fitur twitter terbaru

Fitur-fitur Twitter Analytics dan Penggunaannya

Kenali lebih dekat fitur twitter analytics untuk maksimalkan potensi dari akun twitter business yang anda miliki.

Saat mengembangkan sebuah akun twitter tentunya kreator tidak hanya membagikan konten yang berkaitan dengan produk yang anda miliki.

Namun, kreator juga sebaiknya memahami tipe konten serta topik yang disukai oleh konsumen anda sehingga dapat membantu menaikkan popularitas akun twitter business.

Salah satu kunci rahasia untuk menaikkan potensi social media anda adalah dengan memahami fitur dan cara kerja twitter analytics.

Hal ini dilakukan mengingat twitter analytics memiliki berbagai informasi mengenai minat konsumen serta mengidentifikasi tweet yang viral sehingga dapat digunakan sebagai ciri khas akun twitter yang anda kembangkan.

Karenanya guna menaikkan performa akun twitter anda berikut layanan yang disediakan oleh twitter analytics serta penggunaanya dalam analisa sehari-hari.

twitter analytics

Pengertian Twitter Analytics

Bagi kreator yang menggunakan akun business tentunya tidak asing dengan layanan analisa dimana anda akan diberikan data mengenai performa akun social media dalam jangka waktu tertentu.

Melalui informasi inilah kreator dapat mengelola data yang dimiliki menjadi strategi marketing yang tepat agar dapat menjangkau konsumen yang sesuai serta mengenalkan produk yang dimiliki ke pengguna social media lainnya.

Twitter sendiri juga memiliki layanan analisa bernama twitter analytics dimana pengguna akan disajikan dashboard berupa analisa data dari tweet yang anda unggah.

Tidak hanya itu, twitter analytics juga mengizinkan penggunanya untuk melacak dan melihat metrik akun twitter anda, seperti kenaikan atau penurunan pengikut, impresi, engagement rate, retweets, dan lain sebagainya.

Berbagai tools yang diberikan twitter analytics tentunya bisa digunakan oleh akun twitter personal atau business.

Penggunaan twitter analytics juga dapat membantu kreator dalam menentukan pilihan yang tepat untuk strategi social media serta optimasi campaign twitter untuk mendapatkan hasil yang lebih baik serta mendapatkan lebih banyak pengikut secara organik.

Tidak hanya itu, menggunakan layanan twitter analytics juga memberikan pengguna twitter berbagai keuntungan yang tidak terduga.

keuntungan twitter analytics

Keuntungan Twitter Analytics

Twitter analytics menyajikan berbagai fitur serta informasi yang tentunya berguna untuk pengembangan akun twitter serta strategi marketing di twitter.

Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan layanan twitter analytics :

Mengetahui Keinginan Audience

Saat pertama kali membuka akun twitter mungkin kreator akan bingung mengenai konten yang cocok bagi konsumen yang dituju.

Mengikuti berbagi topik twitter yang berkaitan serta menganalisa konten yang viral di kalangan komunitas bisa menjadi cara yang bagus untuk mengetahui keinginan audience.

Seiring dengan berjalannya waktu, kreator tidak hanya bisa menganalisa keinginan konsumen melalui timeline twitter namun dari twitter analytics.

Melalui layanan twitter analytics, anda akan menemukan audience insight mengenai tweet yang menarik perhatian konsumen dan respon yang di dapatkan. Salah satunya adalah tipe konten serta fitur yang disukai oleh target audience yang dimiliki.

Tanpa data tersebut, tentunya kreator akan merasa bingung dalam menentukan tipe konten yang sesuai serta memiliki dampak yang baik bagi konsumen serta akun twitter yang anda miliki.

Melacak Perkembangan Akun Twitter

Sudah mengembangkan akun twitter dan ingin mengetahui hasil yang di dapatkan? Anda bisa melihat performa akun twitter anda melalui fitur twitter analytics.

Melalui layanan twitter analytics ini kreator tidak perlu menghitung hasil engagement dari masing-masing tweet yang telah diunggah namun cukup melihat data yang disajikan oleh twitter analytics.

Kreator juga bisa melacak kenaikan atau penurunan pengikut dalam jangka waktu tertentu serta melihat tren pertumbuhan dari waktu ke waktu.

Dengan analisa data yang disajikan maka kreator bisa mengetahui tipe konten yang dapat membawa anda menaikkan pengikut dengan lebih efektif dan organik.

Ketahui Waktu Aktif Konsumen

Setiap social media memiliki kebiasaan yang sama yakni memanfaatkan waktu aktif konsumen untuk mengunggah konten.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan konten di waktu penayangan awal sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal setelahnya.

Dengan memanfaatkan waktu aktif konsumen juga akan membiasakan konsumen untuk melihat konten pada waktu tertentu sehingga menyediakan waktu untuk melihat konten sampai habis serta memberikan apresiasi berupa interaksi pada konten yang telah diunggah.

Kebiasaan ini juga digunakan oleh kreator twitter dengan mengunggah tweet pada waktu aktif konsumen sehingga mendapatkan interaksi yang diinginkan guna meningkatkan engagement konten.

Guna memudahkan kegiatan kreator dalam mengunggah konten maka twitter juga menyediakan fitur waktu aktif konsumen di layanan twitter analytics.

Dengan twitter analytics maka kreator dapat mengetahui tweet yang mendapatkan interaksi paling banyak serta melihat alur waktu yang biasa digunakan oleh pengguna twitter.

Namun bagi akun twitter baru yang belum memiliki informasi tersebut di layanan twitter analytics maka bisa mengunggahnya di pagi hari sebelum mulai kegiatan, siang hari saat istirahat siang, atau malam hari ketika pengguna twitter memiliki waktu istirahat yang lebih panjang.

fitur twitter analytics

Fitur-Fitur Twitter Analytics

Saat menggunakan layanan twitter analytics mungkin saja kreator akan bingung mengenai fitur yang disediakan serta cara membaca data yang diberikan.

Karenanya berikut beberapa fitur yang disediakan oleh twitter analytics serta informasi yang diberikan.

Dashboard Page

Fitur dashboard merupakan halaman yang anda lihat pertama kali saat membuka layanan twitter analytics. Beberapa informasi yang diberikan oleh halaman dashboard adalah :

Top Tweet : Tweet yang mendapatkan perhatian dari pengguna twitter berdasarkan jumlah impresi yang di dapatkan.

Top Mention : Jumlah balasan tweet dan penyebutan akun twitter anda di tweet lain yang dihitung dari jumlah impresi dalam jangka waktu tertentu.

Top Media Tweet : Foto atau video yang mendapatkan banyak tanggapan dari pengguna twitter. Data inilah yang bisa digunakan oleh kreator untuk mengembangkan tweet dengan media yang sama.

Top Followers : Pengikut akun twitter anda yang juga memiliki jumlah pengikut yang banyak. Informasi ini juga bisa anda gunakan sebagai infromasi influencer yang bisa digunakan untuk kolaborasi promosi campaign atau produk.

Berbagai informasi yang anda dapatkan di halaman dashboard telah dirangkum dalam jangka waktu 28 hari.

Kinerja bulanan ini juga akan membantu anda dalam mengukur kinerja pertumbuhan akun twitter dari waktu ke waktu.

Kreator juga bisa memanfaatkan berbagai data dari twitter analytics untuk meningkatkan engagement, seperti membagikan kembali top mention tweet menggunakan layanan kutip tweet dengan tambahan caption yang berbeda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memulai percakapan dengan akun twitter tersebut dengan mengucapkan rasa terima kasih serta melakukan permintaan yang mereka inginkan.

Keuntungan lain dari menggunakan dahsboard page adalah data yang diambil selalu diperbarui tepat waktu sehingga anda akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai performa akun twitter anda.

twitter analytics3

Tweet Page

Halaman twitter analytics selanjutnya adalah tweet page dimana kreator dapat melihat impresi konten dalam waktu sebulan.

Beberapa data yang disajikan oleh halaman tweet page adalah engagement rate, link clicks, retweet, likes, serta replies.

twitter analytics5

Namun apabila kreator ingin mengetahui kinerja sebuah tweet yang viral maka kreator bisa melakukan klik pada tweet tersebut sehingga anda akan disajikan data berupa statistik engagement yang lengkap.

Informasi yang disajikan dalam jangka waktu sebulan tentunya lebih mudah dianalisa dibandingkan harus menganalisa satu persatu konten yang diberikan setiap hari secara manual.

Trend data inilah yang akan memberi tahu anda kesuksesan dari strategi serta campaign yang jalankan dalam waktu sebulan.

Hal ini dilakukan mengingat trend social media yang berjalan dengan cepat sehingga kreator sebaiknya fokus dalam mengadaptasi trend yang selalu berubah setiap waktu.

Video Page

Dalam mengunggah sebuah tweet, kreator tidak hanya bisa memberikan tulisan saja namun menambahkan konten gambar dan video singkat guna menjadikan tweet lebih menarik sehingga meningkatkan engagement tweet.

Penggunaan foto dan gambar juga dapat membantu menjelaskan isi tweet dengan mudah sehingga dapat dipahami oleh pengguna twitter yang membaca tweet tersebut.

Adanya fitur video juga menjadikan twitter membuat halaman twitter analytics khusus bernama video page.

Melalui halaman ini kreator dapat melihat kinerja konten video yang telah anda unggah dari Twitter Media Studio atau iklan video twitter.

Video Page ini tentunya akan merangkum performa iklan twitter yang anda tayangkan dalam jangka waktu tertentu sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk mengubah iklan atau mempertahakannya sebagai bagian dari promosi campaign.

Sama seperti tweet page, kreator juga akan mendapatkan beberapa informasi dari halaman video, diantaranya : views, jumlah penonton yang menonton video hingga akhir, total menit video yang dilihat, serta retention rate.

Conversion Page

Saat mengunggah sebuah tweet di akun twitter anda tentunya kreator tidak hanya melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki namun melakukan promosi produk atau campaign yang sedang dijalankan.

Dalam menjalankan promosi tersebut biasanya kreator mencantumkan link yang dapat membawa konsumen ke halaman website atau market place yang dimiliki.

Guna menganalisa kinerja tweet promosi yang anda unggah maka kreator bisa menggunakan halaman konversi untuk melihat jumlah pengguna twitter yang masuk ke halaman yang anda promosikan.

twitter analytics6

Cara menganalisa konversi halaman pun cukup mudah, kreator cukup masuk ke halaman twitter conversion tracking yang ada di website twitter kemudian anda dapat melihat berbagai informasi yang dibutuhkan serta mengubahnya ke dalam file CSV.

Halaman konversi ini juga cocok digunakan bagi kreator yang ingin melihat kinerja iklan twitter yang anda tayangkan setelah waktu sebulan.

Capture 24

Business Insight Dashboard

Halaman twitter analytics yang bisa digunakan oleh akun twitter pribadi dan business tentunya akan menyajikan data yang kurang lengkap bagi halaman akun twitter business.

Karenanya twitter juga merilis halaman twitter analytics khusus untuk akun business dengan nama Business Insight Dashboard.

Capture 25

Pada halaman ini, pengguna twitter akan disajikan beberapa informasi penting seperti cara memulai di twitter, meningkatkan kehadiran secara organik, promosi di twitter melalui iklan.

Berbagai tutorial yang diberikan tentunya akan memudahkan kreator dalam memulai promosi di twitter melalui akun twitter business serta mendapatkan informasi terbaru mengenai pembaruan twitter yang tentunya bisa digunakan di akun yang anda miliki.

Cara mengakses halaman ini juga mudah, kreator cukup masuk ke halaman pengaturan kemudian masuk ke fitur advertising dan kemudian analytics.

Kreator cukup scroll ke halaman paling bawah dan masuk ke Business Insights Dashboard dimana kreator akan masuk ke dashboard tersebut dan menemukan berbagai informasi yang diinginkan.

Tipe-tipe Engagement Twitter

Engagement tweet yang tinggi bukan berarti telah menghasilkan tweet yang sukses, apalagi jika tweet anda hanya mendapatkan interaksi tanpa adanya call to action ke ajakan yang anda berikan.

Karenanya untuk meningkatkan nilai bisnis anda maka kreator bisa mempelajari beberapa twitter engagement berikut untuk mengetahui tipe-tipe engagement yang sesuai.

Retweet

Saat melihat tweet yang anda sukai tentunya pengguna twitter ingin melihat pengikutnya juga melihat tweet yang sama, di tambah lagi sebagian besar pengikut di twitter berasal dari komunitas yang sama.

Sebuah tweet yang menarik perhatian pengguna twiter juga bisa disebarkan dengan ikon retweet sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Tidak hanya itu, pengguna twitter juga bisa membalas sebuah tweet dengan fitur kutip tweet agar balasan tersebut menjangkau lebih banyak orang serta masuk ke halaman profile twitter.

Likes

Dalam memberikan apresiasi ke sebuah tweet maka kreator tidak hanya memberikan tanda retweet namun juga likes yang mengindikasikan bahwa tweet tersebut sesuai dengan minat anda.

Keunikan dari memberikan tanda likes pada sebuah tweet adalah konten tersebut akan tersimpan ke halaman khusus sehingga pengguna twitter juga bisa melihat tweet tersebut berulang kali tanpa perlu tenggelam oleh tweet lain.

Link Clicks

Saat melakukan promosi campaign atau produk tentunya kreator akan mencantumkan link tertentu yang bisa diakses oleh konsumen apabila tertarik pada produk yang dipromosikan.

Apabila konsumen tertarik dengan tweet promosi anda maka akan semakin banyak orang yang mengakses halaman website anda untuk sekedar melihat halaman website atau membeli produk yang anda tawarkan.

Detail Expands

Pengguna twitter yang aktif biasanya akan membuat beberapa tweet yang berisi tentang curahan hidup sehari-hari atau berisi minat yang ditekuni sehingga bisa dibaca oleh pengikut yang dimiliki.

Sayangnya twitter memiliki keterbatasan dalam jumlah tweet sehingga pengguna twitter harus menulis tweet yang banyak sekaligus untuk mencurahkan isi hati dan pikiran.

Untungnya twitter telah mengeluarkan fitur thread dimana pengguna twitter dapat menulis tweet secara berurutan sehingga memudahkan pengikutnya dalam membaca tweet yang telah diunggah.

Detail expand juga sebagai tanda penasaran konsumen yang melihat thread anda sehingga semakin banyak orang yang melakukan klik pada twitter thread maka tanda bahwa tweet anda menarik perhatian banyak orang.

Informasi detail expand juga diperoleh dari banyaknya orang yang mengomentari tweet yang telah anda buat.

Profile Clicks

Saat sebuah tweet viral dan menjangkau pengguna twitter yang menjadi target konsumen anda maka akan membuka kesempatan untuk mendapatkan pengunjung halaman profile twitter.

Hal ini dilakukan untuk melihat kelanjutan tweet yang telah anda buat atau timbul rasa penasaran pada akun twitter yang tengah menjadi perbincangan banyak orang.

Ketenaran akun twitter yang bisa datang kapan saja sebaiknya dipersiapkan oleh kreator dengan memberikan infromasi yang detail mengenai halaman twitter anda guna memberikan informasi mengenai akun twitter yang anda kembangkan.

Media Engagements

Tidak hanya tweet yang mendapatkan banyak perhatian dari pengguna twitter namun media engagements dari foto dan video juga dapat meningkatkan engagement konten,

Pada media engagements maka kreator dapat melihat jumlah interaksi yang di dapatkan dari sebuah foto atau video yang telah diunggah dan mendapatkan atensi dari pengguna twitter.

traffic 1597342 640

Cara Menggunakan Twitter Analytics

Layanan twitter analytics bisa digunakan di berbagai macam gadget baik personal computer atau handphone. Berikut cara mengakses fitur twitter analytics di dua tempat tersebut.

Twitter Analytics di Handphone

Pada aplikasi twitter di handphone, kreator tidak bisa melihat dashboard analisa namun anda hanya akan melihat hasill analisa dari masing-masing tweet.

Cara mengakses twitter analytics di handphone adalah dengan melakukan klik pada sebuah tweet kemudian klik view tweet activity.

Twitter Analytics di Desktop

Di sisi lain, kreator bisa mendapatkan hasil analisa performa akun twitter lebih lengkap dengan mengakses twitter analytics di dekstop.

Cara melihat informasi yang disediakan oleh twitter analytics di dekstop adalah buka akun twitter terlebih dahulu kemudian klik ikon analytics dimana kreator nantinya akan dibawa ke halaman dashboard analytics.

graphic 1142957 640

Fitur Metrik di Twitter Analytics

Dalam menganalisa performa akun twitter maka pengguna twitter juga bisa mengiringi dengan beberapa metrik yang bisa diakses pada layanan twitter analytics.

Informasi berikut juga bisa kreator dapatkan di halaman insight di twitter atau website social media manager.

Twitter Hastag Analytics

Pada analisa hastag ini kreator bisa menganalisa jumlah impresi yang di dapatkan dari jumlah pengguna twitter yang melihat tweet anda.

Analisa impresi ini penting untuk mengetahui jumlah pengguna twitter yang tertarik pada tweet anda yang dikombinasikan pada interaksi yang anda dapatkan pada setiap tweet di akun twitter anda.

Terkadang, impresi yang di dapatkan juga berasal dari kombinasi hastag yang telah anda gunakan pada tweet tertentu.

Top Tweet

Saat kreator telah menemukan konten yang tepat maka bisa saja tweet anda mendapatkan perhatian dari pengguna twitter sehingga bisa menjangkau konsumen yang anda inginkan.

Pada layanan twitter analytics, anda akan diberikan data mengenai tweet yang viral di setiap bulannya, kreator juga bisa mengurutkan tweet yang mendapatkan engagement rate tertinggi.

Informasi ini juga akan memberikan infromasi mengenai tweet yang disukai oleh konsumen sehingga memberikan interaksi yang tinggi pada konten yang telah anda unggah.

Twitter Followers Analytics

Jumlah pengikut tentunya penting bagi social media sebagai bukti bahwa akun twitter anda disukai oleh konsumen yang dituju.

Di sisi lain, jumlah pengikut terkadang mengalami kenaikan atau penurunan tergantung dari minat pengguna twitter pada akun yang telah diikuti.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengecek tingkat kenaikan atau penurunan pengikut melalui twitter followers analytics.

Pada layanan ini kreator bisa melihat jumlah pengikut yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu dimana informasi tersebut tersedia pada layanan dashboard dan halaman tweet.

Pengukuran jumlah pengikut ini penting sebagai sinyal kenaikan akun twitter bersamaan dengan metrik engagement yang anda dapatkan.

Top Followers

Sebuah akun twitter yang terkenal dan mendapatkan perhatian dari pengguna twitter mungkin saja diikuti oleh pengguna twitter yang memiliki lebih banyak pengikut dibandingkan akun anda.

Jumlah pengikut yang lebih banyak ini juga bisa dimanfaatkan sebagai media kolaborasi promosi campaign untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Guna mengetahui akun twitter dengan pengikut terbanyak maka kreator bisa menemukan informasi melalui layanan top followers yang selalu memperbarui infrormasi pengikut terbaru setiap bulannya.

New Followers

Kreator juga bisa menganalisa jumlah pengikut yang bertambah setiap bulannya guna mengetahui performa akun twitter yang anda jalankan.

Sumber :

How to Use Twitter Analytics: The Complete Guide (buffer.com)

How to Use Twitter Analytics: The Complete Guide for Marketers (hootsuite.com)

The Straightforward Guide to Twitter Analytics (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *