pexels markus spiske 3806753

Ide Konten Promosi Sosial Media, Bikin Jualan Cepat Laku

Bingung mau promosi di sosial media? Beberapa ide konten sosial media berikut akan membantu postingan anda bisa dilirik oleh konsumen.

Sosial media kini telah menjadi denyut nadi bagi marketer online yang melakukan promosi di dunia maya.

Dengan pilihan akun sosial media yang beragam, anda bisa memilih platform yang sesuai dengan target konsumen yang diinginkan.

Namun, melakukan promosi di dunia maya, tidak hanya mengunggah berbagai konten begitu saja kemudian melepaskannya, sambil berharap target konsumen melirik postingan yang telah anda unggah.

Diperlukan juga strategi yang tepat agar konten promosi di sosial media dapat memikat hati konsumen, sehingga timbul rasa penasaran untuk membeli barang yang anda jual.

Karenananya, berikut beberapa ide konten promosi yang bisa anda kembangkan untuk mempromosikan produk dan layanan yang kamu jual di sosial media.

keuntungan menggunakan konten promosi

Keuntungan Menggunakan Konten Promosi di Sosial Media

Perubahan kebiasaan konsumen yang disertai dengan pengaruh teknologi yang semakin cepat, menjadikan sosial media menjadi pilihan dalam mencari produk dengan mudah dan cepat.

Cukup dengan handphone di tangan, kita sudah bisa menemukan berbagai barang keinginan, sekaligus berbelanja tanpa perlu ke luar rumah.

Di sisi lain, kemudahan tersebut juga membuat banyak brand  berlomba-lomba untuk membuat akun sosial media untuk akun bisnis guna mempromosikan produknya, dengan harapan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dengan konten promosi yang sesuai.

Tidak hanya itu, konten promosi juga memiliki keuntungan lain untuk pemasaran di internet.

Menaikkan Brand Awareness ke Target Konsumen

Pengguna sosial media yang banyak, mulai dari akun pribadi hingga akun bisnis, menjadikan anda juga harus bersaing dengan brand kompetitor atau bisnis lain yang bersebrangan.

Di samping itu, setiap detiknya sebuah konten selalu diunggah oleh pengguna sosial media, mulai dari foto di instagram feed atau story, serta video pendek di instagram reels.

Banyaknya konten tersebut, akhirnya membuat anda harus membuat akun sosial media yang dimiliki lebih unggul, agar dilirik oleh target konsumen yang diinginkan.

Maka dari itu, kamu bisa menggunakan konten promosi yang sesuai untuk membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk yang anda jual dengan variasi konten yang menarik.

Hal ini juga akan membantu dalam menarik konsumen baru yang belum mengenal brand anda, namun membutuhkan produk yang dijual.

Meningkatkan Optimasi Kata Kunci di Internet

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengguna internet telah memiliki kebiasaan baru, yakni mencari barang incaran melalui sosial media menggunakan kata kunci tertentu.

Penggunaan kata kunci yang sesuai, juga akan membantu konsumen menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Di sisi lain, bagi konsumen yang pernah membeli produk anda sebelumnya, penggunaan kata kunci akan mempermudah mereka dalam menemukan akun marketplace atau sosial media bisnis untuk membeli kembali atau mengikuti perkembangan terbaru dari brand yang anda kembangkan.

Sehingga dengan rajin mengunggah konten promosi di sosial media, juga akan membantu dalam meningkatkan kinerja SEO terhadap sosial media atau website yang anda miliki, disaat konsumen mencari nama produk anda di internet.

Konten Promosi Untuk Investasi Jangka Panjang

Saat mencari informasi di internet atau sosial media, biasanya anda akan menemukan konten atau berita yang telah terjadi bertahun-tahun lamanya.

Hal ini dikarenakan data internet yang akan terus terjaga dalam waktu yang lama, meskipun informasi tersebut telah usang atau jarang dicari oleh orang lain.

Cara kerja internet tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh marketer untuk membuat konten promosi yang berguna untuk investasi jangka panjang.

Tidak hanya itu, konten promosi juga akan relevan, apabila anda juga menambahkan bumbu-bumbu edukasi atau hiburan yang membuat postingan anda tidak lekang oleh waktu.

Sehingga, anda juga bisa membuat konten promosi menjadi recycled content yang dapat dipakai untuk kebutuhan lain, di masa yang akan datang.

pexels liza summer 6347920

Ide Konten Promosi di Instagram dan Facebook

Instagram dan Facebook yang kini telah tergabung dalam perusahaan Meta, adalah salah satu akun media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Dengan berbagai fitur yang diberikan menjadi alasan bagi pengguna sosial media untuk melakukan ekspresi diri dengan mengunggah konten atau sekedar menghabiskan waktu untuk melihat berbagai konten yang disajikan.

Banyaknya pengguna aktif di Instagram dan Facebook, juga menjadi faktor utama bagi marketer untuk mempromosikan brand atau produknya dengan akun Instagram Bisnis atau Facebook Bisnis.

Selain memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan tentunya harus di dukung dengan ide konten promosi yang menarik dan unik, sehingga membuat pengguna sosial media tertarik  menggunakan facebook atau instagram untuk mengikuti atau mencari tahu tentang produk anda.

Berikut beberapa ide konten promosi di Instagram dan Facebook.

Konten Katalog Produk

Salah satu ide konten promosi yang biasa ditemukan di Instagram atau Facebook adalah konten katalog produk.

Melalui ide konten satu ini, anda bisa menampilkan berbagai produk yang anda jual di Instagram dan Facebook secara efektif.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi konsumen untuk melihat-lihat produk dan layanan yang ditawarkan, sebelum akhirnya membeli barang yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Di sisi lain, Instagram sendiri juga menawarkan fitur About, dimana anda bisa mengunggah berbagai postingan khusus pada kolom yang berbeda, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat produk yang anda tawarkan.

photo1659924004

Fitur About ini juga telah digunakan oleh berbagai akun instagram business, salah satunya adalah akun Lozyhijab, yang mengelompokkan berbagai konten khusus di kolom About, sehingga memudahkan konsumen dalam mencari postingan yang diinginkan.

Hal ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai konten katalog produk, dengan begitu anda tidak perlu membuat landing page khusus untuk memuat berbagai barang yang anda jual.

Keberadaan kolom ini, juga memudahkan konsumen dalam melihat produk-produk yang ditawarkan saat pertama kali mengunjungi akun instagram anda.

Video Reels

Konten video pendek kini menjadi salah satu postingan yang digemari oleh pengguna internet.

Melalui video dengan durasi yang singkat, penonton bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai suatu produk atau layanan dengan cepat dan mudah dipahami.

Ketenaran inilah yang akhirnya membuat platform sosial media berlomba-lomba membuat fitur video pendek, salah satunya adalah instagram dengan reels.

Melalui fitur satu ini, kreator bisa membuat atau mengunggah konten dalam bentuk video pendek menjadi lebih menarik untuk ditonton dengan penggunaan berbagai fitur backsound lagu yang membuat postingan anda lebih menyenangkan.

Ditambah lagi, instagram reels juga menampilkan konten berdasarkan aktivitas anda sehari-hari di instagram, sehingga konten yang anda lihat biasanya sesuai dengan minat yang anda sukai.

Kelebihan instagram reels ini, juga bisa kreator manfaatkan untuk membuat konten video pendek di reels guna menjangkau konsumen yang lebih luas dan memiliki minat yang sama dengan anda.

Beberapa ide konten promosi yang bisa anda kembangkan di instagram reels adalah :

– Konten challenge, dimana anda membuat postingan dari video yang tengah viral di instagram

– Konten promosi produk dengan menampilkan berbagai foto produk di video pendek.

– Konten edukasi yang mengajari konsumen cara penggunaan produk secara maksimal, atau tutorial menyelesaikan masalah melalui barang yang anda jual.

– Kamu juga bisa membuat konten hiburan yang mengajak konsumen tertawa atau terhibur melihat konten menarik yang anda unggah.

Dalam membuat konten reels, jangan lupa juga untuk menambahkan caption untuk memudahkan penonton dalam memahami isi konten yang telah anda unggah.

Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan audiens untuk memperluas jangkauan konten reels anda/

Brand Hashtag Challenge

Penggunaan hashtag menjadi salah satu fitur yang banyak digunakan oleh berbagai platform sosial media.

Kehadiran hashtag ini membantu konsumen dalam mencari produk, konten, atau layanan tertentu menggunakan tagar tertentu sehingga dapat menemukan postingan yang diinginkan.

Di sisi lain, penggunaan hashtag sendiri juga menguntungkan bagi marketer untuk mengelompokkan postingan tertentu atau mempromosikan produk yang baru saja dirilis.

Salah satunya adalah mengeluarkan brand hashtag khusus yang berisi ulasan konsumen sebelumnya, sehingga memudahkan pengguna instagram untuk melihat testimoni mengenai brand yang anda miliki.

Penggunaan brand hashtag juga membantu anda dalam mempromosikan produk yang baru saja dirilis, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat varian baru yang anda miliki.

Tidak hanya itu, penggunaan brand hashtag juga bisa anda manfaatkan saat mengadakan sesi giveaway, dimana peserta dapat menggunakan tagar tersebut dalam mengunggah konten tertentu.

Pemakaian brand hashtag challenge juga menguntungkan bagi marketer untuk memilih konten terbaik dari peserta saat melakukan penilaian konten.

Kolaborasi dengan Influencers

Meskipun Instagram dan Facebook memiliki pengguna yang banyak, namun beberapa pengguna pastinya memiliki pengikut yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan akun Instagram atau Facebook tertentu memiliki daya tarik sendiri, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti akun tersebut.

Biasanya, akun sosial media yang memiliki banyak pengikut berasal dari kalangan artis atau seniman yang memiliki karya seni yang dikagumi oleh banyak oranng.

Tidak hanya itu, Instagram atau Facebook juga memiliki beberapa influencers yang berasal dari kalangan orang biasa, namun konsisten mengunggah konten yang sesuai minat, hingga akhinya disukai oleh banyak orang.

Keberadaan influencers yang memiliki minat yang relevan serta pengikut yang banyak juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis, yakni dengan melakukan kolaborasi promosi produk.

Melalui kolaborasi ini, anda bisa meminta influencer tersebut untuk mempromosikan produk anda melalui unggah konten di akun instagram mereka.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak mereka untuk melakukan kolaborasi konten promosi dengan postingan khusus yang bisa anda unggah di akun instagram anda atau sebagai media promosi melalui iklan berbayar.

Promosi Iklan Berbayar

Saat pertama kali mengunggah konten instagram, tentunya anda tidak bisa berharap untuk langsung mendapatkan atensi dari pengguna instagram secara instan.

Dibutuhkan waktu yang lama serta strategi yang tepat agar postingan anda menjangkau audiens yang lebih luas serta konsumen yang sesuai.

Di sisi lain, waktu yang tidak sebentar akan merugikan bagi pelaku usaha yang menginginkan untuk mendapatkan keuntungan lebih dari melakukan promosi di Instagram dan Facebook.

Karenanya, melakukan promosi melalui iklan berbayar juga bisa digunakan untuk memperluas jangkauan konten instagram anda ke sasaran konsumen yang tepat.

Penggunaan iklan berbayar ini juga bisa dilakukan melalui berbagai cara, seperti konten foto di instagram story atau feed, serta video pendek di instagram reels.

Melalui pilihan yang beragam tersebut, akan membantu anda memilih iklan yang keren dan sesuai dengan keinginan.

Meskipun begitu, sebelum memilih saluran konten instagram yang tepat, maka anda bisa memerhatikan kebiasaan konsumen yang anda miliki.

Salah satunya adalah apakah mereka lebih sering membuka instagram untuk melihat konten reels atau story?

Selain itu, anda juga sebaiknya menghitung durasi penayangan iklan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dengan memilih konten yang sesuai serta target konsumen, maka akan membantu anda dalam merancang strategi pembuatan konten iklan.

pexels tatiana syrikova 3975582

Ide Konten Promosi di Tiktok

Tiktok telah menjadi fenomena di kalangan pengguna internet. Platform satu ini menjadi lebin terkenal di tahun 2020 berkat variasi konten video pendek yang disajikan.

Tidak hanya itu, melalui tambahan fitur dalam mengedit konten atau interaksi dengan audience menjadikan tiktok menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi produk di kalangan konsumen di usia muda.

Penggunaan tiktok sebagai platform promosi juga dianggap menguntungkan sebab sebanyak 64% konsumen lebih berminat melakukan pembelian setelah menonton video promosi secara online.

Namun, penggunaan tiktok sebagai media promosi online juga perlu di dukung dengan ide konten promosi yang sesuai.

Berikut beberapa ide konten promosi yang bisa digunakan di Tiktok :

Launching Produk

Jenis konten tiktokpertama yang bisa anda gunakan untuk promosi adalah postingan launching produk.

Melalui konten promosi ini, anda akan memberitahukan kepada konsumen anda mengenai produk baru yang akan diluncurkan di waktu dekat.

Anda bisa mengunggah teaser produk yang dapat membuat konsumen penasaran dan menunggu-nunggu waktu peluncuran barang tersebut.

Content creator juga bisa menambahkan lagu yang sesuai agar tampilan konten promosi tersebut bisa lebih keren dan menarik perhatian.

Semakin banyak orang yang jatuh cinta pada konten promosi launching produk, maka akan membuka kesempatan untuk memperluas jangkauan konten tiktok anda ke pengguna lainnya.

Anda juga bisa menggunakan konten promosi yang tidak sekedar menampilakan produk terbaru anda, namun menceritakan masalah yang biasa dihadapi oleh sebagian besar konsumen, dan solusi dari masalah tersebut.

Lalu, anda bisa menampilkan produk yang akan dirilis sebagai jawaban dari masalah-masalah tersebut.

Hal ini tidak hanya membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk yang anda jual namun menemukan benefit tambahan yang menjadi alasan untuk menunggu perilisan produk tersebut.

Dengan cara tersebut, konsumen akan lebih membutuhkan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Guna mengingatkan konsumen pada perilisan produk di tanggal tertentu, maka anda bisa menggunakan fitur reminder, untuk meningatkan konsumen anda mengenai tanggal peluncuran produk.

Konten Storytelling

Tahukah anda, alih-alih mendengan penjelasan yang panjang lebar mengenai manfaat dan kandungan produk, sebanyak 80% konsumen lebih menyukai mendengarkan cerita.

Konten story telling yang biasanya menceritakan suatu masalah kemudian tahap penyelesaiannya, menjadikan konsumen lebih mudah memahami kelebihan produk, dibandingkan membaca manfaat produk yang terlalu panjang.

Penggunaan konten storytelling ini juga kerap kali digunakan oleh kreator tiktok dalam mempromosikan produk yang dimiliki atau kolaborasi dengan brand.

@soniabasill

Untung anaknya lewat 😰

♬ original sound – Turn waste into wealth

Salah satunya yang dilakukan oleh kreator tiktok@soniabasill

Untung anaknya lewat 😰

♬ original sound – Turn waste into wealth ” target=”_blank” data-type=”URL” data-id=”
@soniabasill

Untung anaknya lewat 😰

♬ original sound – Turn waste into wealth
” rel=”noreferrer noopener”> @soniabasil yang menceritakan proses pembuatan kue yang dijalani serta diselipkan juga berbagai masalah yang dihadapi saat menjalani permintaan konsumen.

