social media

Social Media Campaign : Pengertian dan Kegunaannya

Social media campaign bisa menjadi roket yang dapat membantu perencanaan marketing serta menaikkan promosi yang dilakukan.

Banyaknya produk yang sama dan beredar di pasaran terkadang membuat pembeli merasa kesulitan untuk menemukan barang dan produk yang diinginkan.

Namun seorang konsumen bisa saja mengingat dengan mudah produk tertentu hanya dari tagline yang dikembangkan oleh produsen tertentu.

Sebuah tagline juga bisa berasal dari social media campaign yang dikembangkan oleh marketing suatu perusahaan guna menyukseskan promosi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu,

Penggunaan tagline yang mudah diingat dan di dukung oleh social media campaign yang tepat juga dapat membantu menaikkan produk yang dipromosikan.

Karenanya agar brand dan produk anda makin terkenal ketahui dulu pengertian dari social media campaign dan cara membangun social media campaign yang tepat.

apa itu social media campaign

Pengertian Social Media Campaign

Bagi kreator atau seseorang yang telah lama bekerja di dunia marketing pasti pernah mengenal social media campaign.

Strategi pemasaran satu ini sering kali digunakan oleh pelaku usaha untuk mengenalkan brand yang dimiliki atau produk baru yang rilis di pasaran,

Namun, sebenarnya apa social media campaign dan jenis-jenisnya?

Social media campaign merupakan salah satu strategi yang merupakan bagian dari promosi produk yang dilakukan untuk melancarkan rencana promosi yang telah dibuat sebelum merilis produk baru atau mengenalkan brand baru di pasaran.

Aksi social media campaign ini sering kali digunakan oleh berbagai brand besar agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh pembeli yang belum mengenal produk anda.

Dengan menggunakan social media campaign tentunya tim marketing juga lebih mudah mengukur keberhasilan promosi yang dilakukan baik melalui social media atau media konvensional lainnya.

Kampanye ini juga biasanya hanya digunakan pada satu perayaan tertentu dan memiliki tema khusus sehingga social media campaign bisa berubah apabila periode promosi telah habis.

Agar social media campaign lebih mudah diingat maka kreator juga bisa menggunakan cara promosi yang unik dan membuat tagline lebih mudah diingat.

Salah satunya adalah dengan mengajak konsumen berpartisipasi pada social media campaign yang dibuat menggunakan berbagai challange tertentu sehingga tagline lebih mudah disebar dan diingat oleh konsumen lain.

kegunaan social media campaign

Kegunaan Menggunakan Social Media Campaign

Disaat seorang konsumen membuka social media tentunya akan mudah menemukan social media campaign dari berbagai brand tertentu atau malah anda sendiri yang lebih mengenal tagline dari social media campaign yang dibuat.

Hal ini bisa saja terjadi mengingat setiap social media campaign biasanya diirngi dengan tagline khusus yang nantinya akan memudahkan seorang konsumen mengingat produk yang dijual.

Beberapa brand besar juga sengaja membuat social media campaign karena keuntungan yang di dapatkan dan juga promosi yang lebih terarah.

Menciptakan Hubungan dengan Konsumen

Di setiap pelaksanaan social media campaign biasanya sebuah brand akan mengadakan event-event khusus yang dapat membantu mengenalkan produk tertentu kepada konsuen yang dimiliki.

Berbagai rangkaian promosi ini juga nantinya melibatkan keterlibatan konsumen sehingga dapat menarik pembeli lain yang belum mengetahui produk yang dirilis.

Salah satunya adalah dance challange yang biasa ditemukan di Tiktok dimana pengguna tiktok atau konsumen diminta untuk menarikan dance yang sudah dibuat oleh brand tertentu.

Dance ini tentunya diiringi oleh jingle khusus sehingga sembari melihat gerakan dance challange maka konsumen juga bisa mendengarkan jingle yang berisi social media campaign sehingga lama kelamaan konsumen akan mengingat produk tersebut.

Tidak hanya melakukan social media campaign di Tiktok beberapa produsen juga menyelenggarakan campaign di social media lain seperti Instagram.

Melalui campaign jenis ini konsumen biasanya akan diminta untuk memberikan testimoni mengenai produk yang baru saja diluncurkan dan mengunggahnya di social media.

Semakin banyak likes yang di dapatkan maka konsumen bisa saja mendapatkan produk gratis dan hadiah dari brand tersebut.

Social media campaign tersebut tentunya akan membuat konsumen tertarik dan berbondong-bondong untuk mengikuti campaign tersebut untuk mendapatkan sejumlah uang yang diinginkan.

Adanya social media campaign tentunya tidak hanya mengenalkan produk anda ke konsumen namun juga dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen tersebut.

Hal ini dikarenakan konsumen biasanya melakukan tag pada akun social media produsen yang akan di sebarkan kembali oleh produsen tersebut.

Cara ini tentunya juga dapat menaikkan engagement akun social media yang dimiliki sehingga produsen mendapatkan point brand awareness yang lebih tinggi.

Menaikkan Brand Awareness

Semakin banyak konsumen yang mengikuti challange yang anda lakukan tentunya akan membuat banyak orang penasaran dengan poduk yang tengah di promosikan melalui social media campaign.

Rasa penasaran ini tentunya akan membuat calon konsumen baru lebih mengenal produk anda atau bahkan mengunjungi akun social media anda untuk mengenal brand dan juga produk yang anda jual.

Ditambah jika anda mengajak influencer untuk mempromosikan social media campaign maka akan lebih mudah untuk menaikkan brand awareness anda dimata konsumen baru.

Tak jarang setelah social media campaign habis banyak konsumen masih mengenal tagline dan produk yang dipromosikan sehingga membantu untuk menaikkan penjualan.

Karenanya dalam membuat sebuah social media campaign sebaiknya menggunakan taglime yang mduah diingat dan juga interaksi yang mudah dilakukan oleh konsumen yang dituju.

Mendorong Penjualan Produk

Semakin tingginya brand awareness dari sebuah brand setelah adanya social media campaign yang dibuat tentunya akan membuat penjualan produk meningkat.

Hal ini dikarenakan akan semakin banyak konsumen yang penasaran dengan produk yang anda pasarkan sehingga mencoba untuk membeli produk tersebut.

Biasanya setelah konsumen merasa cocok pada produk yang dibeli maka pembeli akan kembali membeli barang tersebut atau malah mempromosikan kepada orang lain.

Semakin banyak pembeli dan juga testimoni yang muncul tentunya akan menguntungkan produsen karena akan meningkatkan penjualan produk serta brand anda akan lebih terkenal di mata masyarakat.

Mengukur Kemampuan Promosi yang Dilakukan

Saat mengunggah berbagai konten di social media biasanya kreator akan membuat tema konten tertentu yang disukai konsumen atau menjadi pokok permasalahan konsumen.

Cara ini dinilai ampuh karena dapat meningkatkan insight social media atau engagement dengan konsumen melalui konten yang diunggah.

Meskipun begitu cara ini terbilang tidak efektif apabila sebuah brand memiliki banyak produk dan terus meluncurkan barang baru dalam periode tertentu.

Hal ini membuat kreator tidak fokus untuk mempromosikan produk sehingga dapat merubah rencana promosi yang telah direncanakan sebelumnya.

Karenanya agar kreator bisa membuat konten yang lebih terencana saat peluncuran produk terbaru maka bisa mengembangkan social media campaign di setiap perilisan produk baru.

tutorial membuat social media campaign

Tutorial Membangun Social Media Campaign

Social media campaign yang keren tentunya dibutuhkan strategi yang tepat agar bisa terlaksana dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tidak hanya mencari ide yang sesuai namun dalam menggarap sebuah campaign tentunya diperlukan analisa untuk menganalisa konten yang sesuai dan rencana yang harus dijalankan selama program promosi ini berlangsung.

Selain ide dibutuhkan juga rencana yang matang agar campaign bisa berjalan sesuai dengan rencana yang dipersiapkan serta menyiapkan halangan yang ditemui ketika proses promosi berlangsung.

Karenanya dalam membuat promosi menggunakan campaign maka sebuah tim marketing sebaiknya harus menjalankan beberapa langkah berikut.

Cari Ide Social Media Campaign

Rencana pertama yang bisa dilakukan sebelum menjalankan social media campaign adalah memikirkan ide promosi yang disukai oleh konsumen serta dapat mengedepankan produk yang dipasarkan.

Pada langkah ini tentunya tim marketing sebaiknya mengetahui terlebih dahulu keunggulan produk yang dapat menjawab masalah konsumen.

Tak hanya itu, tim marketing juga sebaiknya memahami kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan dengan kompetitor atau produk terdahulu.

Dengan ini kreator juga bisa menggambar konten apa saja yang akan dikedepankan dan juga isi konten yang sesuai untuk promosi produk.

Selain itu, tim marketing juga sebaiknya mengetahui masalah apa saja yang dihadapi oleh konsumen dan bisa diselesaikan oleh produk yang anda luncurkan ini.

Kelebihan ini tentunya akan membuat kreator lebih mudah untuk mempromosikan produk dengan mengedepankan kelebihan serta masalah konsumen yang bisa diangkat.

Kreator juga bisa mendapatkan berbagai ide konten dan campaign dengan menambah informasi terbaru mengenai strategi social media dan juga promosi yang cocok untuk konsumen yang akan disasar.

Salah satunya adalah dengan menambah sumber informasi baru diantaranya sebagai berikut:

Subscribe Newsletter Agensi Marketing

Beberapa agensi social media terkenal saat ini menyediakan layanan khusus bagi para pengikutnya dengan mengirimkan newsletter berisi informasi terbaru mengenai perkembangan social media yang tidak diketahui oleh pengguna social media lain.

Selain itu, isi dari newsletter tersebut terkadang berisi penelitian mengenai fitur terbaru dari social media atau cara meningkatkan performa akun yang dikembangkan sehingga bisa menjadi inspirasi atau referensi yang bisa diterapkan di akun social media anda.

Dengan sering membaca newsletter tersebut juga bisa menjadi ide bagi tim marketing untuk mengembangkan strategi campaign berdasarkan informasi yang di dapatkan dari newsletter tersebut.

Hal ini tentunya memudahkan tim marketing untuk membangun strategi marketing yang sesuai dibandingkan melakukan analisa sendiri menggunakan tools tertentu di internet.

Ketahui Konten yang Disukai Konsumen

Semakin berkembangnya social media saat ini tentunya menjadikan konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk menemukan konten yang disukai.

Hal ini juga membuat kreator harus memilih social media dan juga konten yang tepat agar campaign bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Salah satu cara untuk mengetahui selera konsumen adalah melakukan social listening dimana kreator mencari topik yang sesuai dengan minat konsumen, hastag yang cocok dengan campaign, serta menggali lebih dalam insight marketing beberapa bulan ke belakang sebagai data pendukung.

Social listening juga menjadi cara efektif bagi brand kecil untuk mengakses data yang sesuai dengan kriteria konsumen.

Dalam proses pencarian ide, melakukan social listening juga dinilai efektif untuk mencari data yang sesuai dan dapat membantu membuat konten yang sesuai berdasarkan data yang di dapatkan.

Diskusi dengan Bagian Sales

Tidak hanya mengembangkan ide campaign dari social media dan juga menganalisa kesukaan konsumen melalui data yang di dapatkan dari internet, sebuah tim marketing juga sebaiknya melakukan diskusi dengan bagian sales.

Hal ini dikarenakan sales menjadi garda paling depan dalam menghadapi konsumen sehingga lebih menyukai kebiasaan dan juga perilaku konsumen yang dimiliki oleh sebuah produk.

Dengan melakukan diskusi dengan tim sales maka bagian marketing akan mendapatkan insight baru yang mungkin baru ditemukan setelah ngobrol bareng dengan bagian sales.

Kembangkan Social Media Campaign

Setelah mencari dan mengembangkan ide campaign yang sesuai maka tahap selanjutnya adalah membuat konten promosi yang sejalan dengan rencana yang telah dibuat.

Pada tahap ini baik kreator maupun marketing bisa mengembangkan dan melaksanakan campaign yang kreatif dengan beberapa cara berikut:

Kerjasama dengan Influencers

Kehadiran social media membuka peluang baru bagi penggunanya untuk menyebarkan pengalaman, keahlian, dan juga wawasan yang dimiliki kepada orang lain.

Penyampaian yang menarik dan juga konten yang unik bisa saja membuat pengguna instagram mendapatkan lebih banyak pengikut berkat pemikiran yang disebarkan.

Pengguna instagram yang sudah memiliki banyak pengikut kerap kali disebut influencers oleh pengguna internet karena kemampuannya untuk mempengaruhi orang lain berkat kemampuan yang dimiliki.

Kebaradaan influencers ini juga bisa membantu kreator untuk mempromosikan campaign yang dimiliki sehingga bisa lebih mudah tersebar ke pengguna internet lain sehingga promosi produk bisa lebih efektif dan sesuai dengan keinginan.

Meskipun begitu, banyaknya influencers yang saat ini bermunculan di social media membuat kreator selektif memilik seseorang yang sesuai dengan campaign yang dikembangkan.

Karena jika representasi influencer tidak sesuai dengan campaign yang dibuat maka akan menyulitkan produk menjangkau konsumen yang tepat.

Sebelum memilih seorang influencer maka kreator bisa memerhatikan pengikut yang dimiliki serta engagement di setiap konten yang diunggah.

Semakin tinggi jumlah engagement yang dimiliki maka bisa membantu menyukseskan campaign yang dijalankan.

Setelah memilih influencer yang sesuai maka kreator bisa meminta konten yang sesuai dengan campaign sehingga tidak keluar dari promosi yang diberikan.

Cek Kompetitor Sebelah

Strategi social media campaign tentu saja tidak hanya digunakan oleh brand anda namun juga brand serta kompetitor lain yang memiliki produk yang sama.

Tak jarang kompetitor juga merilis campaign saat kreator masih merancang strategi campaign yang tepat dan disukai oleh konsumen.

Namun hal ini tak perlu dirisaukan karena anda malah bisa melihat strategi konten yang diterapkan oleh kompetitor tersebut sehingga anda bisa menghindarinya agar tidak terjadi kesamaan saat merilis campaign tersebut.

Kreator mungkin juga akan meniru social media campaign yang diterapkan oleh kompetitor namun pastikan konten yang dibuat jauh berbeda sehingga tidak terjadi kesamaan yang malah merugikan kreator sendiri.

Adaptasi Consument Journey

Saat merilis social media campaign bisa saja konten yang and unggah tidak sesuai dengan keinginan konsumen atau hanya sebagian kecil konsumen yang menyukai konten yang anda unggah.

Kreator juga bisa saja kekurangan ide dalam membuat konten yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga merasa kebingungan untuk menyusun rencana campaign yang sesuai.

Solusinya adalah kreator bisa membuat konten dimana konsumen bisa ikut serta dalam campaign tersebut sehingga akan muncul timbal balik yang dapat menguntungkan dalam pelaksanaan campaign tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan membuat challange yang bisa digunakan oleh konsumen yang dimiliki sehingga meningkatkan euforia selama proses promosi berlangsung.

Repost Konten Challange

Campaign yang seru dan mudah dilakukan tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk mengikuti challnge yang anda buat.

Agar kegiatan campaign yang dilakukan semakin semarak maka kreator juga bisa melakukan repost pada konten yang telah dibuat oleh konsumen ke instagram story sehingga lebih banyak konsumen yang tertarik mengikuti.

Apresiasi ini tentunya akan membuat konsumen senang dan semangat untuk mengajak orang lain mengikuti campaign yang anda buat.

Analisa Hasil Social Media Campaign

Setelah menyelesaikan sesi promosi menggunakan campaign yang telah dibuat ini saatnya melakukan analisa terhadap hasil dari social media campaign yang dijalankan.

Apakah hasilnya sudah sesuai keinginan atau berbeda dari target semua harus diperhatikan dengan seksama dengan melihat berbagai fakto pendukung dan juga halangan yang ada selama proses promosi berlangsung.

Guna mengukur kesuksesan social media campaign yang telah dibuat berikut beberapa hasil analisa yang bisa digunakan :

Engagement Metrics

Memilih metrik yang sesuai juga akan membantu analisa kesuksesan social media campaign yang telah dijalankan. Dengan beberapa data dari insight social media yang digunakan tentunya akan membantu kreator untuk memilih metrik yang sesuai salah satunya adalah dengan engagement metrics.

Penggunaan engagement metrics ini sendiri nantinya berisi data mengenai jumlah konten yang disukai oleh konsumen dan banyaknya pembeli baru yang tertarik berkat konten campaign yang telah diunggah.

Kreator juga bisa menghitung jumlah pengguna instagram yang menyukai, menyebarkan, atau berkomentar pada setiap konten yang diunggah.

Semakin banyak konsumen yang berinteraksi dengan maka akan menjadi pengukur kesuksesan konten yang anda unggah.

Beberapa engagement metrics yang terkenal dan sering digunakan oleh social media marketer adalah sebagai berikutt:

  • Clicks: Saat membuka social media tentunya anda akan memberikan tanda suka pada konten tertentu bukan? Hal ini juga berlaku bagi konsumen yang anda targetkan. Penggunaan judul yang mengundang rasa penasaran dan juga kualitas gambar yang bagus tentunya akan membuat menarik perhatian pengguna instagram untuk  melihat konten yang diunggah.
  • Likes: Setelah dirasa konten yang dilihat menarik dan juga sesuai dengan keinginan konsumen maka pengguna instagram akan memberikan likes pada konten tersebut sebagai apresiasi pada konten tersebut. Semakin banyak likes yang di dapatkan sebuah konten maka akan lebih mudah untuk menaikkan konten tersebut ke explore instagram.
  • Shares: Tidak hanya menyukai konten atau bahkan memberikan komentar pada konten tersebut namun jika postingan yang dilihat dirasa menarik maka pengguna instagram bisa saja menyebarkan konten tersebut ke orang lain untuk dibahas bersama. Pemberikan likes dan menyebarkan konten juga menjadi indikasi bahwa konten tersebut disukai oleh konsumen. Tak hanya itu, ketika pengguna instagram melakukan like dan share maka menandakan konten anda cocok dengan konsumen.

Setelah menghitung jumlah engagement rate dari konten yang disebarkan selama masa promosi maka langkah selanjutnya adalah

Hitung juga Hasil dari Social Media Campaign

Kehadiran social media tentunya memberikan dampak yang baik bagi pemasaran digital saat ini.

Karenanya dalam mengukur keberhasilan campaign yang dibuat maka kreator bisa melakukan social listening dan juga mengukur berapa banyak konten yang disebarkan oleh pengguna instagram untuk mengetahui keefektivan campaign yang dibuat.

Salah satu cara untuk mengukur social media campaign adalah dengan melakukan beberapa cara berikut:

Ketahui Jumlah Message Tagging

Saat melakukan campaign challange atau melakukan testimoni terhadap produk yang baru saja diluncurkan biasanya konsumen akan melakukan tag pada akun anda.

Hal ini dilakukan agar orang lain bisa mengetahui produk apa saja yang sedang digunakan sehingga menjadi strategi promosi yang menguntungkan karena banyak orang yang membicarakan produk anda.

Kreator juga bisa melihat banyaknya akun yang melakukan tag pada akun anda untuk mengukur seberapa banyak produk anda dibicarakan oleh orang lain.

Beberapa cara diatas tentunya bisa dilakukan untuk membantu promosi produk menggunakan social media campaign yang telah dirancang sebelumnya.

Meskipun kreator memerlukan waktu lama untuk melakukan analisa konsumen dan mengembangkan konten yang seusai namun jika hasilnya sesuai dengan target maka akan membayar semua kerja keras yang dilakukan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.