cara mameilih social media agency

Pengertian Social Media Agency dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Sudah punya bisnis namun belum ada tim digital marketing yang tepat? Yuk kenalan dulu dengan jasa social media agency.

Perkembangan internet dan juga media digital yang cepat membuat social media saat ini digunakan oleh banyak orang, tak hanya generasi muda saja yang menggunakan namun banyak orang tua yang juga menggunakan social media untuk eksis di dunia maya.

Penggunaan berbagai social media terkenal seperti Facebook, Instagram, dan juga Twitter ini tidak hanya digunakan sebagai tempat bersosialisasi dengan ornag baru, namun lebih dari itu juga berguna untuk mempromosikan produk dan bisnis dan secara digital.

Hal ini dilakukan mengingat banyaknya pengguna social media aktif yang dapat membantu untuk memperluas jangkauan konsumen sehingga membantu produk yang dijual mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Sayangnya, banyak penjual yang belum memahami bagaimana memanfaatkan promosi social media dengan baik sehingga akun yang dikelola pun belum bisa mendapatkan pengikut atau konsumen yang diinginkan.

Padahal penggunaan social media yang maksimal bisa membantu untuk mendekatkan interaksi dengan konsumen lama dan baru sehingga menjadikannya pelanggan dan memiliki ikatan yang kuat dengan brand yang kita miliki.

Selain itu, konsumen yang belum puas akan layanan anda atau ingin memberikan apresiasi lebih juga bisa mengungkapkannya melalui fitur message akun social media perusahaan sehingga masalah pun diatasi lebih cepat.

Karenanya apabila hal ini berlangsung terus menerus tentu saja akan merugikan dari segi penjual karena produk yang dikembangkan belum bisa dikenali oleh leads di social media akibat promosi yang jalan di tempat.

Karenanya agar masalah ini tidak berlangsung terus menerus maka penjual sebaiknya mencari solusi dengan mencari jasa yang tepat untuk mengembangan dan juga menentukan strategi social media yang tepat.

Salah satu jasa yang bisa menyelesaikan masalah ini adalah social media agency, perusahaan yang bergerak di bidang digital marketingini berfokus dalam penyelesaian masalah konsumen di bidang promosi social media.

Dengan menggunakan jasa social media agency, penjual bisa mendapatkan berbagai manfaat yang dapat mendukung perkembangan promosi di dunia maya.

Beberapa keuntungannya adalah membantu mengembangkan brand awareness perushaan di social media, mengelola akun social media yang baru dibangun, serta membuat berbagai konten menarik sehingga konsumen tertarik untuk belanja produk anda.

Karenanya agar hasil promosi di social media semakin maksimal, berikut beberapa keuntungan menggunakan social media agency dan tips memilih social media agency yang tepat.

tugas social media agency

Tugas Social Media Agency

Guna membantu konsumennya untuk menaikkan produk melalui social media, sebuah social media agency sendiri diisi oleh banyak profoesional yang berpengalaman di bidangnya.

Tak hanya itu, sebuah social media agency yang telah melanglang buana hingga bertahun-tahun tentu saja memiliki solusi yang tepat untuk memecahkan berbagai masalah yang dialami konsumen.

Karenanya agar anda lebih paham mengenai layanan yang diberikan oleh social media agency, berikut beberapa tugas dari social media agency dan cara kerjanya.

Merancang Strategi Social Media Perusahaan

Setelah membuat akun bisnis di berbagai social media, kebanyakan penjual mungkin bingung untuk menentukan konten apa saja yang akan di posting serta strategi yang tepat agar pengikut di social media bisa meningkat tajam.

Agar anda tidak salah strategi ke depannya, menggunakan jasa social media agency bisa menjadi langkah awal yang bagus.

Tidak hanya membantu untuk merancang strategi social media yang tepat untuk anda namun anda juga bisa berdiskusi mengenai pengembangan akun yang anda buat ke depannya.

Dengan menggunakan jasa social media agency, pengguna bisa memilih jasa social media yang sesuai untuk akun jualannya sehingga bisa fokus ke satu platform sehingga bisa fokus promosi di satu tempat.

Tak hanya itu, dengan adanya social media agency akan membantu anda untuk membuat analisa pasar melalui engagement dan insight social media.

Sehingga anda bisa menentukan konten yang tepat sesuai dengan kesimpulan analisa yang dibarikan oleh social media agency.

Tidak hanya membantu untuk merancang konten yang tepat namun social media agency juga bisa memberikan rancangan strategi iklan sehingga bisa menjangkau konsumen yang tepat dengan budget yang diberikan.

Dengan adanya konten iklan yang menarik dan sesuai dengan target konsumen maka diharapkan konten iklan berbayar yang disebarkan bisa menjangkau lebih banyak leads yang membantu untuk meningkatkan penjualan.

Social media agency juga bisa mengatur budget iklan yang diberikan sehingga bisa bertahan untuk satu bulan penuh dengan target konsumen atau jangkauan produk sesuai dengan keinginan dan kesepakatan dengan klien.

Membangun Brand Awareness

Saat mengunjungi sebuah akun social media produk terkenal, hal apakah yang membuat anda tertarik mengunjunginya? Isi konten atau Instagram feednya yang rapih hingga menarik perhatian?

Sebuah akun social media perusahaan yang profesional tentunya sebaiknya memiliki persona sendiri yang bisa membedakannya dengan akun kompetitor lain.

Adanya persona ini juga bisa dijadikan ciri khas akun social media anda, baik dari segi warna feed atau konten yang diberikan.

Bagi penjual yang masih awam bisa saja bingung untuk menentukan persona akun social media yang digunaka serta style warna yang digunakan dalam kontannye.

Karenanya menggunakan jasa social media agency bisa berguna untuk membangun persona di awal bisnis anda sehingga penjual bisa mengetahui arah akun social media dibawa serta konten yang tepat untuk promosi.

Ditambah lagi dengan adanya profesional yang berpengalaman di social media agency juga bisa membantu anda untuk berdiskusi dan menentukan persona akun social media yang anda gunakan.

Mengelola Social Media Perusahaan

Banyaknya social media yang naik daun dan juga bermunculan saat ini, membuat banyak penjual juga ikut menggunakan akun social media tersebut dengan harapan bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Sayangnya beberapa social media tersebut terkadang tidak sesuai dengan jenis produk yang ditawarkan.

Contohnya adalah produk fashion yang lebih cocok di promosikan melalui Instagram dibandingkan social media lainnya.

Hal ini dikarenakan produk fashion lebih berfokus pada visual dan membutuhkan deskripsi lengkap mengenai produk yang dijual.

Berbagai fitur di Instagram seperti feed, reels, atau story. Tentu bisa membantu untuk mengenalkan produk anda dengan mudah ke konsumen yang tepat.

Karenanya saat menggunakan jasa social media agency akan membantu anda untuk memilih platfrom yang tepat dan potensial ke depannya.

Hal ini juga menguntungkan bagi anda karena bisa fokus ke satu akun social media sambil terus mengembangkan platfrom yang lain sebagai selingan.

Membuat Konten yang Menarik

Salah satu halangan dalam membuat konten di social media adalah kurangnya kemampuan dalam menegedit foto atau video, hal ini terkadang membuat penjual stuck dalam membuat berbagai unggahan di social media.

Karenanya agar social media anda tidak terbengkalai sia-sia maka anda bisa menggunakan jasa social media agency untuk mengerjakan konten yang menarik untuk social media yang dmiliki.

Tidak hanya itu, agar konten yang diunggah bisa semakin efektif dan mendatangkan pengikut baru serta menaikkan engagement akun social media maka jasa social media agency akan membantu untuk merancang strategi konten berupa waktu unggahan dan jenis konten yang sesuai.

keuntungan menggunakan social media agency

Keuntungan Menggunakan Social Media Agency

Followers tak kunjung meningkat? Konten tidak menarik pengunjung? Atau iklan berbayar yang dipasang tidak efektif?  Tenang saja, semua masalah ini bisa diatasi dengan hadinya social media agency.

Sebagai perusahaan yang memberikan berbagai solusi terhadap masalah promosi digital anda, tentunya menggunakan social media agency memberikan keuntungan lebih yang cocok untuk anda.

Sehingga bagi perusahaan atau usaha yang baru memulai bisa menentukan straegi promosi digital marketing yang tepat di social media.

Karenanya berikut beberapa keuntungan dari menggunakan jasa social media agency

Merancang Branding Social Media yang Kuat

Sebagai sebuah usaha yang baru menetas tentunya sebuah brand memerlukan persona yang bisa ditampilkan di hadapan konsumennya.  Adanya persona ini bisa membantu konsumen untuk mengetahui ciri khas produk yang dipasarkan.

Tak hanya itu, adanya persona ini juga membantu agar konsumen bisa langsung mengingat produk kita hanya dengan mendengar satu kata yang berkaitan.

Contohnya adalah saat kita menyebut botol air kemasan, tentunya sebagian besar orang akan mengingat brand aqua.

Hal ini tentu saja kita harapkan di produk kita sehingga konsumen bisa mengingat nama dan mengenali produk kita dengan mudah. Hadirnya social media agency ini membantu untuk merancang persona produk kita di social media.

Sehingga saat kontrak dengan social media agency sudah selesai anda bisa menggunakan persona tersebut untuk brand awareness produk anda.

Tidak hanya itu, apabila anda menginginkan kerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk anda maka social media agency bisa memilih orang yang tepat dan sesuai dengan produk anda.

Sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membayar influencer tersebut tidak sia-sia dan produk bisa di promosikan dengan baik.

Memiliki Personil yang Kuat dan Berpengalaman

Berbagai brand besar yang sudah menguasai pasar tentunya memiliki tim marketing yang tidak hanya bekerja untuk promosi ke luar namun juga melalui digital marketing.

Karenanya agar usaha yang anda miliki bisa di promosikan dengan baik maka memerlukan tim digital marketing yang solid dan berpengalaman di bidangnya.

Sayangnya modal awal untuk membangun tim digital marketing yang kuat pun butuh biaya besar dan membutukan waktu yang lama untuk menghasilkan keuntungan yang diinginkan.

Karenanya agar produk anda bisa di promosikan lebih cepat denga keuntungan maksimal maka jasa social media agency bisa digunakan untuk langkah awal promosi anda.

Hal ini dikarenakan social media agency memiliki pengalaman yang di bidang digital marketing dan diiringi dengan tim yang solid dan profesional di bidangnya sehingga tidak akan membuat anda ragu akan hasilnya.

Tak hanya itu, anda juga bisa belajar dari jasa social media agency sebelum membangun tim digital marketing sendiri.

Laporan Bulanan Engagement Social Media

Berbagai konten yang telah diunggah di berbagai social media yang dimiliki seta engagment yang meningkat setiap bulannya tentunya harus dilaporkan kepada konsumen untuk mengetahui hasil kerja social media agency.

Beberapa hal yang biasanya dilaporkan oleh social media agency kepada konsumennya adalah perilaku audience seperti berapa banyak engagement yang di dapatkan dari konten yang diunggah serta konten mana yang berhasil menarik pengikut lebih banyak.

Hasil dari laporan tersbeut juga bisa berguna untuk berbagai hal seperti bahan diskusi untuk pengembangan promosi ke depannya, salah satunya adalah kolaborasi dengan influencers serta pemilihan brand ambassador yang tepat.

Menghemat Waktu

Sibuk dengan pengembangan produk terkadang membuat penjual lupa untuk melakukan promosi yang rutin di social media.

Padahal apabila promosi tidak berjalan maka akan merugikan bagi anda karena nama usaha tidak dikenal oleh konsumen atau leads yang potensial.

Karenanya agar anda bisa melalukan promosi dan juga melakukan pengembangan produk di waktu yang bersamaan, penjual bisa menggunakan jasa social media untuk mengembangkan promosi produk anda di social media.

Tak hanya itu, apabila amda memiliki berbagai akun social media yang dikelola yang secara aktif maka bisa menggunakan jasa social media agency untuk mengelola platform social media yang dimiliki sehingga tidak terbengkalai.

Bersaing dengan Kompetitor

Banyaknya kompetitor bisnis yang menjual produk yang sama terkadang membuat banyak penjual khawatir mengenai persaingan yang ada.

Karenanya agar anda bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor dan juga menjadikan bisnis anda menjadi acuan di bidangnya maka jasa social media agency bisa diandalkan.

Jasa social media agency tentu saja telah memiliki pengalaman dalam berurusan dalam lingkungan persaingan yang kompetitif.

Hal ini menjadikan social media agency memiliki stratgei yang tepat agar produk yang dipegang bisa semakin berkembang dengan ciri khasnya sendiri meskipun produk yang dimiliki sama dengan kompetitor lain yang sudah berdiri bertahun-tahun lamanya.

Tak hanya itu, social media agency juga membantu untuk mengembangkan kelebihan bisnis anda sehingga bisa bisa bersaing dengan kompetitor lain meskipun memiliki target konsumen yang serupa.

Social media bisnis yang sudah semakin terkenal juga akan membuat engagement meningkat sehingga membuat konsumen yang pensaran akan produk anda berkomentar untuk menanyakan variasi produk dan juga harganya.

Sayangnya kesibukan dalam mengembangkan produk terkadang membuat beberapa penjual lupa untuk merespon berbagai komentar atau pesan dari konsumen yang masuk ke dalam kolom komentar atau messanger social media anda.

Karenanya agar anda tidak kehilangan leads potensial maka anda bisa menggunakan jasa social media agency untuk membantu dalam merespon berbagai komentar dan pesan yang masuk agar bisa diarahkan untuk membeli produk anda.

Tidak Ketinggalan Tren Terbaru

Tingginya angka pengguna social media yang terus bertambah setiap tahunnya membuat berbagai platfrom terus berinovasi dengan fitur terbaru yang memanjakan konsumen.

Salah satunya adalah Instagram yang terus memunculkan berbagau fitur baru seperti Instagram Feed, story, reels, atau maps.

Berbagai layanan ini tentu sangat disayangkan apabila dilewatkan oleh penjual karena dapat membantu untuk menaikkan penjualan dan menjating konsumen.

Sayangnya beberapa pelaku usaha terkadang menghadapi berbagai kesulitan dalam membuat berbagai konten yang ada.

Hal ini bisa jadi karena kurangnya update pada layanan baru tersebut atau kurangnya kesiapan dalam membuat berbagai konten yang ada.

Karenanya agar anda tidak ketinggalan berbagai fitur terbaru di social media, maka anda bisa menggunakan jasa social media agency untuk mengelola akun social media yang dimiliki sehingga akun anda bisa menggunakan berbagai layanan dengan makdimal.

Tak hanya itu, dengan adanya tim yang profesional juga akan membantu dalam mempersiapkan inovasi social media yang cocok untuk akun anda sehingga anda tidak ketinggalan tren selanjutnya bahkan menjadi pelopor di bidangnya.

Sehingga anda tidak ketinggalan denga kompetitor lainnya.

cara memilih social media agency yang tepat

Cara Memilih Social Media Agency yang Tepat

Banyaknya social media agency yang beredar saat ini tentunya membuat anda bingung untuk memilih agensi yang tepat untuk membantu masalah yang anda hadapi.

Ditambah lagi, social media agency tentunya memiliki fokus solusi yang berbeda bergantung dari pasar dan juga rate harga yang diberikan.

Karenanya agar anda bisa memilih social media agency yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki, berikut beberapa strategi memilihnya yang tepat.

Ketahui Kebutuhan Promosi Anda

Sebelum anda memilih social media agency yang diinginkan tentunya anda harus memahami terlebih dahulu kebutuhan promosi anda, apakah akan digunakan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen atau membangun brand awareness anda.

Hal ini dilakukan karena setiap social media agency memiliki visi misi bahkan tujuan sendiri yang bisa saja berbeda dengan keinginan anda.

Karenanya agar anda bisa menemukan social media agency yang tepat maka penting bagi anda untuk melakukan stalking social media atau website yang dimiliki untuk mengetahui visi misi yang dmiliki.

Anda juga bisa mengecek dari klien yang dimiliki, apabila social media agency tersebut banyak mengelola akun social media bisnis yang relevan dengan produk anda maka hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan yang bagus.

Ketahui Website dan Social Media yang Dimiliki

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek website social media agency yang dimiliki.

Apabila website yang dikelola sudah profesional dan juga memiliki berbagai konten yang menarik tentu saja akun social media anda akan dikembangkan dengan lebih profesional.

Anda juga bisa melihat visi misi dan juga cara kerja perusahaan tersebut sehingga apabila sesuai dengan bisnis dan tujuan anda maka bisa menggunakan jasa social media agency tersebut.

Tak hanya itu, saat mengunjungi website social media agency yang akan dipilih anda bisa mempelajari profile perusahaannya sehingga bisa mengetahui sejak kapan perusahaan tersebut berdiri dan juga klien yang telah dimliki.

Apabila anda melihat klien tersebut sudah sukses di bidangnya maka bisa menjadi jaminan bahwa akun social media bisnis anda akan semakin maju apabila dikelola oleh social media agency tersebut.

Perhatikan Pencapaian yang Telah Diraih

Banyaknya social media agency yang berkembang diluar sana terkadang membuat anda bingung untuk memilih perusahaan yang tepat untuk membantu mengembangkan social media anda sehingga dapat menjaring konsumen yang sesuai.

Sebuah social media agency yang telah memiliki nama biasanya memiliki berbagai klien yang telah dibantu untuk mengembangkan bisnisnya sehingga produk yang dimiliki bisa lebih terkenal.

Penjual juga sebaiknya mencari tahu fokus dari social media agency yang dimiliki, apakah fokus di bidang digital marketing atau iklan berbayar social media.

Karenanya anda sebaiknya memilih social media agency yang sesuai dengan tujuan pengembangan social media anda agar hasilnya penjualan bisa lebih maksimal.

Cari Tahu Strategi dan Metode yang Digunakan

Setiap social media agency tentunya memiliki strategi dan juga metode yang berbeda dalam mengembangkan klien yang dipegang,

Karenanya agar saat kontrak berlangsung anda tidak menyesal dalam pelayanan yang diberikan adna bisa mencari tahu dulu strategi dan metode yang digunakan social media agency yang dipilih.

Caranya adalah anda bisa melakukan pembicaraan dua arah terlebih dahulu agar mengetahui cara kerja dan strategi yang digunakan, apabila sudah sesuai dengan keinginan anda maka bisa dilanjutkan dengan pembayaran kontrak.

Jangan lupa juga untuk selalu aktif berkonsultasi dan diskusi dengan agen yang mengurus social media anda sehingga tujuan promosi anda bisa sejalan dengan keinginan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.