Marketing Mix Adalah

Apa Itu Marketing Mix dan Konsep Dasar 7P

Marketing memiliki arti sebagai sebuah proses memperkenalkan sebuah produk atau jasa agar banyak yang mengetahuinya. Proses pemasaran ini memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu marketing relation, marketing mix dll.

Dari sekian banyak jenis marketing, marketing mix saat ini tengah menjadi buah bibir. Pasalnya istilah ini sering terdengar setiap harinya, apakah itu melalui sebuah iklan, seminar dan lainnya.

Apa Itu Marketing Mix?

Jenjang pendidikan bukanlah dasar yang membedakan keterampilan dan keberhasilan. Sebab, tanpa menginjakkan diri dalam menuntut ilmu marketing pun, semua bisa memahami dan menerapkan ilmu marketing.

Sebab, dengan kemajuan teknologi saat ini, berbagai ilmu mudah diakses hanya dengan menggunakan internet. Sama halnya dengan ilmu marketing yang sangat mudah untuk dipelajari melalui media internet.

Marketing dalam arti umum adalah sebuah strategi pemasaran. Sedangkan marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan variabel agar dapat mewujudkan tujuan dari marketing itu sendiri.

Konsep Dasar Marketing Mix 7p

Marketing Mix 7p

Neil Borden merupakan profesor marketing Harvard yang pertama kali memperkenalkan istilah marketing mix. Akan tetapi Neil hanya baru bisa memperkenalkan istilahnya saja tanpa menjelaskan konsep dan komponennya.

Neil Borden memperkenalkan istilah sekitar tahun 1948, setelah itu E Jerome McCarthy konsep utama sebuah marketing mix. Sekitar tahun 1960 an tepatnya konsep marketing mix dipublikasikan olehnya.

Empat konsep tersebut meliputi place, place, promotion & product. Keempat konsep dasar ini bisa langsung diaplikasikan oleh para pebisnis baru maupun lama. Sebab, konsep dasar ini tidak bisa untuk dihindari.

Empat konsep dasar ini populer dengan istilah marketing 4P. Banyak sekali berbagai pebisnis dalam dan luar negeri yang telah mengaplikasikan konsep marketing 4P dalam bisnisnya.

Bahkan pebisnis yang telah lama menjalani bisnis juga selalu mengaplikasikan konsep ini dalam bisnisnya. Tentu saja dengan tujuan agar kelangsungan bisnisnya semakin lancar.

Baca Juga : Belajar Digital Marketing Gratis dan Lengkap untuk Pemula

Akan tetapi seiring bertambah canggihnya teknologi, konsep dasar marketing 4P mengalami pembaharuan menjadi 7P. Tiga konsep tambahannya yaitu meliputi physical evidence, process & people.

Dengan ada tiga konsep tambahan tersebut, sistem marketing mix tampak semakin keren. Di bawah ini merupakan penjelasan masing-masing konsep yang ada dalam marketing ini:

Product (Produk)

Produk Marketing Mix 7p

Produk merupakan barang apapun yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan orang, misalnya barang, jasa, atau produk virtual. Pada masa era digital, produk tidak terbatas hanya pada fisik atau jasa.

Sebab kini produk virtual pun sangat banyak dibutuhkan masyarakat. Produk virtual yang kini banyak dibutuhkan yaitu seperti website, aplikasi, dan yang lainnya. Apapun jenis produknya, hanya satu yang harus diperhatikan, yaitu demandnya.

Sebab, apabila produk yang diproduksi sesuai permintaan pasar akan mudah untuk mempromosikannya. Namun, untuk mencapai hal tersebut harus dapat melakukan beberapa riset.

Misalnya saja dengan menemukan hal penting yang harus ada dalam produk. Sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan permintaan pasar. Karena semua solusi terbaik telah dilakukan di awal setelah melakukan riset produk.

Untuk mempermudah melakukan riset pasar, berikut merupakan beberapa pertanyaan yang perlu jawab:

  • Apa saja masalah yang konsumen hadapi
  • Bagaimana cara konsumen akan menggunakan produk
  • Solusi (produk) apa yang dapat ditawarkan
  • Solusi (produk) apa yang dapat ditawarkan

Tidak sedikit bisnis gagal di tengah jalan hanya karena kualitas riset produk yang dilakukan di awal sangat buruk. Tidak sedikit pula pebisnis yang terjebak dalam menciptakan produk yang hanya mengandalkan ide subjektif, tanpa melakukan riset.

Sebagai sebuah perusahaan memastikan pembuatan produk yang dibutuhkan serta diinginkan oleh konsumen adalah hal yang baik. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan rintisan.

Oleh karena itu, membuat produk yang berdasarkan data di lapangan akan mempermudah proses pemasaran. Sebab produk tersebut bukan hanya sekedar ide subjektif saja.

Price (Harga)

Price Marketing Mix 7p

Price atau harga merupakan sejumlah uang yang akan dikeluarkan oleh konsumen untuk dapat memakai produk yang dijual. Konsep kedua ini memiliki pengaruh yang sangat penting untuk kelancaran bisnis.

Sebab, memasang harga yang terlalu rendah akan membahayakan keberlangsungan bisnis. Begitupun sebaliknya, dengan memasang harga yang terlalu tinggi pun dapat menyurutkan minat & potensi pembeli.

Apabila menurut pada konsep ekonomi, ada satu istilah yang mencerminkan keseimbangan antara harga terendah dan kelangsungan bisnis. Istilah tersebut yaitu Break Even Price.

Dengan menggunakan konsep ilmu ekonomi ini, perusahaan tidak akan merugi. Begitupun dengan masyarakat yang akan membeli produk tidak akan mengalami kerugian.

Untuk dapat menghasilkan nilai break even price, ilmu ekonomis mempunyai rumus tersendiri, yaitu :

{Total Fixed Cost / Production Volume} + Variable Cost Per Unit = Break Even Price

  • Total Fixed Cost merupakan biaya keseluruhan dalam pembuatan produk. Termasuk ongkos tenaga, ongkos material, dan ongkos lain seperti alat tulis kantor, marketing, dll.
  • Production Volume merupakan jumlah keseluruhan produk yang dibuat
  • Variable Cost Per Unit merupakan biaya pembuatan satu buah produk

Rumus ini apabila digunakan akan menjadikan bisnis tetap aman, akan tetapi tidak dapat menghasilkan keuntungan. Sebab, rumus ini menggunakan perhitungan harga terendah.

Jadi agar bisnis memiliki keuntungan, harga yang digunakan sebagai harga jual harus mengalami penambahan laba terlebih dahulu.

Place (Lokasi)

Place Marketing Mix 7p

Konsep yang ketiga dalam marketing mix yaitu tempat. Konsep ini memiliki arti lokasi fisik tempat berjalannya bisnis / kanal distribusi agar dapat mencapai target pasar.

Sebuah bisnis sangat membutuhkan lokasi penjualan ideal agar bisa menjangkau target pasar dengan mudah. Lokasi kantor pusat, pabrik & gudang, toko fisik, kantor cabang, hingga toko cabang ada dalam konsep marketing ini.

Pebisnis tidak harus menempatkan kantor pusat, pabrik, dan toko fisik dalam jangkauan satu lokasi. Sebab dapat memilih lokasi yang ideal sesuai dengan pertimbangan biaya dan fungsinya.

Era digital merupakan era canggih yang menggunakan lokasi virtual sebagai tempat untuk berjualan. Sebab tempat untuk menjual produk sangat beragam, mulai dengan media sosial, Website toko online & marketplace.

Promotion (Promosi)

Promotion

Promotion merupakan segala upaya dalam meningkatkan penjualan produk & brand awareness. Promosi dapat menggunakan berbagai macam media, seperti website, media sosial, radio, televisi, digital ads, media online, video online, hingga podcast.

Di era digital ini, menuntut pebisnis harus bisa menjangkau calon pembeli melalui dunia maya. Sebab saat ini dunia maya lebih eksis daripada dunia nyata. Sehingga tingkat keuntungan akan semakin besar dengan menjelajahi promosi dunia maya.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

physical evidence

Bukti fisik memang tidak terbatas hanya pada produk fisik saja. Produk fisik hanyalah merupakan salah satu dari banyaknya physical evidence. Bukti fisik dapat berupa brosur logo, souvenir, seragam karyawan, event, dan website resmi.

People (Sumber daya manusia)

People yang dimaksud di marketing mix ini merupakan sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan bisnis. Terhitung mulai dari direktur hingga staf yang bersangkutan.

SDM merupakan aset terpenting dalam sebuah bisnis. Apabila terjadi kesalahan dalam memilih SDM akan berakibat fatal pada kelangsungan bisnis.Rekrutmen yang buruk bisa berakibat tidak baik pada perusahaan dalam berbagai aspek.

Process (Proses)

Process merupakan sebuah prosedur dan alur yang perlu dilalui oleh konsumen agar dapat menggunakan produk. Dengan kata lain proses merupakan pengalaman awal konsumen mengetahui produk hingga akhirnya melakukan pembelian.

Konsep terakhir dari marketing mix ini pun sangat penting. Sebab akan memberikan pengaruh dalam keberlangsungan bisnis.

Itulah tadi pengertian dan konsep dari marketing mix yang saat ini sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan di atas memberikan ilmu dan pengetahuan baru ya.

Apa Itu Marketing Mix dan Konsep Dasar 7P

Leave a Reply

26 views
Copy link