cara screenshot di laptop mudah dan cepat

8 Cara Screenshot di Laptop Mudah dan Cepat

Ada alternatif cara screenshot di laptop yang bisa Anda coba selain tombol PrintScreen. Simak caranya di artikel ini!

Cara screenshot di laptop yang mudah dan cepat sangat dibutuhkan karena fitur ini cukup esensial bagi pengguna laptop.

Screenshot atau tangkapan layar adalah suatu gambar yang diambil oleh sebuah perangkat yang merekam tampilan yang tampak di layar visual. Fitur ini biasa ditemukan pada perangkat smartphone.

Pada perangkat smartphone, fitur ini sangat esensial dan banyak digunakan. Hampir seluruh pengguna ponsel genggam mengetahui cara untuk menggunakan fitur screenshot di perangkat mereka.

Fitur ini bisa ditemukan juga di perangkat laptop atau PC Anda. Namun, sebagian orang mungkin belum mengetahui cara screenshot di laptop.

Padahal, ada saatnya kita membutuhkan fitur screenshot di laptop untuk merekam kegiatan di layar tersebut. Ada beragam kegiatan yang bisa dipermudah dengan menggunakan fitur screenshot ini.

Selain untuk merekam kegiatan yang sedang dijalankan di layar, screenshot juga bisa digunakan untuk menangkap gambar cuplikan video yang kemudian akan disimpan dalam bentuk foto.

Misalkan, Anda sedang mengerjakan tugas tentang membahas sebuah film. Anda butuh memasukkan cuplikan foto dari beberapa adegan di film tersebut.

Untuk mengambil foto tersebut, Anda tidak perlu mencarinya secara terpisah di mesin pencari. Anda hanya perlu menggunakan fitur screenshot untuk merekam layar saat memutar video, kemudian secara otomatis tersimpan dalam format foto.

Fitur screenshot tentu akan sangat mendukung efisiensi kinerja Anda, bukan?

Cara screenshot di laptop berbeda dengan smartphone. Untuk menggunakan fitur screenshot di smartphone, Anda cukup menggeser layar dengan tiga jari atau dengan alternatif cara lain.

Screenshot di smartphone memang terkesan lebih praktis, karena Anda dapat dengan langsung menekan di layarnya. Sedangkan untuk menggunakan fitur screenshot di laptop, Anda butuh menggunakan beberapa tombol shortcut atau aplikasi tambahan.

Ada beberapa cara screenshot di laptop yang sudah lumrah diketahui seperti menggunakan tombol PrintScreen. Namun, bagaimana jika tombol tersebut tidak bekerja dengan baik?

Di samping itu, setiap perangkat laptop memiliki kombinasi tombol shortcut yang berbeda. Ada pula yang membutuhkan aplikasi tambahan untuk screenshot di laptop.

Berbagai alternatif ini memiliki keunggulannya masing-masing. Kami telah merangkum beragam alternatif cara screenshot di laptop yang bisa memudahkan kinerja Anda.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Shortcut

Cara screenshot di laptop yang pertama yaitu dengan mengandalkan tombol shortcut yang sudah tersedia. Setiap perangkat laptop kadang memiliki kombinasi shortcut yang berbeda untuk merekam layar.

Berikut beberapa cara screenshot di laptop menggunakan tombol shortcut yang bervariasi.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol PrintScreen

Tombol shortcut yang pertama yaitu menggunakan PrintScreen. Tombol ini sudah sangat lumrah dan merupakan cara yang paling praktis untuk merekam layar laptop Anda.

Tombol PrintScreen memang dibuat untuk merekam layar laptop. Selain itu, tombol ini juga tersedia pada hampir seluruh laptop. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila ingin menggunakan cara ini.

Letaknya berada di barisan paling atas keyboard, sejajar dengan tombol fungsi F. Biasanya dilambangkan dengan tombol bertuliskan PrtSc SysRq, Prt Scr, PrtSc, atau Print Screen, tergantung merek laptop Anda.

Jika Anda ingin merekam layar laptop secara penuh, Anda bisa memanfaatkan shortcut PrintScreen. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu kekurangan tombol shortcut ini.

PrintScreen hanya bisa digunakan untuk merekam layar laptop secara keseluruhan. Anda tidak bisa hanya mengambil gambar suatu tab atau aplikasi tertentu. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu melakukan proses tambahan editing sendiri.

Cara screenshot di laptop menggunakan tombol PrintScreen sangat mudah, Anda cukup membuka halaman laptop yang ingin Anda screenshot.

Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol PrintScreen yang berada di sebelah kanan atas keyboard. Beberapa laptop tidak akan menunjukkan tanda apapun ketika proses screenshot berlangsung.

1

Ada laptop yang menampilkan layar yang berkedip, atau kursor yang berkedip. Proses ini tidak butuh memakan waktu yang lama. Hanya sekitar satu detik saja, layar Anda sudah berhasil direkam.

Hasil gambar screenshot akan tersimpan di clipboard Anda. Untuk menampilkan dan menyimpannya di perangkat, Anda bisa menempel atau paste gambar di aplikasi lain.

Caranya adalah buka terlebih dahulu aplikasinya. Anda bisa menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Paint atau Microsoft Words.

Kemudian tekan tombol shortcut Ctrl + V untuk menempelkan atau klik kanan, kemudian pilih opsi paste.

Gambar screenshot Anda akan muncul pada aplikasi tersebut. Anda bisa melakukan proses editing pada bagian ini untuk melengkapi gambar sesuai dengan kebutuhan atau langsung menyimpannya.

Cara menyimpannya sama, yaitu dengan menekan tombol shortcut Ctrl + S pada aplikasi Paint kemudian pilih direktori gambar yang ingin digunakan.

Untuk Microsoft Words, klik kanan pada gambar, kemudian pilih opsi Save as Picture. Gambar hasil screenshot Anda sudah berhasil di simpan

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + PrintScreen

Terkadang, ada beberapa laptop yang tidak mendukung penggunaan tombol PrintScreen saja untuk merekam layar. Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah menggunakan kombinasi tombol Windows + PrintScreen.

Kombinasi ini fungsinya sama dengan cara sebelumnya, yaitu untuk merekam layar laptop. Beberapa merek laptop memakai kombinasi ini untuk merekam layar, jadi tidak hanya menekan tombol PrintScreen saja.

Hasil gambar dari kombinasi tombol shortcut ini juga sama dengan cara sebelumnya yaitu untuk merekam layar secara penuh atau full screen. Tombol Windows dapat Anda temukan di bagian kiri bawah keyboard.

Tombol Windows biasanya dilambangkan dengan bentuk persegi miring, menyerupai jendela. Biasanya berada di antara tombol Fn dan Alt.

Perbedaannya adalah, dengan kombinasi shortcut ini Anda tidak perlu menyimpan gambar secara manual agar tersimpan di perangkat. Hasil gambar akan otomatis tersimpan di folder Picture pada laptop Anda.

Caranya adalah tentukan dulu jendela program yang ingin Anda rekam layarnya. Yang perlu Anda ingat adalah kombinasi shortcut ini akan merekam layar secara penuh atau full screen.

2

Jika sudah, tekan tombol Windows + PrintScreen secara bersamaan. Tidak perlu menekan terlalu lama, cukup satu detik saja. Proses screenshot terkadang tidak terlihat di beberapa laptop.

Nah, hasil screenshot Anda akan otomatis tersimpan di folder Picture pada laptop. Anda bisa mengecek hasilnya di folder tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Alt + PrintScreen

Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah menggunakan kombinasi shortcut Alt + PrintScreen. Jika cara sebelumnya akan merekam layar secara penuh atau full screen, Anda dapat menggunakan alternatif ini.

Anda ingin merekam layar tetapi tidak ingin menyertakan keseluruhan layar? Gunakanlah kombinasi shortcut Alt + PrintScreen. Dengan tombol ini, gambar yang terekam hanyalah jendela program yang masih aktif saja.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengedit hasil screenshot. Lebih praktis dan mudah bukan?

Tombol Alt bisa Anda temukan di bagian bawah sebelah kiri keyboard dengan simbol bertuliskan Alt. Tombol ini biasanya berada di antara Windows dan spasi.

Untuk mempraktikkan cara ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama, tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang ingin Anda rekam. Misalkan Anda ingin merekam layar program VLC yang sedang memutar video.

3

Setelah itu letakkan kursor Anda pada jendela program tersebut. Langkah selanjutnya adalah tekan tombol Alt + PrintScreen secara bersamaan. Nah, hasil rekaman layar akan tersimpan di clipboard.

Jika menggunakan cara ini, hasil gambar Anda tidak akan otomatis tersimpan pada folder Picture di perangkat laptop. Anda harus menyimpannya secara manual seperti cara yang pertama.

Buka aplikasi pengolah gambar seperti Paint, atau Microsoft Words. Kemudian tekan tombol shortcut Ctrl + V untuk menempel gambar.

Setelah itu Anda bisa menambahkan editing yang diperlukan atau bisa langsung menyimpannya.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan tombol Windows + Shift + S

Jika laptop Anda telah menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda dapat menggunakan alternatif cara ini untuk screenshot di perangkat Anda.

Kombinasi tombol shortcut ini hanya bisa digunakan apabila laptop Anda telah menggunakan sistem operasi Windows 10. Selain itu, dengan kombinasi shortcut ini Anda bisa menentukan bagian mana yang ingin discreenshot.

Tombol Shift bisa Anda temukan di kedua sisi samping keyboard. Di sisi kanan, tombol Shift berada di bawah tombol Enter. Sedangkan di sisi kiri, tombol Shift berada di bawah tombol Capslock.

Caranya cukup mudah. Pertama, Anda tentukan dulu jendela program mana yang ingin discreenshot. Misalkan, Anda ingin merekam layar pada jendela program Document.

4

Jadi, letakkan kursor di jendela tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, tekan tombol shortcut Windows + Shift + S secara bersamaan. Kemudian akan muncul instruksi untuk memilih bagian layar untuk direkam layarnya.

Setelah itu, tangkapan layar akan tersimpan di clipboard. Anda dapat menempelkan hasil tangkapan layar tersebut ke aplikasi lain.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi

Alternatif cara screenshot di laptop selain mengandalkan tombol shortcut adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Secara prosesnya, menggunakan aplikasi memang prosesnya lebih panjang dari pada hanya memakai shortcut.

Keunggulan memakai aplikasi tambahan sebagai tools perekam layar adalah aplikasi ini menyediakan berbagai fitur tambahan yang bisa Anda manfaatkan untuk melengkapi gambar Anda.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk screenshot di laptop.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi PhotoScape

Aplikasi pertama adalah PhotoScape. PhotoScape merupakan aplikasi pengolah gambar. Mungkin Anda mengetahui aplikasi ini untuk mengedit foto atau gambar.

PhotoScape menyediakan beragam fitur seperti editor untuk mengedit foto, animated GIF untuk membuat animasi dari beberapa gambar, splitter untuk membagi foto menjadi beberapa bagian, page untuk membuat kolase foto, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang terdapat di aplikasi PhotoScape adalah Screen Capture untuk merekam layar di laptop. Cara screenshot di laptop menggunakan PhotoScape adalah sebagai berikut.

Langkah pertama, Anda harus menginstal aplikasi PhotoScape terlebih dahulu. Setelah itu, persiapkan area yang ingin Anda screenshot. Jika sudah, buka aplikasi Photoscape.

5

Pada tampilan awal aplikasi, Anda akan menemukan fitur Screen Capture pada lingkaran fitur di bagian bawah. Klik fitur tersebut. Setelah itu, akan muncul kotak dialog lanjutan.

6

Anda bisa menyesuaikan bagian layar yang ingin direkam. Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda sesuaikan. Capture Full Screen untuk merekam layar secara penuh.

Capture Window untuk merekam jendela program tertentu. Misalkan Anda ingin merekam jendela aplikasi Microsoft Word saja tanpa mengikutkan latar di belakangnya.

Capture Region adalah menu untuk merekam layar pada area tertentu. Misalkan Anda ingin merekam setengah bagian layar saja. Selain itu, terdapat opsi aksi setelah layar berhasil direkam.

Copy to Clipboard akan menyimpan hasil rekaman layar ke clipboard Anda, sehingga Anda bisa menempelnya di aplikasi lain. Open at Editor Tab akan menampilkan hasil rekaman layar Anda di halaman editor PhotoScape.

Dengan begitu, Anda bisa mengedit terlebih dahulu gambar rekaman layar. Misalkan menambahkan teks, memberi keterangan gambar, dan lain sebagainya.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan aplikasi LightShot

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah LightShot. Aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan maupun Mac. Bedanya, aplikasi ini dikhususkan untuk screenshot saja.

LightShot juga dilengkapi oleh beragam fitur dan kemudahan seperti editor dan kemudahan membagikan hasil rekaman layar. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi LightShot di perangkat Anda.

Kemudian, aplikasi akan mengkonfigurasikan dengan perangkat Anda. Untuk screenshot layar, cukup dengan menekan tombol PrintScreen di keyboard Anda.

Selanjutnya, Anda akan memilih area yang akan discreenshot. Anda bisa menyesuaikan area yang discreenshot dengan kebutuhan Anda. Caranya dengan drag atau menyeret titik di sudut kotak bergaris putus-putus.

Anda bisa langsung melakukan editing pada tahap ini dengan menambahkan elemen seperti tanda panah, garis, dan lain sebagainya. Jika sudah, untuk menyimpan hasil gambar tinggal klik ikon Save di bagian bawah.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan SnagIt

Cara screenshot di laptop selanjutnya adalah menggunakan aplikasi SnagIt. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap mulai dari panoramic scorilling capture, screen record, record webcam, audio record, dan lain sebagainya.

SnagIt bisa Anda gunakan di sistem operasi Mac maupun Windows. Namun, untuk menggunakan fitur secara lengkap Anda harus membeli lisensi aplikasi terlebih dahulu.

Cara menggunakannya pun mudah. Sebelumnya, Anda harus sudah menginstal aplikasi SnagIt terlebih dahulu. Setelah itu, untuk screenshot layar, buka aplikasi tersebut.

Akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Klik Capture di lingkaran merah untuk merekam layar yang sedang dibuka. Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan area layar yang ingin discreenshot.

7

Jika sudah, klik ikon kamera di bagian paling kiri. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman editor SnagIt untuk mengedit gambar hasil rekaman layar.

snagit 3

Anda dapat menambahkan tanda panah, highlight, kotak dialog, teks, shape, watermark, dan masih banyak lagi. Jika sudah, klik Share di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih File untuk menyimpan hasil rekaman layar di perangkat Anda.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool

Lalu, bagaimana jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan atau tidak memiliki budget khusus untuk screenshot layar? Bagi pengguna Windows, Anda tidak perlu khawatir.

Aplikasi Snipping Tool adalah aplikasi screenshot bawaan yang bisa ditemukan pada perangkat dengan sistem operasi Windows. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda bisa menyesuaikan ukuran area yang discreenshot.

Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah. Pertama, persiapkan terlebih dahulu jendela atau area yang ingin Anda screenshot. Setelah itu, buka aplikasi Snipping Tool.

Terdapat 4 opsi yang bisa Anda pilih pada menu New. Free-form Snip untuk screenshot sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan dan Rectangular Snip untuk screenshot berbentuk persegi.

Sedangkan Window Snip untuk screenshot jendela program tertentu dan Full-screen Snip untuk screenshot layar penuh. Pilih mode screenshot yang Anda inginkan.

Setelah itu, gerakkan kursor pada bagian layar yang ingin Anda screenshot. Kemudian, hasil rekaman layar akan langsung muncul pada halaman editor Snipping Tool.

Jika sudah, Anda bisa langsung menyimpan file tersebut di perangkat Anda dengan klik File kemudian pilih opsi Save.

Nah itu dia cara screenshot di laptop yang bisa Anda coba. Ada cara yang hanya mengandalkan tombol shortcut di keyboard, dan menginstal aplikasi tambahan.

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Tombol shortcut akan lebih praktis karena tidak perlu aplikasi tambahan. Sedangkan jika menggunakan aplikasi, Anda akan mendapat fitur editor seperti menambahkan teks, tanda panah, dan lain sebagainya.

Anda bisa mengunjungi halaman Social Media Marketer untuk membaca artikel seputar strategi pemasaran menggunakan media sosial.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.