Kenali Apa Itu GiveAway dan Tips Mendapatkan Sponsor

Kenali Apa Itu GiveAway dan Tips Mendapatkan Sponsor

Anda pasti tidak asing dengan istilah GiveAway, bukan? Tren ini memicu pertanyaan terkait hakikat dan jenis-jenis event tersebut. Ini infonya!

Ajang promosi GiveAway menjadi salah satu strategi marketing yang sangat terkenal, pada beberapa tahun terakhir ini. Hal ini bisa menjadi senjata yang ampuh untuk memasarkan produk setiap pengusaha, untuk memberikan strategi marketing yang baik.

Secara sederhana, GiveAway atau GA diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan oleh pemilik produk atau brand, dengan cara membagikan produknya kepada para pelanggan melalui berbagai macam persyaratan.

giveaway desc

Pengertian GiveAway Secara Mendalam

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, event ini merupakan kegiatan untuk membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Dengan diadakannya ajang ini, diharapkan semua peserta dapat mengikuti GiveAway sesuai dengan syarat yang berlaku. Baik itu dari meramaikan suatu postingan hingga membuat tantangan tertentu. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan ini sudah berkembang menjadi syarat sebagai ajang dalam mempromosikan suatu produk. Namun, saat ini sudah ada beberapa macam GA yang harus Anda ketahui.

self GA

Macam-Macam GiveAway

Ada beberapa macam GiveAway yang bisa Anda ketahui, yaitu :

GA Self

Jenis GA yang dilakukan secara perorangan, bukan atas nama perusahaan disebut dengan GA self. Walaupun dilakukan perorangan, GA self ini dapat dilakukan oleh orang-orang yang menjalankan bisnis dan sudah mempunyai pasar tertentu. 

Bahkan, terkadang self GA biasanya dilakukan oleh para artis untuk memberikan apresiasi terhadap fans-nya. 

Apabila saat ini Anda sedang menjalankan bisnis tertentu, self GA ini bisa menjadi cara yang untuk menarik pasar.  Anda bisa memberikan beberapa barang yang dijual sebagai hadiah.

sponsor GA

GA Sponsor

GA sponsor merupakan jenis GA yang dapat Anda coba, jika Anda ingin mengadakan event yang tidak mau terlalu heboh. GiveAway sponsored menjadi salah satu event GA yang dilakukan oleh pihak ketiga. 

Hal ini dikarenakan, GA ini dilakukan oleh pembawa acara yang menjadi pihak ketiga dan seluruh rangkaian event GA pun diatur oleh pembawa acara tersebut. 

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya dengan membayar jasa pihak ketiga atau pembawa acara tersebut.

Biasanya GiveAway sponsor dilakukan sekaligus dengan berbagai macam brand lain, sehingga event tersebut bisa terlaksana dengan baik dan lebih heboh. Hal ini disebabkan oleh banyaknya brand yang sudah berkontribusi. 

Dengan adanya GA sponsor, acara ini cocok untuk meningkatkan brand awareness dan engagement produk. Bagi Anda yang mempunyai bisnis online shop bisa memperoleh penjualan yang jauh lebih banyak.

engagement

5 Alasan Melaksanakan Event GA

Setelah Anda memahami pengertian dari GA dan beberapa jenisnya. Anda juga harus mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan strategi marketing yang satu ini. Berikut ini beberapa alasan yang harus Anda ketahui, yaitu :

GiveAway Bisa Menaikkan Leads

Jumlah leads yang meningkat menjadi salah satu manfaat yang bisa dilihat dari adanya event GA. Leads sendiri bisa diartikan sebagai calon konsumen yang potensial. 

Contohnya saja, dalam membuat share info produk bisa menjadi salah satu persyaratan untuk mengikuti GA. Hal ini dilakukan, agar banyak orang yang lebih tertarik mengikuti GA dengan cara membagikan info tentang produk Anda di akun media sosial. 

Secara otomatis, pastinya followers di media sosial juga akan melihat dan semakin banyak engagement-nya. Selain itu, kesempatan untuk para follower membeli produk yang ditawarkan pun semakin banyak.

