strategi word of mouth

Word of Mouth: Strategi Testimoni Ampuh di Social Media

Mau tahu rahasia sebuah brand dapat bertahan lama di tengah gempuran produk terbaru? Kekuatan word of mouth menjadi salah satu kuncinya.

Saat anda berkunjung ke tempat makan atau membeli produk yang telah bertahan dalam jangka waktu lama, pernahkah anda berfikir bagaimana brand tersebut bisa bertahan lama?

Apalagi jika sebuah produk bisa bertahan dalam jangka waktu puluhan tahun padahal promosi tidak semasif sekarang.

Jawabannya adalah dengan menggunakan strategi word of mouth atau biasa dikenal ulasan dari satu orang ke orang lain.

Promosi macam ini sudah seringkali anda temui ketika anda mendapatkan rekomendasi tempat makan dari kerabat atau teman terdekat yang biasanya lebih anda percaya karena satu selera.

Meskipun saat ini banyak orang dapat melakukan promosi berbayar melalui layanan iklan namun strategi word of mouth tentunya lebih dipercaya oleh pembeli baru.

Hal ini dikarenakan ulasan yang di dapatkan bisa lebih jujur karena tidak dibayar bahkan membayar untuk mencoba suatu produk baru atau menjadi langganan di toko yang diinginkan.

Karenanya di tengah gempuran kompetitor yang semakin bermunculan setiap hari maka strategi word of mouth bisa dijalankan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada anda.

Karenanya sebelum mengembangkan promosi word of mouth ketahui dulu keuntungan, jenis-jenisnya, serta langkah pengembangannya.

keuntungan word of mouth

Keuntungan Menggunakan Word of Mouth

Ketika ingin membeli sebuah barang baru yang belum pernah anda beli sebelumnya biasanya beberapa orang akan melihat testimoni yang dicantumkan di akun social media brand tersebut atau melihat ulasan yang tersdia di akun market place yang disediakan.

Tak hanya itu, anda juga bisa saja bertanya ke teman yang memiliki selera yang sama dengan anda untuk mendapatkan rekomendasi toko online yang menjual barang yang anda inginkan.

Cara ini memang terlihat sederhana namun tanpa anda ketahui ternyata inilah cara promosi word of mouth bekerja di kalangan konsumen.

Meskipun terlihat sederhana namun strategi word of mouth ini memberikan dampak besar bagi produsen karena memberikan promosi yang gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Selain itu, pemasaran melalui word of mouth juga memberikan keuntungan lain bagi produsen untuk mengenalkan produk yang dimiliki ke khalayan luas.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Sebuah riset dari R.R Donnelly menunjukkan bahwa 28% konsumen lebih memilih untuk membeli barang yang berasal dari word of mouth teman terdekat atau konsumen di social media.

Hal ini dikarenakan konsumen lebih suka mempelajari ulasan yang sekiranya cocok dengan kriteria produk yang diinginkan dibandingkan melihat iklan yang berseliweran setiap harinaya.

Cara ini mungkin saja anda lakukan ketika mendengar sebuah produk yang naik daun dengan melihat dulu testimoni barangnya dari orang lain sebelum menyesuaikan dengan standar yang dimiliki.

Promosi word of mouth ini juga biasanya terjadi ketika konsumen sudah puas dengan produk yang dimiliki dan kemudian membagikan pengalamannya kepada orang lain melalui social media atau ke teman yang bertanya kepada anda.

Salah satu hasil dari promosi word of mouth yang mungkin sering anda lihat adalah ulasan dari teman atau pengikut anda di instagram story atau whatsapp story.

Testimoni yang lengkap dan juga disertai dengan foto produk tentu saja akan lebih menarik penonton sehingga meningkatkan keinginan untuk membeli barang yang sama.

Brand dan Produk Menjadi Lebih Terlihat

Penggunaan social media dan juga internet yang semakin kuat beberapa tahun terakhir tentunya banyak merubah kebiasaan konsumen.

Salah satunya adalah menilai dan juga menemukan produk terbaru melalui word of mouth yang tersedia di social media dan dibagikan oleh pengguna internet.

Meskipun hal ini tidak mengagetkan mengingat saat ini banyak orang yang telah mengakses internet dan social media namun cara ini tentunya menguntungkan sebuah brand yang melakukan promosi melalui internet.

Apalagi jika banyak konsumen yang sering melakukan tag pada akun social media yang anda miliki tentunya akan membantu untuk meningkatkan brand awareness yang dimiliki sehingga lebih mudah dikenal calon konsumen yang belum mengenal produk anda.

Keberadaan promosi word of mouth sendiri tentunya berguna bagi produk yang baru saja dirintis untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan baru.

Karenanya tidak heran apabila banyak produk yang memberikan gratis produk setiap mengunggah foto produk yang telah dibeli di social media konsumen.

Selain menguntungkan bagi pembeli karena mendapatkan tambahan gratis produk, strategi word of mouth ini juga membantu produk anda lebih terlihat di mata orang lain.

Semakin banyak ulasan word of mouth yang dimiliki maka kemungkinan besar akun anda menjadi lebh kredibel di pandangan orang lain sehingga banyak pembeli yang tertarik untuk mencoba produk anda.

Karenanya agar produk anda semakin dilihat oleh orang lain maka produsen bisa memberikan identitas khusus yang membedakan produk anda dengan kompetitor lain sehingga brand anda akan lebih mudah dibicarakan oleh konsumen.

Loyalitas Jangka Panjang

Sebuah brand atau produk yang bertahan dalam jangka waktu lama tentunya di dukung oleh konsumen yang setia pada satu merk tersebut

Pembeli setia tersebut nantinya akan mempengaruhi orang lain sehingga lebih percaya dengan produk yang anda kembangkan sehingga membantu untuk menarik konsumen baru.

Siklus ini tentu saja akan berputar terus menerus sehingga mengembangkan loyalitas jangka panjang hanya dengan promosi word of mouth.

Ditambah lagi saat ini banyak sekali kolom ulasan yang muncul di marketplace atau google maps yang dapat membantu konsumen memberikan testimoni hanya dengan mengunggah foto dan tulisan jujur.

Strategi word of mouth inilah yang menjadikan sebuah produk bertahan lama di tengah gencaran brand baru yang mengusung barang yang sama.

Lebih Hemat dan Efektif

Berbeda dengan iklan berbayar dimana pembeli membeli spot khusus untuk mempromosikan produk namun dengan strategi word of mouth, produsen tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk promosi.

Hal ini dikarenakan hasil dari layanan yang anda berikan kepada konsumen menjadikan pembeli senang dan akhirnya memberikan ulasan yang bagus dan bahkan memberikan rekomendasi kepada orang lain yang juga menyukai produk anda.

Karenanya staregi word of mouth dinilai lebih hemat dan efektif karena produsen tidak perlu memberikan uang sepeserpun kepada konsumen serta efektif untuk meningkatkan kepercayaan orang lain kepada produk anda.

Promosi word of mouth tentu saja cocok bagi produk baru untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan serta mendapatkan pembeli baru yang sesuai.

Guna mendapatkan promosi word of mouth, produsen tentunya dapat memberikan layanan terbaik kepada pembeli agar konsumen menyukai produk anda.

jenis jenis word of mouth

Jenis – Jenis Word of Mouth

Meskipun promosi word of mouth hanya terlihat sebagai ulasan yang diberikan oleh konsumen nyatanya strategi satu ini memiliki jenis-jenis word of mouth yang berbeda.

Meskipun begitu, perbedaan ini tentunya menjadi keuntungan bagi produsen untuk memilih promosi word of mouth yang tepat guna membangun dan mengenalkan produk yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa strategi word of mouth yang bisa digunakan untuk promosi produk di social media.

Brand Mention

Kewajiban untuk update social media setiap saat menjadikan banyak orang sering kali mengunggah tempat atau produk yang telah dikunjungi sebelumnya.

Tak jarang pembeli juga menyebutkan nama produk dengan melakukan tag pada akun social media brand tersebut.

Strategi yang satu ini jamak ditemui di social media dimana konsumen menyebutkan akun social media anda setelah membeli produk yang sesuai.

Meskipun terlihat simpel dan remeh di mata orang lain namun penggunaan brand mention ini sangatlah menguntungkan bagi produsen.

Karena pemilik usaha dapat melihat ulasan yang diberikan oleh konsumen serta mendapatkan respon positif dari barang yang dibeli.

Tak jarang pemberian tag akun ini ini dapat memudahkan produsen untuk repost postingan tersebut sehingga dapat dimasukkan ke arsip testimoni.

Testimoni Pegawai atau Kolega

Tidak hanya mendapatkan testimoni dari konsumen yang dapat memberikan nilai tambah produk anda di mata konsumen.

Namun testimoni dari pegawai juga dapat memberikan nilai tambah produk anda sehingga semakin diminati orang lain.

Ditambah lagi, saat social media mudah diakses maka akan lebih banyak orang yang dengan mudah bercerita mengenai pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan saat ini.

Sehingga tidak jarang seorang pegawai dari produk tertentu memberikan testimoni terhadap barang yang sedang dikembangkan.

Ulasan dari pegawai sendiri bisa saja dipertimbangkan oleh konsumen yang penasaran dengan produk anda sehingga ingin lebih tahu mengenai proses pembuatan produk tersebut.

Rasa penasaran ini juga bisa saja dialami oleh pelanggan setia anda yang ingin tahu rahasia di balik layar produk yang anda kembangkan.

Salah satu konten word of mouth yang menjadi testimoni pegawai adalah video a day in my life yang bisa temui di konten tiktok.

@yereeeee_ A day in my life ✨ kerja di kantor shopee🧡 #lifeatshopee ♬ original sound – Yere

Pada konten ini penonton bisa melihat keseharian pegawai dari brand tertentu dan bisa melihat sekilas kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan produk yang anda sukai.

Konten satu ini juga kerap kali disukai oleh banyak penonton yang penasaran dengan keseharian pegawai yang bekerja di brand tertentu.

Konten ini juga bisa menjadi strategi word of mouth sehingga membuat pembeli ingin membeli produk yang anda kembangkan.

Ulasan Konsumen

Saat anda membuka social media, mungkin saja anda menemukan konten testimoni dari teman anda yang diunggah di akun instagram atau twitter yang dimiliki.

Ulasan yang detail ini tentunya akan membantu anda melihat perspektif produk dari konsumen tersebut serta mempertimbangkan keputusan untuk membeli produk tersebut.

Testimoni ini nantinya juga akan membantu orang lain yang ingin membeli produk tertentu namun masih mencari berbagai pertimbangan yang dapat mendukung untuk membeli barang tersebut.

Tidak hanya memberikan ulasan di social media namun beberapa konsumen melakukan word of mouth ini ke layanan pihak ketiga seperti Google Maps atau kolom ulasan di market place.

Pemberian fitur ini juga bisa menjadi pertimbangan konsumen baru untuk menimbang apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan atau memilih untuk mencari produk lain.

Testimoni di Blog atau Media

Disaat produk anda sudah semakin dikenal oleh khalayak luas maka kesempatan produk anda di ulas oleh media besar tentu saja akan semakin terbuka lebar.

Karenanya tidak jarang saat meneonton televisi atau melihat konten dari influencers anda akan melihat ulasan produk tertentu yang semakin membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Tak hanya itu, beberapa orang kadang mengandalkan ulasan yang tersedia di internet berupa blog dari orang lain untuk melihat testimoni jujur setelah menggunakan produk tersebut.

Semakin banyak produk anda diulas oleh influencer maka semakin besar juga kesempatan produk anda dikenal oleh konsumen lain sehingga strategi word of mouth yang dijalankan akan semakin sukses.

Apalagi influencer biasanya memiliki basis besar yang dapat membuat pengikutnya tertarik untuk mebeli setelah melihat ulasan produk tersebut.

Brand Ambassador

Brand ambassador tidak hanya publik figur terkenal atau influencers yang ditunjuk untuk mempromosikan brand tertentu.

Namun dalam word of mourh sendiri, brand ambassador sendiri adalah seseorang yang sering kali mempromosikan produk anda tanpa diminta.

Brand ambassador ini biasanya hadir dari konsumen yang sangat menyukai produk anda sehingga tidak ragu untuk mempromosikan produk anda secara cuma-cuma karena telah jatuh cinta pada produk dan layanan yang anda berikan.

Tidak jarang, produsen memperhatikan akun konsumen yang sama dan sering mempromosikan produk anda setelah menggunakan atau membeli produk anda.

Hadirnya brand ambassador ini tentunya bisa anda menfaatkan dengan baik dalam promosi word of mouth anda karena konsumen tersebut memberikan ulasan jujur kepada teman atau kerabat yang mengikutinya.

Produsen pun bisa memberikan apresiasi dengan mengirimka produk tertentu ke konsumen tersebut sebagai tanda terima kasih terhadap promosi word of mouth yang telah diberikan dalam jangka waktu lama.

cara membangun word of mouth

Cara Membangun Strategi Word of Mouth

Meskipun promosi word of mouth tidak memerlukan biaya yang cukup besar namun produsen juga harus membuat strategi yang tepat agar banyak konsumen yang memberikan ulasan pada produk anda.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar semakin banyak konsumen yang memberikan testimoni pada produk yang anda kelola.

Repost Komentar dan Konten Positif dari Konsumen

Banyaknya konsumen yang memberikan ulasan baik pada produk anda tentu tidak baik jika hanya disimpan saja dan tanpa dikelola lebih lanjut.

Kurangnya interaksi dan testimoni dari konsumen tentu membuat calon pembeli berfikir produk anda kurang laku karena tidak adanya aktivitas jual beli pada produk yang anda kembangkan.

Karenanya jika anda menemukan komentar positif terhadap produk anda maka bisa mengunggahnya kembali melalui fitur story agar bisa menjangkau lebih banyak orang.

Selain itu, dengan mengunggah testimoni melalui konten story maka ulasan anda akan lebih mudah dikumpulkan dalam satu tempat sehingga memudahkan konsumen untuk melihat testimoni orang lain terhadap produk anda.

Disisi lain, jika anda menemukan ulasan negatif dari konsumen lain maka anda tidak perlu menghapusnya melainkan bertanya kepada konsumen, keluhan apa yang bisa dilayani dan juga saran yang bisa diberikan.

Dengan memberikan tanggapan yang baik terhadap ulasan negatif orang lain tentunya akan merubah pandangan konsumen dari negatif menjadi lebih positif sehingga tidak kecewa pada produk yang dibeli.

Tidak hanya itu, pelayanan yang baik tentunya akan menjadi word of mouth ke orang lain sehingga tertarik untuk membeli berkat pelayanan yang diberikan.

Perluas Jangkauan Melalui Kolega

Ulasan baik dari pegawai tentunya akan menjadi nilai tambah sebuah produk di mata konsumen sehingga lebih tertarik untuk membeli.

Apalagi jika ulasan yang diberikan adalah pelayanan selama bekerja di brand tersebut sehingga membuat pembeli lebih peduli pada produk tersebut karena telah memberikan pelayanan terbaik terhadap karyawannya.

Tidak jarang pegawai yang dimiliki memiliki koneksi yang lebih luas dan dapat mendukung pengembangan produk anda sehingga bisa digunakan sebagai media promosi yang lebih baik.

Strategi word of mouth melalui pegawai ini juga dinilai bermanfaat apabila usaha anda berorientasi kepada business to business dimana kolega anda melihat kinerja karyawannya dan dapat mengukur dari hasil yang di dapatkan.

Tak hanya itu, di Linkedin sendiri unggahan dari akun personal lebih mudah naik dibandingkan dengan akun bisnis sehingga bisa menjadi strategi yang tepat untuk melakukan promosi word of mouth untuk brand anda.

Aktif Kumpulkan Ulasan Konsumen

Bagi beberaa brand besar yang sudah memiliki nama tentunya akan lebih untuk mengumpulkan ulasan konsumen yang bisa diunggah kembali di akun social media yang dimiliki.

Meskipun begitu, brand yang sedang berkembang pun bisa melakukan strategi word of mouth ini dengan mengembangkan campaign melalui bantuan branded hastag tertentu.

Produsen pun tidak perlu sungkan untuk meminta konsumen memberikan ulasan pada produk yang telah dibeli dengan menggunakan hastag tertentu yang telah dicipatakan.

Tidak hanya itu, agar strategi word of mouth satu ini bisa lebih sukses maka produsen bisa membuat kontes foto yang menunjukkan keseruan pembeli saat mencoba produk anda bersaa dengan teman dan keluarga.

Iming – iming hadiah tentunya akan membuat konsumen untuk membeli produk anda dan juga memberikan ulasan dengan hastag tertentu yang dapat membantu kontes anda semakin sukses.

Semakin banyak konsumen yang mengikuti kompetisi ini tentunya akan membuat strategi word of mouth berjalan lebih sukes.

Kontes seperti ini tentunya tidak hanya membantu menaikkan brand awareness yang anda miliki namun membuat konsumen anda merasa dihargai keberadaannya sehingga bergabung pada kompetisi tersebut.

Acara ini juga tentunya dapat mengeratkan hubungan anda dengan konsumen sehingga meningkatkan keloyalan pembeli untuk menjadi pelanggan dalam waktu lama.

Balas Komentar Konsumen dengan Cepat

Melakukan komunikasi dengan konsumen tentunya tidak hanya mendatangkan komentar positif namun bisa saja anda mendapatkan ulasan negatif mengenai produk yang anda kembangkan.

Meskipun begitu, produsen tetap harus memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap pada setiap masalah yang dihadapi sehingga konsumen merasa dilayanai dan akhirnya menjadi pelanggan setia.

Tanggapan yang cepat dan sesuai dengan keluhan konsumen tentu bisa membuat pengguna internet yang melihat jawaban anda menjadi kagum dan tertarik untuk mendapatkan pelayanan yang sama.

Apalagi jika konsumen mendapatkan pelayanan yang unik dan menarik selama membeli produk anda sehingga akan mendukung lebih banyak orang untuk mencoba barang yang anda jual.

Mintalah Ulasan dari Pelanggan Setia

Saat membeli produk dari market place biasanya konsumen akan diberikan kolom khusus untuk memberikan ulasan barang yang telah dibeli.

Semakin lengkap testimoni yang diberikan maka akan semakin besar juga poin belanja yang di dapatkan dan bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya.

Adanya kolom ulasan yang mencantumkan gambar dan juga tulisan ini tentunya akan menguntungkan untuk membengkan strategi word of mouth yang dimiliki.

Karenanya ulasan yang lengkap akan memberikan pandangan bahwa produk anda sangat disukai oleh konsumen karena memberikan testimoni yang diinginkan.

Namun jika penjual tidak menjual produk melalui market place maka anda bisa meminta konsumen memberikan ulasan yang diunggah di social media.

Permintaan ulasan tersebut bisa disebarkan melalui unggahan konten di social media atau mengirimkan email ke alamat surel konsumen.

Beberapa aplikasi juga biasanya menyajikan pop up iklan tertentu yang meminta konsumen untuk memberikan ulasan di halaman google play store agar aplikasi yang dimiliki diunduh oleh banyak orang.

Kerjasama dengan Influencers dan Brand Ambassador

Meskipun sebagian besar strategi word of mouth berpusat dari konsumen organik namun penjual juga bisa meminta influencer untuk memberikan testimoni pada produk yang anda jual.

Caranya adalah dengan mengirimkan produk tertentu ke influencer tersebut dan meminta ulasan pada barang yang diberikan.

Ulasan jujur yang bagus ditambah dengan banyaknya pengikut setia yang dimiliki tentunya akan membantu meningkatkan jualan anda sehingga promosi word of mouth yang dilakukan pun berhasil.

Namun sebelum mempertimbangkan kerjasama dengan influencers untuk memberikan ulasan positif maka penjual juga sebaiknya memilih publik figur yang seseuai dengan kesukaan konsumen sehingga memudahkan untuk menjangkau pembeli yang sesuai dan menyukai produk anda.

Jangan lupa juga untuk pertimbangkan engagement rate agar budget yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang di dapatkan nantinya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.