Marketing Communication

Marketing Communication: Definisi, Strategi, Alat Komunikasi dan Prinsip

Marketing communication atau komunikasi pemasaran merupakan hal yang kompleks dan mendasar dalam pemasaran produk atau jasa perusahaan. Sederhana, komunikasi pemasaran adalah  segala komunikasi dan media yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Komunikasi pemasaran mencakup tentang periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, aktivitas PR (Public Relation), presentasi penjualan, sponsor, pameran dagang, dan masih banyak lagi.

Pengertian dari Marketing Communication

Pengertian Marketing Communication

Definisi dari marketing communication yaitu mengacu pada sarana yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menyampaikan pesan tentang produk yang mereka jual, baik secara langsung maupun tidak langsung kepada pelanggan dengan maksud untuk membujuk pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Dengan kata lain, komunikasi pemasaran adalah berbagai media yang bermacam-macam yang digunakan perusahaan untuk bertukar informasi tentang barang dan jasa mereka kepada pelanggan.

Seorang marketer akan menggunakan alat komunikasi pemasaran untuk menciptakan citra produk yang baik di antara calon pelanggan. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian.

Komunikasi pemasaran memberikan solusi jika ada masalah seperti ‘mengapa produk harus digunakan?’, ‘bagaimana produk dapat digunakan?’, ‘Di mana produk dapat digunakan?’, ‘Siapa yang dapat menggunakan produk?’, dan pertanyaan tentang ‘Kapan produk dapat digunakan?’.

Bidang komunikasi pemasaran ini meliputi pekerjaan untuk sponsorship, periklanan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi, pemasaran interaktif, hingga pemasaran dari mulut ke mulut,

Semua alat komunikasi ini secara kolektif disebut sebagai Marketing Communication Mix. Marketing Communication Mix sangat dibutuhkan dalam marketing communication.

Elemen Marketing Communication Mix/Alat Komunikasi

Marketing Communication Mix memiliki beberapa elemen yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan tentang suatu produk perusahaan. Lalu, apa sajakah itu? Ini dia alat komunikasi yang biasa digunakan oleh di marketing communication.

Periklanan

Marketing Communication

Periklanan adalah salah satu metode komunikasi berbayar secara tidak langsung yang digunakan untuk menginformasikan tentang barang dan jasa kepada pelanggan. Iklan biasanya ditampilkan di televisi, media cetak, radio, situs web online, media sosial, dan lain sebagainya.

Metode ini juga paling banyak digunakan. Hal ini karena informasi yang dimuat dalam iklan lebih lengkap serta dapat dikomunikasikan dengan mudah. Iklan juga memiliki cakupan target audiens yang besar.

Hubungan Masyarakat dan Publisitas

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mecitakan citra yang baik yaitu seperti membangun fasilitas umum, donasi, menyelenggarakan kamp donor darah, menanam pohon, dan lain-lain.

Kegiatan sosial tersebut tak lain adalah beberapa langkah umum untuk meningkatkan hubungan masyarakat dan publisitas dari perusahaan itu sendiri.

Promosi Penjualan

Promosi penjualan mencakup beberapa insentif jangka pendek untuk membujuk pelanggan agar melakukan pembelian barang dan jasa. Teknik promosi ini tidak hanya membantu dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada tetapi juga menarik pelanggan baru.

Promosi penjualan dalam marketing communication yang biasa dilakukan oleh perusahaan yakni seperti memberikan diskon, cashback, buy 1 get 1 free, kupon, dan lain sebagainya.

Mensponsori acara

Perusahaan biasanya juga mensponsori acara seperti acara hiburan, olahraga, bahkan acara bakti sosial komunitas dengan tujuan untuk memperkuat citra positif merek perusahaan di pikiran pelanggan serta menciptakan hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan.

Nama perusahaan yang mensponsori acara tersebut dapat dilihat di beberapa barang kegiatan tersebut, seperti kaus pemain, piala, penghargaan di acara hiburan, banner, dan masih banyak lagi.

Pemasaran Langsung

Perusahaan memanfaatkan email, faks, telepon seluler, dan media sosial untuk pemasaran, untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan tanpa melibatkan pihak ketiga. Pemasaran yang seperti inilah yang disebut dengan pemasaran langsung.

