cara menyusun twitter marketing

Twitter Spaces, Fitur Siaran Langsung untuk Twitter

Tingkatkan interaksi dengan pengikut twitter yang dimiliki melalui komunikasi dua arah melalui layanan Twitter Spaces.

Salah satu tujuan untuk membuat akun social media adalah mempromosikan produk yang dimiliki sehingga dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Namun promosi saja tidak cukup jika pelaku usaha tidak bisa menarik pengikut yang dimiliki menjadi konsumen tetap dan juga setia.

Karenanya melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki tentunya bisa dilakukan untuk membangun kepercayaan dan juga membangun ikatan dengan konsumen yang dimiliki.

Untungnya, social media sendiri memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki.

Salah satu fitur unggulan yang sering digunakan kreator untuk melakukan membangun interaksi dua arah adalah layanan siaran langsung.

Melalui fitur ini baik kreator dan juga konsumen dapat melakukan komunikasi secara langsung dan tidak jarang kreator juga melakukan siaran jual beli secara langsung.

Berbagai keuntungan yang di dapatkan melalui siaran langsung akhirnya membuat banyak platform social media membuat fitur siaran langsung.

Twitter menjadi salah satu social media yang tidak mau ketinggalan hype satu ini dengan meluncurkan layanan twitter spaces.

Meskipun terbilang terlambat namun Twitter spaces ini memiliki keunikan yang berbeda dari social media lain yang juga memiliki fitur siaran langsung.

Namun apa saja perbedaannya dan keuntungan yang bisa dimanfaatkan kreator ketika menggunakan layanan twitter spaces?

apa itu twitter spaces

Apa Itu Twitter Spaces

Saat pengguna social media mengikuti siaran langsung biasanya akan disajikan tayangan video yang berlangsung secara real time dimana kreator hanya bisa berkomunikasi melalui chat dengan pengikutnya.

Beberapa social media seperti Tiktok misalnya menggunakan layanan siaran langsung satu ini untuk transaksi jual beli secara langsung sehingga bisa meningkatkan penjualan produk dan juga mengenalkan barang jualan yang dimiliki.

Namun jenis siaran langsung ini tidak akan anda temukan di Twitter, karena alih-alih menampilkan video secara langsung maka kreator melakukan siaran langsung melalui suara.

Uniknya lagi, bagi pengguna twitter yang mengikuti siaran langsung ini maka bisa ikut berpartisipasi dengan mengeluarkan suaranya di twitter spaces.

Sehingga kemungkinan untuk mendapat perhatian dari kreator atau pengguna twitter lainnya semakin besar.

Tidak hanya itu, seorang pengguna twitter juga bisa ikut bergabung pada tayangan langsung ini meskipun tidak mengikuti akun kreator tersebut sebelumnya.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator karena siaran langsung dapat tersebar secara luas bahkan di luar konsumen yang dimiliki.

Selain itu, pendengar juga bisa mendengarkan siaran langsung yang diikuti meskipun sedang keluar dari aplikasi sehingga twitter spaces terlihat seperti podcast yang menyajikan interaksi suara dengan beberapa orang.

Tidak hanya memperbesar peluang interaksi dengan konsumen namun menggunakan fitur twitter spaces juga memiliki keuntungan lain yang tentunya berguna bagi promosi produk.

keuntungan menggunakan twitter spaces

Keuntungan Menggunakan Twitter Spaces

Keefektifan menggunakan layanan siaran langsung untuk menjangkau pengikut social media yang dimiliki menjadikan banyak kreator berlomba-lomba untuk melakukan siaran langsung secara rutin.

Namun bagi kreator yang ingin mengetahui layanan twitter spaces tentunya akan bertanya-tanya apa saja keuntungan dari menggunakan fitur siaran langsung dari twitter ini.

Karenanya berikut keuntungan dari menggunakan layanan twitter spaces bagi kreator :

Bagikan Pengumuman Terbaru di Twitter Spaces

Saat mengadakan campaign mengenai produk terbaru yang dimiliki tentunya kreator perlu memanfaatkan berbagai fitur yang ada di social media untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan jug memaksimalkan promosi yang dimiliki.

Apabila kreator memiliki akun twitter untuk promosi jualan maka melakukan sesi siaran langsung dengan pengikut yang dimiliki tentunya bisa menjadi lebih efektif.

Hal ini dikarenakan fitur twitter spaces terbukti dapat menjangkau lebih banyak konsumen serta interaksi yang lebih erat antar satu sama lain.

Memang membuat tweet yang menarik akan membuat akun anda lebih cepat dikenal namun terbatasnya jumlah tweet menjadikan kreator tidak bisa melakukan interaksi secara maksimal.

Selain itu banyaknya balasan tweet yang masuk terkadang membuat kreator kehabisan waktu dalam merespon berbagai pertanyaan secara cepat dalam waktu singkat.

Menggunakan layanan twitter spaces sendiri juga bisa menjadi strategi promosi yang eksklusif karena setelah siaran langsung ini berakhir maka pendengar tidak bisa mendengar ulang promosi yang ada karena belum tersedianya fitur simpan twitter spaces.

Berdiskusi Mengenai Topik Terbaru

Twitter sendiri menjadi salah satu platform yang menyumbang berbagai topik terbaru yang sedang naik daun atau diperbincangkan oleh orang lain.

Hal ini dikarenakan pengguna twitter tidak perlu membuat konten yang estetik untuk melempar topik ke twitter.

Topik yang sedang naik daun dan berkaitan dengan brand yang anda kembangkan tentunya bisa menjadi peluang bagus untuk membuka topik diskusi bersama pengguna twitter lainnya.

Agar siaran langsung ini menjadi semakin menarik maka kreator bisa mengundang ahliyang memiliki pengetahuan yang khusus di bidang tertentu sehingga menjadikan pembahasan lebih menarik.

Namun jika tidak ada topik yang dianggap menarik untuk di bahas maka kreator bisa membuat topik sendiri yang dapat membuat pengikut anda bergabung dalam twitter spaces tersebut.

Beberapa topik pembahasan yang bisa diangkat adalah mengenai permasalahan konsumen atau kandungan dari produk yang tentunya akan meningkatkan insight atau awareness terhadap produk yang anda miliki.

Interaksi dengan Konsumen

Salah satu tujuan utama dari melakukan twitter spaces adalah berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki ditambah lagi twitter spaces sendiri mengizinkan pengikutnya untuk berbicara secara langsung.

Karenanya agar sesi interaksi ini tidak berjalan membosankan atau mononton maka kreator bisa melakukan berbagai acara seru yang bisa diadakan di twitter spaces.

Quiz dan Give Away

Saat peluncuran produk terbaru maka penting bagi kreator untuk mengenalkan barang baru ke konsumen agar bisa diulas secara gratis dan konsumen mendapatkan first impression dari produk yang anda jual.

Salah satu cara mudah untuk mengenalkan produk anda adalah dengan melakukan sesi give away kepada konsumen setia atau pembeli yang penasaran dengan barang baru yang anda luncurkan.

Apabila kreator mengembangkan campaign promosi di twitter maka kreator juga bisa menyelenggarakan sesi give away secara langsung melalui fitur twitter spaces.

Sehingga interaksi akan semakin seru karena kreator dapat memilih langsung pemenang give away melalui pemberian quiz mengenai brand atau produk yang anda miliki.

Sesi twitter space yang seru dan meriah tentunya akan membuat pengguna twitter terhibur meskipun tidak memenangkan hadiah yang disebarkan di sesi giveaway ini.

Obrolan dengan Brand Ambassador

Salah satu strategi promosi yang dapat menjangkau konsumen yang lebih luas adalah dengan menggandeng brand ambassador untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Memiliki seorang brand ambassador yang terkenal dan pengikut yang setia tentunya akan memudahkan kreator untuk melakukan promosi yang optimal sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Kehadiran wajah dari brand ini sendiri juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif salah satunya adalah dengan mengajak siaran langsung di berbagai platform social media yang dimiliki.

Apabila brand ambassador memiliki banyak pengikut di twitter dan memiliki pengaruh yang besar bagi pengguna twitter lainnya maka bisa dimanfaatkan untuk diajak melakukan siaran langsung di twitter spaces.

Kesempatan untuk mengobrol langsung dengan brand ambassador ini tentunya menarik bagi fans atau pengguna twitter sehingga sesi siaran langsung anda akan diikuti oleh banyak pengguna twitter.

fasilitas twitter space

Fitur di Twitter Spaces

Sebagai salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pengguna twitter tentunya layanan twitter space terus berkembang menghadirkan fitur terbaru untuk menambah pengalaman dalam menggunakan twitter spaces.

Berikut beberapa fitur yang tersedia di twitter spaces dan bisa digunakan selama layanan ini digunakan oleh kreator dan pengguna twitter yang bergabung dalam siaran langsung.

Pilih Pembicara di Twitter Space

Kelebihaan dari adanya twitter spaces dibandingkan layanan lainnya adalah pengguna yang bergabung dalam siaran langsung ini dapat mengeluarkan opininya apabila dipersilahkan untuk berbicara oleh kreator.

Kesempatan berbicara secara langsung ini tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh pengguna twitter karena dapat menyuarakan pendapatnya dan mendapatkan perhatian dari brand ambassador dan pembicara yang diundang.

Sehingga apabila pendapat yang diutarakan disetujui oleh pengguna twitter lainnya maka akan memperluas kesempatan untuk mendapatka teman baru setelah mengikuti twitter spaces tersebut.

Hal ini mungkin saja tidak di dapatkan oleh pengguna social media ketika bergabung ke siaran langsung di platform lain.

Kreator sendiri dapat memilih kurang lebih 10 orang untuk bergabung sebagai pembicara di twitter spaces yang berlangsung.

Selain itu, kreator juga diberikan tiga opsi untuk memilih pembicara yakni kesempatan berbicara untuk semua orang, orang yang anda ikuti, atau orang yang anda ajak bergabung sebagai pembicara.

Namun agar sesi twitter spaces berjalan dengan kondusif maka kreator sebaiknya memilih orang yang akan diajak berbicara dari pengguna twitter yang bergabung ke siaran langsung anda atau pembicara yang ditunjuk sebagai pengisi acara.

Guna mengundang pembicara untuk menjadi speaker twitter space maka kreator bisa mengirimkan undangan melalui direct message ke pembicara yang ditunjuk.

Kreator juga dapat menerima permintaan dari pengguna twitter yang bergabung dengan twitter space anda dan mengeluarkannya apabila pembahasan sudah keluar topik dan tidak sesuai dengan isi siaran langsung yang dibahas

Twitter space sendiri tidak memiliki limitasi orang yang dapat bergabung di siaran langsung anda maka semakin banyak pengguna twitter yang mengikuti twitter spaces anda maka akan bagus untuk mengenalkan brand anda secara luas dan gratis.

Pin Tweet di Twitter Spaces

Bagi kreator yang mengadakan twitter spaces untuk membahas topik yang sedang hangat maka bisa melakukan pin tweet untuk masalah yang sedang dibahas.

Sehingga kreator tidak perlu mengulang-ulang topik bahasan kepada pengguna twitter yang baru saja bergabung ke twitter spaces anda.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna twitter untuk langsung fokus ke pembahasan tanpa perlu bertanya-tanya mengenai topik yang dibahas.

Aktifkan Layanan Caption di Twitter Spaces

Topik bahasan yang seru dan pembicara yang asik tentunya akan membuat percakapan menjadi cepat berganti dari satu pembahasan ke pembahasan yang lain.

Sehingga pengguna twitter yang mendengarkan twitter spaces mungkin saja bingung akan topik yang dibahas atau ketinggalan poin utama dari pembahasan yang didengarkan.

Karenanya untuk membantu pengguna twitter memahami isi dari pembahasan twitter spaces secara mudah dan cepat maka bisa mengaktifkan fitur caption di twitter spaces yang anda lakukan.

Fitur ini tentunya berguna bagi pengguna twitter yang ingin mengikuti twitter spaces secara tenang karena sedang berada di ruangan terbuka dengan banyak orang.

Fitur Eksklusif dengan Konsumen

Fiitur twitter spaces yang mengizinkan beberapa orang menjadi pembicara tentunya bisa menjadi fitur eksklusif bagi konsumen yang dimiliki.

Caranya adalah dengan mengadakan event khsusus dengan brand ambassador untuk mengajak fansnya berbicara secara online melalui twitter spaces.

Sehingga pemenang quiz yang beruntung dapat diberikan sesi mengobrol dengan brand ambassador secara langsung melalui twitter spaces.

Tak hanya itu, twitter juga mencoba fasilitas baru berupa ticketed space dimana pendengar bisa mengikuti akses eksklusife dengan bergabung di percakapan yang dibuat.

Sehingga ketika twitter spaces disiarkan maka kreator bisa mengajak beberapa orang terpilih untuk menjadi pembicara.

Fitur ini tentulah berguna bagi selebtweet yang memiliki banyak pengikut untuk mengadakan sesi khusus dengan pengikutnya sehingga bisa mendekatkan diri satu sama lain.

Pada kesempatan ini, kreator juga bisa meluncurkan sesi khusus seperti acara karaoke atau games yang menghibur sehingga fans yang dimiliki merasa ketagihan untuk mengikuti sesi ticketed space selanjutnya.

Karenanya agar konten ticketed space yang anda buat laku di pasaran maka kreator sebaiknya melakukan survei dan analisa terlebih dahulu mengenai konten yang disukai oleh fans dengan melakukan jajak pendapat yang bisa dilakukan di twitter.

Sesi ticketed space yang menarik dan dilakukan secara rutin tentunya akan membantu untuk menghasilkan pendapatan dari twitter selain endorsement dan paid promote.

Jadwalkan Twitter Spaces dan Buat Pengingat

Bagi kreator yang mungkin mengelola lebih dari satu akun twitter mungkin saja merasa kesulitan untuk menjadwalkan sesi twitter spaces untuk acara yang akan datang.

Untungnya saat ini tidak hanya ada layanan untuk menjadwalkan konten twitter melalui website atau aplikasi pihak ketiga namun twitter sendiri menyediakan fitur untuk menjadwalkan penayangan twitter spaces.

Sehingga jika kreator sudah menentukan waktu siaran langsung dengan pembicara yang dipilih maka bisa langsung menjadwalkan tayangan twitter spaces.

Hal ini tentunya memudahkan kreator agar bisa langsung join ke twitter spaces yang telah dijadwalkan tanpa perlu membuat caption dan mengundang pembicara terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, kreator juga diberikan fasilitan untuk membuat alarm waktu siaran langsung yang telah direncanakan sehingga sesi ini tidak terlewat begitu saja.

Fitur ini tentu saja berguna bagi selebtweet yang mengadakan sesi ticketed space dengan pengikut twitter yang dimilikinya.

Tak hanya itu, fitur ini juga diaktifkan oleh pengguna twitter agar tidak ketinggalan sesi twitter spaces dengan akun twitter atau kreator yang disukai.

cara menggunakan twitter spaces

Tutorial Menggunakan Twitter Spaces

Berbagai keuntungan saat menggunakan twitter spaces dan juga fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari twitter tentunya membuat kreator tergiur untuk membuat siaran langsung di twitter spaces.

Meskipun begitu, kreator juga sebaiknya mempelajari terlebih dahulu tutorial menggunakan berbagai fitur di twitter space agar proses siaran langsung menjadi lebih lancar.

Cara Join Twitter Spaces

Bagi kreator yang baru pertama kali menggunakan layanan twitter spaces mungkin saja kebingungan dalam mengakses fitur ini, namun cara memulai twitter spaces sendiri sangatlah mudah dan cepat.

  • Pertama, log in ke akun twitter yang dimiliki dan pastikan username dan password sudah sesuai agar bisa masuk ke akun yang dimiliki
  • Kedua, pada bagian bawah kanan anda akan menemukan ikon tambah yang bisa diklik dan tersedia berbagai fitur sperti spaces, foto, GIF, atau tweet
  • Ketiga, klik ikon spaces dan kreator akan diminta untuk mengisi beberapa data terlebih dahulu seperti nama spaces, topik, dan juga pilihan untuk merekam space. Kreator juga bisa menjadwalkan kapan waktu spaces berlangsung dengan pilihan kalender yang ada di bagian bawah kanan
  • Keempat, jika semua biodata telah terisi sempurna maka kreator bisa memulai spaces dengan klik Mulai Space Anda

Cara Mengundang Speaker di Twitter Spaces

Sebagai host yang bertanggung jawab pada kelancaran pelaksanaan twitter spaces tentunya kreator harus mengundang pembicara agar isi twitter spaces menjadi menarik dan sebagai daya tarik bagi pengguna twitter untuk berkunjung ke siaran langsung yang diadakan.

Kreator sendiri dapat mengundang pembicara ke dalam twitter spaces dengan berbagai cara misalnya mengirimkan undangan ke pengisi acara yang telah dipilih, pengguna twitter yang anda ikuti, atau seseorang yang anda undang.

Apabila di tengah acara terdapat pembicara yang membicarakan bahasa di luar topik dan mengganggu jalannya acara siaran langsung maka kreator bisa mengeluarkan pembicara tersebut dan melakukan block agar pengguna twitter tersebut tidak bisa bergabung ke siarang langsung yang anda lakukan.

Cara Bergabung di Twitter Spaces

Saat membuka twitter mungkin saja anda menemukan siaran langsung yang diadakan oleh akun yang anda sukai atau kreator yang anda ikuti.

Biasanya ketika anda mengikuti seorang kreator yang sering melakukan twitter spaces maka anda akan mendapatkan pemberitahuan agar bisa langsung bergabung di siarang langsung yang tengah diadakan.

Namun jika anda ingin bergabung ke twitter spaces tersebut maka tinggal melakukan klik pada siaran langsung yang berlangsung maka anda bisa langsung mengikuti spaces tersebut sambil melakukan pekerjaan lain atau melihat tweet yang beredar di akun twitter anda.

Pengguna twitter juga bisa mencari siaran langsung yang sedang berlangsung dengan mencarinya di fitur pencarian menggunakan kata kunci twitter spaces dan twitter akan memberikan rekomendasi twitter spaces yang sedang berlangsung.

Cara Promosi Twitter Spaces Melalui Tweet

Bagi kreator yang baru saja memulai siaran langsung maka bisa melakukan promosi terlebih dahulu sehingga mendapatkan lebih banyak pengguna twitter yang bergabung di twitter spaces.

Terdapat dua cara yang bisa kreator lakukan untuk mempromosikan twitter spaces yang akan berlangsung:

Cara pertama adalah mengunggah konten promosi mengenai siaran langsung yang diadakan di keesokan hari dengan pembicara dan topik yang ditentukan.

Pengumaman yang lebih awal tentunya akan membuat pengikut yang anda miliki memasang pengingat agar tidak ketinggalan siaran langsung yang menarik dengan topik yang sedang hangat.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengunggah tweet sebagai pengingat agar pengikut anda bergabung pada twitter spaces yang anda siarkan.

Cara Mengakhiri Twitter Spaces

Setelah pembahasan di twitter spaces sudah selesai dan juga pengikut anda mendapatkan insight baru dari siarang langsung yang telah diadakan maka inilah saatnya untuk mengakhiri perbincangan yang telah dilakukan.

Cara mengakhirnya pun sangat mudah dengan cara melakukan klik pada ikon Leave yang ada di bagian pojok kanan atas sehingga kreator dapat mengakhiri segala sesi siaran langsung yang telah dilakukan.

Apabila kreator telah melakukan rekaman pada siaran langsung yang telah berlangsung maka anda dapat menyimpannya sebagai bagian dari review konten dan kreator juga akan mendapatkan transcript dan juga caption yang sudah dipakai.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *