google analytics untuk tingkatkan

Google Analytics untuk Tingkatkan Performa Bisnis Anda

Ketahui pengunjung statistik website Anda dengan Google Analytics. Cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel di bawah ini.

Jika Anda seseorang yang berkutat di dunia digital. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan, untuk melakukan analisis web adalah Google Analytics.

Kegiatan analisis web (web analytics) merupakan hal wajib yang harus dikuasai oleh setiap pengelola web, untuk mengetahui informasi statistik perkembangan web.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui apa itu analisis web, dan bagaimana cara kerjanya.

google analytics untuk tingkatkan

Analisis Web dengan Google Analytics

Analisis web merupakan suatu aktivitas untuk mengetahui pola online/offline, dan tren dalam suatu web. Teknik ini sangat penting dalam setiap kegiatan pengelolaan web, karena dapat digunakan untuk mengumpulkan, mengukur, dan menganalisis data dalam situs web.

Melakukan analisis web, juga dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan perkembangan web, melalui data-data yang didapatkan.

Artinya, hasil analisis web tersebut, akan menjadi bahan evaluasi pengelola web,  untuk mengetahui dimana letak kesalahan mereka, dan aspek apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Alasan lain pentingnya melakukan analisis web adalah, karena dapat memungkinkan Anda untuk melihat, dan menilai tingkat keberhasilan situs web yang Anda kelola.

Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam analisis web antara lain:

  1. Membantu menilai terkait konten web, sehingga akan tahu aspek mana yang harus diperbaiki.
  2. Dapat memantau arus lalu lintas (traffic), dan pengguna web.
  3. Membangun perspektif yang jelas dari kecenderungan website.
  4. Mengetahui kata kunci potensial.
  5. Menunjukkan tujuan akuisisi.
  6. Mengetahui sumber rujukan.
  7. Mengidentifikasi segmen.

Setelah mengetahui apa itu analisis web dan cara kerjanya. Selanjutnya, Anda perlu tahu Google Analytics dan keuntungan menggunakannya.

2

Pengertian Google Analytics

Google Analytics merupakan layanan analitik freemium dari Google, yang dapat menampilkan statistik pengunjung, dan lalu lintas suatu web dengan lengkap dan rinci. Tool ini, sudah digunakan oleh lebih dari 60 persen pengguna, dari jumlah total pemilik web di dunia.

Disebut freemium, karena Google Analytics memiliki dua layanan alat analitik secara gratis (free), maupun yang berbayar (premium). Untuk yang versi premiumnya, dikenal dengan nama Google Analytics 360.

Biasanya, tool ini digunakan oleh situs-situs besar yang memiliki jumlah pengunjung besar, trafik yang sibuk, atau situs web yang mempunyai fungsi kritikal, dan memiliki aktivitas transaksi.

Contohnya adalah situs industri e-commerce, layanan pembelian tiket (hotel, airline, travel), bisnis online, dan lain sebagainya.

Perbedaan Layanan Google Analytics Free dan Premium

Ada beberapa perbedaan antara Google Analytics versi gratis, dengan versi berbayar, baik dari segi fitur, batasan, dan layanan-layanan lainnya.

Adapun perbedaan-perbedaan tersebut antara lain :

Layanan Integrasi Platform

Salah satu perbedaan yang paling mendasar dari analisis web versi gratis, dan berbayar, adalah terletak di layanan integrasi platformnya.

Untuk Google Analytics versi gratis, jenis platform yang diintegrasikan yakni:

  • Google Ads
  • Adsense
  • Google Search Console (dahulu bernama Webmaster Tools)

Sementara untuk Google Analytics 360, dapat memberikan layanan integrasi yang lebih lengkap. Jenis-jenis platform tersebut terdiri dari:

  • Google Ads
  • Adsense
  • Google Search Console
  • Display & Video 360
  • Ad Manager
  • Campaign Manager
  • Search Ads 360
  • Salesforce
  • Google BigQuery
  • Advanced Analytics
  • Advanced Attribution Modeling
  • Advanced Funnel Reporting
  • Cross Property Report

Layanan Lainnya

Jika dibandingkan dengan layanan premium, Google Analytics free tentu memiliki beberapa keterbatasan.

Adapun perbedaan layanan yang lainnya versi gratis, dapat Anda ketahui sebagai berikut: :

  • 200 views per properti baik dalam website maupun aplikasi
  • 20 pengaturan dimensi dan metrik per properti
  • Refresh data tanpa tahu rentang waktunya
  • Jumlah data terbatas
  • Tidak menyediakan contoh laporan
  • Tidak menyediakan akses ke raw data
  • Hanya melayani bantuan dari help center online dan forum komunitas biasa

Sementara untuk Google Analytics 360, layanan lainnya memberikan :

  • 400 views per properti
  • 200 pengaturan dimensi, dan metrik per properti
  • Refresh data dilakukan setiap 4 jam, atau bahkan lebih cepat
  • Jumlah data tak terbatas (unlimited)
  • Menyediakan contoh laporan
  • Menyediakan akses ke raw data
  • Melayani bantuan khusus yang diberikan langsung oleh Google, dan global partner network
3

Hal yang Anda Dapatkan dari Google Analytics

Melalui layanan analisis web, Anda akan mendapatkan banyak jenis data yang diperlukan, untuk kepentingan perkembangan situs atau bisnis. Mulai dari data jumlah pengunjung, hingga informasi performa situs web.

Berikut ini, adalah beberapa informasi dan metrik penting yang akan Anda dapatkan, jika menggunakan layanan Google Analytics:

Metrik Pengunjung Situs Web

Informasi yang akan Anda dapatkan di Google Analytics, mengenai pengunjung yang mengakses situs web Anda antara lain:

  • Jumlah pengunjung situs web Anda.
  • Jenis perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses situs web Anda baik Desktop, tablet, atau ponsel.
  • Tipe ponsel yang mereka pakai untuk membuka web.
  • Layanan provider internet yang pengunjung pakai.
  • Lokasi, atau negara asal pengunjung web Anda.
  • Demografi pengunjung berupa informasi seputar usia, dan jenis kelamin.
  • Jenis browser yang mereka gunakan untuk mengakses situs web Anda.
  • Pengaturan bahasa yang pengunjung gunakan, saat mengakses web Anda.
  • Ketertarikan (interest) yang diminati oleh pengunjung situs Anda.
  • Perbandingan jumlah pengunjung baru (new visitor), dengan jumlah pengunjung lama yang kembali (returning visitor), yang mengakses web Anda.

Informasi Website yang Membuat Pengunjung Datang ke Situs Web Anda

Mengenai analisis web, Anda akan mengetahui informasi seputar jenis platform, atau media apa saja, yang membuat pengunjung datang ke website Anda, antara lain sebagai berikut:

  • Jumlah pengunjung yang mencari alamat situs web Anda di mesin pencarian, kemudian masuk ke website Anda  (direct).
  • Situs web apa yang paling banyak mendatangkan traffic ke website Anda.
  • Platform social media, yang paling banyak mendatangkan traffic ke situs web Anda.
  • Kata kunci apa saja, yang dapat membawa pengunjung masuk ke website Anda (baik dari iklan berbayar maupun dari pencarian organik).
  • Performa digital campaign atau paid ads.

Informasi Seputar Halaman Website Anda

Dari Google Analytics, Anda akan mendapat informasi seputar halaman situs web milik Anda sebagai berikut:

  • Halaman mana saja yang paling lama diakses, dan yang paling cepat ditinggalkan oleh pengunjung (uptime atau durasi halaman website tersebut dilihat oleh pengunjung).
  • Unggahan atau halaman yang paling sering dikunjungi.
  • Efektifitas situs web Anda, ditinjau dari sisi desain web, konten, navigasi, dan lain sebagainya.
  • Kecepatan waktu yang diperlukan, untuk membuka halaman website Anda, (Load time atau durasi loading  situs web sampai halaman selesai dimuat).

Metrik Tentang Aksi Pengunjung selama Berada di Website Anda

Adapun informasi yang bisa Anda dapatkan di Google Analytics mengenai aksi pengunjung web Anda antara lain:

  • Lama waktu yang pengunjung habiskan, saat stay di website Anda (Session atau rekaman kunjungan dari pengunjung dalam periode waktu tertentu).
  • Jumlah halaman yang pengunjung akses, di situs web Anda.
  • Perilaku pengunjung terhadap goal situs web Anda.
  • Jumlah pengunjung yang melakukan pengunduhan data (download), mengisi form online, menonton tayangan video embed, atau yang meng-klik tombol maupun sematan link.
  • Jumlah konversi yang dihasilkan.
  • Kata kunci yang pengunjung cari di situs web Anda.
  • Seberapa sering pengunjung tersebut datang lagi ke website Anda.
  • Berapa lama pengunjung tersebut kembali ke website Anda sejak kunjungan pertamanya.

Kurang lebih, Anda akan mengetahui berbagai informasi di atas, dari penggunaan tool Google Analytics.

Dari kumpulan informasi tersebut, Anda harus bisa menentukan jenis data (insight) apa saja yang dapat Anda analisis, untuk bisa membuat performa situs, atau bisnis Anda jadi lebih meningkat dan berkembang.

5

Panduan Google Analytics Sederhana untuk Pemula

Setiap orang tentu memerlukan waktu, dan usaha kontinu agar bisa mahir memanfaatkan analisis web. Untuk kalangan pemula, Anda tak perlu khawatir karena kami, akan membagikan sedikit panduan dasar penggunaan Google Analytics.

Namun sebelum itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan analisis web, yakni dengan menambahkannya ke situs web Anda.

Caranya, kunjungi url anaytics.google.com lalu login melalui akun Google Anda. Google Analytics akan menghimpun kumpulan informasi dari situs web Anda, dengan menggunakan tracking code.

Anda dapat menemukan pengaturan tracking code, dengan cara klik Admin yang terletak di bagian pojok kiri bawah, kemudian klik Property > Tracking Info > Tracking Code. Setelah memasukkan kode, Google Analytics baru bisa menerima informasi yang akan dianalisis.

Dalam alat analitik ini, Anda akan dapat melihat beberapa jenis laporan yang terdapat di halaman Home, Realtime, Audience, Acquisition, Behaviour, dan Conversion.

Google Analytics Home

Halaman pertama yang akan Anda temui saat mengakses Google Analytics, adalah Home. Di halaman tersebut, Anda akan menjumpai dua matrik data yakni jumlah pengunjung, dan jumlah pengguna aktif.

Di bagian data pengunjung, menampilkan beberapa jenis informasi seperti session, bounce rate, dan durasi sesi yang dapat Anda lihat secara realtime.

Di bagian metrik yang kedua, biasanya menampilkan informasi seputar jumlah pengguna aktif, pengguna berdasarkan negara, halaman teratas, dan lain-lain.

Realtime

Di dalam menu Realtime > Overview, Anda akan disuguhkan oleh beragam jenis informasi situs web secara langsung, atau realtime. Halaman ini dapat membantu pengelola, untuk mengukur performa campaign marketing.

Pada halaman Realtime, Anda dapat mengakses submenu, yang tersedia di bagian bawah menu Realtime. Sub-sub menu tersebut antara lain, Locations, Traffic Sources, Content, Events, dan Conversions.

Audience

Di halaman Google Analytics ini, Anda akan diberikan informasi seputar demografi audiens. Menu Audience, umumnya berisikan insight yang sangat lengkap dan akurat, jika dibandingkan dengan menu-menu lainnya.

Untuk melihat tampilan Audience secara sederhana, biasanya sudah langsung bisa Anda ketahui dari submenu Overview. Jika Anda ingin mengetahui informasi audiens secara lebih spesifik, seperti informasi demografi.

Anda dapat meng-klik submenu Demographics, untuk melihat usia, dan jenis kelaminnya. Dan jika Anda ingin melihat lokasi pengunjung, Anda dapat meng-klik submenu Geo > Location.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu informasi audiens secara spesifik, dari submenu lain seperti:

  • Interest, untuk mengetahui ketertarikan pengunjung baik dari segi topik konten, produk, maupun keduanya
  • Behavior, untuk melihat tingkah laku pengunjung situs web
  • Technology
  • Mobile
  • Cross Device

Acquisition

Halaman Google Analytics ini, dapat memudahkan Anda untuk mengetahui dari mana pengunjung web Anda mendapatkan akses sumber. Sumber trafik dalam akuisisi ini, terbagi ke dalam 8 kategori, yakni sebagai berikut :

  • Organic, yaitu jumlah pengunjung yang mendapatkan akses dari mesin pencarian.
  • Social, yaitu jumlah pengunjung yang mengakses halaman Anda melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain).
  • Referral, yaitu jika pengunjung mengakses link website Anda dari website lain.
  • Direct, yaitu pengunjung yang langsung mengetikkan link website Anda dalam mesin pencari.
  • Paid Search, pengunjung yang mengakses situs web Anda melalui iklan berbayar.
  • Email, jika pengunjung mengakses tautan menuju situs Anda melalui email blast.
  • Display, pengunjung mendapatkan akses dari display ad network.
  • Affiliate, pengunjung situs Anda mendapatkan akses dari affiliate marketing.

Dari sini, Anda jadi tahu bahwa data acquisition di atas, dapat memungkinkan Anda untuk memilih platform mana yang paling banyak trafiknya. Hal ini tentu sangat baik, untuk membuat Anda fokus menjalankan promosi di satu platform tersebut.

Dan apabila Anda sedang beriklan dengan Google Ads, maka data-datanya dapat Anda lihat langsung, dalam halaman Acquisition ini.

Behavior

Halaman Behavior dalam analisis web ini, dapat membantu Anda untuk melihat bagaimana performa konten pada situs web. Dalam halaman ini, Anda akan berjumpa dengan beberapa informasi seperti :

  • Pageview, untuk mengetahui berapa kali halaman tersebut dilihat oleh pengunjung,
  • Unique, jumlah halaman yang telah dikunjungi oleh pengunjung berbeda.
  • Average Time on Page, untuk mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung, selama berada di halaman tertentu
  • Bounce Rate, persentase pengunjung yang keluar, atau meninggalkan website setelah satu halaman saja.
  • Opsi Site Content, untuk melihat report dari Landing Page.
  • Site Speed, untuk mengetahui kecepatan website saat diakses oleh pengunjung

Conversion

Opsi Conversion dalam analisis web ini, dapat membantu pengelola web, untuk mengetahui data konversi pengunjung, sesuai dengan tujuan dari konversi bisnis yang Anda terapkan.

Tujuan tersebut bisa beragam, tergantung email subscription, download ebook, pembelian item, dan masih banyak lagi. Informasi yang akan Anda lihat umumnya meliputi, total pendapatan, jumlah transaksi, hingga conversion rate.

Berikut ini, adalah beberapa penjelasan tentang analisis web yang bisa Anda pahami, jika hendak menaikkan performa, atau mengembangkan bisnis online berbasis web.

Melalui berbagai data dan insight dari Google Analytics, Anda dapat menyusun berbagai strategi, sebagai upaya untuk meraih goals bisnis yang ingin diraih.

Upaya lain yang bisa Anda tempuh untuk meraih goals tersebut, adalah dengan memperkuat strategi digital marketing di berbagai media bisnis. Salah satu caranya adalah dengan bergabung komunitas belajar kondusif, progresif, dan aktif.

Kami menyediakan wadah bagi Anda, yang tertarik untuk mempelajari social media marketing (pemasaran media sosial).

Jika Anda masih kesulitan dalam menjalankan strategi pemasaran media sosial dengan baik, tempat kami juga siap membantu Anda untuk mengurus semua aspek social media marketing dengan profesional.

Lebih lengkapnya langsung saja kunjungi www.socialmediamarketer.id

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.