CMS Website

CMS Website: Permudah Kelola Website Anda, Yuk!

Baca artikel kami untuk mengetahui pengertian CMS Website, manfaat, serta pengaplikasiannya.

Ketika ingin membuat sebuah situs web dan sejenisnya, tentu membutuhkan orang yang ahli. Selain itu, pengelolaannya juga memerlukan pengetahuan tertentu. Namun, dengan CMS Website menjadi solusi yang tepat. 

Sebab, dengan menggunakan CMS, Anda bisa membuat situs web sendiri dan mengelolanya.

Bahkan, dalam jumlah yang sangat besar sekalipun. Maka dari itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu mengenai pengertian dan manfaatnya.

CMS Website

Pengertian CMS Website

CMS Website atau singkatan dari Content Management System merupakan sebuah sistem atau perangkat lunak. Fungsinya untuk mengatur sistem pada situs web.

Baik itu berupa company, e-commerce, profile, forum, blog, dan lainnya. Bisa dikatakan, CMS Website ini sebagai pembuat situs instan.

Jadi, meskipun Anda tidak mengetahui bahasa pemrograman, tetap bisa menggunakannya. Bahkan, di dalamnya sudah tersedia template seperti halnya WordPress.

Biasanya, konten web tersimpan dalam basis data, kemudian dikelola oleh CMS. Namun, pengelolaan dengan ini membutuhkan pengetahuan command atau perintah tertentu.

Dengan demikian, tidak bisa semua orang menggunakannya. Dengan adanya CMS, hal itu bisa teratasi karena penggunaannya lebih mudah dan tidak memerlukan perintah tertentu.

CMS Website juga menyajikan data yang sama dengan user interface (UI) dengan bentuk visual. Selain itu, banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika memakai sistem ini.

benefit

Manfaat Utama CMS Website

Setelah mengetahui pengertiannya, Anda juga perlu mengetahui manfaat dari CMS Website. Berikut ini akan kami paparkan mengenai beberapa manfaat utamanya:

CMS Website Mempunyai Tampilan User-Friendly

CMS Website memiliki sifat ramah pengguna, sehingga siapa pun bisa menggunakannya. Jadi, tidak memandang kemampuan, apakah bisa bahasa pemograman atau tidak.

Biasanya, terdapat fitur What You See Is What You Get. Artinya, konten yang Anda lihat adalah konten yang dipublikasikan. Jadi, dengan tampilan visual dan intuitif memungkinkan siapa saja membuat dan mengelola web sendiri.

Dapat Berkolaborasi dengan Banyak User

Manfaat CMS Website lainnya adalah memiliki sifat kolaboratif. Jadi, Anda memungkinkan untuk bekerja sama dengan banyak pengguna dalam satu ruang penyimpanan.

Namun, dengan level akses tertentu, diantaranya seperti guest, author, editor, dan administrator. Jadi, jika hendak melakukan kolaborasi, Anda harus memperhatikan mengenai hal tersebut.

Pengelolaan Konten Menjadi Lebih Mudah

CMS bisa mengelola konten dengan jumlah besar dan lebih praktis. Dengan begitu, website raksasa dengan berbagai halaman dan toko bisa dikelola dengan baik dan mudah.

Pada umumnya, fitur di dalamnya berupa kategori, tag, pencarian, filter, dan pengurutan.

Jadi, dengan fitur-fitur tersebut, Anda bisa mengelola website dengan cepat. Selain itu, juga tidak perlu berurusan langsung dengan database.

Penambahan Fungsi Website Lebih Mudah

Anda dapat menambahkan fitur atau fungsi baru website dengan lebih mudah. Apalagi CMS Website sudah menyediakan fitur instalasi plugin dengan berbagai macam fungsi.

Bahkan, WordPress telah mempunyai 50 ribu lebih plugin gratis. Di dalamnya pun tersedia berbagai fungsionalitas. Mulai untuk meningkatkan on-page SEO sampai mengintegrasikan konten sosmed ke website.

Jadi, juga bisa dalam keadaan darurat atau terdesak. Dengan beberapa klik saja, sudah akan tampil halaman situs web. Kemudian, Anda tinggal memasukkan konten.

Efisiensi Bisnis Online Semakin Meningkat

CMS termasuk salah satu komponen penting untuk membuat pertumbuhan bisnis online semakin meningkat, khususnya di ranah digital dan content marketing.

Pada umumnya, UKM dan Startup hanya mempunyai dana yang tidak seberapa dan terbatas. Dengan begitu, bisa mengurangi gaji pembayaran pekerja teknis, web developer, dan sysAdmin.

Jadi, tidak masalah dengan biaya yang sedikit dan bisa membayar pengelola web Anda. Sebab, pengelolaan menggunakan CMS sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak pekerja.

Dapat Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Jika Anda menggunakan CMS Website, maka kode sumbernya bisa dibedah. Kemudian, disesuaikan dengan kebutuhan situs web.

Akan tetapi, sebelum mengubah kode source asli dari template, make sure sudah memiliki data backup dengan aman. Bisa juga dengan melakukan penyuntingan dengan data salinan saja.

Bagi yang terbiasa dengan pemrograman, tentu suka dengan fitur custom kode sumber. Sebab, sangat fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Memudahkan Proses Maintenance

Tidak menutup kemungkinan bahwa situs web akan mengalami perubahan besar-besaran. Perubahan tersebut akan sangat sulit dan beresiko. Apalagi jika harus mengubah ribuan data satu-persatu.

Namun dengan adanya CMS yang struktur, semua situs hampir sama dan fokus pada satu bagian saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pembaharuan satu-persatu.

Hal itu, karena CMS Website akan melakukannya secara otomatis. Selain itu, pembaharuan situs tidak akan menimbulkan kerusakan pada website yang Anda miliki.

Mengganti Desain Lebih Mudah

Manfaat lain menggunakan CMS adalah lebih mudah dalam mengganti tampilan situs web. Jadi, Anda tinggal mengunggah template yang sudah ada di lokal ke halaman admin. Bisa juga dengan mengunduh secara berbayar di internet.

Terkadang ada pula CMS yang sudah menyediakan berbagai template bawaan. Dengan begitu, Anda tinggal memilih untuk memakai yang mana, dan tidak perlu mencari lagi.

CMS Website dapat Mengoptimalkan SEO

Pengguna internet semakin banyak setiap harinya. Apalagi Indonesia sudah termasuk 5 besar negara dengan pengguna internet terbanyak.

Maka, tidak heran jika berbagai website berlomba-lomba mendapatkan halaman pertama. CMS bisa mengoptimalkan SEO dengan adanya plugin yang berjalan pada CMS khusus.

Jadi, jika berjalan dengan baik, maka akan memungkinkan konten Anda bisa berada di peringkat teratas.

macam

Macam-Macam CMS Website Terbaik

Jika Anda ingin menggunakan CMS Website, sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macamnya. Dengan begitu, akan tahu mengenai keterangannya dan berbagai keunggulan setiap jenisnya.

Jadi, Anda tidak akan kebingungan untuk memilih akan memakai yang mana. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam CMS terbaik yang perlu diketahui.

WordPress

WordPress merupakan sebuah aplikasi open source yang digunakan sebagai blog engine. Pengembangannya pertama kali terjadi pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Kemudian, perlahan-lahan menjadikannya sebagai CMS Website terbaik dan banyak yang menggunakan. Dengan WordPress, Anda bisa mengelola seluruh file, desain, dokumen, dan tampilan konten.

Fitur WordPress

Ada banyak fitur yang tersedia di dalam WordPress. Meskipun Anda menggunakan instalasi biasa. Jika ingin mengetahuinya, berikut penjelasan mengenai fitur-fitur tersebut:

Pengelolaan Artikel

Pengelolaan artikel, yaitu bisa mengelola apapun yang berkaitan dengan artikel. Mulai dari menuliskan, menghapus, atau membuat tag di masing-masing konten.

Users

Users, yaitu sebagai akses untuk mengubah kata sandi atau mengatur keamanan. Selain itu, juga bisa menambahkan tim sesuai peran atau tugas masing-masing.

Media

Media, yaitu untuk melihat dan mengelola semua konten Anda.

Menu Pages

Menu pages, yaitu untuk menambahkan halaman lain sama halnya dengan page home. Pada umumnya, fitur page dan post hampir sama.

Pengelolaan Tema

Pengelolaan tema, yaitu untuk mengatur atau menyesuaikan desain dengan situs web. Di dalamnya pun sudah tersedia banyak opsi. Misalnya ingin melakukan custom tema live atau mengatur langsung ke sumber kodenya.

Pengelolaan Komentar

Pengelolaan Komentar, yaitu untuk membuat pengaturan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan komentar. Baik itu menentukan komentar apa saja yang diperbolehkan, menyaring, atau menghapusnya.

Keunggulan WordPress

Selain fiturnya yang lengkap, Anda juga bisa merasakan berbagai keunggulan dari CMS WordPress. Apa saja keunggulannya tersebut? Silakan menyimak uraian berikut.

  • Open source, artinya bisa menggunakannya tanpa membayar.
  • Melakukan impor dari situs lainnya lebih mudah.
  • Bisa menyesuaikan template atau desain dengan mudah.
  • Punya keunggulan berupa multi kategori di dalam setiap artikel.
  • Terdapat banyak plugin tambahan dan template yang banyak, sehingga bisa mengunduhnya secara gratis.
  • Tersedia fasilitas format teks seperti halnya dengan program pengolah kata.
  • Fasilitas Pingback and Trackback.

Drupal

Penggunaan CMS Website ini memang tidak sebanyak pada WordPress, tetapi tetap memiliki penggemar tersendiri. Mungkin karena itu, keberadaannya masih bertahan hingga saat ini. Masalah keamanan, Drupal ini memiliki sistem yang cukup tinggi.

Jadi, jika ada masalah keamanan, maka akan ditampilkan di halaman situs ketika selesai diperbaiki. Oleh karena itu, jarang terdengar kabar bahwa pengguna Drupal teretas.

Bisa jadi karena penggunanya yang memang sedikit. Meskipun demikian, CMS ini memiliki berbagai keunggulan yang mumpuni.

Keunggulan Drupal

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan CMS Website ini dengan melihat berbagai keunggulannya. Dengan begitu, akan mengetahui, apakah sesuai dengan keinginan atau tidak. Berikut ini beberapa keunggulannya.

Penggunaannya Mudah

Anda bisa menggunakan Drupal dengan mudah dan bisa mengelola konten dengan baik. Dengan begitu, tidak sulit menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tampilan antar mukanya.

Memiliki Stabilitas Tinggi

Drupal 7 telah mengalami perbaikan dengan bantuan JavaScript dan optimasi CSS. Selain itu juga ada perbaikan pada cache. Jadi, situs web Anda akan terasa lebih cepat dan dapat mengelola user yang besar.

Open Source

Dengan keunggulan ini, Anda bisa menggunakan Drupal tanpa harus membayar. Apalagi ribuan orang pintar telah bekerjasama untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas Drupal. Baik dari segi modul, tema, dan distribusi.

Lebih Fleksibel

Dengan CMS Website gratis ini, Anda bisa menentukan struktur konten. Mulai dari menambahkan custom fields, komentar, pengguna, atau yang lainnya.

Selain itu, juga tersedia ratusan modul yang bisa dipakai untuk membuat web.

Joomla

Berasal dari kata Swahili “Jumla” yang memiliki arti kebersamaan. Joomla ini termasuk CMS yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan, penggunanya lebih banyak daripada Drupal.

Hampir sama dengan WordPress, yaitu memiliki berbagai plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. Selain itu, tersedia juga paket terpisah yang mudah dalam pengembangan dan pemodifikasiannya.

Joomla pada dasarnya memakai konsep dasar berupa “model – view – controller” dan ini banyak dipakai untuk mengembangkan sebuah sistem perangkat lunak.

Berikut keunggulan Joomla yang perlu kamu ketahui:

  • Memiliki ekstensi dan template yang dapat Anda pakai.
  • Bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, publikasi online, portal situs web untuk perusahaan, atau pemesanan online. Selain itu, juga bisa menggunakannya untuk situs web pribadi.
  • Pengembangan dalam fiturnya cukup mudah. Seperti untuk pengelolaan katalog produk, , data inventaris, pelaporan data, dan lainnya.
  • Prioritaskan untuk memperbaiki masalah keamanan yang telah masuk laporannya dengan teratur atau berkala. Dengan begitu, tentu keamanannya sudah bisa terjamin.
  • Ini merupakan salah satu open source CMS Website yang memiliki fitur powerfull untuk dipakai.
  • Penggunaannya dari seluruh dunia. Baik itu dalam simple website hingga ke aplikasi yang komplek.
  • Instalasi bisa secara online atau offline, yang dibutuhkan hanya server seperti WAMP.

Squarespace

CMS Website ini populer karena pembangunan situs drag-and-drop yang intuitif dan sederhana. Dengan begitu, akan memungkinkan untuk membangun antarmuka situs web estetika.

Selain itu, juga bertindak sebagai one-stop-shop. Artinya, telah menyediakan semua bahan website dalam satu tempat. Mulai dari nama domain, sertifikat SSL, hosting, ekstensi, dan lain sebagainya.

Squarespace memiliki fitur editor gaya untuk mengatur font, warna, atau lainnya. Ada pula fitur manipulasi gambar dasar, fungsinya untuk mengedit gambar dengan cepat.

Meskipun demikian, CMS ini kurang tepat jika Anda gunakan untuk meningkatkan upaya konten jangka panjang. Namun, tetap menjadi salah satu pilihan yang bagus dengan situs web kecil.

OpenCart

CMS Website ini merupakan e-commerce khusus untuk membuat toko online. Dengan fitur di dalamnya, Anda akan lebih mudah membuka bisnis online. Berikut beberapa fitur utama dalam OpenCart.

  • Fitur kategori dan produk tidak terbatas yang sangat berguna untuk menjual produk usaha.
  • Terdapat fitur yang memudahkan pengunjung dalam melakukan proses pembelian.
  • Ada template yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan cepat. Baik itu secara gratis maupun berbayar.
  • Lebih mudah dalam melakukan manajemen toko dengan fitur laporan penjualan, pajak, dan lainnya.

Moodle

CMS ini merupakan sebuah platform yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi e-learning. Fitur di dalamnya cukup lengkap, seperti forum, online test, dan lain sebagainya.

Untuk manajemen platformnya tergolong cukup rumit, sehingga memerlukan pemahaman teknis yang cukup. Berikut fitur utama yang ada dalam CMS Website ini:

  • Dasbor yang dipersonalisasi, yaitu terdiri dari berbagai informasi khusus. Misalnya seperti kalender kegiatan, pengumuman, dan daftar pengguna aktif yang online.
  • Fitur pelacakan kemajuan, fungsinya untuk mengawasi dan memberikan hasil evaluasi pada setiap proses.
  • Drag-and-drop file management, yaitu untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen file pada platform tersebut.
  • Integrasi Multimedia, tersedia dalam berbagai jenis format media yang mendukung. Dengan demikian, proses pembelajaran yang ada menjadi lebih fun tidak akan membosankan.

PrestaShop

Selain OpenCart, Anda juga bisa memilih CMS ini untuk membuka toko online dengan mudah. Platform ini juga termasuk e-commerce open source, berikut fitur utama dalam PrestaShop:

  • Dashboard yang intuitif, sehingga mudah digunakan oleh berbagai level.
  • Dapat mengaksesnya dengan mudah.
  • Tersedia analytics dan report lengkap.
  • Tersedia 50 lebih pilihan payment gateway.

Typo3

Skalabilitas merupakan poin utama dari CMS Website ini. Oleh karena itu, jika didedikasikan untuk level enterprise. Jadi, Anda bisa membuat intranet menggunakan CMS.

Pengguna yang cocok dalam platform ini adalah orang yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan web. Jadi, tidak tepat untuk penggunaan pada situs web kecil.

Typo3 memungkinkan untuk menjalankan bermacam-macam situs hanya dari satu instalasi. Jadi, Anda bisa lebih menghemat waktu. Berikut fitur utama yang ada dalam CMS ini.

  • Dapat mengelola website multibahasa.
  • Lebih mudah dalam mengelola berbagai situs.
  • Dapat melakukan pembagian tool dan data dari beberapa situs web.
  • Cocok untuk situs level enterprise.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuat website sebagai media pemasaran namun Anda belum mengetahui ilmu tersebut, maka bergabung di Sosial Media Marketer adalah pilihan yang tepat.

Kami telah menyediakan wadah belajar bagi Anda yang ingin belajar mengenai pemasaran media sosial. Dengan begitu, akan semakin memahami dan bisa mengelola situs web lebih baik.

Kami selalu memberikan panduan yang jelas, sehingga Anda dapat memahami dengan mudah dan cepat. Mulai dari bagaimana cara efisien dalam mengembangkan bisnis, dan lain sebagainya.

Selain itu juga melakukan update setiap hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan informasi yang monoton.

Cari tahu informasi lainnya tentang CMS Website maupun pengembangan bisnis hanya di website kami.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.