endorse adalah

Endorse Adalah Bisnis Kekinian yang Cukup Menjanjikan, Cari Tahu Yuk!

Endorse adalah kegiatan yang belakangan ini dilakukan oleh para influencer. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, baca artikel ini, yuk!

Era modern ini membuat semua hal menjadi lebih mudah termasuk juga mempengaruhi era pemasaran. Jika awalnya pemasaran hanya menggunakan cara penawaran langsung, brosur atau iklan lainnya secara offline.

Artinya pembeli mendatangi langsung konsumen untuk mendapatkan pembeli. Sampai akhirnya era modern ini juga ada istilah endorse, di mana endorse adalah bisnis yang menjadi pilihan penting untuk strategi pemasaran yang lebih baik.

Untuk mendapatkan pendekatan dan awareness yang lebih baik, memang cocok menggunakan endorsesebagai langkah pilihan. Teknik pemasaran yang satu ini biasanya menggunakan bantuan artis atau selebgram untuk membantu promosi produk maupun jasanya.

Dahulu saat awal viral, istilah “endorse” memang terdengar sangat aneh. Namun lambat laun cara ini memberikan keuntungan yang signifikan untuk kebutuhan bisnis.

Bahkan banyak yang menganggap endorse adalah bisnis yang sangat menjanjikan sekarang ini.

endorse adalah

Endorse Adalah Kegiatan yang Menjanjikan!

Sebelum melangkah jauh memang penting untuk mengenal pengertian dari endorse itu sendiri. Bagi orang awam yang belum tahu terkait istilah ini, endorse adalah bisnis yang berasal dari kata endorsement yang artinya adalah tindakan mensupport atau memberi dukungan.

Sehingga lebih banyak disingkat menjadi sebutan “endorse” saja agar lebih mudah. Endorse adalah suatu proses bisnis promosi terselubung dalam konteks positif, yang identik juga dengan penggunaan jasa dari selebgram maupun artis untuk memasarkan produk barang atau jasa.

Sebenarnya, artis dan selebgram memiliki peranan penting dalam mengenalkan brand maupun produk sesuai style mereka. Laman yang digunakan untuk membantu promosi yaitu menggunakan media sosial sesuai platform yang mereka gunakan.

Lebih banyak talent menggunakan laman Instagram, Youtube maupun Tiktok. Sehingga disebut juga dengan selebgram (seleb Instagram), seleb Tiktok dan Youtuber.

Tujuan diadakannya endorse adalah dengan tujuan untuk menarik minat membeli atau mengenal produk yang dibawa oleh selebgram tersebut. Alur dari endorse yaitu: pihak selebgram dan pemilik brand akan melakukan persetujuan atau deal terlebih dahulu.

Barulah barang dikirim ke alamat selebgram dan dipromosikan sesuai style endorse talent yang disewa. Kemudian diupload ke laman atau platform media sosial yang digunakan dengan caption berupa informasi barang atau jasa, dan ajakan untuk membeli atau menyewa produk.

Tidak semua orang bisa membuka jasa endorsement ini dikarenakan membutuhkan beberapa kriteria penting dan kesesuaian dengan brand. Pertama, selebgram harus memiliki followers dari media sosial yang mendukung promosinya.

Followers yang banyak ini dinamakan dengan audience. Nantinya, audienslah yang akan mendengarkan atau membaca informasi yang diberikan oleh artis yang melakukan endorse.

Sehingga jika followersnya masih sedikit, tentu brand awareness serta tingkat engagement atau konversi promosi yang didapatkan penyewa talent juga akan lebih minim.

Endorse adalah jenis bisnis yang menguntungkan, walaupun artinya tidak boleh langsung sembarangan memilih selebgram dan artis yang akan disewa. Anda serta perusahaan harus mengetahui passion atau concern dari artis terkait.

Biasanya, mereka mencantumkan passion mereka pada biodata. Bisa juga dilihat langsung dari feed media sosial mereka atau jenis produk apa saja yang banyak di review.

Hal ini bertujuan untuk langsung mendapatkan sasaran target pasar yang lebih tepat dari endorsement yang dilakukan.

Produk berupa makanan cocok dipromosikan oleh food vlogger, karena mereka lebih terbiasa dengan proses promosi produk makanan. Sehingga followers atau audience mereka lebih yakin untuk mencoba produk yang telah di endorse.

Begitu juga jika produknya berupa skincare, lebih disarankan menggunakan artis yang concern terhadap skincare dan teksturnya. Cara ini berguna untuk meminimalisir budget dan mendapatkan kesesuaian penggunaan endorse serta tujuannya.

Artinya, dengan kata lain endorse adalah proses marketing yang menggunakan media sosial artis maupun selebgram untuk mengenalkan sebuah produk barang atau jasa.

Artis dan selebgram ini akan mendapatkan keuntungan berupa uang dan produk yang dikirimkan, hanya saja jika bentuknya jasa bisa mendapatkan pelayanan jasanya.

Sementara untuk brand yang mengajukan endorse, akan mendapatkan timbal balik berupa brand awareness serta peningkatan omzet atau sales.

Kegiatan ini terlihat sangat mudah dan simple untuk dilakukan, namun Anda juga harus tahu untuk bisa sampai pada titik ini juga bukanlah hal yang mudah. Untuk mendapatkan ribuan sampai jutaan followers, merupakan hal yang susah bagi seorang influencer.

Dibutuhkan waktu tahunan untuk bisa mencapainya. Para selebgram bahkan juga harus memiliki ciri khas atau identitas tersendiri untuk bisa bertahan di era modern ini.

Apalagi sudah banyak selebgram yang membuka jasa endorse, dimana endorse adalah bisnis yang dipatok dengan tarif tinggi – rendah sesuai tingkat keunikan dan skill talent masing-masing.

Sehingga siapa yang bertahan dengan passionnya, dialah yang akan selalu mendapatkan tawaran bekerja sama. Sementara yang malas untuk berkembang dan membuat konten yang bagus juga akan hilang ditelan zaman.

Namun tetap saja endorse adalah bisnis yang sangat menjanjikan jika diimbangi dengan ketekunan yang baik. Anda memang harus telaten untuk memulainya dari nol.

Berawal dari mencari passion dan audience yang akan menonton konten Anda. Dengan begitu, lanjut untuk mencari tahu bagaimana cara mengembangkan konten dan juga meluaskan ranah audience yang menonton konten yang telah dibuat tersebut.

Dibutuhkan strategi yang baik untuk membuka bisnis endorse ini ditengah banyaknya peminat dan pesaing. Siapapun yang mengenal media sosial dan memiliki kemampuan publik speaking yang bagus tentu cukup mudah untuk memulainya.

Apalagi ditambah dengan adanya bakat yang mendukung, pasti banyak audience yang akan menjadi followers Anda nantinya. Bahkan, Anda disarankan untuk fokus ke salah satu media sosial terlebih dahulu barulah bisa merambah ke media sosial lainnya.

Endorse Adalah Bisnis Kekinian yang Menjanjikan, Apa Alasannya?

Banyak yang tidak tahu bahwa endorse adalah salah satu hal yang menjanjikan sebagai bisnis. Hal ini berkaitan dengan keuntungan dari bisnis endorse dan juga dari sisi brand yang menggunakan jasa endorsement-nya. Adapun alasan yang mendukungnya bisa dilihat sebagai berikut:

penjualan meningkat

Meningkatkan Penjualan

Brand / perusahaan mana yang tidak ingin penjualannya menjadi meningkat? Itulah yang membuat mereka bersaing untuk mendapatkan influencer yang sesuai untuk mempromosikan produk barang serta jasa yang ditawarkan.

Tidak hanya bisa mengenalkan brand dengan cara yang lebih soft, namun jika memang audiencenya tertarik bisa juga meningkatkan omset secara drastis. Inilah yang membuat perusahaan rela jika harus membayar influencer dengan harga yang mahal sekalipun.

Jika penjualan perusahaan mulai menurun, maka endorse pun adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan.

Hal ini bisa dijadikan peluang yang menarik bagi para influencer baru maupun yang lama untuk mengembangkan kemampuannya. Anda yang ingin menjadi influencer harus memiliki konten yang menarik dan fokus terhadap beberapa passion saja.

Seperti halnya fokus dengan penggunaan skincare, makeup, maupun review jasa dan makanan. Jadi, brand akan memfilter dan melihat seberapa bagus cara penyampaian, fokus terhadap niche atau passion konten, dan kualitas output yang dihasilkan nantinya.

pesan

Penyampaian Pesan

Ketika menggunakan jasa ini, perlu dipahami oleh para brand kalau endorse adalah segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi.

Sehingga penting diketahui dengan baik terkait adanya sistem pemasaran yang langsung dan tidak langsung. Untuk kebutuhan pemasaran yang memberikan informasi, namanya lebih ke pemasaran tidak langsung.

Biasanya dengan cara ini, influencer akan memulai menceritakan apa yang sedang dialaminya akhir-akhir ini. Kemudian diberikan solusi menggunakan jasa atau produknya.

Seperti contohnya, mereka sedang berjerawat kemudian mengenalkan produk yang sering digunakan untuk menyembuhkan acne paling ampuh.

Lanjut dengan memperlihatkan produk dan kandungan serta fungsi yang diberikan. Cara ini lebih banyak disukai oleh audience karena langsung menuju point namun diberikan ilustrasi yang sesuai.

good rating

Reputasi Meningkat

Endorse adalah bagian yang tidak kalah penting di dunia marketing sebab memiliki alasan untuk meningkatkan reputasi perusahaan yang sedang dibangun. Sebuah brand memang harus memiliki reputasi yang baik agar pembeli bisa mempercayakan produk atau jasa yang diberikan.

Biasanya, mereka mengadakan sebuah campaign dengan mengajak influencer dengan rentang followers tertentu untuk bergabung. Tentu saja yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan proses promosi.

Namun influencer ini akan mendapatkan produk dengan memberikan ulasan di halaman yang dibutuhkan. Mereka harus memberikan pendapat dan foto mereka terkait dengan brand yang dicoba tersebut.

Ulasan yang dibuat ini akan digunakan sebagai testimoni dan peningkatan reputasi menjadi lebih baik.

Peluang ini sangat cocok untuk influencer yang sedang ingin berkembang dan memiliki followers yang belum banyak. Anda bisa mencoba menjadi buzzer atau mengikuti campaign dengan bentuk review dan testimoni.

Meskipun terkadang hanya mendapatkan produk, tentunya sudah menjadi langkah baik untuk memulai karir dalam bidang endorsement.

recognize

Dikenal Banyak Orang

Endorse adalah proses mengenalkan sesuatu ke khalayak. Semakin banyak brand yang mempercayakan langkah endorsement ke pihak Anda, maka reputasi yang didapatkan juga semakin baik.

Bukan hanya produknya saja yang dikenal, namun juga Anda sebagai influencer yang mengenalkan produk tersebut.

Biasanya, untuk endorse ini Anda harus berfoto dan menggunakan produk atau jasa terkait. Kemudian mengunggahnya ke laman media sosial yang menjadi spesialisnya.

Jika audience merespon cukup baik, maka postingan yang dibuat juga berpotensi untuk viral. Semakin banyak like, komen, share dan save, tentunya ke-4 faktor ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan engagement bisnis Anda.

Dikenal banyak orang tidak boleh membuat Anda cukup puas, namun harus selalu berkarya dengan kemampuan dan kesesuaian konten. Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari brand yang memberikan peluang meng-endorse tersebut.

Macam-Macam Bentuk Endorse

Setelah mengenal perihal endorse adalah bisnis yang menjanjikan, Anda harus mengetahui macam-macam dari endorse agar lebih paham. Adapun pembagiannya bisa dilihat sebagai berikut:

jenis kerja sama

Jenis Kerja Sama

Hal pertama dari endorse adalah yang perlu dipahami adalah berkaitan dengan jenis kerjasamanya. Jenis kerjasama ini bisa dilihat dari apa saja yang akan diberikan oleh influencer dengan kesepakatan yang ada.

Adapun berdasarkan jenis kerja sama endorse, dibagi menjadi :

Free Endorsement

Sesuai dengan namanya, talent yang melakukan endorse jenis ini tidak diberikan bayaran apapun untuk prosesnya. Namun sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan beberapa produk yang bisa digunakan secara free.

Untuk yang endorse produk jasa, bisa menggunakan treatment atau jasanya secara gratis menggunakan voucher tertentu.

Jangka Waktu

Endorse adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Pada poin ini, influencer akan memposting foto atau video sesuai dengan tanggal posting yang disepakati. Kemudian mereka akan menyimpan postingannya sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan.

Seperti contohnya, jika postingan di keep sebulan, maka influencer harus mematuhinya dan berhak menghapus setelah lebih dari jangka waktu tersebut.

Jenis berikutnya dari endorse yang perlu dipahami adalah paid endorsement. Sesuai dengan namanya, endorse yang satu ini memberikan bayaran untuk influencer dalam pekerjaannya. Jadi selain dapat produk dan juga jasa, talent akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

fitur

Fitur yang Digunakan

Endorse adalah bagian strategi yang bisa dikatakan cukup kompleks. Endorse bisa dilihat dari fitur yang digunakan untuk mempromosikan produk ataupun jasanya. Adapun dari jenis ini, Anda bisa melihat pembagiannya sebagai berikut:

Insta Story

Sesuai dengan namanya, platform yang digunakan adalah Instagram namun hanya fokus untuk menggunakan fitur InstaStorynya saja. Biasanya, Instastory ini bentuknya adalah video dengan durasi 15 detik.

Influencer akan memasang harga sesuai dengan durasi story yang diinginkan. Semakin banyak bar yang dibutuhkan, biasanya bisa mendapatkan harga diskon yang menguntungkan.

Untuk kebutuhan Instastory ini harganya lebih murah dibandingkan fitur lainnya karena pembuatannya juga lebih mudah. Hanya saja, kekurangannya ada pada detail yang diberikan tidak banyak. Bahkan story ini bisa hilang setelah tayang selama 24 jam.

IG TV

Jenis kedua dari endorse adalah IG TV. Platform yang digunakan juga masih Instagram biasanya untuk IG TV ini digunakan karena durasi penjelasan produknya cukup panjang.

Keuntungannya adalah semua informasi dan kelebihan yang dibutuhkan bisa masuk dengan mudah. Anda juga bisa membuat konsep seperti film pendek jika menggunakan IG TV.

Hanya saja kekurangan ketika menggunakan IG TV ini adalah durasi yang terlalu panjang membuat penontonnya menjadi bosan. Terkadang audience juga skip dan tidak menonton sampai akhir sehingga informasi yang diberikan tidak merata. Selain itu, harganya juga tinggi.

Video

Berbeda dengan sebelumnya, endorse ini juga menggunakan platform Instagram namun bentuknya video feed. Video Instagram memiliki durasi maksimal 1 menit sehingga cukup singkat dan bisa menampung isi informasi produk yang lebih baik.

Biasanya cocok untuk menjelaskan produk dengan cara penggunaan yang lumayan panjang.

Dikarenakan bentuknya yaitu video, seseorang lebih tertarik untuk melihat meskipun tetap ada yang tidak melihatnya sampai habis. Namun durasi yang pendek ini juga lebih nyaman untuk ditonton.

Foto

Endorse adalah bisnis yang melibatkan dunia teknologi seperti foto. Jenis endorse yang satu ini paling banyak digunakan karena cukup mudah dilakukan dan mencakup banyak informasi yang diletakkan pada bagian caption.

Jadi, influencer bebas berfoto estetik sesuai dengan style mereka tanpa batas. Hanya saja karena captionnya panjang, membuat audience tidak fokus dan membacanya sampai tuntas.

hal yang dipromosikan

Hal yang Dipromosikan

Jenis terakhir dari endorse adalah mengenai hal yang akan dipromosikan atau dikenalkan pada audience. Untuk jenis yang satu ini, Anda bisa melihat perbedaannya di bawah ini:

Jenis pertama dari endorse adalah paid promote. Dalam hal ini, influencer akan langsung dapat materi dari brand dan posting baik di Insta Story maupun feednya.

Jadi, influencer akan mendapatkan imbalan berupa uang dari hasil pekerjaannya tersebut. Biasanya brand menggunakannya untuk promosi event atau diskon khusus.

Endorse Produk

Sesuai dengan namanya, pada jenis endorse berikutnya ini influencer akan mempromosikan sebuah produk baik yang bisa dikonsumsi atau dipakai. Sehingga mereka akan menjelaskan cara pakai produk barang / jasa tersebut.

Biasanya mereka akan dapat fee (honor) dan juga produk untuk imbalannya.

Jasa

Selain produk barang, objek endorse lainnya adalah produk jasa. Dalam mempromosikan produk ini, influencer bisa berkunjung ke lokasi penyedia jasa atau menjelaskannya di rumah mengenai keunggulannya.

Keuntungan yang didapatkan bisa berupa fee dan juga jasa gratis sesuai voucher yang diberikan.

Endorse adalah bisnis yang cukup menjanjikan, Anda telah mengenalnya melalui uraian di atas. Setelah mengetahuinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk terjun dalam dunia ini.

Dibutuhkan ketelatenan yang baik dan juga dedikasi tinggi untuk bisa bertahan dan menggaet kepercayaan dari brand. Apalagi saat ini pengguna sosial media sudah cukup banyak sehingga jenis promosi yang satu ini tidak akan ada habisnya.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi menarik lainnya, Anda dapat mengulik beragam informasi tersebut melalui homepage kami sekarang juga.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.