peomosi bisnis dengan whatsapp marketing

WhatsApp Marketing : Keuntungan dan Strategi Promosi Bisnis

Maksimalkan promosi bisnis dengan konsumen anda melalui penggunaan whatsapp marketing untuk penjualan yang lebih maksimal.

Saat ini hampir sebagian besar orang menggunakan whatsapp guna berkomunikasi satu sama lain. Kemudahan dalam mengakses fitur yang tersedia menjadikan platform komunikasi ini digunakan oleh banyak orang.

Dengan adanya platform ini kini komunikasi menjadi semakin mudah berkat layanan chat, telepon, serta video call yang lebih mudah dan murah.

Tak hanya itu, Whatsapp juga sudah digunakan oleh pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pembelinya atau melakukan promosi produk dengan pelanggan yang sudah lama mengenal produk anda.

Guna memudahkan layanan dengan konsumen yang dimiliki maka pebisnis bisa menggunakan WhatsApp Business yang tentunya memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan akun whatsapp biasa.

Namun menggunakan whatsapp saja tidak cukup untuk melakukan promosi dengan konsumen yang dimiliki karena pebisnis tentunya membutuhkan strategi yang tepat dan matang agar pembeli tertarik dengan prodik yang diprmosikan.

Strategi ini dinamakan Whatsapp marketing dimana pelaku usaha menyediakan layanan komunikasi dua arah dengan konsumen melalui whatsapp business.

Dengan whatsapp business, pebisnis tentunya bisa menawarkan layanan konsumen secara personal sehingga pembeli lebih merasa diperhatikan saat melakukan transaksi dengan anda.

Tak hanya itu, pebisnis juga dimudahkan dengan layanan broadcast message dimana konsumen akan diberikan berbagai informasi terbaru mengenai produk yang akan dirilis atau sedang diskon.

Promosi ini tentunya menguntungkan bagi pebisnis untuk promosi yang lebih bertarget serta membantu untuk meningkatkan penjualan ke pembeli yang tepat.

Selain itu, jika pebisnis memiliki konsumen yang jauh diluar jangkauan tentunya akan memudahkan dalam promosi sehingga anda dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung hanya untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Tak hanya itu, whatsapp marketing juga memiliki keuntungan lain yang tentunya berguna bagi promosi bisnis yang dimiliki.

keuntungan whatsapp marketing

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Marketing

Whatsapp menjadi salah satu platform komunikasi terkenal di seluruh dunia. Di tahun 2022 ini, WhatsApp sendiri memiliki sekitar 2 milliar pengguna aktif yang akan terus bertambah setiap harinya.

Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai saluran marketing dari produsen atau konsumen maupun sebaliknya.

Di samping itu, saluran ini juga bisa menjadi sarana whatsapp marketing untuk berkomunikasi dengan konsumen yang dimiliki atau sedang disasar.

Hal ini dikarenakan konsumen tentunya mengecek whatsapp setiap hari untuk mengecek pesan terbaru yang di dapatkan atau berkomunikasi dengan orang yang tersayang.

Karenanya pelaku bisnis juga sebaiknya memastikan bahwa saluran komunikasi yang dikembangkan ini disukai dan dipercayai oleh konsumen yang menyukai produk anda.

Pelayanan terbaik tentunya akan memudahkan produsen untuk menjalankan strategi whatsapp marketing yang telah dirancang.

Karenanya berikut keuntungan dari menggunakan Whatsapp marketing untuk memperlancar promosi dan juga komunikasi bisnis dengan konsumen.

Meningkatkan Hubungan dengan Konsumen

Saat mengembangkan bisnis yang dijalani seorang pelaku usaha tidak hanya melakukan promosi untuk mempermudah menjual produk yang dikembangkan.

Lebih dari itu, pelaku usaha juga sebaiknya membangun kedekatan dengan konsumen yang dimiliki sehingga pembeli akan terus menerus datang untuk membeli produk anda meskipun banyak kompetitor lain yang memiliki barang yang sama.

Salah satu cara untuk membangun kedekatan secara intim dengan konsumen adalah dengan membangun komunikasi melalui platform komunikasi seperti WhastApp.

Cara ini biasanya lebih disukai oleh konsumen yang ingin membeli barang dengan pesanan tertentu sehingga pembeli dapat bertanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Tak hanya itu, membeli menggunakan layanan pesan whatsapp juga dinilai lebih efketif karena konsumen bisa dilayani langsung oleh pelaku usaha tanpa menunggu waktu lama.

Kedekatan yang dibangun melalui komunikasi di whatsapp menjadikan platform ini lebih diminati untuk membangun kedekatan jangka panjang dengan konsumen yang dimiliki.

Di sisi lain, penggunaan whatsapp sendiri juga dapat menekan pengeluaran yang dikeluarkan oleh produsen untuk promosi sehingga bisa menekan budget promosi yang dimiliki.

Tak hanya itu, kehadiran whatsapp juga dapat membangun kedekatan yang lebih personal dengan konsumen seperti mengirimkan ucapan ulang tahun dan juga mengirimkan voucher dalam jumlah tertentu.

Interaksi ini tentunya akan menyenangkan hati konsumen serta lebih tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Menaikkan Potensi Pembelian

Meskipun saat ini juga sudah bermunculan sarana komunikasi lain seperti email atau messenger social media namun whatsapp masih menjadi platform yang cocok untuk berkomunikasi dengan konsumen,

Hal ini dikarenakan konsumen lebih sering membuka akun whatsapp dibandingkan email atau social media yang mungkin saja hanya dibuka ketika akan dibutuhkan.

Karenanya penggunaan whatssapp sendiri berguna untuk menaikkan potensi pembelian dimana peluang konsumen membuka pesan whatsapp sebesar 40% dibandingkan biasanya.

Nah agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk anda maka produsen sebaiknya memberikan nama kontak khusus sehingga ketika konsumen menambahkan nomor whatsapp anda maka potensi pesan untuk dibuka dan dibalas menjadi semakin besar.

Meskipun begitu, whatsapp marketing satu ini tidak menjadi satu-satunya cara untuk meningkatkan penjualan namun produsen juga sebaiknya memikirkan cara lain yang lebih efektif.

Salah satunya adalah membuat pesan yang efektif dan menarik untuk dibaca, pesan yang dikirim terus menerus dengan template yang sama tentunya akan membuat konsumen terganggu da memutuskan untuk menghapus kontak anda.

Hal ini tentunya akan merugikan produsen karena kehilangan pelanggan potenstial karena strategi whatsapp marketing yang kurang tepat.

Karenanya produsen bisa membuat pesan yang lebih atraktif dan tidak terlihat menjual agar konsumen tertarik untuk menunggu chat yang anda kirim.

Penjualan Produk yang Lebih Baik

Whatsapp marketing tentunya efektif untuk penjualan dengan konsumen. Sebuah fakta mengungkapkan bahwa dengan konsumen menambahkan nomor whatsapp anda maka potensi penjulan bisa saja meningkat sebesar 27%,

Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan konsumen yang lebih potensial.

Setidaknya pelaku usaha akan lebih optimis untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak ketika aktif di platform komunikasi.

Karenanya pelaku usaha bisa mempertimbangkan kehadiran whatsapp sebagai sarana untuk saluran komunikasi anda dengan konsumen karena kemungkinan besar yang mungkin di dapatkan ketika anda mulai aktif di whatsapp marketing.

Ditambah lagi kemudahan untuk berbelanja melalui handphone khususnya whatsapp menjadi lebih besar berkat kemudahan dalam memilih dan juga membeli barang yang diinginkan.

Budget Promosi yang Lebih Murah

Ketika pelaku usaha mencoba untuk melakukan promosi melalui social media seperti Instagram atau Facebook tentunya anda perlu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan promosi melalui social media.

Hal ini dikarenakan layanan iklan berbayar tentunya dapat membantu untuk mengenalkan akun bisnis anda secara lebih efektif dan bertarget.

Karenanya menggunakan whatsapp sebagai media promosi tentunya lebih menguntungkan mengingat layanan di whatsapp sendiri bisa diakses secara gratis meskipun konsumen menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia.

Meskipun begitu, potensi konsumen untuk melihat pesan anda tentulah sangat besar mengingat pengguna whatsapp sering sekali membuka aplikasi ini.

Tentu saja whatsapp marketing akan membantu untuk menaikkan lebih banyak penjualan dan juga meningkakan kualitas kedekatan anda dengan konsumen.

Langkah yang Tepat untuk Kalahkan Kompetitor

Banyaknya kompetitor yang menjual produk yang sama dengan barang jualan anda terkadang membuat produsen kepikiran apakah barang yang dijual bisa lebih mudah laku.

Meskipun begitu, anda juga bisa selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor anda dengan memikat hati konsumen sehingga pembeli tidak mampu berpaling ke penjual lain.

Caranya adalah dengan merespon konsumen lebih cepat dibandingkan penjual lain sehingga brand anda mendapatkan nilai plus di mata pembeli lain.

Dengan menggunakan whatsapp marketing maka produsen bisa mengamankan kompetisi dengan kompetitor lain dengan memenangkan hati konsumen melalui respon yang cepat.

DItambah lagi, akun whatsapp business mengizinkan anda untuk mengatur tools message otomatis yang dapat langsung menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen ketika anda sedang tidak membuka aplikasi whatsapp.

Masa Depan Online Marketing

Perubahan kebiasan konsumen yang kini lebih sering berbelanja melalui marketplace atau social media menjadikan whatsapp layak diperhitungkan sebagai masa depan online marketing.

Hal ini dikarenakan whatsapp sendiri memiliki banyak pengguna aktif ditambah lagi hadirnya whatsapp business memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi langsung dengan pelaku usaha.

Gabungan antara social media dan online marketing ini nantinya akan mempermudah pembeli dalam memesan dan membeli barang yang juga akan diikuti oleh banyak orang mengingat saat ini seringnya pengguna internet melakukan transaksi secara online.

Faktanya sebanyak 77% konsumen lebih menyukai membeli barang dari brand dimana pembeli dapat bertanya mengenai detail barang terlebih dahulu.

Keinginan konsumen ini tentunya terbantu dengan layanan pesan bot yang tersedia di whatsapp.

strategi whatsapp marketing

Strategi WhatsApp Marketing Untuk Promosi Bisnis

Strategi whatsapp marketing yang tepat tentunya akan membantu penjual untuk menyasar konsumen yang sesuai yang dapat membawa ke penjualan barang yang lebih banyak.

Tak hanya itu, produsen juga mampu membuat cara pendekatan yang sesuai dengan konsumen yang dituju sehingga akan lebih mudah untuk melakukan interaksi dua arah.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merancang strategi whatsapp marketing yang tepat guna mendapatkan hasil penjualan yang diinginkan.

Ketahui Tujuan Whatsapp Marketing

Sebelum memulai strategi whatsapp marketing tentunya produsen harus merancang terlebih dahulu whatsapp marketing yang ingin dikembangkan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan tujuan yang ingin dituju guna menentukan fokus perhatian pada kegiatan yang akan dilakukan serta menjauhkan pada halangan yang mungkin akan datang ketika whatsapp marketing dijalankan.

Pelaku bisnis bisa memulai dengan merevisi saluran marketing yang dimiliki dan mencari titik lemah dari strategi whatsapp marketing yang mungkin telah dijalankan sebelumnya.

Menentukan target dari whatsapp marketing yang dijalankan tentunya akan membantu untuk melancarkan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Salah satu contohnya adalah ketika whatsapp marketing anda bermasalah dengan mempertahankan konsumen yang telah di dapat maka anda bisa menyelesaikkannya dengan rutin mengirimkan brosur promosi ke nomor konsumen yang dimiliki.

Namun jika anda belum memiliki nomor konsumen maka anda bisa memulainya dengan membuat tawaran khusus seperti gratis voucher atau pengiriman news letter gratis yang bisa di dapatkan setelah konsumen mengisi survei yang diminta.

Pada kasus ini, produsen juga bisa menghitung seberapa banyak clicks pada link tersebut, interaksi dengan konsumen dan juga ketertarikan konsumen pada tawaran yang anda berikan.

Libatkan Juga Konsumen

Mengetahui target konsumen yang dituju tentunya akan membantu menyukseskan strategi whatsapp marketing yang anda jalani ke depannya.

Karenanya produses dapat mencoba beberapa pendekatan untuk mengetahu target konsumen yang anda tuju.

Salah satunya adalah membuat membuat profil konsumen yang bisa di dapatkan dengan membuat persona konsumen terlebih dahulu.

Produsen juga sebaiknya dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut terlebih dahulu dalam merancang profil konsumen yang sesuai, diantanya:

  • Mengapa orang-orang harus membeli produk anda?
  • Apa saja keuntungan yang akan di dapatkan saat membeli produk anda?
  • Apa saja masalah yang ingin diselesaikan dengan produk anda?

Jika pertanyaan tersebut bisa anda jawab dengan memberikan kelebihan produk yang anda miliki maka rangkaian pertanyaan ini dapat diberikan ke konsumen dalam bentuk kuisioner.

Produsen bisa memberikannya secara langsung kepada pengikut social media yang anda miliki atau melakukan wawancara secara langsung kepada beberapa konsumen yang terpilih.

Dengan menanyakan beberapa pertanyaan spesifik kepada konsumen tentunya akan membuat produsen mengetahui masalah apa saja yang dihadapi konsumen dan apa saja kekurangan produk yang perlu anda kembangkan ke depannya.

Beberapa kumpulan pertanyaan ini nantinya akan menjadi pertimbangan untuk membuat inovasi terbaru seusai dengan permasalahan yang konsumen hadapi.

Beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk mengumpulkan jawaban dari konsumen adalah dengan menggunakan Google Form atau menyebarkannya melalui iklan berbayar sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan mungkin tidak mengikuti akun anda.

Gunakan Platform Tambahan

Guna menngkatkan pengalaman produsen dalam berkomunikasi dengan konsumen maka Whatsapp sendiri sudah menyediakan berbagai fitur khusus yang hanya tersedia di whatsapp business.

Berikut beberapa layanan yang tersedia di whatsapp dan bisa digunakan untuk memudahkan interaksi dengan konsumen.

Business Profile

Bagi konsumen baru yang belum mengenal produk anda tentunya membutuhkan informasi singkat mengenai barang yang dijual dan juga identitas brand yang dimiliki.

Kareananya di whatsapp business sendiri tersedia layanan business profile dimana produsen dapat memberikan identitas mengenai brand yang dijalankan serta lokasi penjualan produk.

Dengan biodata yang singkatkan ini maka pembeli dapat mengenal anda lebih dalam sebelum akhirnya mulai menelusuri satu per satu produk yang dijual.

Katalog

Banyaknya barang yang dijual terkadang membuat produsen membutuhkan tempat untuk memajang produk yang dijual.

Dengan memamerkan berbagai barang tersebut juga akan mempermudah konsumen untuk melihat barang yang dijual serta harga yang ditawarkan sebelum akhirnya memutuhskan untuk membeli.

Produsen yang menggunakan whatsapp business sendiri dapat menggunakan katalog yang ada di fitur business ini mengumpulkan produk dalam satu tempat sehingga mudah dilihat oleh konsumen yang tertarik pada produk anda.

Labels

Disaat produsen sudah memiliki banyak pembeli tentunya akan kesulitan dalam merepson satu persatu chat yang masuk.

Hal ini terkadang membuat pembeli kebingungan dalam memilih mana percakapan yang harus dibalas terlebih dahulu atau yang harus menunggu respon dari konsumen.

Untung saja di whatsapp business sendiri tersedia layanan labels dimana produsen dapat memilih chat yang telah dijawab dan belum dijawab.

Perbedaan warna melalui labls ini tentunya memudahkan produsen untuk membedakan chat satu dengan yang lainnya.

Pesan Otomatis

Disaat produsen sedang beristirahat atau sedang melakukan kegiatan lain tentunya anda tidak membuka aplikasi whatsapp sementara atau membukanya setelah beberapa saat.

Sayangnya pada keadaan ini terkadang terdapat 1-2 pesan yang masuk ke dalam kolom chat anda dan menginkan untuk mendapat balasan yang cepat.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini maka produsen bisa menggunakan pesan otomatis dari pihak ketiga yang juga terhubung ke whatsapp business.

Sehingga beberapa pertanyaan dasar dari konsumen bisa terjawab dengan cepat tanpa perlu anda menjawabnya terlebih dahulu.

Insight WhatsApp Business

Setelah melakukan beberapa strategi whatsapp marketing yang telah dijalankan pada beberapa waktu tertentu, produsen tentunya ingin tahu seberapa banyak pesan yang masuk dalam jangka waktu tertentu.

Jika produsen menghitung satu persatu pesan yang masuk tentunya akan menyusahkan konsumen karena bisa saja data yang dihitung tidak sesuai dengan hasil aslinya.

Karenanya untuk mempermudah pekerjaan anda maka produsen bisa menggunakan kolom analisa untuk menghitung banyaknya pesan yang masuk dan juga balasannya.

Dengan menggunakan fitur whatsapp business yang lebih optimal tentunya akan melancarkan startegi whatsaapp marketing yang dibuat sehingga dapat melancarkan tujuan yang ingin dicapai.

Buat Persona Brand

Salah satu cara untuk menyukseskan whatsapp marketing yang dibuat adalah dengan melakukan komunikasi yang lebih personal dibandingkan percakapan bisnis yang terlihat lebih formal.

Karenanya produsen perlu membuat persona brand sebagai bagian dari karakter, layanan, dan juga nilai yang anda bagikan kepada konsumen.

Sehingga setelah anda menyelesaikan transaksi dengan konsumen maka akan meninggalkan kesan mendalam bagi pembeli yang akhirnya akan membeli produk anda lagi.

Sebagai pelaku bisnis tentunya anda juga mempeljari pemimpin di masing-masing industri yang memiiki persona tersendiri.

Jadi jika produsen ingin lebih dikenal oleh konsumen dan juga orang awam maka sebaiknya produsen membangun personan yang dapat dikenali dengan mudah.

Brand anda mungkin saja sudah memiliki persona yang tidak disadari terbangun dengan sendirinya dengan beragamnya konsumen yang datang.

Maka produsen bisa mengembangkan persona tersebut menjadi ciri khas yang tidak dapat ditiru oleh kompetitor lain.

Simpan Kontak Konsumen

Jika anda ingin menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi dengan konsumen maka anda memerlukan list kontak konsumen.

Namun jika produsen belum memiliki banyak kontak konsumen maka anda bisa mendapatkannya dengan membagikan layanan gratis yang bisa di dapatkan setelah mengisi beberapa survei tertentu.

Bagikan layaann gratis tersebut melalui iklan berbayar atau bio instagram serta cantumkan juga pada kolom khusus di website yang bisa diakses langsung ketika konsumen mengunjungi website anda.

Pastikan juga konsumen mendapatkan informasi terbaru melalui berbagai layanan yang dipilih seperti email, whatsapp messenger, atau pesan di social media.

Cara ini nantinya akan membantu komunikasi anda dengan konsumen sesuai dengan platform yang dipilih.

Disisi lain, cara ini juga dapat membantu untuk meningkatkan engagement dengan konsumen sehingga dapat membantu untuk menarik pembeli membeli barang yang anda tawarkan.

Rencanakan Cara Komunikasi dengan Konsumen

Whatsapp messenger memiliki impresi yang lebih tinggi dibandingkan social media lainnya hal ini dikarenakan komunikasi dua arah yang terjadi antara pembeli dan produsen secara langsung.

Namun jika produsen membuat konten whatsapp marketing yang tidak relevan tentunya akan membuat konsumen tidak tertarik dan akhirnya tenggelam.

Hal ini tentunya tidak ingin anda alami kan? mengingat rancangan whatsapp marketing yang telah direncanakan secara matang.

Karenanya produsen bisa memulai dengan memusatkan pada topik utama dan pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Tidak hanya berfokus pada promosi kepada konsumen namun produsen juga bisa mengkolaborasikan dengan konten hiburan yang diunggah melalui whatsapp story sehingga membuat konsumen terhibur dan mempertahankan nomor anda.

Pastikan juga membuat pesan yang singkat dan tepat sasaran dibandingkan isi pesan yang terlalu panjang yang dapat membuat konsumen malas untuk membacanya.

Produsen juga bisa menambahkan video singkat, foto, atau GIF di setiap pesan yang diunggah agar membuat isi pesan tidak membosankan dan menarik perhatian konsumen untuk membacanya.

Disisi lain, agar konsumen tidak terganggu dengan pesan yang anda kirim maka anda bisa mengirimkan pesan pada waktu tertentu.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.