reach and impressions

Perbedaan Reach dan Impressions dalam Media Sosial

Apakah strategi untuk mencapai brand awareness yang kamu terapkan telah berhasil? Apakah kamu telah melakukan segala hal yang mungkin untuk mencapainya? Jika sudah, apakah kamu tahu apa perbedaan reach dan impressions? Nah, artikel ini akan membahasnya untukmu.

Meskipun sudah cukup umum dalam dunia pemasaran digital, namun apa fungsi dari dua metriks ini terkadang tidak begitu jelas. Karena itu, perlu dibahas apa saja perbedaan reach dan impressions supaya masing-masing fungsinya menjadi terang.

Apa Perbedaan Reach dan Impressions ?

Reach merupakan jumlah keseluruhan orang yang menikmati kontenmu. Sementara impressions adalah total berapa kali kontenmu ditampilkan, entah itu di klik atau tidak.

Kamu bisa mengambil poin perbedaannya pada orang. Sebab jangkauan merupakan jumlah orang yang menikmati kontenmu, maka kamu bisa membayangkan bahwa mereka adalah setiap pengikutmu. Sementara impressions adalah berapa banyak kontenmu dilihat, maka setiap orang bisa melihat lebih dari sekali sebuah konten.

Idealnya, setiap pengikutmu akan bisa melihat setiap postingan yang kita buat. Namun, sayangnya hal demikian tak selalu terjadi. Selalu ada kemungkinan, hingga postingan kita hanya dilihat oleh sebagian pengikut kita saja.

Contohnya, sebuah postingan Facebook bisa tayang di laman aslinya, maupun ketika temanmu membagikannya. Jika kamu melihat keduanya dalam feedmu, maka hal ini akan dihitung sebagai dua impressions.

Menggali Lebih Dalam Reach dan Impressions

Memang ada banyak kemiripan antara reach dan impressions. Kita bisa mudah sekali terkecoh. Namun jika kita memahaminya, maka kita pasti akan bisa membedakan antara keduanya.

Mari kita ambil contoh lagi. Misalnya kamu memiliki sebuah akun twitter, akun twittermu memiliki 50 pengikut, kamu lantas membagikan sebuah tweet yang dilihat oleh semua pengikutmu. Artinya, kamu memiliki 50 reach dengan 50 impressions juga. Karena postingan itu hanya dilihat oleh lima puluh orang, serta tayang sebanyak lima puluh kali juga.

Kemudian, jika kamu memposting tweet lagi keesokan harinya, maka kamu akan tetap memiliki 50 jangkauan, sementara impressionsmu akan naik menjadi 100 orang. Mengapa demikian?

 Hal ini karena setiap postinganmu muncul sebanyak 50 kali, maka jika kamu memiliki dua postingan, maka masing-masing postinganmu akan muncul sebanyak 50 kali juga, artinya kamu akan memiliki impressions sebanyak 100 bukan?

Karena hal ini pulalah, jumlah impressions bisa lebih besar dibandingkan dengan pengikutmu yang kita miliki.

Belajar Lebih Banyak Tentang Engagement Metrics

twitter

Jika kamu ingin lebih memahami cara untuk meningkatkan reach dan impressionsmu, maka penting untuk paham tentang berbagai metriks terkait.

Ada banyak sekali jenis metriks reach dan impressions dalam media sosial, Facebook contohnya. Setiap platform media sosial memang mencantumkan metriks reach dan impressions, namun biasanya umum saja. Sementara Facebook berbeda.

Facebook menunjukkan reach dan impressions berdasarkan jenis postingan serta kategori lainnya. Hal inilah yang perlu untuk dipahami.

Social Media Reach vs Impressions

Di Facebook, reach terbagi dalam beberapa kategori, yaitu :

  • Viral : Merupakan jumlah orang yang melihat postinganmu atau halaman yang memention kamu dalam story yang ditayangkan teman. Hal ini mencakup beberapa tindakan seperti menyukai, berbagi, dan mengomentari.
  • Organic : merupakan jumlah orang yang melihat postinganmu secara gratis dalam News Feed.
  • Paid : Merupakan jumlah orang yang melihat konten berbayarmu, misalnya Facebook Ad.

Selanjutnya, Facebook juga membagi lagi reachnya menjadi dua tipe, yaitu :

  • Post Reach : merupakan jumlah berapa banyak orang yang melihat setiap postingan dalam jangka waktu tertentu.
  • Page Reach : merupakan jumlah berapa banyak orang yang melihat halaman postingan dalam jangka waktu tertentu.

Guna meningkatkan reach, maka kita harus memperhatikan kategori reach. Hal ini karena, kategori akan sangat menentukan strategi yang akan dipakai.

Selain jangkauan, Facebook juga membagi impressionsnya menjadi tiga kategori, yaitu :

  • Organic : merupakan jumlah tayangan dari tiap konten yang ditayangkan secara gratis dalam News Page atau halamanmu.
  • Paid : merupakan jumlah tayangan konten berbayarmu, misalnya Facebook Ad.
  • Viral : Merupakan jumlah tayangan yang berkaitan dengan halamanmu ditampilkan dalam sebuah story yang ditayangkan temanmu. Hal ini termasuk kegiatan seperti menyukai, berbagi, dan mengomentari.
facebook

Selanjutnya, kamu juga perlu memahami bahwa twitter tidak menyediakan metriks reach untukmu. Kamu hanya akan mendapatkan metriks terkait impressions setiap tweet yang kamu buat.

Jumlah impressions yang disediakan oleh aplikasi twitter merupakan jumlah berapa kali tweetmu terlihat di feed pengguna lain serta berapa kali tweetmu muncul di pencarian.

Jika kamu sangat membutuhkan reach akun twittermu, maka kamu bisa memanfaatkan tool seperti Sent Messages Report yang dimiliki oleh Sprout Social. Mengetahui reach dan impressions dari akun media sosialmu tentunya memiliki beberapa keuntungan.

Keuntungan tersebut diantaranya adalah  mengetahui target audiencemu, serta kamu juga bisa memonitor dan menganalisis engangement metrics-mu secara berkala.

Perbedaan Reach dan Impressions dalam Media Sosial

Leave a Reply

11 views
Copy link