kebiasaan online shopping

Kebiasaan Online Shopping yang Wajib Diketahui Penjual

Di tahun 2022 ini jangan lupa untuk ketahui kebiasaan online shopping konsumen untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat.

Berbelanja kini tidak hanya menjadi kegiatan mencari barang untuk memenuhi kebutuhan hidup namun lebih dari itu berbelanja saat ini menjadi kebiasaan atau hobi bagi sebagian besar orang.

Apalagi saat ini kegiatan berbelanja semakin mudah dan menyenangkan karena hanya dengan berdiam diri di rumah seseorang sudah bisa mendapatkan barang keinginan melalui handphone.

Ditambah lagi mobilitas yang terbatas menjadikan banyak orang memilih untuk berbelanja secara online ketimbang berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Berbagai penawaran menarik juga menjadikan banyak konsumen kini lebih senang melakukan online shopping ketimbang harus pergi ke tempat tertentu untuk mendapatkan barang impian.

Perubahan kebiasaan ini tentunya harus disadari oleh pelaku usaha untuk mulai memasarkan produknya melalui internet dengan bantuan marketplace atau social media.

Strategi ini dilakukan agar dapat menjangkau konsumen yang mulai beralih berbelanja secara online dan juga menjangkau pembeli baru yang lebih luas.

Karenanya agar strategi pemasaran di tahun 2022 semakin maksimal ketahui trend terbaru online shopping sebagai berikut.

trend social media shopping

Keuntungan Social Media Shopping Untuk Pebisnis

Beralihnya kebiasaan berbelanja secara konvensional menjadi online menjadikan timbulnya beberapa trend baru dalam online shopping.

Salah satunya adalah berbelanja melalui social media yang kini mulai dilakukan oleh banyak pengguna internet.

Kegiatan ini dilakukan mengingat banyak penjual atau berbagai brand besar mempromosikan dagangannya melalui social media.

Hal ini dilakukan sebab social media memiliki banyak pengikut yang menjadikan tempat yang cocok untuk melakukan promosi barang tertentu.

Tak hanya itu, sebagian besar pengguna internet tentunya menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berselancar di social media untuk sekedar melihat konten yang menarik atau barang tertentu.

Melihat hal ini sebagian besar platform social media mulai mengembangkan fitur khusus untuk berjualan atau membeli barang tertentu di social media.

Beberapa diantaranya adalah Facebook, Instagram, bahkan Tiktok yang menyediakan layanan untuk berbelanja secara online.

Kehadiran fitur belanja ini tentunya menjadi solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak dimana konsumen dan penjual tidka perlu melakukan jual beli di tempat yang terpisah.

Sehingga konsumen masih bisa tetap berbelanja tanpa meninggalkan gosip terbaru di social media. Tak hanya itu, social media shopping juga menghadirkan keuntungan lain, diantaranya:

Meningkatkan Penjualan dari Social Media

Saat melakukan stalking social media biasanya anda akan menemukan barang menarik di explore instagram sehingga akhirnya mengunjungi akun online shop tersebut.

Sayangnya saat cocok dengan barang yang dipromosikan anda harus meninggalkan pergi ke akun marketplace dulu membeli produk tersebut.

Padahal ada konten yang sedang anda tunggu atau gosip selebriti yang tidak bisa ditinggal di social media.

Hal ini akhirnya membuat anda menunda membeli barang dan akhirnya melupakan rencana tersebut entah sampai kapan.

Situasi ini tentunya sering ditemukan oleh pengguna internet lain yang tertarik pada satu barang di social media namun malas untuk pindah ke akun market place terlebih dahulu.

Untungnya saat ini semakin banyak social media yang menyediakan layanan belanja online sehingga konsumen tidak perlu beralih ke akun market place untuk online shopping.

Disisi lain, layanan ini juga menguntungkan penjual yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan dari social media sehingga tidak hanya digunakan untuk promosi produk dan brand saja.

Testimoni Social Media Bantu Naikkan Brand Awareness

Saat berbelanja di toko baru yang belum anda kenali sebelumnya biasanya pembeli akan mencari testimoni pelanggan baik berupa komentar di konten atau highlight instagram story.

Adanya ulasan ini tentunya membantu konsumen untuk mencari tahu apakah barang tersebut sesuai dengan keinginan atau lebih baik mencari toko lain yang menjual produk lain di social media.

Bagi penjual adanya testimoni dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen kepada barang yang dijual apalagi jika ulasan tersebut disajikan hasil pemakaian tentunya akan memperkuat kepercayaan pembeli terhadap produk anda.

Terkadang konsumen baru datang dan muncul berkat rekomendasi dari teman atau kenalan yang merekomendasikan produk anda terhadap konsumen sehingga tertarik membeli walau sebelumnya belum pernah mengenal produk anda.

Akan lebih baik lagi jika produsen menjadikan testimoni sebagai social media campaign di masa depan untuk membuktikan kredibilitas produk di mata konsumen.

Karenanya penting bagi pelaku usaha untuk merekam setiap testimoni yang datang guna dijadikan meningkatkan kepercayaan pembeli pada pandangan pertama.

Informasi Akurat Bantu Lancarkan Strategi Promosi

Keuntungan dari melakukan promosi di social media adalah penjual bisa mendapatkan informasi akurat mengenai strategi promosi yang dijalankan.

Kenaikan atau penurunan insight nantinya bisa membantu penjual untuk mengetahui jenis promosi yang cocok bagi konsumen.

Sebagian besar fitur business di social media menyediakan fitur insight dimana kreator bisa melihat data mengenai performa social media dalam waktu tertentu.

Beberapa data konsumen yang bisa di dapatkan di fitur insight adalah waktu aktif konsumen, konten yang paling banyak disukai, engagement dari setiap konsumen, dan juga jumlah kenaikan pengikut.

Informasi berharga ini tentunya bisa dikelolan untuk membangun strategi promosi yang sesuai budget dan juga konsumen yang di sasar.

Strategi Jualan Online di Tahun 2022

Strategi Jualan Online di Tahun 2022

Meningkatnya penggunaan internet dan inovasi yang terus berkembang dari berbagai platform social media menjadikan pelaku usaha memiliki banyak celah untuk berjualan secara online.

Munculnya berbagai layanan terbaru juga memudahkan konsumen untuk melakukan online shopping lebih mudah dengan berbagai platform yang tersedia.

Karenanya agar pelaku usaha bisa menguasai pasar online shopping di internet berikut beberapa strategi jualan online di tahun 2022 yang bisa dilakukan:

Berjualan di Social Media

Salah satu strategi jualan online yang banyak digunakan oleh pelaku usaha adalah melakukan promosi sekaligus berdagang di social media.

Cara ini dinilai menguntungkan karena pedagang bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dan juga beragam namun sesuai dengan target konsumen yang diinginkan.

Ditambah lagi munculnya berbagai social media menjadikan peluang bagi pedagang untuk melakukan promosi lebih lebar lagi.

Berjualan di social media juga dinilai menguntungkan karena tersedianya berbagai fitur tambahan yang mempermudah untuk promosi barang jualan.

Beberapa fitur di social media yang bisa digunakan oleh produsen adalah konten foto dan video, unggahan pendek melalui story, siaran langsung, dan juga toko online.

Ketika memiliki akun social media seperti facebook atau instagram biasanya pengguna mengunggah berbagai foto atau video di akun yang dimiliki.

Unggahan tersebut biasanya dilakukan sebagai sarana eksistensi diri di social media atau sebagai dokumentasi yang bisa dibuka beberapa tahun ke depan.

Namun bagi penjual sendiri adanya layanan feed video dan foto ini dapat digunakan untuk mengunggah konten promosi berupa foto atau video produk yang bisa dilihat oleh konsumen.

Tampilan foto dan video yang menarik tentunya akan memikat konsumen sehingga tertarik membeli barang yang ditawarkan.

Tak hanya itu, pebisnis juga bisa mengunggah konten promosi di unggahan story agar bisa lebih mudah dilihat oleh pengguna social media lainnya.

Namun durasi tayang yang sebentar menjadikan konten story kurang cocok untuk dijadikan tempat pamer produk karenanya konsumen bisa menggunakan fitur ini untuk interaksi dengan konsumen melalui fitur story yang tersedia.

Semakin tinggi interaksi antara konsumen dan kreator maka akan menaikkan engagement akun sehingga bisa lebih mudah naik di tayangan explore instagram.

Tidak hanya memamerkan berbagai barang jualan melalui instagram feed atau story namun kreator juga bisa melakukan promosi produk menggunakan siaran langsung.

Layanan siaran langsung ini terbukti ampuh dan disukai oleh konsumen karena pedagang dan konsumen dapat berinteraksi secara langsung selama acara berlangsung.

Pedagang juga bisa memperlihatkan barang jualannya dan melakukan jual beli produk selama siaran langsung sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya setelah melihat produk yang dipajang.

Strategi ini sering dipakai oleh pedangang di tiktok dimana pelaku usaha melakukan siaran langsung sambil berjualan sehingga konsumen bisa langsung melakukan check out.

Beberapa brand lain juga menggunakan siaran langsung sebagai sarana meningkatkan brand awareness dengan mengundang key opinion leader guna melakukan acara bincang-bincang membahas masalah yang dapat diselesaikan dengan produk yang dijual.

Salah satu fitur terbaru yang disukai oleh pedagang adalah toko online seperti yang tersedia di Instagram dan Tiktok.

Hal ini dikarenakan pedagang tidak hanya mengeluarkan uang untuk melakukan promosi namun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui akun online shop.

Disisi lain, jika pedagang melakukan jualan di tiktok shop tentu akan lebih menguntungkan karena setiap siaran langsung yang dilakukan akan tersebar ke pengguna tiktok lainnya sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna tiktok.

Berbagai layanan ini tentunya harus di dukung dengan keuletan dan konsistensi untuk melakukan promosi terus menerus di social media yang dimiliki.

Promosi Melalui Group Khusus

Beberapa konsumen yang hobi melakukan online shopping tidak hanya membeli barang melalui social media atau market place namun bisa saja mengikuti grup khusus yang menjual barang tertentu saja.

Cara online shopping satu ini dilakukan karena konsumen hanya membeli barang eksklusif, hobi, atau malah kebutuhan tersier di satu produsen saja.

Hal ini dikarenakan biasanya barang hobi tersebut jarang dijual secara bebas atau jika membeli dalam satuan tentunya akan dikenakan biaya yang lebih mahal.

Karenanya untuk mengurangi harga barang mendekati harga aslinya maka beberapa orang memilih bergabung dengan grup khusus agar bisa melakukan online shopping dengan aman dan nyaman.

Jual beli melalui group khusus ini sudah sering terjadi sejak internet muncul untuk mengumpulkan konsumen yang berminat pada barang tertentu.

Promosi melalui jualan khusus ini biasanya diinformasikan melalui social media terlebih dahulu kemudian penjual akan mengumpulkan pembeli yang berminat di satu grup khusus.

Tak jarang konsumen juga mengajak teman satu hobi untuk bergabung di grup tersebut agar bisa online shopping bersama.

Kepercayan kepada penjual dan juga ikatan yang kuat dengan pembeli lain menjadikan group khusus ini diminati oleh banyak orang.

Berjualan Melalui Internet

Beberapa tahun ke belakang mulai muncul market place di internet dimana platform tersebut memungkinkan penjual dan pembeli melakukan proses jual beli di toko yang diinginkan.

Kehadiran market place ini juga mengubah kebiasaan online shopping bagi sebagian besar orang yang memilih untuk melakukan online shopping di market place dibandingkan toko konvensional.

Online shopping di market place sendiri dinilai menguntungkan karena konsumen bisa membeli barang secara langsung melalui handphone dengan berbagai pilihan harga dan toko di satu tempat.

Disisi lain, banyak juga penjual yang diuntungkan dengan hadirnya market place ini sebagai tempat jualan baru dengan harga yang bersaing.

Beberapa perusahaan besar juga sudah menjual barang dagangannya ke market place agar bisa dibeli oleh konsumen dimana saja dan kapan saja serta tanpa perlu ke luar rumah.

Meskipun kehadiran market place tengah merajai pasar namun beberapa produsen memilih menjual produknya melalui website bisnis yang dikembngkan.

Cara jual beli ini dilakukan apabila penjual memiliki barang berupa course sehingga hanya bisa diakses melalui website dengan tambahan fitur yang dapat membantu pembeli untuk menggunakan berbagai layanan yang ada.

Tak hanya itu, beberapa brand besar eksklusif yang sudah memiliki nama besar juga memilih menjual produk melalui offline store yang tersebar di tempat tertentu atau di website yang dikembangkan sendiri.

Langkah ini dilakukan untuk menjaga originalitas barang agar tidak mudah ditiru oleh orang lain sehingga merusak citra brand tersebut.

Meskipu begitu, penjualan barang melalui website juga dinilai menguntungkan bagi konsumen saat melakukan online shopping, karena selain menjaga originalitas barang maka konsumen juga melihat berbagai katalog secara gratis dan lebih tertata.

Pembayaran dan pengiriman pun lebih aman karena terdeteksi melalui pembayaran bank dengan pilihan pengiriman barang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pembayaran Melalui Dompet Digital

Saat melakukan pembayaran di online shop tentunya konsumen diberikan tawaran untuk membayar melalui dompet digital atau kartu kredit,

Meskipun konsumen bisa melakukan pembayaran melalui cash on delivery (COD) namun membayar melalui dompet digital dinilai lebih menguntungkan.

Hal ini dikarenakan biasanya platform dompet digital melakukan kerjasama dengan layanan market place sehingga konsumen bisa mendapatkan potongan harga tertentu.

Selain itu, proses top up dompet digital pun mudah sehingga konsumen bisa langsung membeli barang tanpa perlu ribet mengeluarkan uang tunai ke kasir.

Beberapa tenant offline saat ini juga menyediakan layanan bayar menggunakan dompet digital sehingga konsumen tidak perlu membawa uang kertas dalam jumlah banyak kemana-mana.

Tak hanya itu, guna meningkatkan penjualan maka tenant tersebut juga melakukan kerjasama dengan dompet digital sehingga harga yang dijual pun lebih murah.

Layanan dompet digital ini juga bisa dilakukan oleh produsen yang berjualan melalui social media seperti Instagram shop atau tiktok shop sehingga pembayaran lebih aman dan uang bisa kembali jika barang tidak sesuai dengan kondisi asli.

Karenanya konsumen saat ini lebih berminat untuk melakukan online shopping menggunakan dompet digital karena dinilai lebih praktis dan juga peluang untuk mendapatkan potongan harga pun lebih besar.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan produsen dengan membuka berbagai akun dompet digital yang melayani kebutuhan konsumen.

platform social media shopping

Platform Social Media Shopping Terbesar Saat Ini

Usaha platform social media untuk memberikan pengalaman baru bagi penggunanya akhirnya menghadirkan layanan baru yang cocok untuk online shopping yakni adanya fitur belanja di social media.

Fitur ini begitu diminati oleh konsumen yang hobi online shopping namun tidak ingin ketinggalan berita terbaru di social media.

Beberapa social media sendiri juga telah memiliki fitur belanja di antaranya adalah Facebook, Instagram, dan juga shopping.

Sehingga konsumen dan produsen bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat hanya dengan satu kali klik.

Facebook Shops

Salah satu social media shopping yang pertama kali rilis di internet adalah Facebook Shops, layanan yang dikembangkan oleh Meta saat ini memiliki 250 juta konsumen dan juga 1 juta produsen yang tersebar di seluruh dunia.

Melalui layanan ini konsumen bisa melakukan online shopping yang juga terhubung dengan WhatsApp messenger sheingga memudahkan komunikasi dengan penjual sehingga proses jual beli akan berjalan lebih nyaman dan aman.

Instagram Shops

Layanan social media shopping terbesar dan juga digunakan oleh banyak orang ini dimiliki oleh Instagram Shops.

Melalui layanan ini konsumen bisa langsung membeli barang setelah melakukan stalking profil akun instagram sehingga tidak perlu pergi ke akun market place untuk melakukan proses pembayaran.

Konsumen sendiri bisa dengan mudah menemukan layanan instagram shop ini di bagian explore instagram di ikon keranjang.

Dengan melakukan klik di ikon tersebut maka konsumen bisa melihat berbagai pilihan toko yang ada di Instagram dan bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tiktok Shops

Satu lagi social media shopping yang sedang naik daun dan tengah diminati oleh banyak orang untuk melakukan online shopping.

Tiktok shop yang baru diluncurkan tahun 2021 mendapat sambuatan banyak pegguna internet yang juga tengah menaruh perhatian pada platform tiktok.

Pada layanan satu ini penjual bisa menjual barang yang dapat dipromosikan melalui siaran langsung.

Strategi pemasaran satu ini dinilai menguntungka karena dapat menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas berkat penayangannya di halaman FYP.

trend online shopping

Prediksi Trend Online Shopping di 2022

Penasaran dengan beberapa trend online shopping yang akan meningkatkat di tahun 2022? Berikut beberapa trend yang akan naik daun tahun ini

Online Shopping Secara Individu Semakin Marak

Semakin banyaknya iklan dari platform market place menjadikan banyak konsumen semakin mengetahui mengenai layanan ini dan juga tertarik untuk melakukan online shopping melalui market place.

Sehingga tidak heran lama kelamaan akan banyak konsumen yang lebih nyaman untuk online shopping di market place ketimbang berkunjung ke toko konvensional.

Hal ini dikarenakan konsumen bisa berbelanja sendiri dan memilih barang sesuai keinginan tanpa terganggu suasana ramai yang biasa ditemui di pusat perbelanjaan.

Selain itu, jika tidak cocok dengan harga yang dijual maka konsumen bisa beralih ke toko lain yang mungkin menjual barang lebih murah dibandingkan toko pertama.

Berbelanja Akan Semakin Mudah

Kehadiran market place dan social media shopping tentunya menjadikan pengalaman online shopping menjadi semakin mudah karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, hanya dengan menggunakan gadget yang ada di tangan konsumen bisa langsung mendapatkan barang keinginan yang langsung diantar sampai depan rumah.

Di tahun 2022 ini mungkin saja bagi sebuah brand untuk berinovasi dalam memunculkan layanan yang dapat mempermudah komunikasi dengan konsumen sehingga bisa mendorong pembeli untuk melakukan check out.

Pelayanan yang cepat dan ramah tentu saja saja akan meyakinkan konsumen untuk membeli barang di toko tersebut.

Berbagai platform juga akan meluncurkan lebih banyak layanan untuk memudahkan proses check out dengan pilihan pembayaran yang sesuai dengan konsumen.

Rekomendasi Teman Semakin Diperhitungkan

Berbagai konten promosi yang menarik tentunya akan membuat konsumen tergiur untuk membeli barang yang anda promosikan.

Meskipun begitu, sebagian besar pembeli juga datang dari rekomendasi teman atau ulasan dari konsumen lain yang tersebar di internet.

Karenanya produsen juga bisa memanfaatkan kehadiran social media seperti Instagram atau Facebook untuk menyebarkan testimoni dari konsumen lain sehingga menarik perhatian pengguna social media lain untuk mencoba produk yang dipasarkan.

Testimoni tersebut juga bsia dijadikan konten yang dapat mendukung kredibilitas dan kualitas produk.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.