manfaat medsos

9 Manfaat Media Sosial Bagi Bisnis Anda

Media sosial merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari keseharian. Media sosial sendiri kini tak hanya berguna untuk berjejaring.

Manfaat media sosial telah sangat berkembang bahkan sampai hal-hal dulu tak terpikirkan, termasuk dalam menjalankan bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki media sosial bagi bisnismu:

Kemampuan Mengungkap Tren Industri Secara Real Time

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai tambang emas untuk bisnismu. Hal ini karena dengan sosial media kita bisa menyaksikan percakapan nyata antara konsumen dengan sebuah brand. Sebab media sosial sendiri memiliki sifat yang transparan.

Kamu bisa tahu apa yang pelanggan protes hingga bagaimana merekmu telah berkembang sebab semua informasinya telah tersedia.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak informasi penting dari target audiencemu. Informasi ini akan menuntunmu untuk mengikuti tren terbaru.

Misalnya memakai #festivalfashion, maka kamu akan ditunjukkan berbagai informasi seperti fashion tren yang kini tengah diikuti oleh banyak orang.

Melakukan Social Listening

Memakai media sosial juga memungkinkanmu melakukan sociallistening. Sociallistening adalah saat kamu melacak platform media sosialmu untuk mention dan percakapan yang terkait dengan akunmu.

Kamu juga melakukan analisis supaya mendapat pemahaman baru guna mendapatkan peluang yang bisa dipraktekkan untuk bisnismu.

Kamu bisa memakai beberapa tool untuk melakulan social listening.

Social Listening akan memungkinkanmu untuk mengetahi kompetitor, menemukan kendala yang pelangganmu gunakan saat memakai produkmu, selain itu sociallistening juga akan memungkinkanmu menjaga relasi dengan pelangganmu.

Menyediakan Analisis Persaingan Yang Lebih Lengkap

Mungkin ini bisa dikatakan sebagai kemampuan terhebat dari media sosial, yaitu mengawasi persainganmu.

Kamu bisa melihat apa yang sedang mereka promosikan? selain itu, kamu juga bisa tahu iklan apa yang sedang mereka jalankan?

Serta apa yang membedakanmu dengan mereka?
Dengan melakukan analisis persaingan, maka kamu berada pada jalur baru dalam pembuatan konten serta iklan.

Kamu bisa melihat performance sosial dari pesaingmu dengan memakai tool seperti Sprout. Tool ini memungkinkanmu memeriksa pertumbuhan engagement secara headtohead untuk memastikan bahwa kamu tidak tertinggal.

Tool ini juga memungkinkanmu melihat konten mana yang memiliki engagement paling tinggi. Sehingga kamu bisa tahu, konten seperti apa yang paling disukai.

Menyediakan Pelayanan Pelanggan yang Lebih Baik

social media benefit

Menurut data dari SproutSocial Index tahun 2018, separuh pelanggan telah berhasil dialihkan ke media sosial untuk bertanya serta meningkatkan kesadaran akan produk.

Memakai media sosial juga menghasilkan pelayanan konsumen dengan prosedur lebih sederhana dibanding panggilan telepon yang kadang terasa canggung, atau bahkan email yang panjang.

Selain itu, pelayanan konsumen memakai media sosial juga lebih transparan. Karena itu, pelanggan bisa secara langsung mengamati bagaiman perusahaan berinteraksi dengan pembelinya.

Hal ini penting untuk meyakinkan mereka di tingkat mana pelayanan pelanggan yang kamu lakukan.

Jika pelayanan yang kamu berikan sangat cepat maka hal ini akan menjadi nilai plus yang akan menambah daya tawar daripada bisnismu.

Mengkurasi Story serta Konten Pelanggan

Testimoni yang baik dari pelanggan akan mampu menaikkan tingkat konversi.
Dan, kamu bisa mendapatkan hal itu dengan mudah lewat media sosial.

Kamu lantas bisa mengunggah konten pelanggan tadi sebagai konten promosimu. Banyak perusahaan yang telah secara rutin mengunggah testimoni bagus dari pelanggan mereka. Dan itu cukup efektif menjadi promosi.

Membuat Brandmu Jadi Manusiawi

manfaat sosmed

Relasi personal antara brand dengan pembeli menjadi hal yang penting dalam strategi digital marketing hari ini.

Konten-konten yang rasanya manusiawi dan tidak berjarak menjadi lebih digemari dibandingkan dengan konten kaku yang kental nuansa industrinya.

Selain itu, membuat brand jadi manusiawi juga dimungkinkan apabila sebuah brand terlibat dalam gerakan philantropi serta aktivisme. Media sosial pun menjadi ruang itu menunjukkan hal tersebut.

Ruang untuk Memperbanyak Konten TOFU

Pada postingan strategi media sosial B2B, kita telah belajar mengenai content marketing funnels. Media sosial sendiri dapat kamu manfaatkan guna memperbanyak konten TOFU untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan brandmu.  Sehingga, brandmu akan semakin dikenal dan semakin banyak dijangkau.

Menarik Hati Gen Z, Kelompok Pemakai Social Media Paling Aktif

Brand perlu melakukan strategi pemasaran yang adaptif guna menarik hati Gen Z. Karena itulah, brand harus lebih serius menekuni pemasaran digital. Pemakai media sosial kebanyakan adalah mereka yang berumur di bawah 30 tahun. Jumlah mereka pun cukup besar sebagai sebuah pasar.

Membangun backlink dan mesin pencari yang lebih baik

Manfaat media sosial berikutnya adalah membangun baclink dan mesin pencari yang lebih baik. Sebuah konten populer di media sosial bisa mengantarkan traffic kunjungan yang tinggi pada situsmu.

Karena itu media sosial bisa kamu manfaatkan guna menciptakan pencarian yang lebih baik di searchengine bagi bisnismu.

9 Manfaat Media Sosial Bagi Bisnis Anda

Leave a Reply

Copy link