strategi promosi di tiktok

Strategi Promosi di Tiktok Dengan 7 Langkah Mudah

Sebagian besar trend saat ini berawal dari tiktok lalu mengapa tidak dikembangkan untuk strategi promosi di tiktok?

Ketenaran tiktok yang tengah naik akhir-akhir ini menjadikan pengguna tiktok bisa menemukan banyak trend yang dengan mudah menyebar di platform social media lainnya.

Mulai dari konten edukasi yang menyebar di kalangan pengguna tiktok atau konten viral yang dapat membuat pengguna tiktok berlomba-lomba untuk membuat konten yang sama.

Tentu saja naiknya tiktok saat ini juga bisa menjadi tempat yang tepat bagi banyak brand untuk melakukan promosi di tiktok atau kreator yang ingin mengembangkan karyanya di Tiktok

Penggunaan tiktok marketing tentunya bisa membantu untuk meraih lebih banyak pengguna tiktok yang sesuai dengan konsumen yang anda incar.

Karenanya sebelum memulai promosi di Tiktok berikut beberapa keuntungan dan juga strategi yang bisa diterapkan selama menggunakan tiktok sebagai media promosi.

keuntungan promosi di tiktok

Keuntungan Promosi di Tiktok

Sebagai social media yang memiliki banyak pengguna yang aktif mengunggah berbagai macam konten video pendek dengan durasi tertentu tidak heran kita bisa menemukan banyak konten yang beragam setiap jamnya.

Banyaknya konsumen aktif ini juga bisa menjadi keuntungan sendiri bagi pelaku usaha yang melakukan promosi di tiktok untuk menemukan banyak konsumen yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Tak hanya itu, pengguna tiktok juga tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak untuk melakukan promosi di tiktok karena adanya konten tiktok bisa dengan mudah viral dan masuk ke fyp recommend sesuai dengan komunitas yang diinginkan.

Namun jika ingin menyasar pengguna tiktok yang lebih besar yang sesuai keinginan maka kreator bisa menggunakan layanan tiktok ada dengan berbagai pilihan biaya dan konten.

Pengguna tiktok juga tidak perlu ragu dalam membuat konten video di tiktok karena fitur dan layanan di tiktok sendiri sangat mudah digunakan sehingga membuat promosi di tiktok menjadi lebih cepat dan efektif.

Sudah tertarik dengan keuntungan promosi di tiktok? berikut beberapa ulasan mengenai keuntungan memulai mengembangkan akun bisnis di tiktok.

Tiktok Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Merebaknya konten viral di tiktok yang dapat menyebar ke social media lain menjadikan platform ini disukai oleh banyak pengguna internet.

Belum lagi beberapa tahun ke belakang dimana pengguna tiktok meningkat secara drastis menjadikan Tiktok sebagai social media yang menempati urutan 10 besar konsumen terbanyak di dunia.

Pengguna yang banyak tentunya menjadi pertimbangan penting bagi pelaku bisnis untuk menggunakan sebagai media promosi di tiktok karena dapat menemukan berbagai pilihan konsumen yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Melakukan promosi di tiktok menggunakan konten yang viral dan juga hastag yang sedang naik daun tentunya akan memudahkan video promosi di tiktok anda lebih mudah masuk ke fyp recommend.

Sebuah konten yang bisa masuk ke fyp recommend tentunya akan lebih mudah mendapatkan banyak penonton sehingga lebih mudah viral di pasaran.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna untuk melakukan promosi di tiktok sehingga produk yang dijual lebih mudah terjual.

Tidak Perlu Biaya Besar Untuk Promosi

Bagi pelaku usaha yang baru memulai bisnis yang dijalani tentunya membutuhkan platform yang tepat sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dilakukan untuk menekan biaya promosi sehingga budget yang dikeluarkan bisa digunakan untuk mengembangkan produk yang dimiliki.

Tiktok bisa menjadi social media yang tepat dan bisa digunakan untuke melakukan promosi di tiktok sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna tiktok dan konsumen yang diinginkan.

Hal ini terjadi karena ketenaran konten di tiktok tidak berdasarkan pengikut yang dimiliki melainkan banyaknya interaksi yang ada di satu konten tiktok.

Maka tidak menutup kemungkinan akun yang baru saja dibuat di tiktok bisa lebih mudah tenar berkat banyaknya penonton yang melihat video yang anda unggah.

Tak hanya itu, Tiktok sendiri berpatokan pada halaman FYP Recommend dimana pengguna bisa menemukan dan melihat konten yang diinginkan sesuai dengan komunitas yang diikuti.

Layanan FYP Recommend ini tentunya menguntungkan bagi pebisnis untuk melakukan promosi di tiktok sehingga bisa menjangkau konsumen yang sesuai dengan konten yang diminati oleh komunitas yang disasar.

Fitur Tiktok Mudah Digunakan Pemula

Saat pertama kali membuat akun tiktok tentunya kreator kebingungan dalam membuat konten sesuai dengan yang diinginkan.

Kebingungan ini muncul karena belum familiarnya menemukan fitur edit di tiktok atau mencari konten yang sedang naik daun.

Namun hal ini tidak menjadi masalah sebab kreator bisa memanfaatkan berbagai fitur tiktok yang tersedia dengan mudah oleh pengguna tiktok pemula.

Beberapa fitur yang tersedia di tiktok dan bisa diguankan untuk promosi di tiktok adalah fitur edit dan juga kolom pencarian konten dan juga akun yang diinginkan.

Pada fitur edit yang ada di tiktok, pengguna bisa menemukan berbagai tools yang dapat membantu untuk membuat konten lebih menarik untuk di tonton.

Salah satunya adalah penambahan musik dimana kreator bisa menambahkan lagu yang sesuai dengan konten yang diinginkan sehingga penonton bisa lebih betah untuk menonton konten tiktok dengan durasi yang panjang sekalipun.

Tak hanya itu, kreator juga bisa membuat konten yang sesuai dengan konteks lagu dan juga suara yang digunakan sehingga konten lebih mudah viral.

Kreator juga bisa melakukan interaksi dengan pengikut atau komunitas yang dibangun dengan membalas berbagai pertanyaan melalui layanan tanya jawab.

Pada fitur ini, pengikut bisa menanyakan produk yang dijual sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga penjualan pun bisa naik lebih mudah.

Tak hanya itu, agar video makin unik maka kreator bisa menggunaka filter yang sedang naik daun dan banyak digunakan oleh pengguna tiktok lainnya.

Penggunaan filter dan juga lagu yang sedang viral juga bisa membantu algoritma tiktok untuk menaikkan konten yang dibuat sehingga bisa masuk ke fyp recommend.

Tiktok Business Untuk Akun Bisnis Lebih Profesional

Penggunaan social media sebagai media promosi akhirnya menjadikan berbagai platform berbenah dan mengembangkan akun khusus business yang bisa digunakan untuk berjualan dan juga promosi secara profesional.

Tiktok juga menjadi salah satu social media yang menyediakan layanan business yang bisa digunakan oleh pelaku usaha atau kreator guna mengembangkan akun yang dimiliki.

Melalui akun business maka penjual bisa melakukan promosi di tiktok lebih mudah karena bisa menggunakan layanan iklan berbayar untuk menyebarkan akun dan juga konten ke pengguna tiktok lain yang lebih luas.

Kreator pun bisa membuat sendiri konten iklan yang dibuat baik melalui video yang telah diunggah atau membuat konten iklan sesuai dengan campaign yang dipilih.

Tak hanya itu, guna memudahkan promosi di tiktok maka pelaku usaha bisa menggunakan layanan tiktok shop dimana kreator bisa memasukkan produk yang dijual ke akun toko tersebut.

Adanya tiktok shop ini juga membantu kreator untuk meningkatkan penjualan karena konsumen bisa lebih mudah membeli barang keinginan di tiktok tanpa perlu pergi ke akun marketplace.

Setelah membuat berbagai strategi promosi di tiktok tentunya kreator perlu mengecek peforma dari akun yang dikembangkan.

Berbagai data mengenai konten dan juga akun yang dimiliki bisa diakses dengan mudah melalui pengaturan insight dimana kreator bisa melihat konten mana saja yang menadapt banyak perhatian serta waktu aktif bagi konsumen.

Hal ini dilakukan agar kreator bisa mengetahui konten mana saja yang bisa dikembangkan lebih lanjut dan juga waktu unggah yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen serta menaikkan engagement akun yang dikembangkan.

Sasar Konsumen Lebih Luas Dengan Tiktok Ads

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kreator bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dengan menggunakan layanan iklan berbayar di tiktok.

Melalui fitur tiktok ads ini kreator juga dapat memilih konten iklan yang akan diunggah sehingga sesuai dengan campaign yang akan dicapai melalui tiktok ads.

Tak hanya itu, kreator juga bisa memilih waktu tayang iklan yang di pasang sehingga bisa beredar di jam aktif konsumen.

Strategi ini dilakukan agar iklan yang di buat bisa mendapatkan engagement yang lebh besar sehingga membantu akun anda dikenal oleh lebih banyak pengguna tiktok.

Kreator pun bisa memilih jumlah biaya yang dikeluarkan agar tidak keluar dari budget promosi yang telah di buat sebelumnya.

Pengguna juga bisa mengecek dari jangkauan iklan yang telah di pasang dengan melihat di kolom insight yang berada di fitur tiktok ads.

Cara membuat tiktok ads pun sangat mudah karena kreator hanya perlu mengalihkan akun pribadi menjadi akun bisnis.

Kemudian kreator pilih menu Business Suite yang menyediakan layanan iklan berbayar yang bisa kreator ubah sesuai dengan keinginan.

Penggunaan tiktok ads yang efektif tentunya akan membantu promosi tiktok anda berjalan lebih lancar dan mendapatakn konsumen yang diinginkan.

Variasi Konten Tiktok yang Beragam

Mudahnya konten tiktok menyebar ke social media lain berkat munculnya berbagai variasi konten di tiktok.

Beragam konten tiktok ini juga bisa dipilih kreator untuk membuat konten yang menjadi ciri khas akun yang dikembangkan dan disukai oleh konsumen yang dituju serta memudahkan untuk melakukan promosi di tiktok.

Beberapa jenis konten yang bisa ditemukan di tiktok adalah dance challange, konten edukasi, tips and trik, tutorial penggunaan produk, dan juga hastag challange.

Salah satu konten yang menjadi ciri khas di tiktok adalah dance challange dimana pengguna tiktok bisa mengkreasikan sendiri dance viral yang beredar di tiktok.

Banyaknya dance challange ini tentunya bisa menjadi ide konten di tiktok yang bisa dibuat setiap hari sehingga kreator tidak pernah kehabisan ide dalam membuat konten yang menarik.

Tak hanya itu, guna mengenalkan produk yang dijual maka kreator bisa memberikan edukasi mengenai kandungan produk tersebut yang dapat membantu untuk menyelesaikan masalah yang dialami konsumen.

Kreator juga bisa menjawab pertanyaan dari konsumen dan menjadikannya sebagai bagian dari konten edukasi.

Kreator juga bisa memberikan konten tips dan trik berupa penggunaan produk yang dijual sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya serta mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan produk tersebut.

Penggunaan konten yang viral juga bisa membantu menaikkan akun dan juga konten yang dibuat agar bisa masuk ke fyp recommend.

Kreator bisa mencari konten yang viral dengan cara mencari di challange yang banyak digunakan oleh pengguna tiktok lainnya di fitur rekomendasi.

Agar konten terlihat lebih unik maka kreator juga bisa mengkreasikan hastag challange tersebut dengan konten yang biasa anda buat sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

strategi promosi di tiktok 2022

Strategi Promosi di Tiktok

Banyaknya pelaku usaha atau bahkan kompetitor yang melakukan promosi di tiktok tentunya membuat kreator sebaiknya melakukan strategi tiktok marketing yang tepat agar konten yang dibuat bisa menjangkau lebih banyak pengguna tiktok.

Penggunaan tiktok marketing yang tepat juga membantu anda untuk memenangkan kompetisi dan juga merawat komunitas yang dimiliki agar bisa terus menerus membeli produk anda.

Karenanya agar promosi di tiktok menjadi lebih lancar berikut beberapa strategi terbaik yang bisa digunakan di tiktok.

Ketahui Komunitas yang Dituju

Seperti yang banyak orang tahu, pengguna terbesar Tiktok berasal dari usia remaja kemudian meningkat di usia 20-29 hingga konsumen di umur 30-39 tahun yang menjadi pengguna tiktok.

Informasi demografi usia ini tentunya bisa menjadi pertimbangan kreator sebelum melakukan promosi sehingga bisa mengetahui jenis konten yang cocok dan juga konsumen yang akan dihadapi ke depannya.

Penggunaan konten tiktok yang sesuai tentunya akan membantu kreator untuk mengembangkan konten yang sesuai sehingga bisa menjangkau konsumen yang diinginkan.

Kreator juga bisa mencari sendiri komunitas yang dituju dengan mudah yakni menggunakan fitur rekomendasi dan juga hastag yang ada di tiktok.

Pengguna cukup mencantumkan hastag yang sesuai dengan produk yang dipasarkan kemudian pilih fitur rekomendasi untuk mencari konten yang biasanya digunakan dan disukai oleh konsumen yang dituju.

Setelah memilah konten yang sesuai maka kreator bisa mengembangkan konten tersebut sesuai dengan ciri khas yang dimiliki sehingga pengguna tiktok bisa membedakan konten anda dengan kreator yang lain.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencari konten yang sesuai dengan minat konsumen adalah dengan melihat konten dari influencer yang memiliki kesamaan kesukaan dengan produk yang anda pasarkan.

Kreator bisa melihat berbagai konten yang ditayangkan sebagai inspirasi konten yang anda buat dan unggah di akun yang dimiliki.

Mengamati berbagai perilaku dan juga masalah yang dihadapi oleh konsumen di kolom komentar influencer juga membantu anda mendapatkan inspirasi mengenai konten awal yang bisa dikembangkan dan masalah yang sering dihadapi oleh banyak konsumen.

Saat konten yang dibuat telah selesai maka kreator juga bisa menambahkan hastag sesuai dengan produk yang dipasarkan sehingga memudahkan konsumen untuk mencari produk atau konten anda di tiktok.

Pemilihan konten yang sesuai komunitas tentunya akan membantu dalam promosi di tiktok sehingga akun anda lebih mudah terkenal dan membantu untuk menaikkan penjualan.

Setiing Akun Tiktok Business

Bagi kreator yang ingin mengembangkan akun dari produk yang dipasarkan maka menggunakan akun tiktok business menjadi hal mutlak yang harus dilakukan agar membantu kegiatan promosi di tiktok.

Hal ini dilakukan akun tiktok business memiliki lebih banyak fitur dan layanan yang cocok untuk pelaku usaha dibandingkan akun tiktok biasa sehingga proses promosi di tiktok menjadi lebih mudah dan efektif.

Meskipun anda baru di dunia tiktok atau sudah berkecimpung lama di tiktok maka mengubah tiktok pribadi menjadi tiktok business tentunya perlu dilakukan untuk mendapatkan pengalaman promosi di tiktok yang lebih baik.

Saat membuat akun tiktok for business maka kreator akan diarahkan untuk mengisi berbagai informasi bisnis sehingga membantu untuk promosi di tiktok.

Tak hanya itu, kreator juga bisa menghubungkan akun anda dengan akun marketplace sehingga memudahkan konsumen untuk berbelanja produk yang anda tawarkan.

Kreator juga bisa membuat akun tiktok shop menggunakan akun bisnis ini sehinga membantu untuk meningkatkan pernjualan serta akun tiktok tidak hanya menjadi media promosi.

Keberadaan tikok shop yang berada di halaman awal akun anda tentunya akan memudahkan konsumen untuk berbelanja produk yang anda jual atau memerkan produk yang anda jual kepada pengguna tiktok lainnya.

Berbagai pilihan promosi di tiktok ini juga membantu kreator untuk memilih mengarahkan konsumen ke akun website jual beli yang dimiliki atau mengajak pembeli untuk berbelanja di akun tiktok shop yang tersedia.

Mulai Buat Konten yang Menarik

Mengubah akun tiktok pribadi menjadi akun bisnis tentu saja tidak menjadi satu-satunya cara untuk promosi di tiktok.

Kreator juga bisa memulai untuk membuat konten dan mengunggahnya di akun tiktok yang dimiliki agar akun anda bisa lebih dikenal oleh pengguna tiktok lainnya.

Guna menguasai Tiktok tentunya kreator tidak hanya bisa mengandalkan satu konten namun banyak video sehingga akun anda tidak tenggelam dan lama-kelamaan menghilang di peredaran pengguna tiktok.

Ketika anda memulai promosi di tiktok maka perlu mengingat bahwa kuantitas harus diperhatikan dibandingkan kualitas.

Hal ini berarti kreator tidak perlu membuat konten yang terlalu terlihat promosi sehingga membuat pengguna tiktok enggan untuk melihat konten anda atau sekedar mampir ke akun anda.

Menggunakan konten yang unik dengan tambahan unsur komedi malah akan membuat kreator penasaran dengan video anda sehingga tertarik untuk berkunjung ke akun tiktok yang anda miliki.

Cara paling mudah untuk mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok adalah melakukan analisa mengenai konten yang disukai oleh konsumen yang anda inginkan dan berpartisipasi di setiap trend atau challange yang tengah viral di tiktok.

Dengan membuat konten yang sesuai keinginan konsumen dan juga mengikuti setiap konten yang sedang trend maka memudahkan video anda untuk masuk ke fyp recommend lebih mudah.

Ketika akun dan konten yang dikembangkan semakin dikenal oleh pengguna tiktok lainnya maka memudahkan bagi anda untuk membuat challange berupa hastag atau dance yang bisa digunakan oleh pengguna tiktok.

Cara ini bisa menjadi strategi promosi di tiktok yang tepat sehingga bisa mengajak pengguna tiktok lain berpartisipasi dalam challange anda sehingga membantu untuk menaikkan engagement akun yang dikembangkan.

Hubungkan Produk dengan Konten yang Dibuat

Salah satu cara paling mudah namun penting untuk promosi di tiktok adalah dengan mengaitkan produk yang di jual dengan konten yang akan diunggah di Tiktok.

Cara ini bisa dilakukan ketika kreator membuat konten promosi di tiktok dimana anda bisa menghubungkan link tiktok shop dengan video tiktok yang anda unggah di tiktok.

Strategi ini tentunya bisa menarik konsumen yang tertarik dengan produk anda untuk langsung membelinya tanpa perlu berpindah ke akun market place yang dimiliki.

Tak hanya itu, langkah ini juga bisa membantu kreator untuk melakukan promosi produk secara mudah dan gratis apalagi jika konten yang diunggah viral tanpa perlu menggunakan layanan iklan berbayar.

Berikut tutorial untuk memasukkan link produk anda ke dalam konten yang akan anda unggah di tiktok :

Kolaborasi dengan Influencer

Meskipun anda sudah bisa meraih kesuksesan di tiktok dengan memanfaatkan konten yang tengah viral di tiktok namun kreator juga masih bisa mengembangkan strategi pemasaran menggunakan influencer marketing.

Ditambah lagi Tiktok menyediakan berbagai macam influencer yang sesuai dengan kebutuhan anda tentunya dengan berbagai pilihan harga dan konten yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan.

Karenanya agar bisa menemukan influencer yang sesuai maka kreator bisa memulai dengan menganalisa influencer yang sesuai dan disukai oleh komunitas anda serta mampu mempengaruhi pengguna tiktok untuk membeli produk anda.

Memerhatikan pengikut yang dimiliki banyaknya unggahan yang sesuai dengan komunitas anda tentunya akan membantu untuk menentukan influencer yang sesuai dengan brand anda.

Kolaborasi dengan influencer tentunya bisa menjadi jalan terbaik untuk mengembangkan jangkauan yang dimilki ketika kreator juga mampu membuat konten yang menarik dan bisa dieksekusi oleh influencer tersebut.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.