21 Aplikasi Media Sosial Terbaik untuk Pemasar

aplikasi medsos

Saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi media sosial. Jika kamu seorang pemasar, maka menemukan aplikasi media sosial yang tepat adalah hal yang akan sangat membantumu. Artikel berikut akan menjelaskan beberapa aplikasi media sosial terbaik untuk pemasar.

Pastikan Kamu Menggunakan Aplikasi Mendasar

Aplikasi media sosial yang pemasar bisa manfaatkan adalah facebook, twitter, instagram, dan Youtube. Bisa dikatakan bahwa keempat aplikasi ini merupakan hal mendasar yang digunakan oleh para pemasar. Mari kita bahas keuntungan masing-masing media sosial ini :

Facebook

Facebook bisa digunakan pada smartphone berbasis iOS atau android. Facebook sendiri merupakan aplikasi yang memiliki pengguna bulanan mencapai 2 miliar. Jumlah yang sangat ideal bukan untuk dijadikan sebuah aplikasi pemasar?

Facebook juga memungkinkanmu untuk berhubungan dengan teman, keluarga, serta kolega diseluruh dunia.

Twitter

Sama seperti facebook, twitter juga bisa kamu gunakan pada smartphone berbasis iOS atau android. Twitter sendiri adalah platform media sosial yang memungkinkan pemasar untuk mengirim pesan melalui sebuah pesan singkat yang disebut “tweet”.

Twitter merupakan aplikasi media sosial yang umum digunakan oleh generasi milineal. Melalui twitter, kamu juga akan dimudahkan untuk melihat isu yang sedang hangat dibicarakan melalui fitur trending. Twitter juga memiliki pengguna bulanan yang cukup tinggi, yakni mencapai 336 juta pengguna setiap bulannya.

Youtube

Youtube merupakan platform berbagi video yang paling terkenal saat ini. Pengguna bulanan youtube mencapai 1,8 juta setiap bulannya.

Platforms ini bagus untuk berbagi video serta streaming musik. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat konten streaming dan menyiarkannya langsung ke seluruh situs web.

Instagram

Instagram merupakan platform yang dimiliki oleh facebook. Paltform ini juga memiliki pengguna bulanan yang cukup tinggi, yakni mencapai 1 miliar setiap bulannya.

Instagram merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi foto serta video. Selain itu, sebagai seorang pemasar, kamu juga dimungkinkan untuk membuat live streaming. Instagram juga memiliki kelebihan lain bagi pemasar, dimana kamu memanfaatkan berbagai fitur promosi jika kamu menggunakan instagram for business.

17 Aplikasi Media Sosial Terbaik untuk Pemasar

Setelah membahas empat aplikasi mendasar yang harus pemasar manfaatkan, selanjutnya akan dibahas 17 aplikasi terbaik bagi pemasar. Ketujuhbelas aplikasi itu diantaranya adalah :

aplikasi media sosial

Planoly

Mungkin aplikasi ini masih cukup asing. Namun, jika kamu adalah pengguna instagram, aplikasi ini akan sangat membantumu. Hal ini karena planoly merupakan sebuah aplikasi perencana visual untuk tampilan instagrammu.

Aplikasi ini akan memberimu gambaran mengenai bagaimana postinganmu akan terlihat sebagai grid sebelum Anda memostingnya.

Aplikasi planoly bisa kamu manfaatkan di handphone berbasis iOS dan android.

Crello

Crello merupakan aplikasi yang membantu pengguna untuk membuat gambar yang bagus bagi akun produk mereka.

Dengan crello, bahkan tanpa latar belakang design, kamu bisa membuat sebuah design yang menarik dan bagus. Hal ini karena crello menyediakan 10,000 design dengan 30 format yang bisa kamu kreasikan sesuka hatimu.

Canva

Mirip seperti crello, canva juga memungkinkanmu membuat gambar yang menarik untuk akunmu. Aplikasi canva akan membantumu untuk menciptakan gambar, poster, bahkan gambar bergerak. Kamu hanya perlu mengedit berbagai design yang sudah disediakan dan mengkreasikannya saja.

