digital marketing agency untuk kembangkan bisnis

Digital Marketing Agency untuk Kembangkan Bisnis Anda

Anda pasti pernah melihat atau tahu sebuah brand atau produk melakukan promosi/kampanye didunia online. Dan juga anda pernah melihat ada perusahaan yang juga melakukan promosi/kampanye didunia online.

Awalnya mungkin Anda akan berpikir apa pentingnya menggunakan digital marketing agency? Apa kelebihannya jika dibandingkan dengan membangun tim sendiri?

Atau Anda sudah pernah mendengar sebelumnya mengenai jasa ini, namun belum benar-benar tahu bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang ditawarkan oleh digital marketing agency.

Berkembangnya teknologi tentu berpengaruh terhadap berbagai jenis industri di dalamnya. Terutama apabila Anda sedang membangun bisnis.

Anda mungkin menyadari munculnya beragam media yang dapat digunakan sebagai media mengembangkan bisnis Anda.

Sebagai contohnya, meningkatnya penggunaan media sosial dan media online lainnya sebagai tempat mempromosikan suatu produk. Strategi dalam mengembangkan bisnis pun butuh berkembang pula.

Begitu pula para pebisnis yang mulai meninggalkan cara konvensional dalam pemasaran. Selain dunia digital yang mulai berkembang, cara pemasaran konvensional dinilai tidak efisien.

Cara ini butuh lebih banyak biaya dan sumber daya manusia untuk menjalankannya. Mencetak bahan promosi, menyebarkan promosi, tentu butuh tenaga, waktu, dan biaya yang tidak sedikit.

Berkembangnya dunia digital akan menguntungkan pebisnis karena lebih relevan dan efisien dengan perkembangan zaman. Promosi Anda dapat sampai pada target pemasaran secara efektif.

Namun dalam menerapkan strategi promosi digital ini, dibutuhkan langkah yang tepat agar dapat dengan tepat pada sasaran. Butuh pengalaman dan strategi yang matang untuk melakukan promosi digital.

Oleh sebab itu, muncullah digital marketing agency atau agensi promosi digital untuk membantu para pebisnis, terutama yang baru memulai. Agensi ini akan mempermudah perusahaan dalam menjalankan promosi bisnis.

Lalu, sebenarnya apa sih digital marketing agency itu? Apa saja manfaatnya?

Kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda melalu artikel ini.

digital marketing agency

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum membahas tentang apa itu digital marketing agency, ada baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang digital marketing atau strategi pemasaran digital.

Strategi pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan media digital seperti internet, media sosial, website, dan sebagainya, untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

Digital marketing juga memiliki strategi yang berbeda untuk jenis usaha yang berbeda. Anda harus memilih strategi marketing digital yang tepat dan layak untuk bisnis Anda. Terdapat 4 strategi digital marketing yang harus Anda ketahui.

Strategi Digital Marketing

Interactive

Strategi digital marketing yang pertama adalah digital marketing interactive. Strategi ini memposisikan sebua produk atau brand menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen terhadap suatu permasalahan.

Interaksi antara produk atau brand dengan konsumen akan tercipta apabila produk tersebut menjadi solusi atas kebutuhan konsumen.

Misalkan, seseorang membutuhkan air mineral dengan tingkat pH tertentu. Kemudian perusahaan air mineral “A” membuat branding sebagai air minum dengan pH 8. Maka kemungkinan interaksi akan terjadi antara keduanya.

Incentive and Controlling Program

Strategi digital marketing yang kedua yaitu incentive dan controlling program. Strategi ini berfokus pada pengawasan. Program digital marketing yang telah dibuat, kemudian diawasi secara insentif dan dikontrol dengan berkala.

Setelah itu, dapat dilakukan evaluasi secara rutin agar program digital marketing yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

Creative Design

Selanjutnya adalah strategi digital marketing menggunakan creative design atau desain kreatif. Strategi ini dapat dikatakan sebagai yang paling terlihat efeknya.

Desain kreatif berkaitan dengan visual atau tampilan suatu produk atau brand. Hal ini lah yang menarik perhatian pertama kali bagi para konsumen. Oleh sebab itu butuh pertimbangan yang matang pada aspek ini.

Cost

Yang terakhir dalam strategi digital marketing yaitu cost atau pengeluaran. Aspek ini akan sangat berpengaruh karena paling dilihat oleh konsumen.

Dalam digital marketing, cost yang dikeluarkan justru lebih rendah apabila dibandingan dengan strategi pemasaran konvensional.

apa itu dig mark agency

Digital Marketing Agency

Setelah mengetahui tentang digital marketing dan beberapa strateginya, kini kita akan membahas tentang digital marketing agency.

Digital marketing agency adalah perusahaan atau sekumpulan perusahaan yang bertugas membantu berbagai bisnis untuk mengembangkan strategi pemasaran digital mereka.

Dalam strateginya, agensi tersebut memanfaatkan berbagai media digital seperti media sosial, website, aplikasi, search engine optimation (SEO), dan lain sebagainya.

Jadi, apabila marketing digital adalah jenis strategi pemasaran yang memanfaatkan media digital, maka marketing digital agency adalah pihak atau kelompok yang menjalankan strategi tersebut.

Saat ini, sudah banyak yang menawarkan jasa marketing digital untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Salah satu contohnya adalah Social Media Marketer yang berfokus pada strategi pemasaran menggunakan media sosial.

Cara Kerja Digital Marketing Agency

Dalam menerapkan strategi pemasaran digital, tentu agensi ini menggunakan cara-cara tertentu untuk mencapai target yang diminta oleh klien. Dalam hal ini, perhatian atau minat konsumen adalah yang paling penting.

Berikut beberapa cara kerja yang dilakukan digital marketing agency dalam mengelola pemasaran bisnis Anda.

seo

Search Engine Optimation (SEO)

Cara yang pertama yaitu dengan memanfaatkan search engine optimation atau SEO. Search engine atau mesin pencari adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam dunia digital.

Mesin pencari seperti pintu pertama konsumen dalam mengenal bisnis Anda. SEO akan membuat situs Anda mudah ditemukan oleh konsumen dengan berada pada hasil pencarian teratas di halaman depan.

Hal tersebut karena hampir 95% menggunakan hasil yang ada pada halaman pertama sebagai rujukan yang relevan pada pencarian mereka. Metode SEO menggunakan kata kunci sebagai salah satu caranya.

Kata kunci yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar sangatlah penting, karena metode ini bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

content

Content Marketing

Metode yang kedua yaitu content marketing. Konsep ini sudah cukup lama digunakan untuk membangun bisnis. Content marketin dibutuhkan untuk membangun branding dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

Publikasi konten berperan dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap produk, sehingga butuh perencanaan yang matang untuk menentukan konten yang sesuai dengan target audiens.

sosmed

Social Media Marketing (SMM)

Metode yang terakhir yaitu social media marketing. Metode ini berkaitan dengan SEO dan pembuatan konten. Bagi beberapa orang, media sosial mungkin hanya sebagai media komunikasi.

Namun, media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengembangkan bisnis. Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, hingga Whatsapp dapat digunakan untuk menjangkau konsumen.

Jaringan yang luas dengan pengguna yang banyak akan membuat peredaran informasi dapat tersebar dengan efektif. Selain itu, media sosial dapat menarget secara langsung ke konsumen secara interaktif.

Apabila dilakukan secara tepat, metode ini dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan secara langsung.

value

Alasan Menggunakan Digital Marketing Agency

Anda telah mengetahui apa itu digital marketing agency dan strategi marketing digital. Cara ini dinilai cukup efektif bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis di era digital seperti sekarang.

Mengapa begitu? Berikut beberapa alasan menggunakan digital marketing agency.

Bisa untuk Segala Jenis Bisnis

Tidak seperti strategi pemasaran konvensional, strategi marketing digital lebih fleksibel. Apapun jenis usaha Anda, digital marketing agency dapat melalukan strategi pemasaran yang tepat.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir, bisnis Anda dapat dikembangkan dengan baik melalui digital marketing agency

Memiliki Tim Profesional

Orang-orang yang bekerja dalam perusahaan digital marketing agency tentu sudah berpengalaman dan terbiasa dengan segala hal dalam dunia digital.

Strategi pemasaran bisnis Anda akan ditangani oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, sumber daya yang tersedia dalam agensi tersebut juga lengkap.

Mulai dari graphic designer, content writer, dan lain sebagainya ada dalam satu tempat. Selain itu, pengalaman yang dimiliki tim profesional akan berguna dalam memberikan konsep yang relevan bagi bisnis Anda.

Dengan menggunakan jasa digital marketing agency, Anda tidak hanya memiliki tim khusus mengolah media sosial, tetapi juga saran dari orang yang ahli dalam bidangnya.

Agensi juga mengikuti perkembangan dan tren yang sedang terjadi. Hal tersebut memungkinkan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan efektif.

Anda tidak perlu lagi memikirkan jenis konten apa, mulai dari mana, dan platform apa yang akan digunakan. Digital marketing agency sudah melakukannya untuk Anda.

Efektif

Salah satu media yang digunakan dalam digital marketing adalah media sosial. Social media marketing adalah sesuatu yang harus ditangani secara real-time, dan digital media agency akan membantu Anda dalam hal ini.

Agensi akan memastikan bisnis Anda memperoleh kesuksesan di media sosial. Hal tersebut penting karena media sosial merupakan salah satu cara konsumen berkomunikasi dengan brand.

Konsumen ingin sebuah brand terlihat aktif, selalu memperbarui, dan terlibat interaksi dengan mereka. Maka di sinilah peran digital marketing agency.

Selain menangani konsumen, agensi juga memeriksa berita terkait industri, meriset pasar, membangun engagement di media sosial, membuat jadwal dan perencanaan konten, dan mebuat strategi baru.

Dengan begitu, Anda memiliki orang-orang berkompeten dalam menangani strategi pemasaran Anda yang akan membuat branding untuk menjual produk atau jasa Anda.

Value Added

Agensi juga dapat melakukan riset pasar dan mengetahui persaingan di industri. Selain itu, agensi juga dapat mencari cara-cara baru dalam berinteraksi dengan konsumen.

Tidak hanya itu, digital marketing agency akan melakukan penelitian tentang target audiens untuk mempelajari perilaku, kecenderungan, dan minat agar strategi pemasaran yang diterapkan dapat bekerja dengan maksimal.

Tools dan teknik khusus juga akan digunakan untuk menganalisis dan memastikan strategi yang tepat digunakan untuk pemasaran bisnis Anda. Sehingga Anda juga akan mendapat perspektif dan ide baru berdasar sudut pandang konsumen.

Nah, kami sudah membahas tentang digital marketing agency dari hulu ke hilir secara lengkap. Jadi, digital marketing agency adalah tools yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Anda juga bisa mempelajari strategi digital marketing lainnya di laman kami.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.