7 1

3 Langkah Daftar Affiliate Shopee Untuk Tambah Penghasilan

Kelelahan saat melakukan transportasi dari rumah ke tempat kerja atau keinginan untuk menambah penghasilan walau hanya berdiam diri di rumah membuat banyak orang mencari alternatif lain untuk menambah penghasilan.

Untungnya di masa internet yang berkembang pesat, keinginan ini bisa dilakukan. Salah satu pekerjaan yang saat ini bisa dilakukan dari rumah dengan penghasilan yang lumayan adalah menjalani affiliate di bebagai platform yang ada.

Affiliate marketing saat ini mulai naik daun berkat kemudahannya dalam mendapatkan uang dari internet. Banyak sekali influencer atau selebriti yang memiliki banyak pengikut melakukan affiliasi marketing dengan membuka jasa paid promote dan endorsement.

Akan tetapi, bagi seseorang yang tidak memiliki pengikut yang banyak juga bisa melakukan afiliasi marketing dengan bergabung di berbagai program affiliate yang dilakukan oleh berbagai market place.

Hasil dari afiliasi yang lumayan ini, juga bisa membantu untuk menenuhi berbagai kebutuhan. Tidak sedikit, dari ibu rumah tangga yang berhasil menambah uang dapurnya dari hasil menjadi anggota affiliate.

Cara kerja affiliate marketing secara singkat yaitu pengguna membantu penjual dengan melakukan affiliasi untuk menyampaikan produk kepada konsumen dan pembeli baru.

Sementara untuk pembayaran jasa afiliasi ini, pengguna mendapatkan hasil dari afiliasi melalui dua metode pembayaran yang bisa dipilih yaitu pembayaran di muka atau pembayaran setelah project afiliasi telah selesai dilaksanakan.  

Proses pembayaran yang mudah serta menguntungkan dari segi promosi,  tentu saja menjadikan timbal balik yang seimbang diantara penjual dan pembeli. Pedagang mendapat hasil dari terjualnya produk lebih banyak serta pengguna yang mendapatkan hasil dari affiliasi.

Bagi penjual yang masih bingung dalam melakukan pemasaran, metode ini bisa dicoba agar penjualan semakin meningkat meskipun tidak melakukan berbagai promosi namun dengan bantuan afiliasi yang dimiliki.

Selain itu dengan melakukan afiliasi marketing, penjual bisa mengurangi resiko kesalahan dalam melakukan strategi marketing sehingga dapat mengurangi biaya marketing yang dilakukan.

Sedangkan bagi pengguna yang memiliki kemampuan lebih dalam membuat berbagai konten social media serta jago dalam promosi barang, afiliasi marketing bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Salah satu affiliasi yang saat ini menarik perhatian dan mulai digunakan oleh banyak orang adalah affiliate shopee. Sebagai salah satu market place yang memiliki puluhan ribu pedagang dan pembeli, tentu saja menjadi tantangan tersendiri agar bisa bertahan dan meningkatkan ranking toko di shopee.

Selain melalui promosi di social media, penjual bisa melakukan afiliasi agar pembeli baru bisa datang melalui link afiliasi yang disebarkan anggota. Semakin banyak link yang dibagikan maka hasilnya pun akan lebih banyak di dapatkan.

Berbagai keuntungan yang ditawarkan tentunya harus dibarengi dengan strategi yang tepat dan mengetahui cara mendaftar sebagai affiliate shopee agar hasil yang di dapatkan pun maksimal

mengaoa harus mendaftar affiliate shopee

Mengapa Harus Mendaftar Affiliate Shopee

Berbelanja secara daring kini menjadi kesukaan banyak orang. Kemudahannya dalam memesan barang dan memilih kriteria produk yang diinginkan menjadikan kegiatan ini disukai oleh banyak orang.

Kegiatan berbelanja secara online ini juga ditunjang dengan munculnya berbagai platform market place yang menunjang proses jual beli. Salah satunya adalah perusahaan jual beli online asal Singapura bernama Shopee.

Sejak awal kemunculannya, platform ini menarik perhatian banyak orang berkat banyaknya voucher gratis ongkir dan juga potongan harga yang tentu saja menggiurkan. Hal ini menjadikan aplikasi Shopee sebagai salah satu aplikasi yang banyak diunduh dan digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, banyaknya pengunjung dan pengguna akun Shopee tidak menjadikan banyak penjual untung lebih cepat malah bisa tutup lebih cepat karena tidak mengetahui strategi marketing yang tepat untuk berjualan.

Beruntungnya affiliate marketing datang dan membantu banyak penjual tanpa perlu memikirkan berbagai strategi marketing yang tepat dan cukup untuk meminta banyak orang untuk menjadi affiliasi dari akun yang dimiliki.

Hal ini juga depat menurunkan jumlah biaya pemasaran yang dimiliki sehingga bisa dialihkaan untuk keperluan lainnya. Karenanya menjadi afiliate Shopee tentunya lebih menguntungkan dibandingkan platform lainnya.  

Sedangkan dari sisi pengguna affiliate shopee, pemilik akun afiliasi diuntungkan dengan banyaknya orang yang sudah mengenal berbagai produk dari market place ini sehingga lebih mudah mendapatkan konsumen untuk menggunakan link dari afiliasi yang disebarkan.

Beragam penjual yang menawarkan berbagai produk yang menarik dan berguna untuk meringankan beban hidup membuat pengguna lebih mudah untuk menentukan barang yang ingin dipromosikan sehingga tidak melulu berfokus pada satu barang tertentu.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih toko mana yang memiliki harga rendah namun dengan kualitas barang terbaik sehingga mendatangkan banyak konsumen ke link afiliasi yang dimiliki.

keuntungan menjadi affiliate shopee

Keuntungan Menjadi Affiliate Shopee

Siapa disini yang hobi membuka aplikasi Shopee dari pagi hingga malam? Jika anda adalah salah satunya maka mengikuti program afiliasi ini bisa dilakukan untuk menambah penghasilan dibandingkan menghabiskannya untuk berbelanja.

Bagi pengguna yang ingin memulai menjadi affiliate Shopee, ketahui dulu beberapa keuntungan yang akan di dapatkan setelah aktif menjadi afiliasi.

Komisi dari Affiliate Shopee

Shopee sendiri menawarkan berbagai keuntungan yang bisa di dapatkan selama menjadi member affiliasi. diantaranya adalah penghitungan komisi yang lumayan dengan hanya memiliki social media yang aktif.

Dalam penghitungannya sendiri, pengguna baru akan mendapatkan komisi sebesar 10% dari banyaknya orang yang masuk ke link affiliate shopee yang disebarkan.

Semakin banyak link yang disebar dan tingginya konsumen yang masuk maka komisi yang di dapatkan pun semakin banyak. Hal ini tentu tidak memerlukan modal yang besar untuk melakukan promosi.

Promosi Tanpa Terikat Waktu

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan proses promosi dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu.

Pengguna juga bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan berbagai fitur yang ada di social media untuk membuat konten yang menarik sehingga akan memancing lebih banyak konsumen baru agar datang dan mengunjungi link yang diberikan.

Tak hanya itu, pengguna affiliate shopee juga memiliki kebebasan dalam memilih social media yang digunakan untuk promosi tergantung dari platform mana yang lebih dikuasai dan cocok untuk dikembangkan sebagai afiliasi.

Disaat konten social media afiliasi yang dimiliki sudah semakin terkenal dan cepat tersebar maka komisi yang didapatkan akan lebih cepat datang meskipun pengguna sedang tidur sekalipun.

Hasil dari afiliasi marketing pun tidak main-main bahkan banyak orang yang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup serta keinginannya hanya dengan menjadi affiliate shopee. Hal ini yang menjadikan affiliate shopee sebagai sumber pendapatan pasif baru yang bisa dimaksimalkan.

Jadi, sudahkah tertarik untuk menjalani afiliasi marketing ini?

persyaratan menjadi affiliate shopee

Persayaratan Menjadi Affiliate Shopee

Selain banyaknya keuntungan pasif yang bisa di dapatkan dari rumah, proses menjadi affiliate Shopee pun sangatlah mudah dan hanya membutuhkan handphone yang dipakai sehari-hari.

Pengguna hanya perlu membuat akun shopee yang aktif guna mendapatkan custom link. Pastikan juga akun yang digunakan adalah milik pribadi. Selanjutnya adalah memiliki akun social media yang aktif, beberapa platform yang bisa digunakan adalah Instagram, Tiktok, dan juga Facebook.

Ketiga platform tersebut memiliki kesamaan fitur yang bisa digunakan untuk proses promosi di Shopee. Pengguna bisa mengandalkan konten siaran langsung, foto carousel, dan juga video pendek agar konsumen dapat melihat berbagai produk yang ditawarkan.

Apabila sudah memiliki kedua akun tersebut pengguna bisa langsung mendaftar untuk menjadi bagian dari affiliate Shopee.

cara mendaftar affiliate shopee

3 Langkah Mendaftar Affiliate Shoppe

Berbagai keuntungan dan kemudahan untuk bergabung menjadi affiliate shopee menjadikan banyak orang bergabung untuk menambah penghasilan dengan bergabung di program afiliasi ini.

Affiliate shopee tentu saja cocok bagi orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan meskipun tidak keluar rumah atau sedang sibuk dengan pekerjaan utama namun masih ingin mendapatkan penghasilan sampingan dari internet.

Daftarkan Diri di Program Afiliasi Shopee

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke menu browser yang ada di handphone atau gadget. Pastikan juga jaringan internet dalam kondisi baik sehingga bisa masuk ke dalam webiste dan juga proses pendafataran menjadi lancar.

Setelah itu, pengguna bisa mengetikkan Shopee Affiliate Program. Pengguna akan menemukan banner yang bertuliskan Daftar Disini dan klik banner tersebut agar bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Selanjutnya pengguna akan masuk ke browser baru lagi dan menemukan banner yang bertuliskan Masuk Sekarang, klik banner tersebut yang akan membwa ke proses selanjutnya.

Pengguna akan diberikan pilihan untuk Sign Up melalui berbagai pilihan, bisa dengan akun Facebook, Google, atau Apple. Pengguna juga bisa menggunakan nomor telefon pribadi atau khusus untuk mendaftar sebagai affiliate shopee.

Pengguna akan diarahkan untuk melakukan proses verifikasi. Setelahnya, pihak Shopee akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau alamat email yang telah di daftarkan.

Pengguna tinggal memasukkan kode tersebut dan selanjutnya diarahkan dalam membuat password akun affiliate shopee.

Dalam pembuatan password untuk akun affiliate Shopee pastikan bahwa kata sandi mudah dihafal oleh pengguna sehingga bisa lebih mudah masuk ke dalam akun yang dibuat.

Biasanya, pengguna menggunakan tanggal lahir sebagai isi dari kata kunci namun hal ini sebaiknya dihindari karena lebih mudah ditebak serta bisa dimasuki orang lain secara mudah. Gunakan perpaduan sandi yang hanya bisa diketahui oleh pengguna sehingga lebih aman.

Pengguna juga disarankan untuk tidak menyebarkan nomor OTP atau kata sandi ke orang lain agar tidak disalahgunakan dan akhirnya menyebabkan kerugian bagi pengguna sendiri.

Pilih Produk yang ingin diulas

Setelah selesai dalam pembuatan akun affiliate shopee, pengguna bisa melanjutkan dengan memilih produk yang ingin diusal. Disarankan untuk memilih produk dari toko yang telah memiliki ranking Star, Star+, serta Shopee Mall.

Hal ini dilakukan agar konsumen lebih percaya untuk membuka link affiliate shopee yang disebarkan dan berbelanja di toko tersebut. Berbeda dengan akun terbaru yang masih dipertanyakan keaslian barangnya.

Disaat memilih produk sebaiknya pilih barang yang sering digunakan sehari-hari namun dijual dengan harga murah. Beberapa rekomendasi yang bisa dipilih adalah peralatan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, serta produk fashion yang sering dicari banyak orang.

Pengguna juga bisa memilih berbagai produk unik sehingga menarik perhatian lebih banyak orang. Jangan lupa juga untuk melihat ulasan produk sebagai referensi untuk memasarkan produk yang dipilih nanti di social media.

Dapatkan dan Sebarkan Link Custom

Setelah menemukan produk yang tepat disertai dengan ulasan yang akurat, selanjutnya pengguna bisa mendapatkan custom llink produk yang ada di halaman produk aplikasi Shopee. Setelahnya, pengguna bisa klik salin tautan untuk mendapatkan custom link.

Pengguna bisa menyebarkan link tersebut ke social media yang dimiliki, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan juga Tiktok. Agar mempermudah dalam penyebaran link, pengguna bisa menggunakan wesbite Linktree untuk mengelompokkan link shopee yang dimiliki.

Penggunaan konten yang menarik dengan deskripsi yang jelas akan membuat banyak orang tertarik untuk melakukan klik pada link affiliate shopee yang telah disebarkan.

Terima Pembayaran Komisi

Setelah berbagai promosi yang dilakukan dan membuat konsumen masuk ke dalam link yang dibuat pengguna akan mendapatkan komisi dari pihak Shopee.

Pembayaran komisi dilakukan pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Pengguna akan mendapatkan hasil setelah komisi yang di dapatkan mencapai Rp.10.000 jika belum maka akan ditunda sampai mendapatkan minimal keuntungan yang dipatok oleh Shopee.

Pengguna yang aktif dan mendapatkan komisi diatas 1.000,000 bisa mengirimkan hasilnya ke akun bank yang dimiliki, namun pastikan sudah melengkapi berbagai persyaratan dokumen yang diminta agar proses pembayaran bisa lebih lancar.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan oleh pengguna agar komisi affiliate shopee bisa turun adalah buku tabungan atau tangkapan layar dari Mobile banking berisi keterangan nama dan nomor rekening yang dimiliki serta Nomor Pokok Wajib Pajak.

Meskipun tidak wajib memiliki NPWP namun pengguna akan mendapatkan potongan komisi sesuai dengan tarif pajak progressif PPH 21 yang berlaku dan bisa berubah sesuai dengan peraturan yang ada.

Karenanya disarankan untuk membuat akun NPWP yang bisa dibuat secara mudah melalui website Ditjen Pajak atau datang ke kantor pajak dengan membawa berbagai dokumen yang diperlukan untuk dibantu dalam pembuatan NPWP.

strategi agar keuntungan affiliate shopee meningkat

Strategi agar Keuntungan Affiliate Shopee Meningkat

Sebagai seorang affiliate shopee, pengguna juga harus memikirkan strategi konten yang tepat agar link yang dimiliki bisa lebih banyak dikunjungi banyak orang sehingga mendatangkan komisi yang lebih besar.

Beberapa strategi berikut bisa dilakukan agar link affiliate shopee yang dimiliki mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Maksimalkan Berbagai Fitur di Social Media

Saat ini social media menjadi tempat promosi yang bagus dan digunakan oleh banyak orang. Selain bisa dilakukan secara gratis, pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada untuk menarik lebih banyak konsumen.

Hal ini tentu saja juga bisa dimanfaatkan oleh affiliate shopee agar pengunjung link afiliasi semakin banyak sehingga menambah komisi yang di dapatkan. Beberapa fitur di social media yang bisa digunakan adalah fitur siaran langsung, foto carousel, dan juga video pendek.

Malalui fitur siaran langsung pengguna dapat memberikan testimoni mengenai barang yang dipromosikan di affiliate shopee. Tak hanya itu, adanya interaksi antara konsumen dan penjual juga diyakini dapat meningkaykan kepercayaan penjual terhadap produk yang akan di pasarkan.

Sayangnya disaat menggunakan fitur ini pengguna harus menggunakan barang asli sehingga harus merogoh dana untuk membeli dan melakukan ulasan secara langsung.

Selain itu, pengguna juga harus siap dengan gadget yang mumpuni agar hasil dari siaran langsung menjadi lebih bagus dan sanggup melakukan siaran langsung dalam waktu berjam-jam.

Apabila pengguna belum memiliki dana untuk membeli gadget yang bagus maka bisa membeli peralatan yang dapat mendukung untuk melakukan siaran langsung, seperti ring light agar cahaya yang dihasilkan semakin bagus serta power bank untuk mengisi daya selama siaran langsung.

Salah satu konten yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna adalah foto carousel dan juga video ulasan. Kedua konten tersebut bisa di dapatkan di internet dengan mudah. Pastikan juga barang yang diulas sama dengan yang akan dipromosikan sehingga konsumen akan lebih percaya.

Pemberian deskripsi yang lengkap serta jelas juga akan membantu pembeli untuk mengetahui kondisi dan harga barang yang akan dibeli. Deskripsi ini bisa ditulis di foto atau pada bagian caption. Gunakan juga kalimat call to action agar pengguna semakin yakin untuk masuk ke link yang dituju.

Pengguna juga sebaiknya memastikan apakah foto dan video yang digunakan menggunakan resolusi tinggi sehingga saat di upload di social media pun akan menyajikan hasil yang bagus dan enak dilihat oleh pembeli serta meningkatkan keinginan untuk membeli barang yang dipromosikan.

Berikan Ulasan yang Menarik dan Sesuai

Salah satu keuntungan dari adanya affiliate shopee adalah pengguna dapat menemukan berbagai macam produk baru yang belum pernah dilihat dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sayangnya pencantuman ulasan yang kurang rinci di kolom caption akhinrya membuat konsumen menjadi urung untuk membeli sehingga tidaj jadi masuk ke dalam link affiliate shopee.

Karenanya pengguna affiliate shopee bisa menuliskan ulasan yang menarik seperti kegunaan barang, daya tahan, serta harga yang ditawarkan. Pengguna juga bisa menggunakan kalimat call to action berupa adanya voucher gratis ongkir atau potongan harga pada produk yang dibeli.

Pastikan juga dalam penulisan caption tidak mengandung kesalahan atau pengulangan kata yang berbelit dan ambigu sehingga membuat konsumen bingung. Karenanya pengguna juga sebaiknya menguasai teknik copy writing yang apik agar hasil ulasan makin menarik.

Pengguna juga bisa mengambil inti dari ulasan dari produk yang ditawarkan dengan melihat deskripsi asli dari toko penjual atau mencari tambahan lainnya dari internet sehingga bisa lebih rinci.

Meningkatkan Kemampuan dalam Membuat Konten

Tersedianya berbagai fitur yang ada di social media membuat pengguna bisa berkreasi dalam membuat konten yang menarik sebagai promosi affiliate shopee.

Pengguna disarankan untuk menguasai aplikasi edit foto agar hasil dari postingan dan feed social media yang dikelola menjadi lebih baik. Salah satu platform edit yang bisa dipelajari secara mudah dan cepat adalah Canva.

Platform edit yang tersedia di website dan juga aplikasi ini menyediakan berbagai fitur edit dengan berbagai pilihan resolusi dan ukuran yang bisa dipilih. Meskipun ada beberapa berbayar namun berbagai fasilitas gratis pun masih bisa memberikan hasil yang menarik.

Disisi lain, apabila pengguna fokus pada social media yang menggunakan video seperti Tiktok atauYoutube maka pengguna juga harus menguasi berbagai fitur edit video.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Kine Master atau Adobe Premier Pro agar hasil video bisa lebih jernih sehingga enak untuk ditonton konsumen.

Menggunakan Gadget yang Mumpuni

Berbagai aplikasi edit foto dan video yang bisa menghasilkan konten yang menarik tentunya harus di dukung dengan adanya gadget yang mumpuni. Hal ini dilakukan agar pengguna bisa menyimpan hasil dari editan serta mengunduh aplikasi yang ada.

Penggunaan gadget ini sebaiknya khusus untuk pekerjaan karena akan berguna untuk mengunduh berbagai aplikasi social media yang akan membutuhkan banyak memori seiring dengan berjalannya waktu.

Karenanya apabila di awal menjadi pengguna affiliate shopee masih menggunakan gadget yang seadanya maka ketika hasil yang di dapatkan sudah lumayan, pengguna bisa melakukan investasi dengan membeli berbagai gadget yang mumpuni agar hasil dari konten promosi pun bisa lebih baik.

Maksimalkan Media Komunikasi Lainnya

Tidak hanya menggunakan social media sebagai promosi namun pengguna juga bisa memaksimalkan promosi melalui media komunikasi lainnya seperti Telegram atau Line.

Pengguna bisa membuat grup khusus bagi konsumen yang sering membeli sehingga pembeli tersebut bisa mendapatkan promosi lebih awal agar tidak kehabisan. Melalui grup ini pengguna juga bisa melakukan komunikasi yang lebih intens dengan pembeli.

Dalam mencari anggota grup di social media, pengguna bisa mempromosikan melalui postingan khusus dan berikan juga keuntungan yang di dapatkan dari grup yang akan dikembangkan. Berikan juga batas waktu tertentu agar semakin banyak konsumen yang mau ikut bergabung.

Lakukan Promosi Secara Intens

Melakukan promosi secara rutin juga menjadi salah satu tips sukses agar link yang disebarkan dikunjungi oleh banyak orang. Pengguna bisa menentukan konten apa saja yang cocok dengan pembeli serta waktu posting yang tepat.

Selain itu lakukan juga interaksi dengan pembeli melalui menjawab komentar atau melakukan tanya jawab di berbagai postingan yang ada. Meskipun melelahkan namun hal ini menjadi nilai khusus bagi pengguna agar lebih banyak konsumen yang tertarik dan masuk ke link tersebut.

kesimpulan

Kesimpulan

Pergeseran kebiasaan dalam mencari penghasilan membuat banyak orang kini mencari cara baru untuk mendapatkan penghasilan dari rumah melalui internet.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program affiliate marketing yang banyak diadakan oleh berbagai platform besar, salah satunya adalah market place Shopee yang mengadakan program affiliate Shopee.

Dengan menjadi bagian dari affiliate shopee, pengguna tinggal menyebarkan link produk yang ingin dipasarkan kepada orang lain dan mendapatkan komisi yang lumayan. Bahkan banyak orang yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya hanya dari affiliate.

Agar link affiliate shopee bisa dilhat oleh banyak orang maka pengguna bisa memanfaatkan berbagai social media yang dimiliki untuk menyebarkan link tersebut dan membuat konten yang menarik pelanggan untuk masuk ke link tersebut.

Dalam memilih produk yang ingin diulas, pengguna sebaiknya memilih barang yang sering dipakai orang lain agar link lebih cepat tersebar atau barang-barang unik yang berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Pilihlah juga produk dari toko yang telah memiliki ranking yang baik di Shopee sehingga konsumen lebih percaya pada produk yang ditawarkan dan hasil yang di dapatkan pun bisa lebih maksimal.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.