media sosial

8 Jenis Media Sosial yang Populer dan Manfaatnya

Ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk bertukar kabar, informasi, sampai mempromosikan bisnis.

Media sosial di era sekarang terbilang sangat penting. Hal ini karena seiring perkembangan teknologi, kemudahan dalam melakukan sesuatu semakin diutamakan. Dengan adanya sosial media, pengguna bisa bertukar kabar, mencari teman dari negara luar, sampai mempromosikan bisnis atau melakukan branding diri.

Tidak heran jika di era sekarang juga banyak orang yang menggunakan sosial media sebagai promosi bisnis. Apalagi dunia bisnis sangat meningkat dengan sistem yang serba online. Selain itu, sosial media dianggap menjadi salah satu tools penting dalam dunia marketing.

Jenis-jenis Media Sosial yang Banyak Digunakan dan Populer

Ada banyak sekali sosial media yang bisa Anda jadikan sebagai promosi bisnis. Namun, di antara semua sosial media tersebut, hanya beberapa aplikasi saja yang populer dan banyak digunakan. Bagi Anda yang masih belum tahu jenis-jenisnya, berikut beberapa jenis sosial media.

media sosial youtube

Youtube

Aplikasi Youtube bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi sosial media. Selain itu, aplikasi ini menjadi aplikasi nomor satu yang banyak digunakan dibandingkan aplikasi lainnya. Hal ini karena Youtube menghadirkan berbagai konten yang menarik dan berisikan video musik. Video musik sendiri hampir diputar oleh seluruh penggunanya.

Tidak heran jika aplikasi ini bisa membantu Anda yang ingin memulai branding bisnis atau diri sendiri. Dari sini, nantinya Anda bisa mendemonstrasikan produk, meningkatkan brand awareness, sampai memecahkan masalah customer. Cobalah untuk membuat konten video yang sesuai dengan target pasar.

Tidak sampai di sini saja, untuk bisa membuat konten berada di posisi teratas, diperlukan optimasi. Anda bisa menggunakan keyword saat membuat konten agar bisa SEO. Anda juga bisa melihat performa video dengan melihatnya di Youtube Analytics. Dengan begitu, konten video Anda bisa dipelajari agar menghasilkan konten lebih baik dan menarik.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan jika menggunakan Youtube afalah mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Caranya dengan membuat konten yang menarik sesuai jumlah trafik.

Facebook

Aplikasi media sosial kedua yang bisa Anda gunakan adalah Facebook. Pastinya aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Facebook adalah sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal ini karena aplikasinya yang mudah digunakan dan mempunyai fitur yang mudah ditampilkan.

Belum lagi, media sosial Facebook mempunyai fitur yang akan membantu Anda mempromosikan bisnis di berbagai akun. Tidak heran jika produk atau bisnis yang ditawarkan lebih mudah ditemukan di Facebook oleh penggunanya secara global. Facebook juga mempunyai fitur platform marketplace.

Adanya platform tersebut sangat membantu pebisnis agar tidak repot saat membuat website online sendiri. Caranya pun mudah, yakni dengan mendaftarkan akun dan produk melalui marketplace dari Facebook. Nantinya, Anda bisa melakukan transaksi jual beli secara online dengan lancar.

whatsapp

WhatsApp

Aplikasi media sosialyang populer dan banyak digunakan adalah WhatsApp. Aplikasi ini lebih banyak digunakan untuk melakukan komunikasi dengan keluarga atau teman. Beberapa fitur yang bisa Anda temukan dan gunakan adalah chat, panggilan suara, video call, sampai voice note.

Namun, saat ini mulai banyak orang yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk mempromosikan bisnis. Aplikasi tersebut dikenal sebagai WhatsApp Bisnis. Dengan aplikasi itu, pengguna bisa merasakan sejumlah fitur yang tidak tersedia pada aplikasi WhatsApp biasa.

Fitur media sosial tersebut berupa profil bisnis yang lebih terpercaya, balas pesan secara otomatis, statistik pesan, katalog untuk produk bisnis, sampai melabeli pelanggan. Melihat banyaknya fitur menarik, wajar saja jika aplikasi WhatsApp sampai WhatsApp Bisnis banyak diminati.

Instagram

Aplikasi media sosial Instagram adalah salah satu aplikasi populer dan banyak digunakan oleh para selebriti. Hal ini karena aplikasi tersebut mempunyai fitur yang menarik, yakni Instagram Story, Feed IG, sampai IG TV. Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi Instagram, membuat para pebisnis sangat untung.

Tidak heran jika Anda bisa menemukan nama brand atau bisnis yang populer hanya di Instagram. Jika Anda mempunyai bisnis yang tergolong baru, tidak ada salahnya memanfaatkan fitur di atas untuk mempromosikan bisnis atau produk.

Tidak hanya itu saja, tapi aplikasi media sosial Instagram mempunyai fitur deteksi wajah atau filter yang berfungsi untuk menghasilkan foto atau video yang menarik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi saat akan membuat konten di sosial media ini.

Fitur media sosial lainnya yang bisa membantu para pebisnis menunjang bisnis adalah Instagram Ads. Di sini, pengguna bisa mempromosikan produk melalui layanan iklan. Alhasil, produk bisnis Anda bisa dijangkau oleh konsumen secara global.

twitter ig

Twitter

Apakah Anda pernah menggunakan media sosial satu ini? Bisa dibilang, Twitter adalah aplikasi yang paling update dan cepat dalam menerima segala jenis informasi. Tidak heran jika penggunanya sering mendapatkan topik yang trending dan hangat. Jika dibandingkan dengan sosial media lainnya, Twitter menjadi aplikasi nomor satu dalam soal informasi.

Karena seringnya topik trending yang menyebar secara cepat di kalangan Twitter, tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis. Selain itu, ada keuntungan lainnya yang bisa didapat oleh penggunanya, yakni mendapatkan exposure lebih tinggi. Postingan bisa saja muncul di timeline pengguna yang menyukai, membalas, atau mempromote tweet Anda.

Dengan kata lain, postingan Anda bisa dilihat dengan mudah oleh pengguna lainnya. Jika Anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen di Twitter, gunakan fitur Twitter Ads. Melalui fitur tersebut, Anda bisa menargetkan pengguna sesuai dengan target pasat. Alhasil, promosi yang dilakukan tidak akan menjadi sia-sia.

Linkedin

Media sosialyang masih jarang diketahui padahal sudah banyak digunakan adalah LinkedIn. Biasanya, aplikasi tersebut mempunyai fungsi untuk menyampaikan informasi terkait lowongan kerja terbaru di beberapa perusahaan. Tidak heran jika banyak yang menggunakan aplikasi tersebut untuk mencari pekerjaan.

Selain itu, ternyata LinkedIn mempunyai fungsi untuk meningkatkan brand. Alhasil, Anda bisa melakukan promosi agar bisa dilirik oleh perusahaan lain. Hal yang menarik dari aplikasi LinkedIn, yaitu fiturnya. Membuat para pencari kerja mendaftar media sosial yang satu ini

Di sosial media ini, Anda bisa mengunggah portofolio, proyek, atau artikel yang pernah Anda buat. Hal ini bisa menjadi nilai tambah untuk membuat perusahaan semakin yakin untuk bekerja sama dengan Anda.

Anda juga bisa menggunakan Linkedin Business untuk bisnis. Selain mempromosikan bisnis, melakukan share konten yang menarik bisa menjadi cara yang cukup ampuh, lho. Buatlah konten seputar tips interview sehingga Anda bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

Di aplikasi Linkedin, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa fitur menariknya. Pertama, fitur konten bersponsor yang bertujuan untuk mempromosikan postingan agar bisa dijangkau lebih banyak pengguna. Kedua, fitur Text Ads yang berfungsi sebagai iklan teks berbayar.

Ada lagi fitur media sosial ini lainnya yang bisa Anda temukan dan rasakan fungsinya, yakni InMail bersponsor. Pengguna juga bisa mengganti performa di halaman Linkedin melalui fitur Analytics. Dari sini, Anda bisa melihat performa iklan, siapa saja yang mengunjungi halaman LinkedIn, sampai bisa memaksimalkan konten dan profil pengguna.

Line

Aplikasi media sosial Line tampaknya menurun dan tidak populer dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Namun, ternyata Anda salah sangka. Line termasuk aplikasi yang populer dan banyak digunakan di Indonesia. Mempunyai banyak stiker lucu dan tampilan chat yang menarik membuat Line banyak disukai.

Saat ini, aplikasi Line bisa digunakan untuk membantu Anda yang ingin mempromosikan bisnis. Caranya dengan melakukan strategi marketing yang sesuai dan cocok di aplikasi Line. Selain itu, aplikasi Line mempunyai platform khusus yang akan membantu pemilik bisnis dalam menjalankan strategi marketing.

Keunggulan dari aplikasi Line adalah sudah terintegrasi dengan kontak Line. Jadi, kontak yang sudah tersimpan di akun Line, maka secara otomatis akan tersimpan pula di Line@. Jadi, pengiriman broadcast pun mudah dilakukan untuk mempromosikan sesuatu.

Ada lagi fitur lainnya yang bisa Anda coba di aplikasi Line, yakni balas otomatis saat pesan yang masuk di luar jam operasional. Jadi, saat Anda dalam keadaan off, Anda tetap bisa melakukan transaksi dengan baik kepada calon konsumen.

tiktok

TikTok

Aplikasi TikTok masuk sebagai aplikasi sosial media yang populer dan banyak digunakan. Ada banyak konten video menarik yang bisa Anda nikmati dari sini. Meski beberapa pengguna menggunakannya sebagai media penghibur, tapi ternyata TikTok bisa digunakan untuk bisnis, lho.

Anda bisa membuat konten yang mempromosikan bisnis atau bran Anda. Jika Anda bingung membuat konten yang menarik, cobalah untuk melihat konten milik kompetitor lain. Anda bisa meniru dan memodifikasinya untuk menghasilkan konten menarik.

Meski TikTok mempunyai durasi penayangan yang cukup pendek, bukan berarti Anda tidak bisa mempromosikan bisnis. Jika promosi dari konten yang Anda buat sangat menarik, pasti pengguna akan melihat konten selanjutnya di postingan milik Anda.

Biasanya, untuk menambah kesan menarik, ditambahkan unsur musik sebagai background. Selain itu, terdapat filter khusus yang bisa Anda coba gunakan saat membuat konten. Anda juga bisa membuat konten kolaborasi bersama teman lainnya, lho agar bisnis semakin mudah dikenal.

Manfaat Menggunakan Media Sosial dalam Bisnis dan Kehidupan Sehari-hari

Setelah melihat beberapa jenis aplikasi sosial media di atas, manakah aplikasi yang biasanya Anda gunakan? Tahukah Anda apa saja manfaat dari menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari-hari atau dalam dunia bisnis? Bagi Anda yang belum tahu, berikut sejumlah manfaatnya.

kredibilitas bisnis

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Salah satu manfaat menggunakan sosial media dalam dunia bisnis adalah untuk meningkatkan kredibilitas. Hal ini karena saat banyak konsumen yang sudah mengenal brand bisnis Anda, tentunya nilai kredibilitas akan bertambah. Selain itu, semakin meningkat brand, maka semakin meningkat pula brand awareness.

Brand awareness adalah kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis Anda. Salah satunya adalah dari seberapa melekatnya brand atau bisnis Anda di mata calon konsumen. Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kredibilitas bisnis, ada baiknya untuk memperhatikan dan meningkatkan brand awareness.

penjualan

Meningkatkan Penjualan

Manfaat atau keuntungan kedua yang bisa Anda rasakan jika menggunakan sosial media adalah meningkatkan penjualan. Hal ini tentunya berhubungan dengan manfaat pada poin nomor satu. Ketika calon konsumen sudah mulai mempercayai brand atau bisnis Anda, maka mereka pasti akan membelinya.

Dengan begitu, secara langsung menggunakan sosial media bisa membantu Anda mendapatkan penjualan. Semakin tinggi brand awareness Anda dan semakin bagus kualitasnya, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penjualan dalam jumlah yang besar.

Menjalin Kerja Sama

Keuntungan lainnya yang bisa Anda rasakan jika menggunakan media sosial dalam bidang bisnis adalah menjalin kerja sama. Hal ini karena banyak kompetitor lainnya yang juga menggunakan sosial media sebagai strategi marketing.

Jadi, jika brand atau bisnis Anda semakin tinggi kredibilitasnya, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan kerja sama. Biasanya kerjasama yang dilakukan adalah diskusi antar founder perusahaan yang bersangkutan.

Kerja sama juga bisa dilakukan sampai jangka panjang. Hal ini bergantung dari sistem kerja sama yang dilakukan dan tujuannya apa.

Sebagai Jejaring Online

Keuntungan menggunakan aplikasi media sosial dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai jejaring online. Saat ini, ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Selain melalui bacaan atau buku, informasi bisa didapatkan dari berbagai aplikasi sosial media.

Sebut saja aplikasi Youtube. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa mendapatkan sejumlah informasi yang diinginkan dengan mudah. Apalagi disajikan dalam bentuk video, membuat pengguna semakin paham dan mampu menjawab permasalahan.

Tidak heran jika banyak sekolah yang juga menyuruh para murid untuk belajar melalui media sosial.

media penghibur

Sebagai Media Penghibur

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan media sosial adalah sebagai sarana penghibur. Pasalnya, ada banyak sekali konten yang menarik dan menghibur pengunjung di berbagai sosial media.

Bagi Anda yang ingin mencari cara menghilangkan stress, menggunakan sosial media jadi pilihan yang tepat.

Selain itu, dalam dunia bisnis, Anda bisa memanfaatkan keuntungan ini dengan cara sebagai penyedia konten.  Buatlah konten yang lucu dan menghibur, lalu hubungkan dengan brand atau bisnis Anda.

Dengan begitu, bisnis Anda bisa mendapatkan nilai tambah di mata calon konsumen, lho.

Membantu Menggali Kreativitas

Keuntungan yang bisa dirasakan oleh berbagai kalangan saat menggunakan media sosialadalah menggali kreativitas. Hal ini karena sosial media mempunyai banyak tempat untuk mengekspresikan diri. Dengan begitu, Anda bisa membagikan pikiran serta pendapat tanpa harus merasa takut atau bersalah.

Selain itu, manfaat ini akan terasa lebih bermanfaat di kalangan kaum pelajar. Anda bisa melakukan ekspresi diri dengan memposting foto, video, atau tulisan di blog. Dengan cara ini pula, para kaum pelajar bisa lebih mengeksplorasi bakat. Mereka juga bisa langsung menunjukkan bakatnya melalui platform yang sesuai.

trafik website

Meningkatkan Traffic Website

Biasanya, orang yang menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis pastinya mempunyai website resmi. Website ini berisikan artikel terkait sesuai dengan bisnis yang dipromosikan. Ada juga yang menggunakan website untuk menampilkan produk secara lengkap dan kontak yang bisa dihubungi.

Jika Anda menggunakan media sosial dalam hal ini, pastinya ada beberapa konten yang berisikan link menuju website. Atau biasanya disebut sebagai backlink. Jika konten yang dibuat sangat menarik dan menghibur, maka pasti banyak pengunjungnya. Dengan begitu, secara tidak langsung, traffic pada website akan semakin meningkat.

Melihat manfaat media sosialdi atas, apakah Anda merasakan semua manfaatnya? Jika belum, ada baiknya untuk memaksimalkan penggunaan sosial media terhadap sesuatu yang baik. Jadi, manakah sosial media yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.