facebook live

Facebook Sembunyikan Jumlah Likes Hingga Rombak Desain.

Pada Akhir tahun 2020 lalu, ada berita tentang Facebook sembunyikan jumlah likes. Waduh ini juga akan menjadi problem buat kita ya? Iya yang semula kita nyaman dengan melihat angka likes yang tertera di Facebook namun akan segera di sembunyikan oleh Facebook.

Facebook Sembunyikan Jumlah Likes
Source: Unsplash.com

Rencana ini juga pernah akan di terapkan di Instagram.  Namun rencana itu akhirnya direalisasikan Facebook setelah merombak desain mereka di Halaman Facebook (Facebook Pages).

Desain baru yang akan di luncurkan akan di gadang lebih sederhana dengan tujuan agar bisa memudahkan pengguna untuk melakukan navigasi.

Facebook Sembunyikan Jumlah Likes
Source: Google.com

Nah.. dari pembaharuan tersebut, total jumlah likes yang dimiliki sebuah Page.

Di pembaruan tersebut, total jumlah likes yang dimiliki sebuah Page tidak terpampang, melainkan hanya ada total jumlah follower (pengikut) dan akun yang diikuti (following) saja.

Salah satu mengapa penghapusan jumlah like di Facebook Page karena ada kesalahpahaman dalam menafsirkan halaman populer yang dihitung berdasarkan jumlah like, bukan follower.

Dengan hilangnya jumlah like, satu-satunya paramater popularitas sebuah Halaman Facebook hanya jumlah pengikut saja.

Facebook sembunyikan jumlah Like kareana sering menjadi sarang misinformasi

“Tidak seperti like, follower di Halaman menunjuukan siapa saja yang menerima informasi baru dari Pages, yang menjadi indikasi buat bagi para tokoh publik tentang basis penggemar mereka,” tulis Facebook dalam blog resminya.

Tidak cuma menghilangkan jumlah like di Pages saja, Facebook juga menambah beberapa fitur lain, Seperti membagikan foto atau video yang akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam, seperti Facebook Stories, dan ada juga fitur baru yang memungkinkan admin menjadi host tanya-jawab di Halaman mereka.

Selain itu, Facebook juga akan menyediakan News Feed khusus untuk menyarankan tokoth publik, Pages, grup, dan konten yang sedang trending, yang mungkin diminati oleh Pages atau tokoh publik.

Facebook Pages juga menjadi sarang misinformasi, spam, hoaks dan konten berbahaya lainnya. Namun saat ini mereka semakin lebih baik dalam memberantas konten-konten negatif, akun palsu dan phising, tetapi tidak menjabarkan sejauh apa tingkat keberhasilannya.

Selain itu Facebook juga akan memprioritaskan komentar dari akun-akun yang terverifikasi ditandai dengan centang biru, agar lebih mudah terlihat oleh pengguna.

Pihak Facebook juga mengatakan, perubahan desain di Halaman Facebook akan mulai bergulir ke seluruh Facebook Pages beberapa bulan kedepan.

Jadi bagaimana? Apakah anda setuju dengan kebijakan Facebook saat ini ?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *