utm parameters

Membuat UTM Parameters Untuk Optimasi Media Sosialmu

Ada banyak cara untuk memeriksa performa media sosial-mu. Salah satunya adalah dengan memakai UTM Parameters. UTM merupakan kode teks pendek yang dimasukkan pada link atau URL guna melacak performa halaman web atau kampanye digital.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara menggunakan parameter UTM untuk memeriksa performa media sosial. Simak selengkapnya!

Menggunakan UTM untuk melacak performa media sosial yang kamu sebenarnya adalah pilihan tepat. Hal ini karena UTM menawarkan cara yang sederhana namun akurat.

kelas instagram organik

 Apalagi, UTM tidak terpengaruh oleh kebijakan pihak ketiga yang terkadang dianggap melanggar privasi pengguna. Sebab, UTM bekerja dengan Google Analytics.

UTM sendiri memiliki beberapa manfaat yang terdiri atas :

  • UTM membantumu untuk melacak nilai program serta kampanye media sosial yang sedang kamu jalankan, selain itu juga memastikan ROI.
  • UTM memberikan data yang akurat tentang konversi serta sumber lalu lintas di media digital.
  • Memungkinkamu untuk melakukan tes individual pada setiap postingan secara head to head.

Mengenal UTM Parameters

Sebagaimana yang dijelaskan, UTM Parameters adalah kode teks pendek yang dipakai untuk memeriksa performa kampanye digital. Penggunaan UTM parameter ini akan memudahkanmu untuk melacak klik serta lalu lintas dari sebuah postingan Instagram tertentu atau bahkan suatu kampanye yang sedang kamu jalankan.

UTM parameter bekerja dengan analytics program yang akan memberikanmu gambaran mendetail terkait kinerja media sosialmu.

Jenis UTM Parameters

pexels photo 546819

Ada lima jenis UTM parameters yang tersedia di Google Analytics. Tiga jenis UTM parameters harus kamu pakai karena diharuskan oleh Google Analytics. Sementara sisanya sifatnya opsional saja.

Apa saja lima jenis UTM parameters itu? Simak selengkapnya !

Campaign Source

Parameter ini menunjukkan social network, search engine, newsletter name, atau sumber spesifik lain yang mengarahkan lalu lintas digital. Contohnya : Facebook, Twitter, blog, dll.

Campaign source memiliki UTM Code berupa : utm_source

Sample Code : utm_source=facebook

Campaign Medium

Parameter ini melacak tipe channel yang mengarahkan lalu lintas digital, seperti : organic social, paid social, email, dan lain sebagainya.

UTM Code : utm_medium

Sample Code : utm_medium=paid_social

Campaign Name

UTM parameter ini akan berguna untuk memberikan nama pada setiap kampanye yang kamu lakukan. Sehingga, kamu bisa melacak usaha yang sudah kamu perbuat. Nama yang digunakan bisa nama produk atau kode produk. Misalnya : summer_sale

UTM Code : utm_campaign

Sample Code : utm_campaign=summer_sale

Campaign Term

UTM ini digunakan untuk melacak keyword berbayar atau keyphrase.

Misanya : bot_instagram

UTM Code : utm_term

Sample Code : utm_term= bot_instagram

Campaign Content

UTM ini dipakai guna melacak ads berbeda dalam sebuah kampanye digital. Misalnya : video_ad, text_ad, blue_banner, green_banner

UTM Code : utm_content

Sample Code : utm_content= video_ad

UTM Parameters yang wajib kamu gunakan ialah Campaign Source, Campaign Medium, dan Campaign Name.

Selanjutnya, mari belajar cara membuat UTM Parameters. Untuk membuat UTM Parameters, kamu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya satu persatu. Melainkan, kamu bisa memanfaatkan UTM Parameters builder yang bekerja secara otomatis.

kelas instagram organik

Membuat UTM Parameters Memakai UTM Parameters Builder

utm parameters

Ada tiga UTM Parameters Builder yang bisa kamu manfaatkan. Tiga UTM Parameters Builder tersebut diantaranya adalah : Hootsuite Composer, Google Analytics Campaign URL Builder, serta Google App Builder for Ads. Berikutnya akan dipaparkan tahapan yang harus kamu lakukan guna membuat UTM Parameters secara otomatis. Simak paparannya di bawah ini !

Opsi 1, Memakai Hootsuite Composer

Berikut cara untuk membuat UTM Parameters memakai Hootsuite Composer :

  • Klik Create, kemudian klik Post, lalu buat postingan media sosial sebagaimana biasa. Jangan lupa untuk memasukkan link ke dalam textbox.
  • Klik Add Tracking
  • Kemudian, di bawah Shortener, klik link shortener untuk membuat link singkat yang bisa dipakai di akun media sosialmu.
  • Di bawah Tracking, klik Custom
  • Masukkan parameter yang ingin kamu lacak beserta nilainya. Namun jika kamu pengguna gratis kamu hanya bisa memasukkan 1 parameter saja, sementara jika kamu pengguna berbayar ada 100 parameter yang bisa kamu pakai.
  • Di bawah Type, pelanggan berbayar bisa memilih Dynamic. Dimana pengaturan ini akan melakukan penyesuaian nilai secara otomatis berbasis post ID, social profil, dan social network. Atau, kamu bisa memakai Custom untuk memasukkan value atau nilai yang spesifik.
  • Terakhir klik Apply.

Opsi 2, Memakai Google Analytics UTM Campaign Builder

Memakai Google Analytics UTM Campaign Builder untuk membuat UTM Parameters cenderung lebih sederhana disbanding memakai Hootsuite Composer. Kamu hanya perlu masuk ke Google Analytics UTM Campaign Builder.

Kemudian masukkan link yang ingin  kamu lacak, serta masukkan parameternya. Lantas, gulir ke bawah untuk menemukan URL campaign yang dibuat secara otomatis.

Selajutnya, kamu perlu mengklik Convert URL to Short Link, atau Copy URL. Kemudian paste link tadi ke postingan media sosialmu, dan prosesnya selesai!

Opsi 3, Memakai Google App Builder for Ads

Aplikasi ini sebenarnya hampir mirip dengan Google Aalytics Campaign Builder, namun dilengkapi dengan dua parameter lain yaitu parameter untuk mengidentifikasi aplikasimu, serta memastikan data iklan.

Itulah beberapa cara untuk membuat UTM Parameters. Pastikan kamu mempraktikannya ya!

Selamat mencoba!

Membuat UTM Parameters Untuk Optimasi Media Sosialmu

Leave a Reply

3 views
Copy link