twitter for business

Twitter For Business : Keuntungan dan Cara Memulainya

Promosikan bisnis lebih luas dan juga tingkatkan interaksi dengan komunitas yang dimiliki mulai dengan menggunakan twitter for business.

Sejak peluncuran platform ini di tahun 2006, Twitter menjadi tempat yang tepat untuk berbagai keresahan atau pendapat mengenai suatu topik secara mudah dan cepat.

Sebagai tempat penyebaran informasi terbaru tentunya twitter menjadi sarana yang cocok untuk mendapatkan berita terbaru hanya dari genggaman tangan.

Di samping itu, banyaknya pengguna twitter aktif menjadikan tempat ini sebagai media promosi yang cocok dengan mengandalkan promosi word of mouth dan juga interaksi dengan komunitas yang dimiliki.

Guna mengenal lebih jauh mengenai twitter for business ketahui dulu keuntungan dan berbagai fitur yang tersedia di twitter for business

keuntungan menggunakan twitter for business

Keuntungan Menggunakan Twitter For Business

Twitter menjadi salah satu platform yang selalu menampilkan informasi terbaru secara cepat dan mengundang percakapan bagi penggunanya.

Hal ini dikarenakan twitter memiliki layanan tweet dimana penggunanya dapat dengan mudah memperbarui informasi melalui tulisan dan dapat disebarkan ke seluruh pengguna twitter ketika topik yang di bahas sedang naik daun atau tengah viral.

Bagi beberapa pengguna twitter, kehadiran platform ini hanya digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai berita yang sedang naik daun atau mengetahui kegiatan teman dari akun twitter yang dimiliki.

Namun pernahkah anda mencoba layanan twitter for business? Fitur ini tentunya cocok untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki secara tepat dengan konsumen yang luas tentunya.

Twitter for business sendiri memiliki beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan oleh penggunanya melalui berbagai fitur dan keaktifkan penggunanya.

Ketahui Keinginan Konsumen Melalui Topik Twitter

Sebagai salah satu social media terbesar yang memiliki banyak pengguna aktif tentunya twitter memiliki banyak tweet yang muncul setiap detiknya.

Kehadiran tweet dari berbagai topik yang berbeda ini tentunya bisa menjadi inspirasi untuk mengetahui keinginan konsumen dengan melihat pembahasan yang sering dibicarakan oleh konsumen.

Dengan mengetahui topik diskusi konsumen dan juga permasalahan yang dihadapi tentunya produsen akan lebih mudah untuk membuat produk dan layanan yang cocok untuk mengatasi permasalahan konsumen tersebut.

Guna mencari topik khusus sesuai dengan keinginan maka kreator bisa mengikuti topik yang berkaitan dengan produk yang dimiliki atau mencarinya melalui fitur twitter eksplor.

Dengan mengetahui keinginan dan masalah yang dihadapi konsumen tentunya produk anda akan menjadi andalan bagi pembeli yang anda miliki.

Twitter For Business Cocok Untuk Brand Awareness dan Personality

Banyaknya influencer yang memanfaatkan twitter untuk membangun eksistensi diri tentunya membuat kreator sebaiknya membangun brand personality yang membedakan akun anda dengan yang lain.

Hal ini dilakukan agar pengguna twitter dapat membedakan akun anda dengan kompetitor lain dan juga menjadi ciri khas tersendiri.

Salah satu keuntungan dari menggunakan twitter for business adalah kreator bisa membagikan infromasi secara cepat dan membangun interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Sebagai balasannya, pengguna twitter akan menemukan tweet anda dan menjadirkannya viral sehingga menjadikan akun anda menjadi lebih dikenal.

Di saat kreator ingin memulai untuk mengembangkan brand awareness maka kreator bisa memulai dengan membangun persona diri dan brand voice yang ingin ditampilkan di depan pengguna twitter.

Ciri khas yang unik dan menarik tentunya akan menarik perhatian pengguna twitter untuk berinteraksi dengan tweet yang anda unggah.

Tidak hanya membangun persona diri yang dapat membangun ciri khas yang anda miliki namun kreator juga sebaiknya berinteraksi dengan pengguna twitter yang membalas tweet yang anda buat.

Langkah ini nantinya akan membuat akun dan tweet anda lebih mudah dilihat oleh pengguna twitter lain sehingga dapat membantu meningkatkan brand awareness.

Bagikan Ulasan Konsumen dan Menjawab Permasalahan dengan Cepat

Kehadiran social media saat ini tidak hanya menjadi tempat untuk promosi bisnis dan brand yang dimiliki namun adanya platform ini tentunya meningkatkan komunikasi antar konsumen dan penjual.

Hal ini dikarenakan konsumen dapat memberikan komplain atau apresiasi terhadap produk yang telah digunakan serta dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Disaat kreator mendapatkan apresiasi berupa ulasan produk yang menarik dan bagus tentunya menguntungkan kreator karena dapat membagikannnya melalui fitur retweet.

Sehingga konsumen yang sudah mengikuti akun anda namun masih ragu dengan produk yang anda jual bisa semakin percaya dan juga tertarik membeli.

Akan tetapi saat kreator mendapatkan keluhan atau komplain mengenai produk atau layanan yang di dapatkan maka sebaiknya kreator merespon dan menyelesaikannya dengan cepat dan memberikan solusi yang terbaik.

Pemberian pelayanan yang cepat hingga tuntas tentunya akan menyenangkan hati konsumen juga mencari nilai tambah bagi konsumen yang dimiliki.

Apabila kreator mengembangkan akun twitter for business bagi brand yang telah memiliki nama maka sebaiknya anda membuat akun khusus yag digunakan sebagai layanan keluhan konsumen sehingga kreator bisa berfokus pada dua hal yang berbeda tanpa mengganggu jalannya promosi.

Kelola Interaksi dengan Komunitas yag Dimiliki

Dengan tingginya tingkat interaksi dengan akun twitter for business dan juga konsumen yang dimiliki tentunya berguna bagi kreator untuk meningkatkan hubungan dengan komunitas yang menjadi target konsumen.

Sebuah brand dapat menggunakan akun twitter for business guna ikut serta pada topik yang relevan dan banyak diperbincangkan oleh pengguna twitter atau komunitas untuk membangun pelanggan yang loyal dan royal.

Sehingga ketika sebuah akun twitter for business dapat mengelola komunitas yang dimiliki maka akan membawa lebih banyak orang yang memiliki minat sama untuk bergabung di komunitas yang dikembangkan.

Promosi Bisnis yang Gratis Namun Efektif

Banyaknya fitur yang twitter dapatkan mulai dari tweet dan juga siaran langsung dengan konsumen tentunya bisa dimanfaatkan kreator sebagai sarana bisnis yang gratis namun efektif.

Langkah pertama yang bisa dimulai oleh kreator adalah membangun brand awareness dari akun yang dimiliki sehingga dapat mengenalkan diri anda kepada pengguna twitter dengan lebih efektif.

Setelah itu, jika kreator sudah memenangkan hati pengguna twitter melalui tweet yang dibuat maka kreator akan lebih mudah mendapatkan pengikut yang organik sehingga dapat membantu meningkatkan engagement twitter yang dimiliki.

Promosi secara organik tentunya bisa dilakukan secara gratis namun tetap mendapatkan hasil yang positif dan juga dalam jangka waktu yang panjang.

Kenalkan Akun Twitter For Business Melalui Iklan Berbayar

Interaksi secara organik tentunya akan membuat anda berkomunikasi dengan konsumen dengan mudah dan cepat bahkan mengurangi jarak yang dimiliki.

Disisi lain, tentunya kreator juga perlu mengenalkan akun twitter for business anda secara luas dan bertarget.

Salah satunya adalah dengan mempromosikan melalui layanan twitter ads sehingga kreator dapat menuntaskan tujuan campaign yang diinginkan seperti meningkatkan twitter followers atau mengajak konsumen untuk mengunduh aplikasi tertentu yang dikembangkan.

fitur twitter for business

Fitur di Twitter For Business

Guna meningkatkan pengalaman pengguna twitter dalam menggunakan platform ini tentunya twitter terus berinovasi dalam menghadirkan fitur – fitur yang mempermudah interaksi sesama pengguna.

Adanya fasilitas dari twitter ini tentunya akan mempermudah kreator dalam menggunakan akun twitter for business guna melakukan promosi dan juga interaksi dengan komunitas yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa fitur – fitur yang dapat digunakan oleh kreator di akun twitter for business,

Identitas Diri Melalui Twitter Profile

Disaat tweet yang anda ungga menjadi viral dan mendapatkan banyak engagement dari pengguna twitter tentunya akan semakin banyak konsumen baru yang mengunjungi akun anda.

Kehadiran pengguna twitter yang penasaran dengan akun anda tentunya bisa dimanfaatkan untuk menjadi konsumen yang tentunya bisa menjadi pelanggan tetap.

Karenanya agar pengguna twitter semakin mengenal akun twitter yang anda miliki maka kreator bisa memanfaatkan kolom profile yang ada di twitter.

Di dalam fitur twitter profile ini maka kreator bisa mengisinya dengan berbagai informasi yang menarik perhatian konsumen.

Salah satunya adalah Bio Profile dimana kreator bisa mendeskripsikan identitas bisnis yang dimiliki sehingga membuat calon konsumen memahami produk yang anda jual

Interaksi Melalui Tweet

Disaat pengguna instagram melakukan interaksi dengan pengikutnya melalui postingan foto dan juga unggahan video pendek di story maka kreator di twitter dapat berinteraksi dengan konsumennya melalui tweet.

Kelebihan dari menggunakan tweet adalah kreator bisa mengunggah tulisan yang dapat menjadi bahan diskusi bagi pengguna twitter sehingga bisa menyebar lebih cepat.

Tidak hanya itu, agar unggahan tweet menjadi lebih menarik maka kreator bisa menambahkan foto atau GIF di tweet yang anda buat.

Membuat kontwn tweet yang menarik dan sesuai dengan konsumen yang dituju tentunya akan membuat pengguna twitter lebih banyak berinteraksi dengan tweet dan juga akun twitter yang anda kembangkan.

Layani Keluhan Melalui Direct Message

Banyaknya konsumen yang dimiliki kadang kala memiliki masalah mengenai barang yang di pesan seperti kesalahan pengiriman atau produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan.

Apabila hal ini terjadi kepada konsumen yang dimiliki maka sebaiknya penjual meresponnya dengan baik dan memberikan solusi terhadap masalah barang yang dihadapi.

Semakin cepat keluhan ditanggapi dengan pemberian solusi yang sesuai maka pembeli merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Konsumen tidak hanya bisa mengirimkan keluhan melalui tweet yang kemudian melakukan tag pada akun anda namun juga bisa menuliskan pesan di fitur direct message yang dimiliki.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengecek direct message secara rutin untuk mengetahui keluhan konsumen yang dikirimkan sehingga bisa dibalas dengan cepat.

Analisa Kompetitor Melalui Twitter List

Banyaknya pengguna aktif twitter tentunya menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi produk yang dimiliki.

Sehingga tidak heran jika anda mungkin menemukan kompetitor yang memiliki jenis produk yang sama namun dengan brand yang berbeda.

Banyaknya kompetitor yang hadir ini juga bisa dijadikan sarana untuk menganalisa strategi pemasaran yang digunakan sehingga rencana campaign anda tidak bertabrakan satu sama lain.

Guna mengumpulkan akun twitter for business kompetitor di tempat yang sama maka kreator bisa mengumpulkannya melalui twitter list.

Melalui fitur ini maka kreator bisa mengumpulkan akun twitter kompetitor di satu tempat sehingga mempermudah kreator untuk melihat tweet terbaru secara cepat dan tanpa perlu takut ketinggalan informasi.

cara menggunakan twitter for business

Langkah – Langkah Menggunakan Twitter For Business

Setelah mengenal berbagai fitur yang tersedia di akun twitter for business inilah saatnya bagi kreator untuk memaksimalkan strategi pemasaran di twitter melalui akun twitter for business.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menggunakan berbagai layanan di akun twitter for business.

Rancang Strategi Marketing Untuk Akun Twitter For Business

Langkah pertama yang bisa dilakukan agar akun twitter anda memiliki konten yang kreatif dan dapat memiliki engagement yang tinggi adalah dengan merancang strategi marketing yang cocok dengan akun twitter anda.

Kreator bisa merancang terlebih dahulu tujuan dan juga rencana yang cocok untuk mencapai tujuan campaign yang diinginkan.

Penggunaan fitur twitter yang tepat dan juga strategi marketing yang sesuai tentunya akan menyukseskan tujuan marketing yang ingin anda dapatkan serta menjangkau pengguna twitter yang lebih banyak.

Temukan Brand Voice yang Sesuai

Salah satu cara promosi yang paling efektif di twitter adalah dengan rajin mengunggah tweet yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Sayangnya banyak akun twitter brand yang akhirnya tidak berkembang karena belum menemukan brand voice yang menjadi identitas diri di akun yang anda miliki.

Kreator bisa memulai brand voice dengan mengetahui konsumen yang dituju serta melihat ciri khas yang ingin ditampilkan ke pengguna twitter yang anda tuju.

Setelah menemukan brand voice yang sesuai maka kreator bisa mulai dengan mengunggah tweet yang sesuai secara konsisten sehingga memanjakan pengikut yang anda miliki.

Pelajari Cara Menggunakan Twitter List

Fitur Twitter list yang disediakan oleh Twitter tidak hanya bisa digunakan untuk mengelompokkan akun kompetitor yang berkaitan dengan produk anda namun juga bisa dipakai guna mengumpulkan topik yang sesuai dengan target konsumen anda.

Dengan pengelompokan topik yang sesuai dengan target konsumen maka kreator dapat mengetahui topik perbincangan yang sedang menjadi bahan perbincangan komunitas sehingga bisa anda angkat menjadi tweet yang sesuai dengan keinginan.

Kreator juga bisa melihat berbagai inspirasi tweet dan juga konten yang menarik di akun twitter for business yang anda kembangkan.

Interaksi dengan Konsumen Melalui Twitter Space

Layanan siaran langsung yang kini banyak ditemukan di berbagai social media menjadi sarana yang tepat untuk berkomunikasi dan juga interaksi langsung dengan konsumen.

Hal ini dilakukan karena penjual dan konsumen dapat berbincang mengenai satu topik secara langsung sehingga semua permasalahan yang dihadapi konsumen bisa langsung terbalas.

Twitter sendiri juga memiliki layanan siaran langsung bernama twitter space yang tentunya berbeda dari platform social media lain.

Salah satu perbedaannya adalah konsumen bisa langsung berinteraksi atau mengeluarkan pendapatnya melalui suara tanpa perlu memperlihatkan wajah sehingga bisa lebih aman.

Tidak hanya itu, konsumen yang mendapat kesempatan untuk mengobrol di twitter space tentunya akan merasa eksklusif karena kreator hanya dapat memilih konsumen yang beruntung untuk berinteraksi di twitter space.

Kenalkan Akun Twitter Melalui Iklan Berbayar

Bagi akun twitter for business yang baru saja menetas tentunya ingin mencari pengikut baru dan juga komunitas yang ingin dituju.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan akun twitter anda adalah dengan menggunakan layanan iklan berbayar.

Kreator yang mempromosikan akun yang dimiliki melalui iklan berbayar tentunya dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan target yang sesuai dan juga biaya iklan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

pexels pixabay 163097

Cara Promosi di Twitter For Business

Strategi marketing di twitter tentunya menjadi landasan untuk mengembangkan akun twitter for business yang sukses dan dapat menjangkau lebih banyak pengguna twitter.

Strategi promosi di twitter sendiri memiliki kesamaan dengan social media lain yakni berfokus dengan konten yang dibuat kemudian diunggah dan cara konsumen menanggapi setiap konten yang anda sebarkan di twitter.

Sebuah konten twitter yang sukses dan berhasil tentunya dinilai dari banyaknya engagement yang dimiliki berupa jumlah likes, retweet, dan juga reply yang di dapatkan serta jumlah pengikut yang meningkat setlah konten anda viral di twitter.

Banyaknya pengguna aktif di twitter tentunya bisa menjadi jaminan untuk menyukseskan campaign yang anda buat di twitter.

Berikut beberapa strategi twitter marketing yang bisa anda gunakan dan kembangkan di akun twitter for business yang anda miliki.

Analisa Strategi Kompetitor

Salah satu bentuk kesyukuran dalam menggunakan akun twitter sebagai media promosi bisnis adalah kemudahannya dalam menganalisa strategi kompetitor.

Tersedianya twitter list dan juga fitur pencarian di twitter tentunya memudahkan kreator untuk mengumpulkan akun kompetitor menjadi satu dan juga mencari topik yang sedang naik daun di kalangan konsumen.

Pengumpulan informasi yang sesuai ditambah tambahan topik yang senada dengan akun twitter yang anda kembangkan maka akan mempermudah kreator dalam membangun strategi twitter marketing yang tepat.

Beberapa strategi twitter marketing yang dapat anda ketahui di twitter adalah layanan konsumen yang dimiliki kompetitor sehingga kreator dapat merancang sendiri strateginya sendiri yang tentunya sesuai dengan target konsumen dan juga berbeda dengan kompetitor lain.

Periksa Kelengkapan Akun Twitter For Business

Sebagai salah satu layanan yang dikhususkan untuk pebisnis tentunya akun twitter for business memiliki lebih banyak fitur yang tentunya berguna untuk mempermudah konsumen dalam mengenal produk dan juga brand yang anda kembangkan.

Salah satunya adalah tersedianya kolom profil yang menyediakan berbagai kolom yang dapat diisi sesuai dengan informasi yang sesuai dan dapat membantu konsumen untuk mengenal produk yang anda pasarkan.

Karenanya penting bagi kreator untuk melengkapi berbagai informasi yang sesuai sehingga membantu konsumen dan pengguna twitter mengenal akun yang anda kembangkan.

Kenali Konsumen yang Dituju

Banyaknya pengguna twitter aktif tentunya membuat kreator memiliki banyak pilihan konsumen yang bisa dituju sesuai dengan keinginan.

Sayangnya tidak semua pengguna twitter bisa anda jadikan konsumen karena perbedaan minat dan selesa beberapa orang yang berbeda.

Karenanya agar kreator atau pebisnis dapat memilih konsumen yang sesuai maka bisa dimulai untuk mengenali konsumen yang diinginkan.

Hal ini bisa dimulai dengan mengenal siapa saja pengguna twitter yang akan menggunakan produk anda serta potensi menjadi pelanggan ke depannya.

Mengenali konsumen yang dituju tentunya akan memudahkan kreator dalam merancang strategi pemasaran dan juga campaign yang dibuat di twitter,

Gunakan Tweet Sebagai Sarana Promosi yang Efektif

Sebagian besar tujuan pengguna twitter saat masuk ke akun twitter yang dimiliki adalah mencari tweet yang lucu dan segar untuk menghibur diri di kala suasana hati sedang buruk.

Beberapa diantaranya juga mencari konten informatif dan berita agar tidak ketinggalan informasi terbaru yang bisa menjadi bahan perbincangan di kala senggang.

Sehingga jarang sekali pengguna twitter yang masuk ke akun twitter untuk mencari informasi produk atau promosi dari produk kesayangan.

Hal ini menjadikan kreator tidak hanya fokus pada konten promosi melainkan tweet yang ringan yang dapat memancing interaksi dengan pengguna twitter.

Semakin banyak pengguna twitter yang berkunjung ke akun anda atau mengomentari tweet anda tentunya bisa membantu untuk meningkatkan engagement akun twitter for business yang dimiliki.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.