cara mudah jual baju di internet

4 Cara Mudah Jual Baju di Internet Agar Semakin Laku

Berjualan di internet saat ini menjadi pilhan banyak penjual. Hal ini tidak mengherankan karena sebagian besar orang saat ini lebih memilih untuk melakukan transaksi di social media atau internet.

Tidak hanya itu, melakukan proses jual beli di internet juga terbukti menguntungkan karena tidak perlu banyak biaya promosi tambahan namun sudah bisa menjangkau lebih banyak orang dengan promosi melalui social media yang dimiliki

Akan tetapi, banyaknya pesaing di internet membuat penjual pun sebaiknya mengetahui strategi yang tepat agar nama produk bisa bersaing secara sehat dan menjaring lebih banyak pelanggan.

Salah satu produk yang paling banyak dijual di internet adalah produk baju. Hal ini terjadi karena baju merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh banyak orang. Berbagai market place pun menyediakan event khusus bagi pembelian berbagai macam produk baju.

Tak mengherankan bahwa bisnis jual baju di internet selalu mengentungkan dan tidak pernah ada habisnya. Baik baju baru dan juga bekas selalu laris manis diburu oleh banyak orang.

Peluang ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh penjual agar bisa mendapatkan lebih banyak pembeli dan tidak mengandalkan pemasukan dari toko oflline. Berikut beberapa cara mudah jual baju di internet bagi pemula.

keuntungan jual baju di internet

Keuntungan Jual Baju di Internet

Jangkauan internet yang luas dan juga kebutuhan akan berpakaian yang tinggi membuat bisnis jual baju akan selalu hidup. Tidak hanya itu, apabila penjual sudah menemukan strategi yang tepat maka akan lebih mudah dalam menguasai pasar dan menjadi bahan perbincangan orang lain.

Berbagai keuntungan jual baju di internet pastinya akan membuat anda lebih yakin untuk memulai bisnis ini.

Peminat dari Berbagai Kalangan

Baju menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang. Tidak hanya sebagai pelindung dari berbagai cuaca namun baju juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Berbagai jenis baju pun diluncurkan untuk menjawab berbagai keinginan pembeli. Hal ini yang membuat banyak pedagang menjual berbagai pilihan baju untuk jenjang umur serta kebutuhan yang berbeda.

Tidak hanya sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, baju sendiri sudah mejadi gaya hidup dan trend yang diikuti oleh banyak orang yang peduli pada penampilan. Tak kaget apabila ada seseorang yang menghabiskan banyak uang untuk membeli baju dari brand tertentu.

Karenanya baju yang memiliki kualitas bagus dengan model yang menarik selalu dicari orang meskipun harus merogoh kantong lebih dalam. Hal ini karena baju dapat memberikan kenyamanan dan juga kepercayaan diri bagi pembeli.

Produk Selalu Awet

Bahan dasar baju yang taham lama tentunya menjadikan barang ini awet bahkan bisa dipakai bertahun-tahun lamanya. Tidak jarang banyak orang yang mendaur ulang pakaian lama untuk digunakan kembali bahkan dihibahkan kepada seseorang yang menginginkan.

Seseorang biasanya mengganti baju ketika ukuran sudah tidak cukup sehingga harus diperbarui agar nyaman dan pas di badan. Hal ini menjadi keuntungan bagi para penjual agar bisa menyimpan barang dagangan dalam jangka waktu lama tanpa perlu takut akan tanggal kadaluwarsa.

Baju dengan model lama sekalipun masih bisa dijual dengan cara di daur ulang atau dijual kepada konsumen yang tepat. Ketahanan ini juga membuat barang dagangan bisa disimpan di berbagai tempat yang aman dan jauh dari jangkauan ancaman luar.

Bisnis yang Selalu Hidup

Kebutuhan seseorang akan baju tentunya akhirnya akan membuat bisnis ini selalu ada dan bisa diwariskan kepada anak cucu. Hanya saja, seorang penjual juga haruslah terus memperbarui produk jualannya agar selalu diminati pelanggan dan juga menjaring lebih banya orang baru.

Pelampiasan Hobi

Sebagian besar motivasi untuk memulai berjualan adalah pelampiasan dari hobi yang akhirnya dikembangkan menjadi ladang bisnis. Memulai usaha jual baju di internet juga bisa dimulai dari pelampiasan hobi membeli baju.

Seseorang yang memulai bisnis dari hobi juga biasanya lebih mengetahui mengenai poduk baju yang akan dijual serta supplier yang menyediakan barang terbaik namun dengan harga yang murah meriah.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengetahui sasaran konsumen yang dituju dan juga platform yang akan digunakan bahkan dapat mempromosikan produknya kepada sesama penyuka hobi sehingga memudahkan dalam pemasaran produk.

tools yang dibutuhkan

Tools yang Dibutuhkan

Berbagai keuntungan dalam jual baju tentunya akan meningkatkan minat seseorang untuk memulai jalan sebagai pedagang baju secara online.  Sebelum itu, penjual juga haruslah mengetahui berbagai tools pendukung agar promosi di internet dapat berjalan lebih lancar.

Siapkan Identitas Produk

Hal pertama yang wajib dipersiapkan untuk memulai jual baju di internet adalah mempersiapkan identitas produk yang tepat. Beberapa diantaranya adalah brand yang akan dijual dan diperkenalkan kepada pembeli.

Persiapan ini dilakukan mengingat banyaknya pedagang yang menjual produk yang sama di internet. Dengan adanya pemberian brand ini dapat membedakan produk kita dengan yang lain dan menjadi ciri khas tersendiri.

Pergunakan nama yang unik namun tidak pasaran dan mudah diingat oleh banyak orang. Ketahui juga sasaran konsumen yang dituju agar pengembangan brand semakin fokus.

Berikan juga ciri khas tersendiri pada brand yang akan diusung berupa pemberian nama, warna, karakter yang sesuai dengan produk, slogan yang diusung, penampilan di depan konsumen, dan juga desain logo.

Pemberian brand ini juga akan menjadi ciri khas di dalam social media ataupun market place yang digunakan. Salah satu contohnya adalah pemberian warna pada setiap desain postingan serta jenis konten yang akan diusung.

Buat Akun Social Media dan Market Place

Memiliki akun social media dan market place adalah sebuah kunci untuk memulai bisnis jual baju di internet. Seorang penjual yang cerdas tidak hanya membuat akun untuk bejualan namun juga mengembangkan berbagai konten agar barang jualan lebih menarik dan dilirik banyak orang.

Beberapa konten yang bisa digunakan untuk akun yang baru pertama kali dibuat adalah pengenalan produk dan juga manfaat yang diberikan kepada pembeli. Berikan juga alasan mengapa produk yang ditawarkan lebih baik dibandingkan yang lain.

Penjual juga bisa memggunakan konten mix & match outfit dengan produk yang diperdagangkan sehingga pembeli menemukan inspirasi dalam pemanfaatan produk. Copy writing yang menarik dan diiringi dengan deskripsi produk yang jelas akan membuat pelanggan tertarik.

Pastikan juga melakukan interaksi dengan pembeli dengan berbagai konten yang ada. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan insight akun social media sehingga lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

Penjual juga bisa menggunakan berbagai konten yang sedang viral agar pelanggan senang dan juga bisa menaikkan nama social media yang dimiliki. Sesekali adakan juga sesi give away dengan berbagai quiz dan challange untuk menarik minat pembeli aktif di akun social media anda.

Manfaatkan sebaik mungkin testimoni dari pelanggan yang biasanya disebarkan di berbagai akun social media dan market place. Penjual juga bisa melakukan repost testimoni untuk meyakinkan followers social media bahwa ulasan tidak dibuat-buat.

Mempelajari digital marketing juga menjadi keharusan untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mengembangkan akun social media. Hal ini juga akan membuat penjual memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk promosi gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Beberapa social media yang sering digunakan dan juga bisa menjadi rekomendasi akun jualan adalah Instagram, Facebook, dan Tiktok. Penjual bisa menggunakan ketiganya sesuai dengan pasar yang dituju.

Beberapa manfaat dari menggunakan Instagram sebagai media promosi jual baju di internet adalah, menjangkau pembeli lebih luas, promosi dan juga layanan yang lebih mudah, membangun relasi dengan pelanggan dan pembeli baru.

Instagram sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu pelayanan lebih baik. Beberapa contoh fitur tersebut adalah tersedianya fitur link yang bisa membawa pembeli ke link market place yang dituju.

Fitur pesan otomatis dimana pelanggan dapat bertanya melalui harga barang atau layanan sehingga penjual tidak perlu terus membuka akun seharian penuh.

Penjual juga bisa memanfaatkan fitur Instagram live guna mempromosikan dan juga mengenalkan produk kepada pelanggan. Fasilitas tanya jawab di Instagram Story juga bisa dimanfaarkan untuk menjawab pertanyaan secara langsung.

Sebuah konten jualan di Instagram juga bisa dinaikkan dengan menggunakan fitur hastag. Mempergunakan strategi hastag yang tepat juga akan membantu postingan naik dengan adanya interaksi berupa likes ataupun comment dari followers.

Konten produk juga dapat dimaksimalkan dengan fitur push notification dimana followers akan mendapatkan berbagai konten terbaru lebih cepat sehingga mengetahui produk yang diluncurkan lebih dahulu.

Produk andalan Instagram berupa foto dan video pendek juga bisa digunakan untuk memasukkan gambar produk disertai dengan deskripsi barang dan harga. Penjual juga bisa mengguanakan fitur video untuk membuat konten yang menghibur.

Salah satu social media lain yang bisa dimanfaatkan penjual adalah Facebook. Berbagai keuntungan membuat akun Facebook untuk promosi adalah menaikkan nama brand, konsumen yang lebih luas berdasarkan usia dan minat, penjualan produk yang luas, serta tersedia Facebook for Business.

Facebook dikenal sebagai social media yang interaktif dimana non pengikut sekalipun dapat memberikan komentar, tanda suka, bahkan membagikan postingan akun ke orang lain. Hal ini dapat menaikkan nama brand juga interaksi dengan orang lain yang berpotensi sebagai pembeli,

Tidak hanya itu, penjual juga dapat membuat brand yang kuat di Facebook Business dengan pemberian identitas berupa Bio dan juga berbagai konten yang menarik. Pengguna Facebook yang banyak juga bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga jangkauan menjadi lebih luas dan terukur.

Di dalam social media ini, penjual juga bisa posting banyak foto lalu mengumpulkannya di dalam sebuah album sehingga secara tidak langsung akan menjadi sebuah katalog untuk calon pembeli melihat berbagai produk yang dijual.

Di Instagram dan Facebook sendiri juga ada fasilitas iklan berbayar sehingga penjual dapat menjangkau pembeli yang lebih luas. Iklan ini sendiri biasanya ditemukan di Instagram Story ataupun postingan. Buatlah juga iklan yang menarik namun singkat sehingga dapat mendeskripsikan produk dengan tepat.

Dengan adanya fitur iklan berbayar ini penjual juga dapat memilih biaya yang dikeluarkan setiap bulannya juga target konsumen yang disasar sehingga lebih terukur.

Seorang penjual juga harus menyediakan media transaksi untuk proses jual beli selain media promosi yang baik. Dengan adanya market place ini penjual dan pembeli dapat bertransaksi lebih aman dan mudah.

Salah satu market place yang memiliki banyak peminat adalah Shopee. Di akun ini penjual dapat melakukan promosi sekaligus transaksi yang lebih aman. Tersedia juga berbagai pilihan pembayaran dan pengiriman sehingga pembeli dapat memilih sesuai pilihan.

Shoope sendiri juga menyediakan fitur siaran langsung dimana pembeli dapat mempromosikan produknya dan ditonton langsung oleh banyak pembeli secara realtime. Tidak hanya itu, pembeli juga diuntungkan dengan adanya berbagai promo yang menarik selama acara siaran langsung.

Salah satu market place yang juga menjadi kesukaan banyak orang adalah Tokopedia. Berbagai macam promo dan layanan sudah disediakan dengan baik sehingga penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi dengan mudah dan nyaman.

Dalam proses jual beli di market place, penjual sebaiknya membalas pesan atau merespon pesanan secara cepat agar pembeli tidak menunggu lama dan juga menjadi kepuasan tersendiri apabila barang yang dikirimkan cepat datang.

Tidak hanya itu, pembeli juga dapat diarahkan ke akun market place yang dimiliki untuk proses transaksi lebih lanjut. Tersedianya berbagai promo potongan harga dan gratis ongkos kirim juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk berbelanja.

Miliki juga konten yang unik dan juga berbeda dari kompetitor guna menarik perhatian pembeli juga membuat pelanggan nyaman dan terus membeli produk yang ada. Manfaatkan juga berbagai fitur di social media dan market place yang ada untuk memaksimalkan konten.

Foto dan video produk

Memiliki foto dan video produk yang kreatif juga sangatlah penting untuk meningkatkan nilai jual suatu produk. Tak jarang, penjual meminta bantuan profesional agar hasil produk semakin menarik sehingga menaikkan nilai jual.

Selain memasukkan foto dan video produk ke berbagai akun social media, penjual dapat membuat katalog yang berisi gambar produk disertai dengan deskripsi bahan dan juga harga.

Katalog ini bisa disebarkan secara internet sehingga pelanggan dapat mengakses dengan mudah. Penggunaan katalog juga bisa menaikkan nama brand karena terlihat profesional.

Video juga bisa menjadi media yang bagus untuk promosi produk. Berbagai macam konten video yang dapat dibuat adalah video pendek berisi ulasan produk ataupun konten edukasi yang berkaitan dengan produk.

Salah satu konten video menarik yang dapat digunakan untuk promosi produk adalah trailer video. Konten ini dapat diunggah sebelum peluncura produk sehingga dapat meningkatkan rasa penasaran pelanggan sehingga saat produk diluncurkan akan lebih banyak orang yang membeli.

Pembuatan video testimoni juga dapat menjadi konten yang meningkatkan nilai jual produk. Dengan video testimoni, pembeli bisa melihat ulasan langsung dari orang lain yang membeli barang di toko tersebut.

Penjual bisa mengumpulkan video pendek dari Instagram story untuk dijadikan video testimoni pelanggan. Jangan lupa juga untuk meminta izin dan apresiasi agar pelanggan senang dan memberikan ulasan lebih banyak tanpa diminta.

Aplikasi Pendukung Jual Beli

Pembuatan konten yang baik juga harus di dukung dengan berbagai aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ataupun melakukan pembayaran bulanan.

Beberapa aplikasi yang harus ada di gadget untuk mempermudah proses jual beli di internet adalah aplikasi komunikasi seperti WhatsApp ataupun aplikasi market place dan social media yang digunakan untuk proses promosi dan jual beli.

WhatsApp digunakan untuk kelancaran komunikasi dengan pelanggan ataupun supplier. Penjual dapat menggunakan WhatsApp for Business untuk meningkatkan profesionalitas dan juga kepercayaan pelanggan.

Penjual juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di WhatsApp Business seperti pemberian deskripsi barang dan lokasi penjualan, jam kerja, dan juga berbagai akun social media sehingga pelanggan bisa kenal lebih dekat dengan produk yang akan dibeli.

Selain itu memiliki aplikasi market place juga membantu penjual untuk mengetahui barang apa saja yang dipesan dan sedang dalam pengiriman. Pedagang juga bisa menjawab berbagai pertanyaan lebih cepat sehingga pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama.

Sebagian besar konten social media seperti Instagram story juga lebih mudah di upload pada Handphone daripada di laptop atau PC.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah konten yang dimasukkan sudah sesuai dengan ukuran handphone serta lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan pelanggan.

Tidak hanya itu, beberapa aplikasi edit gambar dan video juga bisa diunduh di ponsel untul memudahkan penjual dalam mengedit konten di mana saja dan kapan saja.

Bebepa aplikasi edit video dan gambar yang bisa dijadikan rekomendasi adalah Canva yang bisa diakses dan dipelajari secara mudah oleh pemula. Meskipun ada beberapa fitur berbayar namun fasilitas gratis pun bisa dipakai untuk pembuatan konten foto yang menarik.

Selain itu untuk edit video penjual juga bisa menggunakan aplikasi Kinemaster yang hasilnya bisa digunakan di Instagram. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah memotong video, memberikan efek, serta menambahkan tulisan di dalam video.

Jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi mobile banking pada bank yang dipilih untuk transaksi jual beli. Adanya aplikasi ini akan memudahkan penjual untuk mengecek apakah uang pembelian sudah masuk ke rekening sehingga bisa dilanjutkan dengan pengiriman barang.

Pengguna bisa mengaktifkan aplikasi ini di kantor cabang bank terkait atau melalui website yang bisa diakses melalui internet.

cara mulai jual baju di internet

Cara Mulai Jual Baju di Internet

Langkah pertama untuk membuka bisnis jual baju di internet memang tidaklah mudah namun selalu ada jalan bagi yang bersungguh-sungguh mencoaba. Beberapa persiapan ini bisa dilakukan sebelum membuka bisnis jual baju di internet.

Siapkan Modal

Langkah pertama yang harus dilakukan seorang penjual sebelum memulai bisnis adalah menyiapkan modal yang cukup. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli produk yang akan dipasarkan, membeli gadget yang diperlukan untuk kelancaran proses jual beli di internet, peralatan packing serta tempat yang memadai.

Modal ini bisa di daparkan dari menabung penghasilan bulanan selama bekerja, suntikan dana dari investor, atau mengajukan kredit pinjaman di bank dengan bunga dan jangka waktu tertentu. Ingatlah untuk memikirkan berbagai resiko saat pengajuan kredit ataupun dana dari investor.

Pilih Model untuk Baju

Langkah selanjutnya dalam memulai usaha jual baju di internet adalah menentukan produk apa yang akan dijual dengan konsumen yang dituju.

Penjual juga sebaiknya menentukan model baju apa saja yang memiliki banyak peminat sehingga memudahkan dalam penjualan sehingga modal kembali lebih cepat.

Pilihlah model yang unik dengan bahan yang nyaman. Berikanlah produk yang tidak dimiliki kompetitor sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Cari Produsen atau Jadi Dropshipper

Setelah menentukan produk yang pas dengan model yang cocok, penjual bisa menentuka produen yang tepat dengan kualitas barang yang bagus namun dengan harga yang murah.

Penentuan produsen ini tentu saja membutuhkan kesabaran dan ketelatenan lebih untuk menemukan agen yang tepat dan bisa diajak bekerja sama dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu opsi yang bisa digunakan untuk memulai bisnis dengan modal minim adalah dengan menjadi dropshipper. Penjual hanya butuh memasarkannya tanpa perlu memikirkan tambahan lainnya bahkan bisa memperoleh keuntungan yang berlipat.

Penentuan target pasar juga harus dilakukan karena tidak semua orang bisa dijadikan konsumen. Lakukan analisa dan riset pelanggan yang tepat sehingga bisa menentukan strategi penjualan dengan hasil maksimal,

Promosi yang tepat melalui social media akan mendatangkan konsumen yang berminat dan tidak perlu berfikir panjang dalam membeli produk. Penjual juga bisa bekerja sama dengan influencer yang berfokus pada produk yang sama.

Hal ini dilakukan karena biasanya influencer sudah memiliki target pasar yang sesuai dengan kebutuhan penjual sehingga proses promosi lebih mudah. Ketahui juga angka penawaran agar bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Promosi yang baik juga sebaiknya diimbangi dengan pelayanan terbaik untuk konsumen. Pelanggan juga akan mempromosikan produk kepada orang lain berdasarkan keramahan dan kecepatan dalam pelayanan.

Penjual bisa menentukan jam layanan pelanggan agar bisa melayani pembeli dengan maksimal. Pastikan juga memeriksa semua social media dan market place setiap harinya agar tidak ada yang ketinggalan.

Membuat konten interaski disela-sela promosi juga akan membangun kedekatan antara penjual dan pembeli sehingga meningkatkan brand awareness produk.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.