pexels pixabay 163097 5

12 Konten Twitter Viral yang Efektif Untuk Meningkatkan Followers

Bingung mencari ide konten twitter viral yang dapat menarik perhatian pengguna twitter? Dengan berbagai fitur yang disediakan oleh twitter tentunya anda sebaiknya mengetahui tipe konten yang memberikan performa terbaik untuk akun anda.

Twitter merupakan platform media sosial yang unik dimana berbagai tweet viral bekerja dengan baik dengan tulisan dan kreativitas yang dimiliki oleh pengguna twitter.

Di sisi lain, sebagian besar pengguna twitter sendiri terdiri dari remaja dan orang dewasa dengan kisaran usia hingga 29 tahun dan tinggal di berbagai wilayah.

Karenanya untuk memulai mengembangkan akun twitter maka kreator sebaiknya mengetahui beberapa topik konten twitter viral yang trending dan bisa digunakan dalam konten sehari-hari.

konten twitter viral

Ide Konten Twitter Viral

Dalam mengembangkan sebuah akun twitter, kreator tidak hanya memahami cakupan konsumen dan frekuensi mengunggah konten namun juga di dukung dengan ide konten twitter yang dapat membuat akun anda menjadi lebih viral di twitter.

Cuitan Tanya Jawab

Salah satu hal penting untuk memperluas jangkauan akun dan konten twitter adalah membangun interaksi dengan pengguna twitter.

Cara interaksi ini bisa dimulai dengan menanyakan hal-hal yang receh atau regular namun dapat memancing reaksi dari pengguna twitter, salah satunya adalah dengan membuat tweet tanya jawab.

Kreator bisa memberikan pertanyaan kepada pengikut atau pengguna twitter untuk mendapatkan reaksi yang dapat meningkatkan engagement dari balasan yang anda terima.

Pertanyaan tersebut bisa berupa sesuatu yang berkaitan dengan produk yang anda miliki atau topik terkini yang menjadi bahan pembicaraan di twitter.

Semakin general pertanyaan yang diajukan maka akan lebih mudah bagi pengguna twitter untuk menjawab pertanyaan anda sehingga dapat meningkatkan interaksi dan menambah followers twitter jika dilakukan berulang kali di waktu yang tepat.

photo1656483925

Salah satunya akun twitter @insidefolkative yang kerap kali membagikan tweet berupa pertanyaan-pertanyaan general yang juga sering dialami oleh pengguna twitter seperti jumlah alarm yang biasa di pasang setiap pagi.

Pertanyaan yang mudah dijawab dan tidak melulu berputar pada komunitas yang dimiliki tentunya memiliki peluang besar untuk ditemukan oleh pengguna twitter yang tentunya membantu untuk meningkatkan jumlah followers di twitter.

Tidak hanya itu, tipe konten satu ini juga bisa digunakan sebagai variasi konten di instagram yang tentunya bisa meningkatkan interaksi dengan pengguna instagram.

Konten Industri

Salah satu jenis konten yang bisa anda bagikan di twitter adalah konten industri, dimana jenis postingan satu ini juga bisa anda temukan di berbagai social media guna membagikan berita menarik mengenai industri yang anda geluti.

Hal ini juga di tambah dengan fakta bahwa twitter adalah platform yang bisa membagikan informasi secara cepat dan mudah sehingga informasi yang anda sampaikan juga bisa dibaca oleh pengguna twitter yang lain.

Penggunaan konten industri yang tepat juga bisa digunakan sebagai media konten edukasi bagi pembacannya sehingga memberikan nilai tambah bagi akun twitter anda.

photo1656484672

Akun twitter resmi dari @infoBMKG seringkali menyebarkan berita terbaru mengenai daerah yang baru saja merasakan gempa.

Informasi yang bermanfaat ini tentunya membuat pengguna twitter akhirnya menginformasikan tweet ini kepada orang lain atau berinteraksi dengan tweet tersebut.

Seringnya akun BMKG membagikan informasi penting mengenai fenomena alam yang terjadi saat ini akhirnya membuat banyak orang mengikuti akun iniagar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Konten Pengumuman

Sebagai media informasi dengan penyebaran yang cepat menjadikan banyak akun twitter brand yang akhirnya membagikan berbagai pengumuman terbaru di twitter.

Sehingga jika anda memiliki berita yang menarik atau informasi mengenai perilisan produk yang dinanti oleh konsumen di twitter maka ide konten twitter tersebut bisa anda bagikan ke pengguna twitter.

photo1656485270

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh akun twitter @Netflixid yang sering membagikan informasi mengenai film atau series terbaru di Netflix sehingga penggunanya tidak akan ketinggalan informasi mengenai tayangan yang ditunggu-tunggu selama ini.

Di sisi lain, dengan membagikan informasi terbaru mengenai film atau series yang akan tayang juga akan menjadi strategi konten twitter marketing yang efektif agar semakin banyak orang yang menikmati acara yang disajikan.

Strategi satu ini juga sering digunakan oleh akun twitter brand yang berbagi informasi mengenai produk atau layanan baru yang akan di rilis agar semakin banyak orang yang menggunakan produk baru tersebut saat di edarkan di pasaran.

Namun, agar semakin banyak orang yang tertarik dengan tweet promosi yang anda unggah maka kreator bisa menggunakan konten video agar pengikut anda mengetahui trailer video yang akan di tonton.

photo1656485673

Promosi menggunakan video ini juga digunakan oleh Netflix yang membagikan trailer series yang akan tayang untuk menarik minat penonton agar menonton series tersebut.

Konten Meme

Twitter tidak hanya menjadi platform informasi yang aktual namun juga menjadi sarana hiburan yang menarik dengan berbagai unggahan melalui tulisan atau gambar yang dikirimkan oleh pengguna twitter.

Konten twitter meme menjadi salah satu postingan yang sering ditemukan di twitter dan di unggah oleh penggunanya sebagai media hiburan atau membalas sebuah tweet.

Tidak jarang balasan tweet antar pengguna twitter juga bisa dijadikan konten meme sehingga menimbulkan tawa bagi pembacanya.

Penggunaan meme yang masif terjadi sebab limitnya jumlah penggunaan tweet yang disediakan oleh twitter sehingga kreator yang akan mengunggah tweet memutar otak agar pesan yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pengguna twitter.

photo1656485840

Akun twitter @WholesomeMeme juga selalu membagikan tweet yang berisi konten humoris berupa meme ke pengikut yang dimiliki sehingga menghasilkan interaksi yang banyak berkat isi konten yang lucu dan menghibur.

Di sisi lain, apabila anda ingin menggunakan meme sebagai konten twitter maka pastikan foto yang anda unggah mudah di pahami oleh pengikut anda sehingga tidak menimbulkan misspersepsi yang memunculkan kontroversi.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan meme yang sudah populer di internet dan menambahkan dengan konteks kalimat yang sesuai sehingga pengguna twitter yang melihatnya lebih mudah paham dan akhirnya juga membagikan tweet tersebut ke orang lain.

Konten Promosi

Siapa sih yang tidak suka diskon? apalagi saat barang incaran di depan mata namun bajet belum mencukupi maka diskon bisa menjadi penyelamat.

Di sisi lain, penggunaan konten promosi juga membantu pelaku bisnis saat melakukan promosi di social media agar barang yang di promosikan mendapat perhatian dari pengguna social media dan pengikut yang dimiliki.

Twitter menjadi tempat yang cocok untuk membagikan konten promosi sehingga tweet yang anda unggah mendapatkan perhatian dari pengguna twitter berkat tweet yang disukai oleh pengikut yang anda miliki.

Namun, agar konten promosi anda mendapatkan lebih banyak perhatian maka kreator juga perlu membuat tweet promosi yang menarik seperti menambahkan foto yang menjelaskan isi promosi yang anda lakukan.

photo1656486953

Seperti yang dilakukan oleh akun @Tokopedia yang menginformasikan pengikutnya mengenai promosi Flashsale untuk produk mainan pengisi liburan.

Penambahan gambar serta caption yang jelas membantu pembaca untuk memahami isi konten yang diunggah sehingga bisa dibagikan ke pengguna twitter lain agar bisa digunakan saat berbelanja di website Tokopedia.

Anda juga bisa membagikan kode promo di twitter dengan syarat menjadi pengikut twitter anda sehingga membantu untuk meningkatkan pengikut dan juga menaikkan engagement tweet anda dengan lebih cepat.

Pemberian informasi yang rutin juga membantu pengguna twitter agar bertahan di akun twitter anda sehingga tidak ketinggalan informasi terbaru.

Konten Blog

Sebagai social media yang berfokus pada konten tulisan maka tidak heran apabila platform ini juga bisa digunakan untuk promosi konten blog berupa artikel atau tips yang anda miliki.

Saat kreator mengunggah konten berita mengenai topik yang banyak di bahas oleh pengguna twitter maka akun twitter anda bisa kebanjiran interaksi dari pengguna twitter yang membaca konten anda dan memberikan tanggapan dari berita yang anda unggah.

Di sisi lain, anda juga perlu memerhatikan isi konten berita yang anda unggah di twitter agar tidak menimbulkan isu baru di kalangan pengguna twitter yang pada akhirnya menjadi bumerang bagi akun anda.

Penggunaan twitter untuk membagikan konten blog juga membuat banyak portal berita yang membuat akun twitter untuk menyebarkan link berita yang telah diunggah pada website yang dimiliki.

photo1656487666

Salah satunya adalah akun twitter @kumparan yang membagikan syarat baru untuk membeli BBM dengan menggunakan aplikasi khusus.

Unggahan konten blog yang berisi permasalahan yang dihadapi oleh banyak orang menjadikan tweet satu ini mendapatkan banyak perhatian dari pengguna twitter terlihat dari interaksi yang di dapatkan di konten tersebut.

Dalam mengunggah konten twitter berupa blog maka anda bisa menambahkan keterangan gambar untuk menjelaskan isi berita dengan singkat dan mudah dipahami oleh pengguna twitter.

Konten Visual

Meskipun sebagian besar konten twitter berasal dari tulisan penggunanya namun visual juga menjadi daya tarik utama dalam menarik perhatian pengguna twitter.

Selain itu, penggunaan konten visual juga dapat membantu untuk menjelaskan isi konten dengan mudah dan cepat.

photo1656491811

Akun @Strategi_Bisnis juga menggunakan visual guna menjelaskan isi tweet kepada penggunanya sehingga dapat mengerti tweet yang sedang di bicarakan.

Di twitter sendiri, kreator bisa menggunakan berbagai jenis konten visual yang menarik seperti gambar, infografis, serta konten visual yang dibagikan di twitter guna menarik perhatian pengguna twitter saat melihatnya.

photo1656491811 1

Cara ini juga digunakan oleh beberapa akun twitter yang membagikan visual sebagai konten utamanya seperti akun @streetphotographyjapan yang membagikan konten foto dan juga menarik perhatian pengguna twitter.

Di sisi lain, twitter juga tengah menciptakan konten untuk fitur NFT dimana pengguna bisa membagikan konten visual di twitter dan mendapatkan uang dari hasil gambar yng di dapatkan.

Meskipun, fitur ini masih dalam proses uji coba twitter namun layanan ini juga wajib dipelajari untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari twitter.

Konten Teaser Produk

Mudahnya penyebaran konten dan informasi di twitter menjadikan platform ini juga bisa digunakan sebagai media untuk menyebarkan konten teaser.

Dengan mengunggah konten yang berisi campaign promosi yang akan datang maka akan mengundang rasa penasaran pengikut twitter yang anda miliki.

photo1656492232

Konten teaser produk ini juga digunakan oleh akun twitter @avoskinbeauty yang berusaha memberi sedikit informasi bagi pengikutnya mengenai brand ambassador yang akan membantu promosi dari produk avoskin.

Guna menarik pehatian pengguna twitter maka akun ini juga meneruskan tweet teaser produk maka akun ini juga melanjutkan dengan memberikan sedikit informasi yang tentunya akan membuat penggunanya penasaran.

Kreator juga bisa memancing rasa penasaran konsumen dengan memberikan video teaser yang berisi produk yang akan diluncurkan serta membalas pertanyaan dari konsumen untuk menaikkan rasa penasaran konsumen.

Di saat tweet teaser produk anda mendapatkan banyak perhatian dari pengikut twitter maka akan membuka kemungkinan tweet promosi anda menarik rasa penasaran pengguna lainnya.

Agar promosi teaser produk anda semakin luas maka anda bisa menggunakan layanan twitter ads untuk menyebarkan tweet anda kepada pengguna twitter yang lebih banyak dengan target yang lebih luas.

Selain itu anda juga bisa mempromosikan tweet tertentu menggunakan boost post agar untuk promosi di twitter yang lebih mudah dan cepat.

Konten Events

Sedang mengikuti event atau mengadakan acara khusus yang mengundang banyak orang? anda juga bisa mempromosikan acara tersebut melalui konten event di twitter.

Anda bisa mengunggah tweet promosi untuk menginformasikan pengikut yang anda miliki sehingga mendapatkan lebih banyak retweet sehingga event anda menjadi lebih ramai meriah.

Tidak hanya itu, guna menjangkau pengguna twitter yang lebih luas maka anda bisa mention akun twitter yang mempromosikan event tertentu agar semakin banyak orang yang mengetahui acara yang anda adakan.

Selain itu, anda juga bisa melakuka kolaborasi dengan influencer twitter untuk mempromosikan event anda di sebuah tweet untuk jangkauan pengguna twitter yang lebih luas.

Penggunaan hastag juga bisa membantu untuk mempromosikan promosi event anda sekaligus memudahkan pengguna twitter yang ingin mengikuti event anda sembari mengikuti perkembangan acara yang anda adakan.

Di sisi lain, jika anda memiliki acara yang lebih global maka anda bisa menggunakan iklan twitter untuk mempromsoikan events anda ke pengguna twitter yang lebih luas.

Namun dalam membuat tweet promosi event maka pastikan untuk mengunggah konten promosi secara berulang agar pengikut anda tidak ketinggalan informasi mengenai acara yang anda adakan.

Semakin banyak orang yang mempromosikan event anda baik melalui tweet, promosi dari influencers, atau iklan twitter maka akan membuka kesempatan untuk membuat event anda populer di indonesia hanya melalui promosi di twitter.

photo1656494165

Akun @fridaynoraebang ini menjadi salah satu akun twitter yang mempromosikan acaranya melalui tweet dengan bantuan influencer twitter serta komunitas yang dimiliki menjadikan akun ini sukses berkat banyaknya tweet yang tertarik untuk mengikuti event tersebut,

Konten Twitter Thread

Salah satu daya tarik twitter yang membuat social media ini naik daun di indonesia adalah twitter thread.

Twitter thread sendiri merupakan fitur dari twitter yang memudahkan penggunanya untuk membuat tweet dalam jumlah banyak dan bersambungan sehingga mengatasi limitasi jumlah kata di twitter.

Pengguna twitter sendiri biasanya menggunakan twitter thread untuk berbagai keperluan seperti menceritakan pengalaman hidup yang menarik atau membahas topik yang sedang hangat diperbincangkan oleh pengguna twitter.

Tdak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan layanan ini untuk membagikan tips atau promosi produk yang dimiliki.

photo1656494480

Seperti yang dilakukan oleh akun twitter @socialmediamarketer yang membagikan tips optimasi social media agar menghasilkan konten yang keren dan mendapatkan perhatian pengguna social media.

photo1656495127

Di sisi lain, anda juga bisa menggunakan twitter thread sebagai media promosi seperti yang dilakukan oleh akun @somethinc dimana akun ini mempromosikan salah satu produknya sambila menjelaskan keuntungan yang akan di dapatkan oleh konsumen menggunakan twitter thread.

Guna menarik perhatian pengguna twitter untuk melirik thread yang anda buat maka anda bisa menggunakan tambahan visual seperti gambar atau video agar tampilan thread anda menjadi lebih menarik.

Di sisi lain, anda juga bisa membahas topik yang sedang ramai di kalangan komunitas anda untuk mendekatkan interaksi satu sama lain serta mengenalkan fokus yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat thread dari topik yang sedang naik daun dan memiliki kesamaan masalah dengan industri yang anda jalani.

photo1656495700

Salah satunya akun twitter @justika_id yang membahas tweet yang sedang viral dan kemudian disambungkan dari sisi hukum sehingga pembacanya bisa memahami masalah yang dihadapi dengan kasus yang sebenarnya.

Membuat twitter thread dari topik yang sedang naik daun juga dapat membantu konten anda lebih mudah viral dibaca oleh pengguna twitter.

Konten Promosi Pekerjaan

Salah satu fungsi lain dari menggunakan twitter adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

Hal ini bisa dilakukan mengingat anda bisa unjuk kebolehan dengan mengunggah hasil karya anda di twitter baik berupa tulisan, gambar, dan video.

Selain itu, banyak juga akun twitter bisnis yang mempromosikan lowongan pekerjaan yang tengah di buka untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan.

Kreator bisa memasang iklan promosi pekerjaan secara langsung dengan menggunakan hastag agar mudah ditemukan oleh pengguna twitter.

Anda juga bisa meminta promosi dari akun twiter lain untuk mempromosikan tweet lowongan pekerjaan anda untuk mendapatkan perhatian lebih.

photo1656496170

Salah satunya yang dilakukan oleh akun twitter @hrdbacot yang mempromosikan lowongan pekerjaan dari pengguna twiter lain yang melakukan mention pada akun tersebut.

Konten Motivasi

Saat twitter pertama kali ramai di kalangan pengguna internet indonesia, banyak sekali remaja yang menggunakan twitter dan membagikan tweet motivasi atau quotes galau yang mendapatkan banyak perhatian dari pengguna twitter.

Meskipun era tersebut sudah berlalu namun membagikan konten quote masih menjadi daya tarik tersendiri di mata pengguna twitter apalagi jika konten twitter tersebut berkaitan dengan masalah yang dihadapi.

Karenanya membagikan konten quote sesekali juga bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki serta membuka kesempatan untuk menjangkau pengguna twitter yang lebih luas.

Di sisi lain, banyak juga akun twitter yang terkenal bahkan menjadi influencer di twitter berkat membagikan konten quote secara rutin.

photo1656496675 1

Salah satunya adalah akun twitter @liftyourmind yang membagikan konten pengembangan diri sebagai motivasi bagi pembacanya untuk melakukan perbaikan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Akun twitter ini juga membagikan quotes dalam bentuk thread sehingga memudahkan pengguna twitter untuk membaca konten quotes dalam jumlah banyak serta berurutan.

photo1656496962

Akun twitter @divestudios juga terkadang membagikan quote dari bintang tamu yang telah mendatangi acara podcast yang dimiliki untuk menaikkan interaksi dengan pengguna twitter dan juga mendekatkan diri dengan pengikut yang dimiliki.

Jika kreator kehabisa ide konten twitter maka postingan quote ini bisa diunggah sebagai selingan dengan mencari quote yang general dan relevan dengan konsumen yang anda miliki.

Sumber :

17 Engaging Ideas for What to Post on Twitter | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *