Pembayaran Virtual Via Dompet Digital: Ketahui Beragam Manfaatnya!

Pembayaran Virtual Via Dompet Digital: Ketahui Manfaatnya!

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, dengan melakukan pembayaran virtual via dompet digital. Baca artikel kami, untuk mengetahui selengkapnya.

Di zaman yang serba canggih ini, segala hal dimudahkan dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah, proses transaksi yang mudah dengan menggunakan pembayaran virtual via dompet digital.

Lantas, apa sebenarnya dompet digital itu? Dan Bagaimana cara melakukan pembayaran via dompet digital?

Untuk mengetahui jawabannya, Anda perlu membaca artikel di bawah ini. Karena pada artikel ini, kami akan menjabarkan secara detail mengenai, serba-serbi dari dompet digital yang perlu Anda ketahui.

Pembayaran Virtual Via Dompet Digital: Ketahui Beragam Manfaatnya!

Sistem Pembayaran Virtual Via Dompet Digital

Di zaman yang serba canggih ini, Anda tentu banyak menemui berbagai aplikasi yang menyediakan keuntungan berlimpah, hanya dengan bermodalkan ponsel pintar dan kuota.

Salah satu dari banyaknya aplikasi tersebut, ialah dompet digital dengan segala kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sebelum Anda untuk mengunduh, dan menggunakan pembayaran melalui dompet digital.

Perlu diketahui terlebih dahulu, pengertian dari dompet digital itu sendiri. Kami uraikan pengertian lengkapnya, dimulai dari kata “dompet”. Mari kita uraikan dimulai dari kata “dompet”.

Dompet sendiri, diartikan sebagai wadah atau suatu barang yang sering digunakan manusia, untuk menaruh alat transaksinya, seperti uang, kartu ATM hingga kartu kredit.

Selain itu, dompet juga memiliki fungsi, untuk menyimpan kartu – kartu penting, misalnya KTP, ataupun kartu anggota suatu organisasi.

Sedangkan digital sendiri, bisa diartikan sebagai angka-angka, atau perhitungan yang biasa dilakukan oleh alat canggih seperti komputer.

Jadi, dari kedua pengertian di atas, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa,   dompet digital adalah suatu sistem perhitungan, untuk melakukan transaksi yang yang dilakukan oleh komputer, maupun ponsel pintar.

Semua sistem perhitungan yang telah dibuat secara canggih, dikemas dalam bentuk aplikasi legal, yang bisa diunduh oleh ponsel pintar mana pun.

Sesuai dengan namanya, dompet digital ini, berguna sebagai alat perantara yang menjadikan proses transaksi menjadi lebih mudah, praktis dan efisien.

Kalau dilihat secara sekilas, kemungkinan besar orang-orang akan beranggapan bahwa cara kerja dompet digital itu ribet.

Terutama ibu-bapak dan kakek-nenek kita yang sudah terbiasa melakukan transaksi secara manual. Dompet digital ini, dirasa juga lebih ribet untuk orang tua yang tak terbiasa menggunakan teknologi.

Padahal, cara kerja yang dilakukan oleh dompet digital ini terbilang simple, loh! Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah, mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui app store yang ada di ponselmu.

Setelah itu, Anda hanya perlu membuat akun dengan nomor ponsel, atau email pribadi dan melakukan top-up saldo. Setelah semua tahapan selesai, Anda sudah bisa melakukan pembayaran virtual via dompet digital.

Melakukan transaksi melalui dompet digital juga dirasa mudah, karena Anda tak perlu repot – repot membawa dompet yang berisi uang.

Kadence International Indonesia, yang merupakan sebuah lembaga survei mengeluarkan hasil dari penelitian paling baru, mengenai penggunaan dompet digital di Indonesia.

Survei yang dilakukan tersebut, berjudul “Penggunaan dan Perilaku Pengguna Pembayaran Digital dan Layanan Keuangan di Indonesia.”

Riset online pada Juli tahun 2021 ini, melibatkan sekitar 1.000 responden dari berbagai kota besar di Indonesia, antara lain ialah Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang, Bekasi, Bandung, Makassar, Medan, Palembang, hingga Surabaya.

Hasil dari survei online tersebut  menyatakan bahwa, para responden dengan persentase 44%, menggunakan dompet digital rata-rata empat kali dalam seminggu.

Ada pun transaksi yang dilakukan berupa top-up pulsa, pesan antar makanan, penggunaan dalam aplikasi belanja online, hingga tagihan bulanan.

Selain itu, ada juga transaksi yang dilakukan responden secara online, dengan rata-rata dua kali dalam seminggu.

Selain Kadence International Indonesia,  Neorosensum juga melakukan riset mengenai penggunaan dompet digital dalam rentang waktu November 2020-Januari 2021, dengan melibatkan 1000 responden dari delapan  kota besar di Indonesia.

Mahesh Agarwal selaku Managing Director Neurosensum Indonesia menyebutkan bahwa,  tren yang melonjak selama pandemi berlangsung ialah penggunaan dompet digital, dan e-commerce.

2

Manfaat Pembayaran Virtual Via Dompet Digital

Ada banyak manfaat yang Anda dapat sebagai pengguna aplikasi dompet digital. Berikut ini, manfaat menggunakan pembayaran virtual via dompet digital yang perlu Anda ketahui:

Efisiensi waktu

Bagi Anda para pekerja kantor, ibu rumah tangga, maupun keduanya, efisiensi waktu adalah hal yang paling Anda utamakan dalam mengerjakan sesuatu.

Efisiensi waktu ini, bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan dompet digital untuk melakukan transaksi pembayaran. Anda tidak perlu lagi memenuhi kantong, dengan dompet berisi uang cash.

Transaksi apa pun yang Anda lakukan, hanya akan memerlukan smartphone yang sudah ter-install aplikasi dompet digital. Dan tentunya, sudah memiliki saldo untuk melakukan pembayaran.

Keamanan yang Terpercaya

Hal mengenai keamanan, adalah topik yang patut diperbincangkan saat menerima gaya hidup baru. Begitu pula saat mengikuti gaya hidup baru, yaitu pembayaran virtual via dompet digital ini.

Rata-rata aplikasi dompet digital yang merebak di Indonesia, sudah mendapatkan label legal. Cara transaksi cashless (tanpa uang tunai) yang ditawarkan oleh dompet digital, juga memungkinkan Anda bepergian tanpa perlu mengantongi uang tunai.

Dengan begitu, kemungkinan pencurian yang terjadi pada Anda, akan semakin kecil persentasenya. Yang paling utama adalah, pastikan Anda tidak pernah membocorkan kode OTP, maupun password aplikasi dompet digital Anda, kepada orang asing.

promo

Beragam Promo dan Potongan Harga

Sudah bukan rahasia lagi kalau promo, dan potongan harga menjadi hal yang selalu dicari-cari pada setiap pembelian barang. Bahkan Anda rela mengantri di suatu mall, untuk mendapatkan promo besar – besaran.

Adanya promo dan potongan harga, sebenarnya menjadikan pihak pelanggan, penjual, dan pihak dompet digital sendiri sama-sama untung.

Dengan daya tarik promo itu pula, yang akhirnya membuat orang semakin berbondong-bondong men-download aplikasi dompet digital demi transaksi lebih hemat. Di sisi lain, outlet penjual juga semakin ramai pembeli.

Fleksibel Tempat dan Waktu dalam Bertransaksi

Penggunaan dompet digital yang hanya mengandalkan ponsel pintar, menjadikan transaksi menjadi sangat fleksibel tempat, dan waktu.

Seringkali, ada sesuatu hal yang membuat Anda melakukan proses pembayaran dengan cepat. Padahal Anda sedang dalam posisi bekerja, atau bahkan proses transaksi yang dilakukan tengah malam.

Tentu akan berbahaya, jika Anda memaksa keluar pergi menuju ATM untuk melakukan pembayaran, karena maraknya kasus kejahatan saat ini. Dengan adanya dompet digital, dapat memudahkan Anda melakukan transaksi apapun, tanpa disertai resiko.

Anda hanya perlu membuka aplikasi dompet digital, dan melakukan transaksi sesuai dengan keinginan. Tanpa perlu repot pergi keluar.

Riwayat Transaksi Tersimpan

Manfaat yang satu ini, bisa sangat dirasakan oleh Anda yang menjabat sebagai bendahara di kelas, maupun sebuah organisasi.

Sebagai seorang bendahara, Anda biasanya ditugaskan untuk menerima pembayaran kas dari para anggota, dan tentu saja semuanya harus masuk dalam pencatatan pada buku khusus.

Namun masalahnya adalah, Anda sering lupa tidak menyimpan bukti transaksi.  Dengan melakukan pembayaran virtual via dompet digital, Anda tak perlu repot untuk mencatat setiap transaksi.  

Karena secara otomatis, aplikasi akan menyimpan transaksi saldo yang masuk, dan keluar dari akun Anda.

Selain itu juga, dengan adanya riwayat transaksi, Anda bisa selalu mengecek pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya. Tentu Akan lebih mudah bagi Anda dalam mengatur keuangan pribadi.

Berbagai Manfaat Lain

Beberapa aplikasi dompet digital bahkan tidak hanya menyediakan fasilitas pengiriman, dan penerimaan saldo saja. Namun, juga dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal.

Contohnya seperti pembayaran tagihan bulanan, pengisian pulsa, dan paket internet, pengisian token listrik, hingga pembelian tiket pesawat. Sangat cocok bagi Anda pekerja yang sibuk, dan tak memiliki banyak waktu untuk pergi kemana-mana.

Setelah menyinggung soal top-up saldo di atas, Anda mungkin jadi bertanya-tanya tentang bagaimana cara melakukan top-up saldo dompet digital Anda.

Untuk melakukan top-up saldo, Anda bisa mendatangi minimarket yang paling dekat dengan rumah Anda.

Anda hanya perlu mengatakan pada penjaga kasir bahwa Anda ingin melakukan top-up saldo sesuai, dengan aplikasi dompet digital yang sudah anda miliki.

Biasanya pegawai minimarket tersebut, akan meminta Anda menyebutkan nomor telepon yang tersambung dengan aplikasi dompet digital.

Setelah melakukan pembayaran, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sebelum akhirnya saldo dompet digital Anda akan bertambah.

Selain melalui minimarket terdekat, top-up saldo dompet digital juga bisa  dilakukan melalui ATM, mobile banking, internet banking, serta perseorangan yang menyediakan jasa tersebut.

Tanyakan pada orang terdekat Anda, bisa jadi mereka adalah salah satu penyedia jasanya.

Walaupun dompet digital menyediakan layanan yang aman dan nyaman, ternyata keamanan dan kenyamanan ini, harus dijaga oleh masing-masing pengguna, dengan beberapa cara yang harus Anda dilakukan.

Pertama, pastikan Anda mengisi data pribadi secara tepat, dan sesuai dengan KTP maupun alat penjamin lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari klaim akun yang bukan berasal dari Anda.

Kedua, buatlah pass code yang memungkinkan orang lain sulit dalam menebaknya. Hindari pemilihan pass code menggunakan tanggal lahir, dan nomor ponselmu, karena kedua hal tersebut bisa sangat mudah diketahui oleh orang lain.

Namun jangan pula terlalu ribet, hingga membuat Anda cepat lupa. Biasakan juga membuat catatan terkunci yang berisi pass code Anda.

Ketiga, isilah saldo sesuai kebutuhan mendesak. Anda juga harus bijak dalam menggunakan uang Anda di dompet digital. Dengan berbagai kemudahan dan promo yang bisa Anda dapatkan.

Jangan sampai membuat Anda lebih konsumtif dengan membeli barang – barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Hindari perilaku konsumtif tersebut, dengan mengurangi intensitas pengisian saldo jika tidak sedang dibutuhkan.

3

Aplikasi untuk Mendukung Pembayaran Virtual Via Dompet Digital

Dengan kemudahan yang Anda dapatkan dari pembayaran virtual via dompet digital. Kini Anda perlu mengetahui, aplikasi apa saja yang menunjang dompet digital. Berikut uraiannya untuk Anda :

Go-pay

Siapa yang tidak tahu aplikasi Go-Jek. Sebuah aplikasi yang menyediakan jasa transportasi online ini, sudah menjadi hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Tidak hanya bergerak dalam bidang transportasi online saja. Go-Jek juga menambahkan Go-pay, sebagai dompet digital bagi setiap pengguna aplikasi Go-Jek, dalam melakukan transaksi dengan pengemudi.

Selain itu, Go-pay juga meningkatkan fungsinya sebagai alat dalam transaksi pemesanan makanan secara online, pembayaran tagihan bulanan, pengisian pulsa hingga jasa pengiriman barang.

Shopee-pay

Sama seperti Gojek, aplikasi belanja online bernama Shopee, juga menambahkan manfaat yang bisa Anda gunakan yaitu adanya dompet digital.

Shopee-pay menjadi salah satu dompet digital yang sangat digandrungi masyarakat, mengingat sering adanya promo gratis ongkir, saat melakukan pembelian menggunakan dompet digital milik shopee tersebut.

Shopeepay yang diluncurkan oleh SeaMonkey ini, sudah menerima lisensi dari Bank Indonesia pada Agustus 2018, dan berhasil melakukan perilisan resmi pada November 2018.

Shopee juga mengeluarkan fitur terbarunya di tahun 2021 berupa layanan pesan-antar makanan secara online bernama Shopee Food. Tentu kemudahan ini semakin memanjakan Anda.

OVO

Kalau Go-jek punya Go-pay, maka Grab juga mengait OVO sebagai dompet digital bagi penggunanya.

OVO juga menjadi salah satu dompet digital yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena sering membagi-bagikan rewards berupa poin di setiap transaksi.

Poin tersebut bisa didapat dengan berbagai syarat transaksi yang harus dipenuhi oleh pengguna. OVO poin tersebut nantinya dapat Anda gunakan sebagai alat transaksi pengganti saldo.

Sedangkan untuk top-up saldo OVO sendiri, Anda bisa melakukannya melalui internet banking, mobile banking, hingga penyedia jasa perorangan.

DANA

Sejak dirilisnya aplikasi DANA pada tahun 2018. DANA sudah berhasil mencuri perhatian masyarakat dengan berbagai jenis transaksi yang bisa dilakukannya.

Kepemilikan aplikasi ini dipegang oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, yang menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan bernama Ant Financial.

DANA bisa dibilang menjadi salah satu dompet digital terlengkap, dari sekian banyak aplikasi dompet digital saat ini.

DANA sendiri, banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari siswa, mahasiswa, pekerja (rentang umur 18-24 tahun) hingga ibu rumah tangga yang membuka usaha online (rentang umur 35 tahun).

LinkAja

Sebelumnya mengubah nama menjadi LinkAja, aplikasi ini disebut dengan TCash (Telkomsel Cash) yang berada di bawah naungan perusahaan Telkomsel.

Agak berbeda dari aplikasi dompet digital sebelumnya, LinkAja ternyata juga menyediakan layanan untuk pembayaran Reksadana. Cocok sekali untuk Anda yang suka investasi saham.

iSaku

iSaku juga menjadi salah satu dompet digital yang berhasil mendapatkan perizinan dari Bank Indonesia.

Sama seperti dompet digital lain, iSaku juga memberikan Anda kemudahan dalam pembayaran yang ingin Anda lakukan di mana pun dan kapanpun!

Aplikasi diatas, merupakan dompet digital yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Tentunya masih banyak lagi aplikasi dompet digital lain, yang dapat Anda gunakan, demi kemudahan berbagai transaksi yang akan Anda lakukan.

Dari penjabaran serba-serbi dompet digital di atas, dapat dilihat bahwa kemajuan teknologi zaman sekarang memiliki banyak manfaat di berbagai bidang kehidupan.

Salah satunya adalah kemudahan dengan transaksi melalui pembayaran virtual via dompet digital. Adanya teknologi berupa dompet digital sendiri, sudah menduduki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Dengan berbagai keuntungan, serta kemudahan yang diberikan. Keberadaan dompet digital memang sudah selayaknya mendapatkan apresiasi tinggi.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk melakukan pembayaran via dompet digital? Tak hanya dompet digital saja, teknologi juga mengembangkan manfaat lainnya melalui sosial media.

Jika tertarik dengan konten edukasi mengenai hal serupa, Anda dapat mengunjungi laman kami di socialmediamarketer.id

Di sana kami juga menyediakan berbagai konten mengenai cara marketing bisnis, dengan memanfaatkan teknologi sosial media. Segera kunjungi web kami, dan dapatkan manfaatnya !

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.