Facebook Pages Manager App

media sosial untuk pemasar

Mengatur halaman facebook dari smartphone adalah pekerjaan yang lumayan tricky. Karena itulah kamu memerlukan aplikasi semacam facebook pages manager ini. Kamu dimungkinkan untuk mengelola 50 halaman facebook memakai aplikasi ini.

Fastory

Melalui aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa membuat gambar. Fastory menyediakan pilihan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan kontenmu, diantaranya adalah games, kuis, artikel, video, chatbots, serta survey.

Kontenmu akan semakin beragam dengan memakai fastory.

Captiona

Seperti namanya, captiona akan membantumu membuat caption instagram dan snapchat yang tepat. Kamu hanya tinggal memasukkan kata kunci terkait produkmu, captiona lantas akan memberikan berbagai saran caption yang bisa kamu gunakan.

Storyheap

Memakai storyheap, maka kamu akan dimungkinkan untuk melihat berbagai metriks, seperti open rates, views, serta engangement untuk berbagai gambar yang dimuat di platforms media sosial. Kamu juga dimungkinkan membuat atau mengedit story pada dashboard dengan aplikasi ini.

Hootsuite Composer

Hootsuite adalah platform menejemen media sosial yang memungkinkamu untuk menciptakan, menjadwalkan, dan mempublikasi pesan ke segala jenis media sosial memakai satu dashboard. Sementara Composer adalah tool yang dimiliki hootsuite yang memungkinmu untuk menciptakan berbagai caption dan gambar.

Story Slicer

Merupakan aplikasi yang memungkinkan pemasar untuk memposting potongan dan mengedit video untuk facebook, Instagram, hingga WhatsApp.

Apple Clips

Merupakan aplikasi editing video yang memungkinkan pemakainya untuk menciptakan serta berbagai video yang dilengkapi dengan special effects, teks, dan grafis.

Apple Clips hanya bisa digunakan pada handphone berbasis iOS saja.

Campsite

Campsite memungkinkanmu untuk menyusun semua link ke dalam satu halaman. Ini artinya, kamu hanya perlu meletakkan satu link dalam media sosialmu tanpa perlu menggantinya jika ada post baru.

CutStory

Merupakan aplikasi edit video instagram. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memotong video yang terlalu panjang dan menyesuaikannya dengan batas story instagram, yakni sepanjang 15 detik.

Adobe Premiere Clip

Jika kamu membutuhkan cara mudah mengedit video yang terlihat professional, maka kamu bisa memanfaatkan adobe premiere clip.

Merupakan aplikasi edit video gratis yang memiliki berbagai fitur canggih, termasuk kemampuan editing, dukungan soundtrack, pencahayaan khusus, serta opsi estetik.

Keyhole

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memantau performa kata kunci, hashtag, serta URL dalam berbagai media sosial yang kamu pakai.

Data yang keyhole sediakan bisa membantu pemasar untuk selalu sadar dan terhubung dengan percakapan yang sedanga aktif. Selain itu, mereka juga bisa memantau performa dari campaign yang telah mereka lakukan.

Hootsuite Analytics

Merupakan sebuah platform yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan insight media sosial, dan mengubahnya menjadi mudah untuk dibaca.

Hootsuite Analytics bekerja pada intagram, twitter, dan facebook guna mengidentifikasi tren dan melacak pertumbuhan sehingga, sebagai pemasar kamu bisa tahu bagaimana memanfaatkan waktu serta uangmu untuk melakukan pemasaran.

Hemingway App

Seperti namanya, aplikasi ini akan membantumu untuk menjadi seorang penulis yang baik. Kamu akan diajarkan untuk menulis jargon, memotong kalimat yang terlalu panjang, menghilangkan kata kerja yang tidak perlu, dan banyak hal lain terkait penulisan.

Itulah 21 aplikasi media sosial terbaik untuk pemasar. Semoga bermanfaat ya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts