pengertian campaign jenis jenis dan manfaat

Pelajari Pengertian Campaign, Jenis-jenis dan Manfaatnya

Pengertian campaign memang harus dipahami oleh semua orang. Nah, pada artikel berikut ini akan kami jelaskan pengertian, jenis, dan manfaat kampanye.

Kata campaign, untuk Anda yang memiliki bisnis atau ingin baru memulai bisnis tentu saja tidak asing. Pengertian campaign yaitu suatu aktivitas untuk mempromosikan produk.

Sebagai pembeda antara perusahaan Anda dengan perusahaan lainnya, campaign sendiri memiliki peran yang sangat penting.

Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaatcampaign, cara melakukannya, ataupun contohnya bisa langsung simak penjelasan dibawah ini.

pengertian campaign

Mengenal Pengertian Campaign

Salah satu cara untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa menggunakan berbagai saluran,  disebut dengan campaign.

Misalnya seperti, media koran, radio, televisi, media sosial platform online, atau kanal-kanal lainnya. Hal ini dilakukan agar bisa memaksimalkan dampak ke masyarakat luas.

Campaign sendiri juga bisa berbentuk demonstrasi produk. Karena sudah memiliki experience terhadap produknya, hal ini dilakukan agar para calon customer bisa tertarik membeli.

AIDA atau Attention, Interest, Desire, and Action merupakan target yang harus dicapai, pada saat Anda menjalankan sebuah campaign.

Jenis-jenis Pengertian Campaign Untuk Pemasaran

Anda harus memanfaatkan teknologi yang semakin maju saat ini, termasuk dalam menerapkan dan mempelajari berbagai macam campaign. Dibawah ini ada beberapa jenis digital campaign, yaitu :

Search Engine Marketing (SEM)

Untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, SEO bukanlah satu-satunya cara. Jenis digital marketing lainnya yang memungkinkan produk tampil di mesin pencarian ialah Search Engine Marketing (SEM).

Anda bisa bekerja sama dengan best digital agency, supaya hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Pay Per Click (PPC)

Salah satu teknik digital marketing yang memanfaatkan internet dan website sebagai perangkatnya disebut dengan Pay Per Click. Untuk mendapatkan kunjungan dan klik dengan cara kerja PPC yang dilakukan melalui pembayaran iklan dan website.

Content Marketing dan Viral Marketing

Praktik pemasaran yang dilakukan dengan membuat konten bermakna dan berkualitas untuk penggunanya adalah content marketing.

Konten yang dibuat akan memberikan informasi yang berguna untuk mengundang terjadinya transaksi, menstimulasi ketertarikan terhadap produk bisnis dan bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan transaksi.

Jenis digital ini tidak hanya berupa tulisan saja namun bisa gambar, video atau bahkan rekaman suara.

manfaat campaign

Manfaat dari Campaign

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari campaign, yaitu :

Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Untuk membuat brand bisnis Anda lebih dikenal di masyarakat, khususnya target pasar dari bisnis Anda menjadi salah satu manfaat campaign.

Calon pelanggan akan lebih aware dan lebih tertarik, jika brand sudah dikenal oleh masyarakat luas.  Hal ini berarti peluang Anda untuk meningkatkan sales semakin tinggi.

Bisa Mendatangkan Prospek atau Leads

Hal itu tentu saja akan menarik mereka untuk mencari tahu tentang produk yang Anda, apalagi jika brand Anda sudah dikenal oleh masyarakat, tentu saja baik melalui website maupun media sosial.

Pastikan materi untuk website dan media sosial sudah siap, ini menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat campaign.

Agar ketika para calon pelanggan langsung tertarik dengan produk Anda, buatlah materi itu semenarik mungkin.

Mampu Meningkatkan Penjualan

Dengan leads yang meningkat, pasti penjualan juga akan ikut meningkat, apalagi setelah brand Anda mulai dikenal banyak orang.

Pada saat ini, Anda harus memastikan bahwa produk dan bisnis yang Anda tawarkan benar-benar sudah siap dan bermanfaat untuk pelanggan sehingga mereka tidak kecewa.

Agar Anda lebih siap memproses pesanan yang masuk, pastikan Anda sudah memikirkan soal proses pembelian, pencatatan, dan hal lainnya.

Mampu Menciptakan Konsumen Loyal

Bukan berarti semuanya bisa selesai, ketika brand yang Anda miliki sudah memiliki pelanggan yang loyal. Namun, Anda masih harus tetap mempertahankan para pelanggan dengan terus meningkatkan kualitas dan inovasi-inovasi produk.

Misalnya, Anda bisa merilis menu-menu baru dengan harga spesial khusus untuk pelanggan setia, jika Anda adalah pemilik bisnis F&B.

Coba adakan flash sale di jam-jam tertentu atau berikan voucher gratis khusus untuk pelanggan yang berulang tahun di bulan tertentu, apabila Anda adalah pemilik bisnis ritel.

Anda bisa membuat program loyalitas, untuk Anda yang yang menjalankan bisnis jasa, misalnya untuk 10x order bisa dapat 1x free service.

Terhadap bisnis Anda, teruslah meningkatkan rasa percaya pelanggan. Dengan menggunakan jasa bisnis Anda, jangan sampai mereka kecewa dan tidak mau membeli produk.

contoh

Contoh Campaign yang Sukses

Campaign kolaborasi dari McD dan BTS (Bangtan Boys, boy band asal Korea), baru-baru ini membuat konsumen Indonesia dimanjakan. 

Kolaborasi antara McD dan BTS ini membuat gempar para pecinta BTS. Hal inilah yang mengakibatkan semua gerai McD yang menjual BTS Meals menjadi sangat ramai.

Baik online maupun offline, pembelinya pun membludak. Pembahasan tentang McD dan BTS ini, menjadi perbincangan yang ramai di media sosial.

Tujuan dari campaign itu bukanlah mencari keuntungan semata, melainkan menciptakan ikatan atau engagement yang lebih erat dengan para konsumen, berdasarkan pernyataan Dosen Pascasarjana UI Firman Kurniawan.

Para pelanggan itu tidak beralih ke brand pesaing, karena engagement yang erat akan membentuk ikatan emosi.

Cara Praktis Membuat Campaign

Tetapkanlah Tujuan atau Target dari Campaign

Dalam tahap selanjutnya, hal ini sangat penting karena dengan tujuan yang jelas akan memudahkan Anda.

Misalnya seperti brand nomor satu di kelasnya, McD BTS Meal, McD menargetkan untuk mempererat hubungan dan mengukuhkan brand mereka. Jadi kegiatan campaign, tidak semata-mata hanya menargetkan keuntungan.

Lakukanlah Social Listening

Untuk lebih mengenal bagaimana selera target pasar Anda, maka bisa melakukan social listening.  Semakin efektif dan efisien, membuat campaign akan sangat menghemat biaya untuk campaign.

Lakukanlah Secara Berulang dan Berkala

Tidak hanya didapat dari satu kali campaign, bisa menemukan ramuan prosesi campaign yang maksimal. Agar Anda bisa menemukan formula dan cara kerja yang tepat, dengan menjalankan beberapa kali campaign itulah hal yang bisa dilakukan.

Hal itu akan sangat menguntungkan bagi Anda dan brand kedepannya karena Anda sudah tahu mana yang paling works untuk tujuan bisnis Anda, namun ketika Anda sudah menemukan formula yang tepat bagi brand Anda.

Sebelum campaign berjalan, penting untuk diingat, Anda persiapkan terlebih dahulu dengan matang produk/jasa yang ditawarkan, beserta operasional pendukung dibaliknya.

Jika Anda ingin belajar mengenai marketing dengan lebih baik, gabung saja bersama Social Media Marketer.

Dari perusahaan yang tumbuh lambat atau macet, kampanye pemasaran atau campaign paling efektif jadi sering kali membedakan perusahaan yang tumbuh dengan cepat.

Kedua perusahaan tersebut menawarkan barang dagangan yang serupa dan melayani pasar yang sama pula. Agar produk lebih menonjol dari pesaing yang sama, campaign memegang peranan penting.

Contoh perusahaan yang berhasil dalam pasar massal yang sangat kompetitif dalam hal penyediaan barang- barang konsumen, perusahaan- perusahaan besar seperti Coca-Cola atau Unilever.

Mereka mengungguli saingan mereka karena adanya bantuan campaign yang tepat, meskipun mereka pasti menghasilkan produk yang kompetitif.

Anda harus menjadi pemasar, pengiklan, dan promotor bisnis yang efektif, jika Anda berharap bisnis Anda tetap bertumbuh. Anda menguasai pemasaran dari produk-produk, Anda akan cenderung tumbuh menjadi baik.

Hasil dari penelitian dan riset yang cermat, dipikirkan dengan matang, dan berfokus pada detail dan eksekusi, daripada bertumpu pada satu ide besar, ini dinamakan sebagai campaign .

Dimulai dengan memahami posisi Anda di pasar dan diakhiri dengan detail seperti susunan kata dalam iklan, ini bisa direncanakan untuk melakukan campaign.

Sekumpulan aktivitas strategis yang mempromosikan sasaran atau sasaran bisnis disebut dengan campaign. Untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek secara keseluruhan dapat menggunakan kampanye pemasaran.

Kampanye direncanakan dengan cermat dan aktivitasnya bervariasi, agar mencapai hasil yang paling efektif.

Pengertian campaign menggunakan berbagai saluran, platform, dan media untuk memaksimalkan dampaknya dimata umum, untuk pemasaran yang lebih baik.

Kampanye pemasaran yang memanfaatkan media cetak, media sosial, iklan online, email, demo langsung, dan banyak lagi. Tergantung pada tujuan yang ingin dicapai, setiap proses kampanye akan memiliki aktivitas yang berbeda-beda.

Sebagai kampanye pemasaran yang cukup efektif, pesan dan corak kampanye tertentu akan sangat terkait dengan corak merek bisnis perusahaan.

cara tepat

Pengertian Campaign dan Cara Tepat Memaksimalkannya

Sebuah bisnis harus meluangkan waktu untuk merencanakan secara ekstensif karena bisnis ingin terlihat proaktif dan unik di niche pasar mereka, ini menjadi upaya untuk menjalankan kampanye pemasaran yang sukses.

Pemasar perlu membuat dan melaksanakan rencana campaign yang diteliti dengan baik, untuk menggambarkan bisnis secara positif atau untuk mempromosikan produk dengan sukses.

Pengertian campaign perlu diperdalam. Campaign bertujuan untuk menghasilkan prospek, pemasar perlu mengetahui tujuan akhir kampanye pemasaran mereka.

Untuk meningkatkan keterlibatan di saluran media sosial atau untuk mempromosikan produk baru, maka perlu dirancang sebuah proses kampanye yang efektif dan progresif. Pengertian campaign yaitu memperkenalkan produk ke khalayak ramai.

Pada proses ini, diperlukan satu tujuan utama sebagai alasan untuk eksis dalam pasar dan agar berhasil, namun kampanye pemasaran digunakan dengan tujuan tertentu. Pemasar juga harus mengumpulkan informasi tentang pasar, sebelum meluncurkan kampanye pemasaran.

Anda harus mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan produk, pelanggan, dan pesaing dalam ceruk pasar Anda. Pemasar dapat memilih pesan dan ajakan bertindak yang sesuai dalam kampanye Anda, dengan menggunakan informasi ini.

Penting untuk memutuskan kerangka waktu dan kampanye pemasaran, apalagi saat merencanakan campaign. Hal ini berguna untuk memastikan kampanye harus menjangkau jumlah orang terbesar dalam demografis target.

Karena pengertian campaign tak jauh dari proses promosi yang dilakukan untuk menarik perhatian sebagian besar orang.

Tim pemasaran kemudian dapat mencari strategi pemasaran tambahan yang membuat pengertian campaign lebih tepat lagi dan menentukan matrik yang sesuai untuk menilai keberhasilan kampanye.

komponen

Komponen Untuk Menyusun Marketing Campaign

Komponen dari kampanye pemasaran meliputi evaluasi bagaimana hasil kampanye akan diukur, tahap perencanaan, menentukan target pasar, bagaimana kampanye akan disampaikan, bagaimana mencapai hasil, dan terakhir, menilai seberapa baik kampanye tersebut dilakukan.

Dibawah ini ada beberapa penjelasan terkait komponen kampanye yang harus diketahui, yakni :

Perencanaan dan Target

Penting untuk menemukan tujuan kampanye pemasaran dan memahami apa yang ingin dicapai, selama tahap perencanaan.

Untuk membangun visi dan memahami langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan, maka harus dirembug dengan tim. Sehingga pengertian campaign dan hakikatnya bisa lebih mudah dicapai.

Pengukuran Pasaran

Untuk dapat menganalisis secara efektif bagaimana kampanye pemasaran telah dilakukan, sangat penting membuat kriteria pengukuran.

Beberapa alat ukur dapat berupa bagaimana kampanye dipersepsikan dalam pemberitaan media dan jumlah penjualan, pre-order, sentimen dan antusiasme konsumen untuk produk, serta share di media sosial.

Identifikasi Target Pasar

Untuk memastikan bahwa produk yang tepat akan dipasarkan ke klien yang tepat yang merupakan salah satu landasan pemasaran, maka bisa menentukan target pasar sangat penting.

Memahami tahap apa konsumen dalam proses pembelian adalah aspek penting dalam memilih pasar sasaran.

Jika produk tersebut merupakan produk teknologi inovatif baru, target pasar harus berpusat di sekitar inovator atau pengguna awal yang bersedia dan berusaha mencoba teknologi dan produk baru pula.

Sehingga sikap tergantung pada produk yang hendak Anda luncurkan.

Anggaran dan Dana Campaign

Banyak pelaku kampanye yang masih membutuhkan uang, walaupun tidak semua kampanye pemasaran membutuhkan anggaran tambahan.

Tuliskan angka-angka anggaran ini ke dalam analisis ROI untuk mewujudkan pengertian campaign, untuk adanya pertimbang biaya biro iklan, periklanan, dan jasa freelance.

Penyampaian Marketing Campaign

Jenis konsumen yang menjadi sasaran ialah penyampaian kampanye harus tepat sasaran. Penyampaian pengertian campaign akan lebih cocok untuk media yang berputar di sekitar media sosial, jika target pasar terdiri dari inovator atau pengguna awal.

Sedangkan, penyampaian kampanye pemasaran berteknologi rendah mungkin lebih cocok, jika target pasar tidak selaras dengan teknologi.

Desain Campaign

Faktor krusial yang patut diberikan perhatian lebih disebut dengan rupa desain dalam pengertian campaign. Pastikan desain Anda profesional dan sesuai dengan tujuan kampanye, baik itu logo di akhir iklan video, desain situs web yang rapi, atau infografis interaktif.

Hasil Campaign

Penting untuk sering mengacu pada tujuan yang telah ditetapkan sejak awal kampanye, untuk dapat mencapai hasil. Karena setiap pengertian campaign sangat bervariasi, mungkin tidak ada formula baku atau tetap yang ditetapkan untuk mencapai hasil.

Agar selaras dengan tujuan sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan, namun meninjau kembali dan mungkin mengkalibrasi ulang upaya pemasaran.

Penilaian Marketing Campaign

Penting untuk menilai hasil kampanye dan mengevaluasi keefektifannya, setelah kampanye pemasaran mencapai hasil seperti yang sudah Anda targetkan.

Melalui umpan balik dari konsumen tentang produk yang sudah Anda pasarkan tadi, penilaian juga dapat dicapai dari sumber eksternal.

Campaign Penting Dilakukan

Bagian berharga untuk menumbuhkan brand dan bisnis yang sukses adalah dengan membuat, merancang, dan menjalankan pengertian campaign. Memang tidaklah mudah.

Pengertian campaign akan membantu memisahkan kiriman tertentu dari upaya promosi umum dan menyentuh audiens Anda dengan cara yang kreatif dan menarik.

Pertimbangkan apa yang akan berharga bagi audiens Anda karena bagaimanapun mereka adalah sumber kehidupan kampanye dan perusahaan Anda, jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana.

Untuk mempromosikan tujuan perusahaan tertentu, pengertian campaign  diatur dengan upaya strategis seperti meningkatkan kesadaran akan produk baru atau menangkap umpan balik pelanggan.

Untuk menjangkau konsumen dengan berbagai cara dan melibatkan kombinasi media, termasuk namun tidak terbatas pada email, iklan cetak, iklan televisi atau radio, pay-per-click, dan media sosial, ini tujuan dari pengertian campaign.

Jangan lupa untuk melakukan riset dan kebutuhan mendasarnya terlebih dahulu agar lebih maksimal, apabila Anda ingin membuat kampanye Anda sendiri.

Demikianlah informasi mengenai pengertian campaign, semoga bisa bermanfaat.

Untuk Anda yang ingin belajar pengertian campaign dan cara mempraktekkannya, bisa langsung menghubungi tim kami melalui link berikut.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.