Pemasaran Interaktif

Pemasaran Interaktif baru-baru ini mendapatkan popularitas sebagai salah satu alat marketing communication. Pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan secara online dan dapat menyelesaikan pertanyaan mereka secara online. Contoh perusahaan yang menerapkan ini yaitu BliBli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.

Pemasaran dari mulut ke mulut

Pemasaran dari mulut ke mulut adalah salah satu metode alat komunikasi yang paling banyak dipraktekkan dimana pelanggan berbagi pengalaman mereka dengan rekan-rekan dan teman-teman mereka tentang barang dan jasa yang mereka beli.

Metode ini sangat penting bagi perusahaan karena citra merek tergantung pada apa yang pelanggan rasakan tentang merek, serta pesan apa yang mereka sampaikan kepada orang lain.

Penjualan pribadi

Penjualan pribadi merupakan alat komunikasi pemasaran yang masih bersifat tradisional.  Caranya yaitu penjual mendekati calon pelanggan secara langsung. Penjual juga memberi tahu mereka tentang barang dan jasa yang mereka miliki.

Penjualan pribadi juga dianggap sebagai salah satu cara komunikasi yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa. Hal ini karena pemasaran dilakukan secara langsung, baik melalui pesan teks atau email.

Jadi, kesimpulannya adalah marketing communication mix mengacu pada berbagai alat yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan pelanggan tentang produk dan layanan yang dijual oleh perusahaan.

Strategi Komunikasi pemasaran

Marketing Communication

Strategi dalam marketing communication adalah strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu untuk mencapai pasar sasarannya melalui berbagai jenis komunikasi, termasuk pesan (apa yang akan dikatakan), media (di mana dikatakan), dan target (kepada siapa pesan itu disampaikan).

Kamu juga mungkin bertanya-tanya tentang ‘jenis strategi komunikasi pemasaran apa yang selalu berhasil?’ Jawabannya mudah sekali. Jadi, kamu hanya perlu membangun hubungan yang baik dengan para jurnalis. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan backlink, liputan pers, dan posting tamu dari jurnalis itu.

Nah, jika kamu ingin membuat rencana komunikasi pemasaran untuk mendapatkan pers, ada tiga langkah yang harus kamu lakukan.  Pertama, buat cerita yang cocok dengan target pasar dan selaras dengan citra merek perusahaan. Cerita harus membahas tentang kepentingan pelanggan dari perusahaan.

Langkah selanjutnya adalah menemukan target pers yang memiliki minat pada produk tersebut dan audiens yang sama dengan target pasar. Terakhir, perusahaan harus membangun hubungan dengan target pers dan menyampaikan ide-ide perusahaan kepada pers.

Prinsip Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

Marketing Communication

Strategi komunikasi pemasaran mencakup pemasaran berbayar hingga hubungan media. Setiap strategi komunikasi pemasaran terpadu harus memiliki tiga prinsip panduan agar berhasil dengan baik. Berikut 3 prinsip dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu.

Penyelarasan merek

Media pemasaran apa pun yang dipilih harus memiliki persepsi merek yang sama dengan perusahaan. Misalnya, jika kamu menjual jam tangan mewah, bangun hubungan dengan jurnalis dari majalah yang bergengsi juga dan yang paling sering dibaca oleh kalangan orang kaya.

Penyelarasan pelanggan

Marketing Communication

Jika target produk adalah kaum millenial, maka lakukan periklanan di  di platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Youtube.

Penyelarasan anggaran

Marketing Communication

Pilih media pemasaran yang sesuai dengan anggaran biaya perusahaan. Hal ini penting sekali untuk menjaga anggaran pengeluaran perusahaan agar sesuai dengan pemasukan yang ada.

Nah, itulah ulasan tentang marketing communication, mulai dari definisi, strategi, elemen marketing communication mix, dan prinsip-prinsipnya. Semua ini tentu tidak mudah, namun jika dilakukan dengan benar maka akan membuahkan hasil yang maksimal.

Marketing Communication: Definisi, Strategi, Alat Komunikasi dan Prinsip

Leave a Reply

25 views
Copy link