GiveAway Bisa Meningkatkan Engagement

Pengadaan event GA juga bisa meningkatkan engagement terhadap audiens, selain untuk meningkatkan leads.

Engagement sendiri biasanya diartikan sebagai hubungan, interaksi, atau komunikasi yang terjadi antara brand dan produk terhadap konsumennya. Engagement menjadi salah satu hal yang sangat krusial apabila Anda ingin membangun komunitas pelanggan yang setia.

Selain itu, akan membuat produk yang Anda miliki lebih cepat berkembang dan semakin banyak peminatnya.  

GiveAway Dapat Menaikkan Brand Awareness

Pengadaan event GA yang sejalan untuk meningkatkannya leads, ternyata juga bisa meningkatkan brand awareness. Secara otomatis, nantinya brand atau produk akan dikenalkan oleh masyarakat yang lebih luas, dengan cara membagikan info tentang produk atau brand Anda. 

mouth to mouth

Ajang Promosi Mouth to Mouth

Pada era teknologi yang semakin berkembang saat ini, Anda bisa membuat ajang promosi mouth to mouth atau “mulut ke mulut” yang siap bekerja untuk menjalankan GA. 

Bahkan, studi sudah menyebutkan bahwa ada 90 persen orang lebih percaya, untuk mencoba atau membeli sesuatu atas rekomendasi orang-orang terdekat dan testimoni dari pelanggan lainnya yang tentunya belum dikenal. 

Produk atau brand Anda dapat dibicarakan, pada saat Anda mengadakan event GA. Nantinya, orang yang masih baru mengenal brand atau produk akan bertanya dengan orang yang sudah menggunakannya. 

Hal inilah yang akan dijadikan sebagai ajang promosi untuk mengenal produk Anda lebih jauh dan menjadi cara yang sangat efektif.  

Biaya Promosi Lebih Hemat

Apabila Anda ingin mengadakan event GA, Anda harus bisa merelakan beberapa barang atau merelakan tabungan bisnis untuk diberikan secara cuma-cuma untuk orang lain.

Sekilas, hal ini memang bisa membuat Anda mengalami kerugian. Apalagi jika Anda menggali dan menguliknya lebih dalam, pasti pengadaan event GiveAway justru bisa membawa keuntungan untuk Anda.  

Bahkan, anggaran yang Anda keluarkan sebenarnya tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan menerapkan berbagai strategi marketing lainnya. Untuk itu, coba Anda hitung-hitung terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan nilai hadiah yang nantinya akan diberikan, apabila Anda ingin melaksanakan event GA. Bahkan, jenis hadiah yang nantinya Anda berikan pun bisa dibuat lebih spesifik pasarnya.

Anda juga bisa melakukan GiveAway sepatu pria supaya audiensnya menjadi lebih spesifik, apalagi Anda menjual berbagai macam sepatu. Hal ini harus diperjelas, agar semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan calon pelanggan yang potensial. Sehingga audiens audiens yang ditargetkan juga lebih spesifik.

Sebagai pemilik bisnis, Anda memang harus mengetahui arti dari GA tersebut. Walaupun memang GiveAway ini sebenarnya tidak terlalu menguntung bisnis. Namun, bisa dijadikan sebagai ajang promosi yang baik.

Untuk itu, Anda harus bisa lebih teliti dan hati-hati dalam merencanakan seluruh keuangan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami yang namanya kerugian. 

Apabila Anda sedang menjalankan bisnis seperti online shop, pastinya nanti mengalami kesulitan di masalah pergudangan dan pengiriman barang.

Untuk menyelesaikan masalah-masalah ini, ada jasa yang senang hati membantu Anda. Jadi Anda tidak perlu pusing lagi soal urusan gudang dengan bantuan Social Media Marketer. 

Baik itu dalam hal pengiriman barang, penyimpanan stok barang dan pengemasan. Social Media Marketer menjadi salah satu solusi untuk Anda yang ingin mengatur strategi marketing.

picking prize

Inilah 5 Tips Membuat GiveAway yang Menarik!

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat GiveAway yang menarik, simak yuk!

Menentukan Tujuan GA

Dengan menentukan tujuan, Anda berarti sudah melewati langkah awal yang harus Anda lakukan dalam membuat suatu GA yang menarik. Misalnya saja, untuk meningkatkan penjualan produk atau ingin lebih dekat dengan setiap pelanggan dan meningkatkan followers.

Memilih Hadiah GA yang Cocok

Selanjutnya, Anda harus mencoba untuk memilih hadiah GA yang sesuai dengan tujuan audiens dan GA-nya. Misalnya saja, apabila Anda ingin meningkatkan leads, Anda harus membagikan hadiah dari produk sendiri.

Apabila peserta GA banyak, hal ini berarti produk yang Anda miliki harus lebih banyak juga. Sehingga nantinya, Anda bisa lebih mudah mendapatkan leads. 

Selain itu, Anda juga akan memberikan kesempatan untuk semua peserta lainnya yang ingin menggunakan produk Anda dari hadiah GA tersebut.

Menentukan Persyaratan GA

Jika persyaratan GA sedikit dan hadiahnya banyak, maka potensi meningkatkan peserta juga akan semakin banyak. Namun, hal ini harus sesuai dengan tujuan diadakannya GA.

Untuk itu, Anda harus bisa meminta setiap peserta untuk melakukan yang namanya like, komen, mention, atau follow teman-temannya. Syarat ini harus sesuai dengan tujuan engagement, karena bisa memotivasi interaksi pada setiap peserta yang ada di akun media sosial milik Anda. 

hashtag

Harus Menggunakan Hashtag

Hashtag sangat berguna untuk memberikan kategori terhadap sebuah konten. Jadi nantinya, bisa memudahkan seluruh audiens untuk menemukan postingan atau produk Anda. Selain itu, dengan adanya hashtag Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kampanye promo atau menunjukkan brand yang sedang dijalankan.

Oleh karena itu, Anda harus mengusahakan selalu menggunakan hastag untuk semua event GA Anda. Khususnya, apabila tujuan Anda untuk meningkatkan nilai engagement. Menurut penelitian yang sudah dilakukan Simply Measured, hashtag bisa meningkatkan engagement pada suatu postingan sampai 12,6%.

Mengumumkan Pemenang GA

Selanjutnya, Anda harus mengumumkan siapa saja pemenang dari GA tersebut, pada akhir acara GA. Pada saat memulai GA, idealnya Anda harus membuat platform pengumuman terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan pada informasi diatas. 

Namun, untuk suatu bisnis perusahaan, informasi pemenang GA harus diinformasikan melalui website resmi. Hal ini bertujuan, untuk bisa menghindari adanya upaya penipuan dari pihak lain. 

Selain itu, Anda bisa membuat pengumuman yang resmi dengan cara menggunakan brand supaya bisa lebih terpercaya. Selanjutnya, Anda juga langsung menyatakan pemenang dengan segera.  Kemudian, Anda juga harus membuat suatu postingan khusus untuk mengucapkan terimakasih kepada peserta terkait dengan keikutsertaan audiens.

value

Tips Untuk Mendapatkan Sponsor GiveAway

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan sponsor GA, diantaranya yaitu :

GiveAway Harus Mempunyai Nilai Jual

Perusahaan atau blog yang mengadakan GA harus sudah dikenal oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan agar GA yang dilaksanakan, bisa memiliki nilai jual yang akan menarik hati para peserta yang ditargetkan.

Selain itu, peluang sponsor untuk memberikan bantuan dana pun akan lebih besar, jika semakin banyak peserta yang ikut berpartisipasi dalam GA tersebut.

Buatlah Proposal Kerjasama dengan Sponsor

Pertama, persiapkan terlebih dahulu proposal kerjasama dengan sponsor untuk dikirimkan kepada pihak sponsor. Semakin bagus proposal yang diajukan maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk mendapatkan sponsor. 

Hal ini disebabkan, karena sponsor merupakan bahn penilaian layak atau tidaknya perusahaan untuk mendapatkan bantuan sponsor. 

Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu

Langkah pertama, Anda harus memperkenal identitas secara lengkap dan benar. Identitas pribadi ini bisa dicantumkan pada halaman depan blog dengan memberikan inisial profil, about, mengenai saya dan yang lainnya. 

Sponsor juga membutuhkan pemahaman dan pandangan yang baik terhadap Anda, agar bisa memberikan sumbangan dana untuk GA yang diselenggarakan. Selain itu, Anda bisa memberikan informasi yang menarik dan jelas serta selalu menjaga kredibilitas Anda didepan pihak sponsor.

Pilihlah Sponsor Sesuai dengan Hadiah yang Diharapkan

Anda harus mendefinisikan produk GA kepada pihak sponsor agar mereka bisa memberikan hadiah GA yang sesuai dengan tema GA yang diselenggarakan. 

Contohnya, mencari sponsor yang bergerak di bidang penyedia peralatan masak apabila GA yang diselenggarakan perusahaan pesertanya ibu-ibu.

Berikan Alasan yang Logis dan Jelas

Anda bisa mengungkapkan alasan secara logis, jelas dan objektif, kenapa Anda memilih pihak sponsor untuk memberikan sumbangan kepada perusahaan dalam pengadaan hadiah GA. Jangan sampai Anda menggunakan alasan yang mengandung rayuan gombal dan tidak objektif. 

Beri juga alasan dalam konsep argumentatif dan persuasif untuk menjaga poin penting dalam mengajukan penawaran kerjasama dengan sponsor.

Berikanlah Tawaran yang menarik

Anda harus memiliki pemahaman yang benar untuk mencari sponsor. Pikirkanlah terlebih dahulu keuntungan apa saja yang bisa Anda berikan kepada pihak sponsor, jangan sampai Anda berpikir mendapatkan keuntungan dari sponsor saja. 

Apabila sponsor setuju untuk bekerja sama dengan Anda, maka Anda bisa langsung memberikan tawaran yang menarik dan juga menguntungkan. 

Berikanlah Klasifikasi Sponsor

Anda bisa memberikan klasifikasi sponsor yang hendak menjalin kerjasama dengan Anda, pada proposal yang nantinya diajukan kepada pihak sponsor. Biasanya klasifikasi sponsor ini didasarkan pada jumlah kontribusi dana yang diberikan. 

Jadi nantinya, Anda akan memberikan balasan atau insentif kepada pihak sponsor berdasarkan dengan klasifikasinya.

Memberikan Penawaran Sponsor Kepada Pembaca

Jika Anda memiliki blog, berikanlah penawaran sponsor GA kepada pembaca . Dengan adanya langkah ini, Anda lebih bisa berinteraksi dengan para pembaca dan memperoleh kemungkinan untuk mendapatkan tambahan bantuan keuangan. Anda juga bisa memberikan insentif khusus kepada pembaca yang berminat menjadi donatur.

Memberikan Laporan Pertanggungjawaban

Anda wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada pihak sponsor, untuk mengkonfirmasi penggunaan dana yang sesuai dengan kesepakatan, apabila GA sudah selesai diselenggarakan. 

Pemberian laporan pertanggungjawaban ini bisa meningkatkan integrasi Anda sebagai pihak yang dipercaya dan tentunya berkompeten dalam melakukan sebuah kerja sama.

LPJ

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa GA merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. 

Macam-macam dari GiveAway terbagi menjadi dua, yakni GA Self dan GA Sponsored.

Manfaat dari adanya event GA ini adalah untuk meningkatkan engagement, meningkatkan leds, ajang promosi dari mulut ke mulut, menghemat budget dan meningkatkan brand awareness. 

Namun, apabila Anda ingin mengadakan event GA maka harus bisa membuat catatan keuangan dengan baik karena hal ini berguna untuk membuat perencanaan budget keuangan lebih rapi. Selain itu, bisa membuat strategi pemasaran bisa berjalan dengan lebih baik dan lancar. 

Untuk Anda yang ingin membuat catatan keuangan yang baik bisa menggunakan jasa Social Media Marketer. Melalui jasa kami, Anda bisa langsung mengontrol stok barang, mengatur biaya promosi, memantau laporan keuangan. Sehingga bisnis Anda bisa lebih real time dan mudah.

Social Media Marketer merupakan salah satu agensi pemasaran online. Kami selalu siap membantu para klien untuk mengembangkan bisnisnya. Jika Anda berminat menggunakan jasa kami untuk program GiveAway bisa langsung kunjungi halaman penawaran kami.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.