cara mudah jualan di internet

7 Cara Mudah Jualan di Internet Agar Semakin laku

Internet saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Segala kegiatan termasuk jual beli juga bisa dilakukan secara mudah melalui genggaman tangan.

Pembeli juga diuntungkan dengan berbagai penawaran potongan harga dan gratis biaya kirim serta kemudahan dalam membeli barang tanpa perlu ke luar rumah.

Hal ini juga memudahkan pedagang yang ingin melebarkan bisnisnya yang sudah berkembang atau seseorang yang memulai bisnis untuk mencoba peruntungan di internet.

Sayangnya banyak juga pedagang yang belum menemukan strategi yang tepat dalam berjualan di internet sehingga belum mencapai keuntungan yang maksimal dari internet.

Sebaliknya, seseorang yang sudah menguasai teknik digital marketing yang tepat bisa dengan mudah menembus internet bahkan memperoleh penghasilan utama dari internet.

Padahal jualan di internet sendiri pun terbukti lebih murah karena tidak perlu memerlukan stan untuk bejualan dan memajang produk di toko.

Karenanya agar hasil yang di dapatkan di internet lebih maksimal ketahui dulu strategi yang berjualan online di internet.

tools yang dibutuhkan

Tools yang Dibutuhkan

Persiapan pertama yang mesti dilakukan sebelum memulai jualan di internet adalah menyiapkan beberapa tools untuk memudahkan proses jual beli di social media atau market place. Beberapa tools ini biasanya sudah dimiliki oleh pedagang sehingga tidak perlu membeli lagi.

Gadget yang Mumpuni

Tools penting yang wajib dimiliki oleh pedagang saat berjualan di internet adalah gadget yang mumpuni. Hal ini dikarenakan pusat dari jual beli berasal dari laptop ataupun handphone yang dimiliki.

Gadget tersebut berguna untuk membalas pesan pelanggan serta mempromosikan produk ke social media ataupun market place, memotret produk dan juga merekam produk yang akan diperjualbelikan sehingga pembeli lebih percaya, serta mengunduh berbagai aplikais yang diperlukan.

Tak hanya itu, gadget yang digunakan juga sebaiknya memiliki memori penyimpanan yang besar sehingga bisa digunakan untuk menyimpan gambar atau video atau aplikasi yang mendukung jual beli di internet.

Baterai yang awet juga menjadi kunci penting sehingga handphone bisa dibawa kemana saja tanpa harus sering di charge atau menggunakan power bank sehingga lebih efisien dalam bekerja sehari-hari.

Ketahanan baterai dan penyimpanan memori gadget sendiri terkadang cepat habis karena banyaknya aplikasi serta memori yang tersedot karena diisi oleh berbagai aplikasi dan pesan masuk dari pelanggan.

Karenanya selalu periksa berbagai penyimpanan secara rutin untuk bisa memilih file mana saja yang bisa disimpan atau dibuang sehingga dapat memperpanjang umur handphone.

Email dan Nomor Telepon

Salah satu hal penting yang wajib dimiliki setelah memiliki gadget yang mumpuni adalah alamat email dan nomor telepon. Keduanya berguna sebagai identitas di internet.

Dalam memilih alamat email pastikan menggunakan kata yang mudah diingat dan berkaitan dengan produk. Penjual juga bisa menggunakan fitur Googlemail for Business untuk mendaftarakan produk yang dimiliki.

Gunakan juga kata sandi yang mudah diingat, bisa berupa tanggal produk liris atau salah satu menu andalan dari produk yang diperjualbelikan. Hal ini memudahkan penjual untuk mengingatkanya apabila ingin menambahkan akun ke gadget lain.

Tidak hanya itu, memiliki nomor telepon juga sangatlah penting sebagai proses verifikasi untuk masuk ke berbagai social media serta market place, Nomor telepon juga berguna untuk komunikasi antar pembeli juga agen produk.

Pilihlah nomor telepon dari provider yang menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan jual beli. Pastikan juga memeriksa biaya berlangganan data internet setiap produk karena penjual tidak bisa terus menerus mengandalkan Wifi ketika berada di luar ruangan.

Pastikan juga email dan nomor telepon tidak berganti dalam jangka waktu yang lama untuk memudahkan pelanggan dalam memesan barang.

Apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan nomor telepon hilang atau tidak bisa digunakan, penjual bisa menghubungi provider telepon di setiap kota yang ada.

Guna mengatasi hal ini, penjual bisa mengunduh aplikasi penyimpanan yang disediakan oleh Google, seperti Googledrive yang dikoneksikan melalui email. Sehingga apabila suatu saat gadget hilang dan rusak tetap bisa diakses melalui handphone lain dan internet dengan log in email.

Pedagang juga sebaiknya memisahkan handphone pribadi dan juga bisnis. Hal ini dilakukan agar data tidak tercampur satu sama lain dan juga lebih fokus dalam bekerja.

Aplikasi Social Media yang Dibutuhkan

Gadget yang mumpuni juga haruslah di di dukung oleh aplikasi yang mendukung proses jual beli di internet. Beberapa aplikasi tersebut berupa aplikasi social media dan market place.

WhatsApp menjadi aplikasi yang wajib diunduh di handphone guna mendukung proses jual beli. Aplikasi untuk berguna untuk proses komunikasi antara penjual dan pembeli.

Pedagang juga bisa menggunakan Whatsapp for Business agar lebih profesional dan pembeli juga bisa mengetahui katalog produk di akun penjual. Fitur pesan otomatis juga akan mempermudah pekerjaan penjual dalam proses komunikasi dengan pembeli.

Memiliki berbagai macam social media juga akan membantu dalam promosi produk di Internet. Salah satu social media yang sering digunakan untuk proses jual beli adalah Facebook.

Aplikasi yang digunakan oleh berbagai kalangan umur ini sangat cocok karena menyediakan fitur Facebook for Business sehingga memudahkan pedagang mempromosikan produknya secara lebih terintegrasi dan bisa terhubung pada market place yang dimiliki.

Beberapa fitur yang bisa digunakan oleh Facebook Business adalah layanan pesan otomatis yang bisa menjawab pertanyaan pembeli secara template dan juga live facebook dimana pembeli dan penjual bisa berinteraks secara langsung dan real time.

Facebook Live sendiri terbukti bisa meningkatkan penjualan karena pembeli bisa bertanya produk yang di pasarkan secara langsung di saat penjual melakukan jual beli. Fitur ini juga sudah tersedia di berbagai social media lainnya.

Social media lain yang memiliki banyak pengguna di internet adalah Instagram. Pengguna bisa mengupload gambar atau video secara mudah bahkan terdapat fitur efek yang membuat hasil foto lebih cantik.

Banyaknya pengguna Instagram di internet membuat banyak perusahaan besar membuat akun perusahaan agar produk semakin dilirik dan juga bisa meningkatkan nilai awareness pembeli terhadap suatu barang.

Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna internet yang mencari produk tertentu di Instagram dan melihat ulasannya sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Fenomena ini membuat penjual  memanfaatkan Instagram sebagai media promosi yang baik dengan cara membuat akun promosi dan memasukkan gambar atau video produk. Sebaiknya gunakan juga akun khusus bukan akun pribadi agar pembeli bisa lebih fokus.

Pastikan juga akun jual beli berfokus pada produk yang dijual dan tidak ikut untuk mengomentari masalah lain di luar produk. Hal ini akan membuat akun jual beli memiliki pandangan yang baik di mata konsumen.

Salah satu aplikasi lain yang sedang naik tahun beberapa tahun belakangan ini adalah Tiktok. Meskipun sempat mendapatkan pandangan miring di internet namun sekarang Tiktok terbukti dapat merebut perhatian banyak orang.

Para penjual yang mempromosikan produknya di Tiktok biasanya membuat berbagai konten yang sedang viral namun masih berhubungan dengan produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa menggunakan fitur Tiktoklive untuk mempromosikan produk sambil menjelaskan manfaat dan harga produk yang ditawarkan.

Banyaknya penjual yang mulai merambah ke platform ini akhirnya dimanfaatkan dengan baik oleh pihak Tiktok dengan menambah fitur Tiktokshop dimana penjual dan pembeli dapat melakukan proses jual beli secara mudah.

Selain social media yang bermanfaat untuk proses promosi produk. Seorang pedagang online juga harus memiliki akun market place untuk tempat jual beli yang lebih profesional. Salah satu akun market place kesukaan banyak orang adalah Shopee

Perusahaan market place asal Singapura ini mencuri perhatian banyak orang berkat berbagai promo yang ditawarkan di Indonesia. Proses jual beli yang lebih aman dan mudah juga membuat banyak orang percaya.

Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya orang yang menjadikan situs ini sebagai tempat jual beli online yang utama. Kepercayaan inilah yang bisa dimanfaatkan penjual dengan baik dengan menaruh barang jualannya di Shopee.

Sebelum memulai berjualan, pastikan untuk mengisi data dengan lengkap agar proses verifikasi lebih mudah diterima oleh pihak Shopee. Setelah itu, berikan logo dan nama yang menarik serta mudah dicari oleh pembeli.

Penulisan produk yang sesuai nama dan juga deskripsi yang jelas akan membuat pembeli lebih tertarik dan percaya pada produk jualan yang ditawarkan. Masukkan juga produk ke berbagai kategori yang tersedia agar lebih mudah mencari barang yang diinginkan.

Berbagai event potongan harga dan juga gratis ongkir juga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjaring lebih banyak pembeli. Pastikan juga tepat waktu dalam mengirim barang agar pelanggan tidak kecewa.

Indonesia juga memiliki berbagai market place yang mulai dikenal oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah Tokopedia yang menyediakan berbagai tempat jual beli online yang bisa diakses oleh banyak orang dan juga telah bekerja sama dengan berbagai produk terkenal.

Tidak hanya social media dan market place, seorang penjual juga bisa memanfaatkan website untuk menyebarkan produknya di internet. Di website khusus ini penjual bisa memasukkan kategori barang dan juga berbagai macam artikel, foto, dan video yang mendukung.

Penggunaan website biasanya digunakan oleh berbagai macam perusahaan besar sebagai branding perusahaan agar terlihat lebih menarik dan menaikkan nama di mata pelanggan.

Penjual juga bisa mengedit layout dari website agar menarik perhatian pengunjung website. Jangan lupa cantumkan juga link social media dan market place agar pengunjung bisa langsung membeli setelah melihat produk yang ditawarkan.

Rekening Bank

Penjual juga harus memiliki sebuah akun rekening bank khusus untuk jual beli. Rekening ini nantinya sebagai tempat bagi pembeli untuk mengirimkan uang pembelian dan di daftarkan di berbagai market place.

Pilihlan bank yang memiliki banyak cabang agar lebih mudah mengambil dana apabila dibutuhkan serta pelayanan yang ramah sehingga penjual bisa mendapatkan rekening bank dengan cepat dan mudah.

Jangan lupa juga untuk menautkan rekening bank dengan mobile banking yang bisa di verifikasi di kantor cabang pembantu setiap bank.

Penggunaan fitur ini memudahkan penjual ini untuk mengecek berapa banyak saldo penjualan dan juga mengetahui apakah pembeli sudah mengirimkan uang pembelian sebelum akhinya mengirimkan barang jualan. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya penipuan.

Foto dan Video produk

Sebuah produk yang akan dimasukkan ke social media haruslah memiliki bukti berupa foto dan video. Penjual bisa memotret produk dengan jelas dan bagus agar bisa menarik perhatian pembeli.

Penjual juga bisa menggunakan berbagai aplikasi edit yang bisa diunduh di internet seperti Canva agar hasil foto di Instagram terlihat lebih rapih dan juga menarik mata.

Penggunaan aplikasi edit foto juga bisa memudahkan penjual untuk memotret produk asal memiliki teknik yang bagus.

Paket Data yang Terjangkau dengan Sinyal Kuat

Seorang penjual juga membutuhkan paket data yang terjangkau namun memiliki sinyal yang kuat untuk memudahkan dalam proses jual beli di internet.

Pilihlah provider yang memiliki reputasi bagus dan juga memiliki sinyal yang kencang. Pastikan juga harga paket internet relevan dengan modal jual beli di internet sehingga pengeluaran tidak bocor.

Alamat Toko di Google Maps

Sebagian besar penjual juga menyediakan fitur Cash on Delivery dimana penjual dan pembeli bertemu di tempat tertentu sambil menyerahkan barang jualan dan juga uang pembelian.

Penjual juga bisa menggunakan alamat rumah sebagai tempat COD agar memudahkan semua pihak. Karenanya dibutuhkan alamat toko yang sudah terintegrasi di Google Maps sehingga tidak perlu bingung dalam mencari alamat penjual.

Memiliki alamat toko yang terintegrasi dengan Googlemaps juga bisa menunjukkan profesional sehingga bisa menghilangkan indikasi penipuan di saat jual beli. Selain itu, link alamat juga bisa dicantumkan di berbagai social media.

tips berjualan di internet

Tips Berjualan di Internet

Setelah selelsai menyiapkan berbagai tools dan juga peralatan pendukung, Saatnya untuk memulai jualan onlline di internet. Sebelum itu, ketahui dulu tips agar jualan semakin mudah dan lancar sehingga penghasilan pun bisa meningkat.

Kenali Produk Terlebih Dahulu

Satu yang paling penting yang harus dilakukan sebelum memulai jualan online di internet adalah mengetahui produk yang akan dipasarkan. Informasi tersebut berupa harga beli dan juga sasaran pembeli yang dituju.

Dengan banyaknya penjual yang menjual produk yang sama, akhirnya membuat seorang penjual harus menyusun strategi yang tepat agar pembeli berkunjung ke akun kita. Jangan lupa untuk terus berinovasi agar produk yang dimiliki memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Manfaatkan Berbagai Social Media

Banyaknya social media di internet membuat penjual menggunakan berbagai macam akun untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Sayangnya, strategi ini bisa saja kurang tepat ketika penjual tidak bisa memaksimalkan setiap potensi dari social media yang dimiliki.

Sebaliknya, seorang penjual online yang sukses biasanya hanya berfokus pada satu platform social media, seperti Instagram, Facebook, ataupun Tiktok untuk menjangkau target jualannya yang kemudian diarahkan ke market place yang dimiliki untuk proses jual beli.

Karenanya pilihlah media yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dituju. Maksimalkan sebaik mungkin dengan konten yang ada agar produk semakin naik dan juga menjangkau lebih banyak orang.

Lebih tepat lagi apabila bisa menggunakan potensi setiap social media dengan tepat sehingga hasilnya lebih makimal.

Membuat Identitas Produk di Internet

Salah satu cara agar produk yang dijual di internet lebih mudah dikenali adalah dengan memberikan identitas pada produk yang diperjualbelikan. Identitas tersebut dapat berupa logo, nama produk dan juga desain yang sesuai.

Dengan memberikan identitas produk juga akan menciptakan jati diri serta pembeda dengan stand usaha yang lain meskipun barang yang dijual sama.

Pastikan logo yang diberikan mencerminkan produk yang akan diperjualbelikan. Penjual juga bisa memberikan gambar yang unik agar bisa menarik perhatian pembeli.

Pemberian nama produk juga sebaiknya menggunakan nama yang mudah diingat oleh pembeli dan juga menggambarkan produk yang akan diperjualbelikan.

Visual yang terdapat di social media juga bisa menjadi daya tarik pembeli untuk melihat mengetahui lebih dekat barang yang di promosikan di Instagram. Pilihlah warna yang sesuai dengan ciri khas produk namun jangan sampai mengaburkan kemasan produk.

Pahami Kebiasaan Konsumen

Setiap konsumen dari berbagai kalangan pastinya memiliki kebiasaan tersendiri. Hal ini haruslah disadari dan dipelajari oleh penjual sehingga dapat menarik konsumen yang diinginkan.

Hal ini juga berlaku pada setiap social media yang dimiliki oleh penjual. Karenanya strategi yang tepat juga akan memaksimalkan penjualan produk yang lebih baik.

Ketahui apa saja yang menjadi kebiasaan setiap konsumen dan juga masalah yang dihadapi sehingga konsumen memilih produk kita untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Penjual bisa mensurvei keinginan pelanggan dengan menyebarkan kuisioner berhadiah atau membuka sesi tanya jawab. Selain itu, mengetahui konten mana saja yang paling banyak mendapat respon tertinggi juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui kebiasaan konsumen.

Maksimalkan Content Marketing

Saat ini banyak penjual yang mempromosikan usahanya melalui social media. Hal ini tentu saja membuat produk yang diperjualbelikan memiliki banyak saingan.

Akan tetapi, hal ini tidak perlu diambil pusing apabila penjual bisa memaksimalkan content marketing yang terdapat di social media.

Content marketing sendiri adalah strategi dalam membuat konten yang tepat sehingga dapat mempromosikan dan juga menambah nilai produk.

Strategi yang diterapkan di tiap social media pastinya berbeda karenanya seorang penjual sebaiknya mengetahui konten yang bisa di gunakan pada berbagai akun yang dimiliki.

Sayangnya, penjual yang baru saja mempromosikan produknya melalui social media kadang kala mengalami kebingungan mengenai konten apa saja yang bisa dimanfaatkan. Akhirnya penjual pun asal posting sehingga membuat penggunaan social media tidak seimbang.

Beberapa konten yang bisa dimanfaatkan saat pertama kali mempromosikan social media adalah dengan pengenalan produk yang berisi dengan manfaat, varian, serta harga yang ditawarkan.

Penjual juga bisa menuliskan tips dan trik dalam memaksimalkan kegunaan produk yang bisa ditiru oleh pembeli. Tidak hanya itu, penjual juga bisa memasukkan testimoni pelanggan agar mendapatkan kepercayaan pelanggan yang masuk ke delam akun social media penjual.

Memperkenalkan produk dengan cara melakukan live streaming juga bisa menjadi strategi bagus dalam meningkatkan penjualan karena pembeli bisa melihat secara langsung produk yang ditawarkan dan juga menanyakan kondisi barang saat siaran berlangsung.

Foto produk yang juga disertai dengan latar belakang foto yang bagus juga akan meningkatkan nilai jual dan juga keindahan produk. Pilihlah latar belakang yang polos dan serasi dengan produk agar hasil foto yang diperoleh menjadi maksimal.

Salah satu hal penting dan tidak boleh dilupakan oleh penjual adalah penggunaan copywriting yang baik dan tidak berbelit-belit. Pembeli lebih suka penulisan caption yang berisi komunikasi dua arah berupa tanya jawab atau ulasan terhadap produk yang dimiliki.

Pastikan juga copywiriting tidak berbelit dan langsung ke intinya juga akan membuat pembeli lebih paham.

Penjual juga sebaiknya memaksimalkan berbagai fitur yang ada di social media seperti video pendek untuk memamerkan produk dan juga menjelaskan produk dengaan singkat. Video pendek sendiri terbukti bisa menjaring lebih banyak orang saat ini.

Aktif di Social Media

Seorang penjual online sudah seharunya aktif di internet dengan sering melihat akun social media dan market place yang dimiliki.

Beberapa kegiatan di internet yang bsia dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk adalah dengan membalas komentar atau pesan yang dikirimkan oleh penjual. Jangan lupa juga untuk terus update produk dan posting berbagai konten yang bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk mengecek jumlah orderan yang masuk setiap harinya agar bisa langsung dikirim kepada pembeli.

Penjual juga sebaiknya terus menerus mengelola emosi agar tidak terbawa perasaan saat membalas pesan dan komentar dari pembeli. Sediakan waktu sejenak untuk beristirahat agar otak dan pikiran menjadi lebih tenang.

Usahakan Tepat Waktu

Dalam melakukan proses jual beli di internet, usahakan juga selalu tepat waktu dalam merespon pelanggan serta melakukan pengiriman barang agar pembeli tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan serta meningkatkan kepercayaan pembeli.

Penjual bisa menuliskan pada jam berapa saja pesan dan orderan bisa dilayani sehingga pembeli bisa mengetahui waktu yang tepat untuk memesan dan juga penjual juga bisa mengoptimalkan pelayanan terhadap semua pembeli.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.