditingkatkan. Untuk menjaga usaha tetap berjalan, evaluasi usaha ini harus dilakukan secara rutin.

Itulah 10 strategi marketing yang bisa digunakan dalam membangun bisnis sedari awal. Strategi pemasaran ini sangat penting dilakukan dalam dunia usaha. Sebab, pemasaran atau promosi tidak bisa dilakukan secara sembarangan tanpa adanya perencanaan.

Harus ada perencanaan strategi yang matang untuk mendapatkan hasil usaha yang maksimal. Semoga 10 strategi marketing di atas dapat membantu dalam merencanakan strategi pemasaran suatu bisnis.

Jitu! 10 Strategi Marketing Agar Penjualan Laris dan Bisnis Sukses

Leave a Reply

13 views
Copy link