ulasan e wallet

Review 4 E Wallet di Indonesia, Mana Jagoanmu?

Sedang jalan-jalan dan lupa bawa dompet? Tenang saja asalkan saldo e wallet di handphone terisi semua bisa lebih mudah.

Sering mengalami kejadian lupa bawa dompet saat keluar rumah dam akhirnya kebingungan untuk membayar? Hal ini tidak akan terjadi jika anda sudah memiliki dompet digital di handphone.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tak hanya menjadikan banyak orang bersosialisasi dengan mudah melalui social media.

Lebih dari itu, saat ini anda juga bisa melakukan transaksi dengan mudah melalui berbagai e wallet yang mudah untuk diunduh dan digunakan di Handphone anda.

E wallet atau biasa disebut dompet digital sendiri menurut The Economics Times adalah akun prabayar yang dilindungi dengan kata sandi dimana pengguna dapat menggunakan uang yang tersimpan sebagai proses transaksi.

Hal ini tentu saja berbeda dengan pembayaran melalui cash dimana penggunanya harus mengeluarkan uang secara fisik untuk proses pembayaran.

Selain itu, resiko menggunakan dompet fisik pun besar seperti kecopetan sehingga membuat pemiliknya tak hanya kehilangan uang namun juga berbagai surat berharga. Hadirnya e wallet ini akhirnya merubah hidup banyak orang.

Penggunaannya yang mudah serta berbagai diskon yang diberikan membuat banyak orang akhrinya beralih menggunakan e wallet sebagai proses pembayarannya.

Selain lebih mudah dan aman, pengguna juga bisa mendapatkan berbagai diskon dari e wallet yang berbeda setiap harinya sehingga lebih hemat.

Pengguna pun tidak perlu khawatir apabila lupa membawa handphone karena tetap bisa melakukan pembayaran melalui e wallet.

Dari sisi penjual pun kehadiran e wallet pun juga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Hal ini karena penjual tidak perlu menyiapkan uang kembalian karena pembeli bisa membayar dengan jumlah nominal yang pas.

Selain itu, apabila penjual melalui kerja sama dengan melakukan diskon di pembayaran tertentu. Strategi ini bisa membantu pedagang untuk menaikkan penjual dengan cepat dan menguntungkan.

Penjual juga bisa langsung melihat hasil penjualan hari itu dengan adanya saldo yang telah terekap detail sehingga tidak perlu khawatir apabila ada kesalahan dalam perekapan.

Di Indonesia sendiri pun sudah banyak bermunculan berbagai e wallet dari berbagai platfrom market place yang tidak hanya digunakan untuk pembayaran namun juga berbagai kebutuhan.

Karenanya sebelum menggunakan e wallet untuk kebuthan sehari-hari, berikut beberapa keuntungan dan kelebihan yang akan anda temukan selama bertransaksi.

kelebihan e wallet untuk transaksi

Kelebihan E Wallet Untuk Transaksi

Saat membayar di kasir baik di pusat perbelanjaan atau tempat makan biasanya anda akan menemukan barcode untuk membayar melalui e wallet

Penggunaan dompet digital yang saat ini mendarah daging di sebagian besar konsumen menjadikan alat pembayaran ini sebagai opsi utama saat membayar di berbagai tempat.

Tidak hanya mudah dan praktis, penggunaa e wallet sendiri juga memberikan keuntungan baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Mempermudah Transaksi

Sudah mengantri panjang namun masih harus menghitung uang pembayaran di kasir?

Kejadian ini tentu saja bisa membuat anda kesal karena harus terburu-buru menghitung uang yang pas belum lagi jika sudah banyak orang yang mengantri di belakang anda.

Untungnya kejadian ini bisa anda hindari jika anda menggunakan e wallet yang bisa membantu untuk mempermudah transaksi.

Dengan adanya e wallet, pengguna tinggal memasukkan nominal angka pembayaran dan kasir pun bisa langsung melakukan scan barcode atau QR Code di hp anda.

Tentu saja lebih praktis dan mudah bukan?

Keamanan Terjamin

Beberapa tahun yang lalu anda mungkin akan merasa cemas apabila membawa uang dalam jumlah banyak di dalam dompet.

Selain takut uang anda dicuri, resiko dompet jatuh dan hilang juga bisa menjadi kekhawatiran saat anda membawa dompet.

Namun dengan adanya e wallet, pengguna tidak perlu takut apabila uangnya hilang karena transaksi melalui dompet digital hanya bisa diakses melalui kata sandi yang hanya diketahui oleh pengguna.

Selain itu, menyimpan uang di e wallet pun dijamin keamanannya karena uang yang tersimpan di e wallet minim resiko di bobol oleh orang lain.

Pencatatan Transaksi yang Rapi

Saat menggunakan uang fisik biasanya anda lupa untuk melakukan pencatatan transaksi sehingga bisa melupakan kemana saja larinya uang tersebut.

Hal ini tidak akan terjadi apabila anda menggunakan e wallet karena setiap transaksi yang keluar akan dicatat dengan rapih sehingga mengurangi resiko melupakan transaksi yang dilakukan setiap harinya.

Dengan adanya pencatatan transaksi yang rapih ini juga akan membantu anda untuk rekapitulasi pembayaran sehingga mengetahui pos pengeluaran mana saja yang harus dihemat setiap harinya.

Hal ini juga bisa membantu untuk mengurangi kebiasaan menyimpan struk perbelanjaan untuk mencatat transaksi pembayaran yang keluar setiap harinya.

Pencatatan transaksi yang rapih juga membantu penjual untuk melihat banyaknya transaksi yang  masuk hari ini sehingga mengurangi resiko apabila uang kasir hilang.

Diskon dan Promo yang Menarik

Diskon berupa potongan harga atau pemberian barang gratis tentunya menjadi kesukaan bagi banyak orang.

Keuntungan lainnya dari menggunakan e wallet adalah pemberian potongan harga atau pemberian koin yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu saat sudah mencapai poin tertentu.

Pemberian diskon sendiri tentunya akan menyenangkan hati pembeli karena bisa lebih hemat terlebih lagi apabila sudah membeli banyak barang dan mendapatkan diskon yang fantastis.

Adanya diskon ini juga menguntungkan bagi penjual karena membantu untuk menaikkan penjualan sehingga leads yang awalnya penasaran dengan produk anda akhirnya tertarik untuk membeli dan membantu untuk meningkatkan penjualan.

Namun sebelum memberikan diskon tertentu, pengguna sebaiknya memperhitungkan apakah diskon yang diberikan sudah sesuai dengan hasil yang akan di dapatkan nantinya.

Karenanya pengguna bisa melakukan promosi dulu untuk mengajak pembeli mengunjungi dan membeli produk anda dengan iming-iming diskon tertentu.

Penjual juga bisa memberi tahukan informasi diskon tersebut dengan membagikan konten promosi di social media yang dimiliki atau memasang banner di depan kasir.

Selain itu, penjual juga bisa memasang diskon di hari-hari dan perayaan tertentu agar anda tidak ketinggalan momen tersebut.

Digunakan Untuk Membayar Tagihan

Pulsa mendadak habis? Tagihan sekolah harus dibayar? Tagihan PDAM membengkak? Token listrik tiba-tiba berbunyi? Tenang saja anda bisa menyelesaikan berbagai pembayaran tagihan melalui e wallet.

Tidak hanya digunakan untuk transaksi pembayaran di  berbagai tempat namun e wallet sendiri juga bsia digunakan untuk pembayaran tagihan.

Faslitas pembayaran tagihan ini sudah disediakan oleh berbagai e wallet sehingga anda tinggal memilih dompet digital mana saja yang akan anda gunakan.

Tak jarang, di awal atau akhir bulan berbagai e wallet tersebut memberikan diskon pembayaran tagihan sehingga menguntungkan anda saat membayar berbagai tagihan yang ada.

Kehadiran e wallet sebagai tempat pembayaran tagihan tentunya berguna bagi anda yang mendadak memerlukan pulsa untuk mengisi paket data atau membeli token listrik yang habis. Sehingga anda tidak perlu keluar rumah untuk membayarnya.

kekurangan e wallet untuk transaksi

Kekurangan E Wallet Untuk Transaksi

Meskipun e wallet memiliki sejuta kelebihan dan telah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang namun dompet digital sendiri memiliki banyak kerugian namun masih bisa diatasi oleh pengguna e wallet.

Karenanya sebelum memperhitungkan menaruh seluruh uang anda di e wallet ketahui dulu kekurangan dari menggunakan e wallet.

Bergantung dengan Internet

Kemajuan teknologi saat ini tentulah sangat bergantung dengan adanya internet, sehingga apabila mendadak tidak ada wifi atau paket data internet tentulah berbagai aplikasi yang ada di handphone tidak bisa dijalankan.

Begitu juga dengan adanya e wallet di handphone yang tidak bisa diakses bila tidak adanya akses internet yang digunakan.

Karenanya meskipun anda sudah memiliki berbagai jenis dompet digital di handphone, sediakan juga uang kertas atau koin di dompet anda sebagai antisipasi apabila internet anda mendadak tidak bisa digunakan.

Selain itu, dengan menggunakan uang fisik juga membuat anda merasakan rasa kehilangan setelah membayar sehingga membantu anda untuk tidak boros dalam berbelanja.

Menambah Pengeluaran Tanpa Disadari

Saat berbelanja menggunakan e wallet biasanya anda tanpa sadar menghabiskan banyak uang yang baru disadari ketika saldo di e wallet sudah habis.

Kebiasaan menggunakan e wallet sebagai alat pembayaran ternyata juga membuat seseorang menjadi boros.

Hal ini dikarenakan hilanganya rasa kehilangan yang dimiliki saat menggunakan uang fisik dibandingkan saat menggunakan e wallet.

Ditambah lagi banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan saat menggunakan e wallet membuat banyak orang akhirnya kalap dalam berbelanja sehingga tidak menyadari bahwa saldo yang dimiliki sudah hampir habis.

Karenanya agar anda tidak boros saat menggunakan e wallet, anda bisa menerapkan limit perbelanjaaan sehingga saldo yang dimiliki tidak habis begitu saja.

Solusi lainnya, anda bisa melakukan top up ketika mulai berbelanja dengan minimal saldo tertentu sehingga apabila uangnya habis anda bisa berhenti.

Tidak Bisa Diuangkan

Sisi lain dari adanya e wallet yang jarang sekali dibahas oleh banyak orang adalah saldo dari e wallet tidak bisa diuangkan sehingga apabila dalam kondisi mendadak maka uang di dompet digital tidak bisa digunakan dan diambil di ATM yang ada.

Meskipun begitu beberapa e wallet terkenal seperti Gopay atau Shoopepay memberikan opsi untuk memindahkan saldo di dompet digital ke nomor rekening sehingga anda tetap bisa menarik uang di e wallet yang dimiliki.

Hal ini tentu menguntungkan bagi penjual agar uang yang dimiliki dari hasil penjualan bisa diputarkan kembali untuk modla berjualan sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Adanya Biaya Transaksi

Disaat anda melakukan transaksi menggunakan e wallet biasanya anda akan dikenakan biaya transaksi atau sering disebut biaya admin yang jumlahnya tidak disadari.

Nominal biaya admin sendiri biasanya anda temukan ketika melakukan transaksi pembayaran makanan melalui e wallet.

Sehingga tidak jarang kita menemukan jumlah biaya admin yang berbeda di tiap e wallet yang dimiliki.

Biaya transaksi pun terkadang tanpa sadar akan memberatkan kita sehingga harus membayar biaya dari yang seharusnya dikelurakan.

Meskipun begitu, pemberian biaya admin bisa sedikit dikurangi dengan adanya berbagai promo yang membuat biaya pengiriman dan juga makanan menjadi lebih murah.

Agar semakin murah, pengguna bisa memeriksa e wallet mana saja yang sedang mengadakan promo besar-besaran sehingga bisa membantu mengurangi biaya layanan yang di bebankan.

Sistem Mendadak Error

Meskipun beberapa tempat perbelanjaan dan juga tempat makan sudah menyediakan layanan e wallet sayangnya kita tidak bisa menghindari adanya sistem yang mendadak eror.

Hal ini bisa berupa listrik yang mendadak mati atau sistem dari pusat e wallet yang mengalami gangguan sehingga tidak bisa diakses oleh pihak kasir.

Guna mengatasi hal ini pengguna bisa melakukan antisipasi dengan mengisi saldo di e wallet lain sehingga bisa digunakan apabila sistem di e wallet yang biasa kita gunakan mendadak erorr.

Selain itu, jangan luoa siapkan beberapa lembar uang kertas di dompet untuk membayar sehingga anda masih bisa membawa barang perbelanjaan yang dimiliki meskipun e wallet yang dimiliki tidak bisa di akses.

Tempat Transaksi yang Terbatas

Saat berkunjung ke berbagai pusat perbelanjaan modern seperti Mall atau supermarket tentunya anda dengan mudah menggunakan e wallet yang dimiliki sebagai alat pembayaran.

Selain mudah dan praktis, apabila anda beruntung maka bisa mendapatkan berbagai potongan harga yang tentunya membantu menghemat pengeluaran saat berbelanja.

Sayangnya saat anda mampir ke pasar atau toko tradisional tentunya sulit bagi anda untuk membayar menggunakan e wallet karena terbatasnya alat pembaca barcode dompet digital yang dimiliki.

Meskipun begitu, anda sebaiknya menyesuaikan diri dengan memiliki beberapa lembar uang kertas yang digunakan untuk pembayaran di berbagai tempat yang tidak menyediakan fasilitas pembayaran melalui e wallet.

macam-macam dompet digital untuk bisnis

Macam-macam Dompet Digital dan Ulasannya

Munculnya berbagai e wallet di Indonesia tidak hanya memunculkan keuntungan dan kerugian bagi penjual dan pembeli namun dapat menimbulkan kebingungan dalam memilih dompet digital yang tepat.

Hal ini dikarenakan masing-masing e wallet saling berkompetisi untuk merebut hati konsumen dengan memberikan berbagai fasilitas dan pelayanan.

Persaingan ini akhirnya membuat konsumen memiliki lebih dari aplikasi e wallet yang dimiliki di gadget masing-masing.

Karenanya agar anda bisa memilih e wallet yang tepat dan sesuai kebutuhan, berikut beberapa dompet digital yang ada di Indonesia beserta ulasannya.

Shopeepay

E wallet pertama yang sering digunakan oleh banyak orang adalah Shopeepay. Dompet digital dari aplikasi Shopee ini digunaka oleh banyak orang karena dapat digunakan di berbagai stand perbelanjaan dan juga membayar berbagai transaksi di di Shopee.

Pengguna juga bisa membeli makanan keinginan dengan memesan melalui Shopee Food yang kemudian dibayar melalui Shopeepay sehingga bisa mendapatkan diskon lebih.

Selain itu, pembayaran melalui Shopeepay pun juga dijamin lebih murah karena Shopee memberikan potongan khusus bagi konsumennya yang membayar belanjanya melalui Shopeepay.

Sudah check out barang keinginan di Shopee namun mendadak ada toko lain yang lebih murah? Tenang saja anda bisa melakukan pembatalan pembayaran di Shopee dan uang pun masih tetap bisa kembali dengan utuh dan masuk di saldo Shopeepay.

Tidak hanya itu, anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan satu layanan ini.

Mulai dari membayar sedekah rutin, tagihan bulanan dari listrik hingga PDAM sampau membayar biaya pendidikan juga bisa anda lakukan di aplikasi.

Selain itu, anda juga bisa mentraktir teman dan saudara dekat dengan cara mengisi saldo Shopeepay dengan transfer dari akun anda.

Tentu saja hal ini bisa menjadi hadiah yang mudah dan praktis apabila anda tinggal berjauhan dengan orang tersayang.

Apabila anda aktif dalam menggunakan Shopeepay biasanya anda akan mendapatkan jumlah koin tertentu yang bisa digunakan kembali untuk proses pembayaran barang di Shopee.

Sehingga anda bisa membayar lebih sedikit dibandingkan harga asli dan tentunya lebih hemat.

Berbelanja melalui Shopeepay pun dijamin aman karena pihak Shopee baru akan memproses transaksi apabila anda sudah memasukkan kata sandi yang diverifikasi.

Sehingga saldo anda dijamin aman dan resiko penyalahgunaan saldo Shopeepay juga bisa dikurangi.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, pengguna yang sudah memiliki aplikasi Shopee tinggal mendaftarkan diri dengan mengisi berbagai form registrasi yang disediakan dan harus diisi dengan data yang benar.

Setelah itu, pengguna tinggal menunggu beberapa hari agar Shopeepay bisa langsung digunakan secara aktif.

Sebelum menggunakan Shopeepay, pengguna juga bisa melakukan pengisian saldo dengan transfer melalui rekening bank yang dimiliki atau melakukan pengisian di berbagai kasir minimarket dengan menyetorkan sejumlah nominal uang.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan namun Shopeepay sendiri juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

Bagi pengguna Shopeepay yang ingin menarik dana nya ke rekening ATM biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama agar dana yang dimiliki bisa masuk ke dalam saldo rekening.

Proses yang cukup lama akhirnya membuat konsumen yang ingin menarik dananya harus menunggu hingga beberapa hari hingga uang yang dimiliki bisa masuk ke rekening bank yang dimiliki.

LinkAja

Dompet digital kedua yang mulai digunakna oleh masyarkat adalah LinkAja. E wallet besutan BUMN ini tentunya memiliki berbagai kelebihan yang cocok dalam pembayran transaksi yang dimiliki.

Kelebihan pertama yaitu pengguna bisa membayar berbagai transaksi dengan e wallet ini secara mudah dan gampang sehingga anda tidak perlu membawa dompet kemana saja.

Tagihan yang menumpuk dan perlu dibayar secepatnya tidak menjadi masalah bagi pengguna Linkaja karena anda bisa langsung membayarnya secara mudah melalui satu aplikasi sehingga tidak perlu keluar rumah untuk membayar berbagai tagihan yang ada.

Selain itu apabila anda sedang berbelanja di pusat perbelanjaan atau melakukan wisata kuliner di tempat makan, anda bisa melakukan pembayaran melalui LinkAja dengan mengakses QR Code maka segala tagihan perbelanjaan akan terbayar dengan cepat dan mudah.

Berbagai tagihan listrik lupa dibayar dan sedang tidak ada uang simpanan? Tenang saja anda bisa melakukan fitur Paylater yang tersedia di LinkAja yang bisa membantu anda untuk membayar tagihan yang ada.

Meskipun begitu, anda sebaiknya membayar tagihan tersebut secara tepat waktu dan juga dengan bunga yang dibebankan sehingga anda tidak perlu terbebani oleh tagihan yang semakin berat ke depannya.

Apabila pengguna memiliki akun rekening di berbagai bank BUMN seperti Mandiri, BRI, BNI, dan BTN maka anda bisa mengirimkan saldo dana tanpa perlu di potong biaya admin.

Penggunaan LinkAja juga bisa digunakan untuk pembayaran penunjang pekerjaan di layanan Prakerja.

Dalam penggunaannya, anda cukup mengunduh aplikasi LinkAja yang tersedia di Google Playstore. Kemudian anda bisa melakukan proses registrasi untuk menggunakan berbagai fasilitas pembayaran di aplikasi LinkAja.

Pengguna juga cukup mendaftarkan nomor telepon yang terpasang di handphone anda sebagai pin anda sehingga tidak perlu registrasi ulang asalkan anda sudah memiliki nomor telepon yang masih terpasang.

Jika pengguna ingin mengisi saldo dari LinkAja maka bisa mengisinya di berbagai ATM atau melalui transfer bank sehingga lebih mudah dan praktis.

Sayangnya e wallet ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran dengan nominal kecil saja sehingga bila anda berbelanja dengan limit yang lebih besar maka LinkAja tidak bisa digunakan sehingga memerlukan bantuan platfrom dompet digital lainnya.

Sayangnya e wallet satu ini hanya melayani pembayaran terbatas di beberapa sektor saja namun cukup memadai untuk membayar berbagai tagihan bulanan dengan mudah.

Gopay

Bagi pengguna aplikasi Gojek tentunya tidak asing dengan namanya Gopay, layanan e wallet yang dimiliki oleh platfrom ini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa anda gunakan untuk berbagai proses transaksi.

Kelebihan yang ditawarkan dari menggunakan Gopay adalah pengguna bisa membayar berbagai jenis transaksi yang ada di Gopay mulai dari Gofood, Goride, Gomart, Gosend, dan juga GoMed.

Pada saat tertentu, Gopay juga memberikan berbagai potongan harga bagi penggunanya sheingga membuat anda lebih hemat saat berbelanja.

Selain itu, aplikais ini juga cukup terkenal di kalangan masyarakat sehingga tidak heran apabila anda bisa menggunakan layanan Gopay untuk membayar berbagai transaksi di pusat perbelanjaan atau tempat makan.

Bahkan di beberapa waktu tertentu anda juga bisa mendapatkan diskon saat membayar melalui Gopay. Tentunya hal ini menyenangkan hati anda karena mendapatkan berbagai macam produk dnegan harga murah.

Selain itu, pengguna juga bisa membayar berbagai transaksi tanpa berbatas waktu tertentu karena layanan Gopay ini buka selama 24 Jam sehingga bisa anda gunakan dalam kondisi darurat sekalipun.

Sudah tertarik menggunakan Gopay? Anda bisa menggunakan layanan ini dengan cara mendaftarkan diri anda di Aplikasi Gojek dan mengisi berbagai form registrasi yang dibutuhkan.

Pastikan juga anda mengisi berbagai data dengan benar sehingga bisa langsung diproses apabila terjadi komplain di kemudian hari.

Dana

Tidak hanya platfrom e wallet yang bergabung dengan aplikasi jual beli seperti Shopeepay atau Gopay namun anda juga bisa menggunakan aplikasi Dana yang sudah lama berdiri dan digunakan oleh banyak orang.

Platform e wallet ini berguna sebagai alat pembayaran tagihan rumah tangga seperti listrik, internet, atau PDAM. Seorang gamers juga bisa melakukan berbagai transaksi voucher dengan mudah dan murah melalui aplikasi Dana.

Cara membuat akun di Dana pun cukup mudah, pengguna tinggal mengunduh aplikasi ini di Google playstore.

Kemudian anda bisa menggunakan nomor telepon untuk registrasi kemduian tunggu hingga kode OTP masuk ke layanan pesan singkat di handphone.

Setelah itu anda bisa langsung mendaftar dam masukkan nama pengguna, jangan lupa juga untuk membuat PIN sebagai akses masuk ke akun anda.

Dibalik kelebihannya, platform ini juga memiliki berbagai kekurangan yaitu saldo dan transaksi yang dibatasi hingga 20 Juta sehingga pengguna tidak bisa menyimpan terlalu banyak saldo di tempat ini.

Selain itu, apabila pengguna ingin mengirim uang dari Dana ke rekening bank yang dimiliki maka pengguna hanya diberikan limit gratis pengiriman sebanyak 10 kali dan setelahnya pengguna harus membayar biaya adminnya.

Kekurangan lainnya adalah apabila pengguna ingin melakukan komplain maka bisa melalui email atau mengirim pesan ke social media yang dimiliki karena Dana sendiri tidak memiliki kantor cabang yang bisa di datangi ketika ada komplain.

Aplikasi dana sendiri pun hanya bisa digunakan di berbagai merchant besar dan belm menjangkau usaha kecil sehingga menyulitkan bagi anda yang ingin berbelanja di toko atau warung kecil.

Tak hanya itu, pengguna Iphone pun tidak bisa menggunakan aplikasi Dana karena platform ini hanya tersedia di Google Playstore dan belum bisa diakses di Appstore.

Ovo

Satu lagi platfrom e wallet yang memiliki banyak pengguna yaitu OVO. Aplikasi ini sempat ramai di masanya namun masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini.

OVO sendiri bisa digunakan untuk pembayaran di berbagai aplikasi terkenal seperti Tokopedia, Grab, dan MatahariMall.com.

Sehingga memudahkan bagi anda yang gemar berbelanja makanan dan berbagai produk di aplikasi tersebut.

Tak hanya digunakan untuk proses transaksi di berbagai aplikasi namun pengguna juga bisa menggunakan OVO untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, pulsa, dan juga investasi yang bekerjasama dengan OVO.

Hal ini tentu memudahkan anda yang hobi menabung agar semakin tersalurkan dengan baik.

Penggunaan platform OVO pun cukup mudah, pengguna cukup mengunduh aplikais OVO di Google Playstore kemudian jika sudah selesai bisa langsung mengisi berbagai data yang dibutuhkan.

Setelah selesai anda tinggal menunggu kode verfikasi atau OTP yang dikirimkan ke handphone anda dan kemudian akun OVO akan segera aktif.

OVO sendiri juga menyediakan apresiasi kepada penggunanya berupa poin yang bisa ditukarkan untuk diskon dan potongan harga sehingga membuat belanja anda lebih hemat dan murah.

Pengguna juga bisa mengisi saldo OVO dengan mudah melalui transfer rekening bank, mobile banking, kartu kredit, dan debit serta di sopir Grab yang bisa anda temui dengan mudah.

Sayangnya, Ovo sendiri memiliki berbagai kekurangan di antaranya point yang berbatas waktu sehingga bisa hangus setelah 18 bulan.

Selain itu, pengisian saldo OVO pun memiliki biaya admin sehingga anda akan menerima potongan saat melakukan top up.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.