Saat mendengarkan konten tiktok tersebut sambil mengamati masalah yang disajikan, konsumen nantinya akan fokus pada produk yang dijual, hingga akhirnya tertarik untuk mencoba barang jualan yang ditawarkan.

Video Tutorial

Saat membuka aplikais tiktok, anda tidak hanya menemukan berbagai video pendek yang berisi komedi atau hiburan tertentu.

Namun, anda juga bisa menemukan berbagai video tutorial mengenai suatu hal atau penggunaan produk tertentu, sehingga memudahkan anda dalam menggunakan produk tertentu.

Penggunaan video tutorial, tidak hanya bisa digunakan sebagai konten edukasi, namun juga bisa dipakai untuk konten promosi produk.

Hal ini dilakukan dengan mengenalkan produk serta cara penggunaan produk dengan konten video pendek, yang tentunya lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan life hacks tertentu dimana konsumen bisa memanfaatkan produk anda dengan cara yang kreatif.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan interaksi dengan konsumen membalas komentar yang masuk sembari menjelaskan penggunaan produk melalui video pendek.

Dengan cara tersebut, anda bisa meningkatkan kedekatan dengan konsumen, sekaligus meningkatkan poin algoritma tiktok.

Konten Siaran Langsung

Fitur siaran langsung tentunya bisa anda temukan di berbagai platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, serta Youtube.

Melalui fitur satu ini, anda bisa melakukan interaksi dengan konsumen secara langsung serta menjawab pertanyaan yang masuk melalui kolom komentar.

Penggunaan fitur siaran langsung, tentunya akan membantu dalam mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki, sehingga mereka bisa lebih mengenal produk yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, konten siaran langsung di Tiktok juga memiliki kelebihan lain, dimana pelaku usaha yang memiliki saluran toko tiktok shopping dapat mempromosikan produk yang dijual sekaligus melakukan proses jual beli secara langsung.

Cara ini tentunya efektif untuk menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas, sekaligus mengenalkan produk anda ke target konsumen.

photo1659931204

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @ventelaofficial, yang melakukan siaran langsung setiap hari untuk mempromosikan produk yang dimiliki serta menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.

Konten Behind the Scene

Setelah proses perilisan produk yang penjang serta kesuksesan saat produk diluncurkan, tentunya penggemar brand anda juga penasaran pada proses pembuatan produk atau saat strategi promosi dilakukan.

Karenanya untuk menjawab rasa penasaran konsumen setia, maka anda bisa membuat konten behind the scene yang menceritakan perjalanan produk sebelum akhirnya sampai di tangan konsumen.

Dalam proses pembuatan konten behind the scene, anda bisa memulainya dengan story telling yang menceritakan proses pembuatan produk diirngi konflik yang ditemui untuk menaikkan rasa penasaran konsumen.

Anda juga bisa menambahkan beberapa fakta unik dan lucu selama proses pembuatan produk, sehingga membuat konsumen mengapresiasi kerja anda.

Beberapa ide konten lain yang bisa anda tonjolkan adalah proses dibalik terbentuknya produk baru, pembuatan produk, serta bagaimana proses produk tersebar ke berbagai tempat.

Kreator juga bisa menonjolkan produk yang anda miliki dibandingkan dengan kompetitor lain, sehingga menjadi pertimbangan sebelum membeli produk yang anda miliki.

Namun, pastikan juga anda tidak membongkar resep rahasia dari brand dan produk anda, sehingga tidak bocor ke konsumen atau kompetitor lain.

Dengan mengunggah konten behind the scene akan membuat konsumen lebih mengenal produk yang anda kembangkan sehingga meningkatkan rasa loyalitas dan royalitas.

Sumber :

15 Ideas to Promote Your Next Event (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.