iOS 12.5.1 Rilis di Iphone 5s dan iPad Mini 2.

iOS 12.5.1

Pasti pengguna Iphone 5s dan iPad Mini 2 tidak sabaran menunggu iOS 12.5.1 ini. Sesuai meluncurkan iOS 12.5 pada Desember 2020 lalu, ternyata Apple kembali merilis pembaruan sistem operasi (OS) iOS 12.5.1 untuk beberapa perangkat lawas buatannya yang tidak bisa di-upgrade ke iOS 14.

iOS 12.5.1
Source: Google.com

Perangkat lawas yang dimaksud adalah iPhone yang berusia hampir 8 tahun, yakni iPhone 5s yang dirilis pada bulan September 2013 lalu.

Selain itu, iOS 12.5.1 turut hadir di iPhone 6, iPhone 6 Plus dan iPod touch generasi ke 6. Sementara itu, lini tablet yang mendapatkan update ini diantarra yakni iPad Air generasi pertama, iPad Mini 2 dan iPad Mini 3.

iOS 12.5.1
Source: Pixabay.com

Dalam pembaharuan iOS 12.5.1 ini Apple membahwa fitur pelacak Covid – 19.

Wih, ternyata iPhone lawas anda yang di-upgrade ternyata tidak juga dikatakan lawas ya? Karena iOS 12.5.1 ini mempunyai fitur pelacak Covid – 19 bernama “Exposure Notifications”.

Ternyata fitur ini bisa mengingatkan pengguna iPhone jika mereka dalam jarak yang dekat dengan pengguna lainnya yang terpapar Covid – 19.

Fitur ini juga hadir dengan mengandalkan Application Programming Interface (API) yang digarap oleh Apple dan Google.

Nah jika seorang pengguna iPhone terpapar Covid – 19, pengguna tersebut bisa secara sukarela melaporkan kondisinya ke dalam fitur Exposure Notificiations tadi.

Agar fitur ini bekerja dengan optimal, fitur ini membutuhkan kerja sama dengan otoritas kesehatan di negara bersangkutan. Sebab, hanya otoritas kesehatan saja yang bisa memasukkan data Covid – 19 ke ponsel pengguna apabila mereka dinyatakan positif Covid – 19.

Exposure Notifications ternyata memanfaatkan koneksi bluetooth ke perangkat untuk melacak keberadaan orang yang terpapar Covid – 19 yang nantinya akan memberikan peringatan kepada pengguna apabaila berada dalam jarak yang dekat dengan pasien Covid – 19.

Pengguna juga akan diberikan notifikasi dan petunjuk langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Nah untuk melakukan pembaruannya, anda cukup memilih menu “Settings”, kemudian pilih “General” lalu klik menu “Software Update” terlebu dahulu, lalu pilih opso “Download dan install”.

Selamat mencoba.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts