Apa Itu Planner Marketing

Apa Itu Planner Marketing, Manfaat dan Cara Membuatnya

Sebenarnya istilah planner marketing atau marketing plan itu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bergerak di dunia marketing. Ingat! Jangan sampai tertukar istilahnya dengan marketing strategy karena memang jelas berbeda.

Untuk Anda ketahui juga, marketing strategy lebih mengarah pada target bisnis yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan kata lain berkaitan dengan nilai dan tujuan dari bisnisnya.

Lalu bagaimana dengan marketing plan? Setiap perusahaan tidak bisa menjalankan operasionalnya dengan sembarangan. Butuh rencana yang matang, dimana pendekatannya lebih sistematis untuk mencapai tujuan yang ditentukannya.

Adanya perencanaan juga membuat sumber daya yang digunakan tidak bisa disia-siakan oleh perusahaan. Agar lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini mengenai planner marketing atau marketing plan.

Apa itu Planner Marketing?

Apa Itu Planner Marketing

Bisa jadi pertanyaan yang pertama kali diajukan oleh Anda adalah apa itu Planner Marketing?

Ini merupakan pendekatan sistematis yang dirancang untuk mengembangkan tujuan pemasaran, strategi dan taktik implementasi. Perencanaan pemasaran juga disesuaikan dengan berbagai macam situasi untuk pengembangan bisnis baru.

Pada umumnya, perencanaan tersebut sangat erat kaitannya dengan cara perusahaan mengoperasikan pemasaran. Terutama dalam membantu menentukan bagaimana perusahaan bisa berjalan dan mencapai keuntungan.

Sumber daya manusia juga sangat penting dalam perencanaan ini, perannya sangat menentukan karena bisa melakukan apa yang sudah direncanakan. Untuk membangun pemasaran yang efektif, maka tetapkan tujuan dengan jelas sehingga tercapai dalam jangka waktu panjang.

Manfaat Planner Marketing

Setelah memahami planner marketing atau marketing plan, maka Anda akan merasakan manfaatnya untuk perusahaan.

Sebagai sarana dalam mengendalikan keuangan perusahaan

Pengendalian finansial yang disiplin dan terarah untuk sebuah perusahaan bisa berjalan dengan menggunakan marketing plan. Keberadaannya bisa mengkondisikan komitmen keuangan perusahaan agar terhindar dari penggunaan dana di luar kepentingan atau di luar rencana awal.

Sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja pegawai

Dalam marketing plan biasanya sudah ditentukan juga targetnya seperti apa. Maka bisa jadi target tersebut sebagai parameter keberhasilan atau tujuan yang harus dicapai.

Jika targetnya tidak tercapai maka bisa dilakukan evaluasi yang menyeluruh, baik terhadap performa tim atau evaluasi indikator lainnya. Tentu saja melihat faktor apa saja yang sudah dimasukkan ke dalam perencanaan pemasaran tersebut.

Marketing planner menjadikan Anda lebih tanggap terhadap perubahan

Kondisi bisnis yang Anda jalankan selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal. Hal tersebut dikarenakan kondisinya yang dinamis dan selalu mengalami perubahan yang signifikan.

Dengan adanya marketing plan, Anda bisa menjadikannya sebagai tolak ukur ketika membuat keputusan terutama terhadap perubahan yang terjadi. Biasanya keputusan timbul karena adanya perubahan situasi di lapangan.

Sebagai sarana pembelajaran semua pihak di perusahaan

Marketing plan dirancang dengan pertimbangan yang matang, maka bisa dijadikan sarana pembelajaran. Tidak hanya sekedar mencapai target, marketing plan bisa dijadikan untuk pedoman setiap divisi dari perusahaan yang bersangkutan.

Keberadaan marketing plan atau planner marketing semakin penting untuk kelangsungan bisnis Anda. manfaat-manfaat di atas bisa Anda dapatkan ketika marketing plan tersebut dijalankan dalam operasional perusahaan.

Cara Membuat Planner Marketing

Cara membuat marketing plan tidak sesulit yang Anda bayangkan, beberapa cara di bawah ini bisa menjadi referensi dalam membuatnya. Penasaran?

Pahami situasi bisnis yang sedang dihadapi perusahaan

cara membuat Planner Marketing

Ini penting, karena dengan memahami situasi bisnis bisa membuat marketing plan yang lebih tepat. Mulailah dengan pemahaman yang jelas dan utuh agar setiap kendala bisa masuk ke dalam marketing plan dan diselesaikan dengan baik.

Gunakan analisis SWOT untuk setiap kondisi yang sedang dihadapinya dan dimasukkan ke dalam planner marketing. Jika dilengkapi dengan analisis SWOT maka bisa terlihat lebih sistematis dan teratur.

Teliti dan pahami target pasar Anda

Setiap perusahaan wajib memahami target pasar untuk menerapkan planner marketing agar lebih tepat. Apa yang sedang dibutuhkan pasar sebaiknya dilayani dengan baik agar brand Anda semakin dikenal.

Membangun marketing plan yang sesuai pada bisnis yang sedang Anda jalankan bisa meningkatkan perkembangan perusahaan. Lakukan penelitian dengan memfokuskan pada pemahaman target pasarnya.

Posisikan merk atau brand di Pasar

cara membuat Planner Marketing

Posisi yang benar dari suatu merk atau brand selalu bisa meningkatkan volume penjualan. Pastikan merk Anda lebih terlihat agar bisa memenangkan persaingan pasar dalam waktu yang cukup lama.

Secara naluriah, setiap orang pasti menginginkan hal baru yang berbeda dan tidak terduga. Disitulah pentingnya merk yang kontras agar mampu menghasilkan perbedaan dengan para kompetitornya.

Perbaiki layanan yang Anda berikan

Selain merk, layanan yang diberikan juga salah satu indikator yang bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor. Setiap konsumen selalu dinamis dan membutuhkan layanan yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhannya.

Buatlah planner marketing dengan mempertimbangkan layanan sebagai indikator yang tidak bisa dianggap sepele.

Identifikasi teknik pemasaran

cara membuat Planner Marketing

Target pasar Anda selalu memiliki ciri khas dalam mengkonsumsi informasi, bagaimana, dimana, kapan, media apa yang digunakan. Semuanya menjadi penting dalam pencarian informasi yang lengkap.

Teknik pemasaran yang seimbang antara teknik online dan offline bisa menghasilkan peningkatan penjualan merk atau produk.

Identifikasi juga alat pemasaran

Ketika Anda menggunakan teknik online, maka ada beragam cara untuk memasarkan produk atau layanan. Bisa melalui situs web atau pengoptimalan mesin pencari (SEO), Media sosial, email dan lainnya.

Dari berbagai alat pemasaran yang digunakan, lakukan identifikasi mana yang memiliki keunggulan dan kekurangan untuk bisa lebih disempurnakan lagi.

Tentukan kalender dan anggaran operasional

cara membuat Planner Marketing

Rencana harus disertakan dengan jadwal dan tenggat waktu tertentu yang bisa mengukur perkembangan planner marketing.

Biasanya akan membutuhkan dua dokumen penting yaout kalender pemasaran dan anggaran pemasaran. Kalender pemasaran bisa disiapkan sebaga strategi yang digunakan untuk implementasi rencana yang dibuat.

Sedangkan anggaran bisa digunakan untuk iklan, perkiraan biaya dan seberapa banyak iklan ditayangkan. Dengan menentukan anggaran yang tepat, maka pemasaran juga bisa menghasilkan dampak yang bagus terhadap penjualan produk.

Kesimpulan: Implementasi Adalah Kunci Penting Marketing Plan

Kunci Penting Marketing Plan

Planner marketing atau marketing plan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan bisnis Anda, beberapa pengusaha membuatnya dengan sangat telliti.

Marketing plan bisa dijadikan sebagai peta jalan yang memuat berbagai panduan harus kemana dan seperti apa dalam mencapai tujuan bisnis. Marketing plan harus dijadikan sebagai referensi oleh semua pihak dalam sebuah perusahaan agar bisa dievaluasi secara teratur.

Namun sebagus apapun marketing plan dibuat, masih tidak akan berdampak positif terhadap perusahaan. Itu terjadi jika tidak ada komitmen yang kuat dalam mengimplementasikan semua rencana yang telah dibuat.

Poin kuncinya ada pada implementasi planning karena bisa mengetahui informasi tentang perubahan pasar dan persaingan. Nah dari situlah bagaimana perusahaan memberikan responnya dalam bentuk aksi nyata yang sudah direncanakan.

Bagaimana jadinya jika hanya menjadi dokumen yang disimpan tanpa adanya implementasi? Padahal dalam pelaksanaannya, marketing plan bisa meningkatkan keuntungan bisnis secara efektif dan efisien.

Itulah ulasan lengkap mengenai planner marketing atau marketing plan yang bisa Penulis jelaskan. Jadi, sudah pahamkah cara membuat  marketing plan yang baik?.

Apa Itu Planner Marketing, Manfaat dan Cara Membuatnya

Leave a Reply

25 views
Copy link