rekomendasi aplikasi kasir gratis

10 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis dan Tips Memilihnya

Apa Itu Aplikasi Kasir?

aplikasi kasir

Aplikasi kasir atau Point Of Sale (POS) adalah program perangkat lunak berbasis online yang digunakan untuk mempermudah proses transaksi dalam sebuah bisnis. Aplikasi ini akan menghitung jumlah pembelian dan penjualan, sehingga membantu pemilik bisnis.

Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis karena akan membuat proses pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Selain untuk menghitung pembelian dan penjualan, aplikasi kasir dapat mencatat setiap transaksi yang terjadi.

Apabila transaksi yang dilakukan sudah tercatat secara otomatis, maka proses pengelolaan stok barang akan ikut menjadi lebih mudah. Transaksi yang terjadi dapat disinkronkan dengan stok barang yang tersedia.

Basis aplikasi yang online juga mempermudah proses pengelolaan bisnis karena proses transaksi akan terhubung secara otomatis dengan backoffice. Oleh sebab itu, Anda sebagai pemilik bisnis dapat sekaligus mengawasi transaksi tanpa harus berada di depan kasir.

Aplikasi Kasir juga mengurangi kesalahan ketika penjual dan pembeli berbicara. Hal ini akan membuat resiko pada proses transaksi bisa lebih dihindari.

Manfaat Aplikasi Kasir

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan aplikasi kasir, beberapa manfaat yang akan didapat ketika menggunakan aplikasi ini adalah:

Mencatat Data Transaksi dengan Lengkap

manfaat aplikasi kasir

Aplikasi kasir gratis menyediakan layanan untuk mencatat data transaksi dengan lengkap. Pemilik bisnis tidak perlu mencatat data transaksi satu per satu secara manual. Selain itu, aplikasi kasir dapat menyajikan seluruh data transaksi yang terjadi dengan lengkap.

Layanan ini akan mempermudah proses pengelolaan bisnis karena tidak perlu menyediakan atau membuat manual catatan transaksi

Sudah Terintegrasi dengan Stok Barang

stock barang

Selain mencatat data transaksi, aplikasi kasir gratis juga dapat menampilkan data stok barang yang tersedia. Dengan begitu, transaksi yang terjadi akan otomatis terintegrasi dengan stok barang Anda.

Apabila proses transaksi terjadi, seperti penjualan, maka stok barang yang telah diinput akan otomatis berkurang. Kasir tidak perlu lagi melakukan pengecekan stok yang masih tersedia.

Hal tersebut juga bermanfaat untuk mengetahui kapan harus melakukan restock barang serta berapa jumlah barang yang telah diisi kembali.

Memberikan Laporan Transaksi

transaksi

Salah satu manfaat aplikasi kasir adalah dapat mencatat proses transaksi secara lengkap. Data transaksi yang tersedia, kemudian dapat diakumulasikan dalam jangka waktu tertentu.

Kumpulan data transaksi tersebut setelahnya dapat dilihat sesuai jangka waktu yang diinginkan dalam bentuk laporan. Beberapa aplikasi menyediakan resume atau kesimpulan berdasarkan data transaksi yang tercatat.

Fitur tersebut sangat efisien dalam menghemat tenaga dan waktu. Laporan transaksi akan otomatis terakumulasi tanpa harus menghitung secara manual.

Segala Perubahan Data Dilakukan dengan Cepat

fast

Perubahan data mungkin akan sedikit merepotkan karena Anda butuh menyocokkan data pada beberapa bagian. Dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis online, segala bentuk perubahan data dapat dilakukan dengan cepat.

Anda cukup mengubah data yang diperlukan, kemudian data-data lain akan terintegrasi secara otomatis. Selain itu, semua orang akan dapat melihat perubahan data yang telah dilakukan dengan mudah karena aplikasi yang berbasis online.

Membantu Strategi Marketing

pexels pixabay 355948

Strategi marketing bisnis sangat mempengaruhi bisnis Anda. Salah satu hal yang dapat Anda gunakan sebagai strategi marketing adalah menggunakan aplikasi kasir berbasis online.

Beberapa aplikasi kasir gratis menyediakan alternatif metode pembayaran. Beberapa metode pembayaran bahkan menyediakan promo potongan atau cashback yang menguntungkan.

Konsumen akan tertarik karena variasi metode pembayaran yang beragam serta promo yang ditawarkan juga menguntungkan. Jangkauan konsumen pun akan menjadi lebih luas.

Biaya Perawatan Lebih Murah

murahhhh

Penggunaan kasir offline membutuhkan perangkat yang cukup banyak untuk setiap tim kasir di setiap toko. Perangkat yang digunakan tersebut butuh maintenance atau perawatan yang rutin dalam jangka waktu tertentu. Beberapa perbaikan juga perlu dilakukan apabila terdapat masalah, serta resiko kerusakan mesin akibat kesalahan penggunaan.

Sedangkan aplikasi kasir online hanya membutuhkan internet untuk terhubung dengan seluruh sistem kasir yang ada di semua toko. Perangkat yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi kasir online juga tidak sebanyak kasir offline.

Beberapa toko dapat menggunakan handphone atau komputer saja untuk melakukan proses transaksi. Data-data yang terkumpul pun dapat terintegrasi ke seluruh tim kasir di setiap toko.

Aplikasi kasir online beberapa di antaranya juga tersedia secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk mencatat proses transaksi. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi para pemilik bisnis.

Mudah Didapat

mudah didapat

Anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi kasir gratis online ini. Caranya hanya dengan mendownload aplikasi tersebut melalui layanan Playstore atau Apple Store.

Aplikasi kasir berbasis online dapat dijangkau oleh siapapun dengan perangkat yang tersedia. Selain itu, beberapa aplikasi kasir berbasis online juga tersedia secara gratis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Meminimalisir Kesalahan

mistake

Kesalahan yang terjadi dalam proses transaksi akan mempengaruhi perhitungan dan laporan keuangan. Sehingga, hal tersebut harus dihindari sebisa mungkin.

Beberapa penyebab terjadinya kesalahan yaitu kesalahan komunikasi antara konsumen dan kasir. Selain itu, kekeliruan input data juga mungkin terjadi akibat human error.

Resiko tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan aplikasi kasir berbasis online. Data yang tersedia, terkait jumlah barang dan harga barang akan otomatis terakumulasi.

Kemudian, data transaksi tersebut akan muncul otomatis pada layanan pembayaran yang dipilih oleh konsumen. Sehingga konsumen bisa membayar harga barang dengan nilai yang sesuai.

Tips Cermat Memilih Aplikasi Kasir Gratis Terbaik

choosing

Terdapat berbagai macam aplikasi kasir gratis dengan fitur yang berbeda-beda. Anda tentu ingin menggunakan aplikasi kasir gratis yang sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut beberapa tips dari kami untuk memilih aplikasi yang tepat.

Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum menentukan aplikasi kasir gratis yang akan Anda gunakan, pastikan Anda mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan toko. Beberapa aplikasi kasir cocok digunakan untuk usaha menengah ke bawah, dan aplikasi kasir lainnya untuk usaha yang telah memiliki banyak cabang atau menengah ke atas.

Mudah Digunakan

Tampilan dan instruksi di aplikasi sangat penting untuk kemudahan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Anda tidak ingin nantinya orang yang menangani bagian kasir mengalami kesulitan dalam pengoperasian.

Pilihlah aplikasi kasir gratis yang memiliki tampilan sederhana dan mudah dipahami instruksinya.

Terjamin Tingkat Keamanannya

Hampir seluruh aplikasi kasir gratis memakai basis cloud. Artinya, data yang Anda input akan masuk ke server online sehingga dapat dilihat kapanpun dan dimanapun.

Pastikan aplikasi yang Anda pilih memiliki keamanan data yang bagus. Terdapat proteksi yang melindungi data Anda supaya tidak sembarang orang bisa mengakses informasi tersebut.

Memiliki Berbagai Metode Pembayaran

Kemudahan proses transaksi salah satu faktor pendukungnya adalah tersedianya berbagai macam metode pembayaran. Beberapa orang lebih memilih membayar menggunakan kartu atau dompet elektronik dari pada tunai.

Metode pembayaran yang beragam akan memberikan opsi yang beragam pula bagi konsumen dalam membayar produk.

Menyediakan Layanan Customer Service

Dalam memakai aplikasi kasir gratis, beberapa kendala tentu tidak dapat terhindarkan. Sehingga, Anda butuh layanan customer service untuk mengkonsultasikan solusi dari masalah tersebut.

Layanan customer service sangat membantu Anda dalam kelancaran menggunakan aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat lebih mengoptimalkan fungsi aplikasi dengan layanan ini.

Punya Review dan Reputasi Bagus

Review adalah kilas pengalaman dari pengguna yang telah memiliki pengalaman memakai aplikasi. Oleh sebab itu, review yang bagus dibutuhkan sebagai salah satu faktor pertimbangan memilih aplikasi kasir gratis.

Ulasan yang bagus menandakan pengguna puas dengan aplikasi tersebut. Selain itu, ulasan tersebut juga berpengaruh terhadap reputasi dari aplikasi kasir gratis tersebut.

Apabila reputasinya bagus, maka mayoritas review yang didapat juga bagus. Apabila reviewnya bagus, maka user experience mayoritas pengguna juga puas.

Hardware-nya Tidak Makan Tempat

Faktor lain yang mungkin Anda harus perhatikan adalah perangkat yang diperlukan agar aplikasi berjalan optimal. Beberapa aplikasi kasir gratis cukup menggunakan smartphone saja untuk mengoperasikannya.

Fiturnya Selalu Diperbarui

Pada aplikasi kasir gratis, yang Anda manfaatkan adalah fitur-fiturnya. Anda tentu ingin memakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, pembaruan fitur yang rutin akan meningkatkan efisiensi dalam pengolahan data proses transaksi.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Android Gratis Terbaik

rekomen app

Aplikasi kasir berbasis online memiliki banyak manfaat yang membuat proses transaksi menjadi lebih efisien. Anda dapat menemukan berbagai macam aplikasi kasir online dengan kelebihan dan fitur yang berbeda.

Berikut rekomendasi aplikasi kasir gratis dari kami.

Qasir

Qasir merupakan aplikasi kasir gratis yang dapat Anda gunakan secara online maupun offline. Apabila Anda menggunakan aplikasi ini dalam kondisi smartphone offline, maka data yang tersimpan akan otomatis tersinkronisasi saat Anda kembali online nantinya.

Aplikasi ini dibuat oleh PT Solusi Teknologi Niaga. Qasir dapat digunakan untuk mencatat data transaksi dan laporan keadaan bisnis agar bisnis Anda dapat dikembangkan.

Tampilan aplikasi ini user friendly dengan model UI yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna. Desain aplikasi Qasir mendukung penggunanya memakai fitur yang tersedia dengan maksimal.

MOKA

Aplikasi kasir yang kedua yaitu MOKA. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga Anda dapat mengakses data yang tersimpan pada aplikasi dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan Anda.

Didukung dengan fitur MOKA Back Office, pemilik bisnis yang memiliki lebih dari satu toko akan dimudahkan dengan fitur ini. Data transaksi dari seluruh kasir di setiap cabang toko akan otomatis terintegrasi dan Anda dapat melihat semuanya sekaligus secara langsung.

MOKA dapat digunakan oleh pengguna dengan berbagai macam latar bisnis. Aplikasi ini sudah tersedia baik di Android maupun iOS. Selain itu, Anda dapat menikmati fitur yang disediakan MOKA secara gratis selama 14 hari.

Metode pembayaran yang tersedia di MOKA cukup beragam. Anda dapat menggunakan metode pembayaran melalui OVO, Gopay, Dana, LinkAja, Kredivo, AkuLaku, dan WeChatPay.

Kasir Pintar

Berbeda dengan aplikasi kasir sebelumnya, aplikasi Kasir Pintar dapat Anda gunakan secara gratis selamanya. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk hal tersebut.

Tampilan dan navigasi aplikasi kasir gratis Kasir Pintar cukup sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengguna. Aplikasi ini juga berbasis cloud, sehingga Anda dapat mengakses data yang disimpan secara online maupun offline.

Fitur andalan Kasir Pintar adalah Barcode Scanner. Fitur ini mempermudah proses transaksi dan mendukung transaksi cashless.

Anda cukup mengarahkan kamera smartphone ke barcode barang, yang kemudian akan ter-scan dengan otomatis dan tercatat di aplikasi. Kasir tidak perlu mencatat atau mengingat harga barang lagi.

Omega POS

Aplikasi kasir gratis selanjutnya adalah Omega POS. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui layanan Playstore di Android. Omega POS dapat anda gunakan secara gratis selama 14 hari.

Kelebihan aplikasi kasir gratis ini adalah Omega POS sudah terintegrasi dengan data inventory dan modul accounting. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengecek stok barang yang tersedia di setiap toko secara real time sekaligus.

Selain itu, Omega POS juga menyediakan analisis pelanggan yang dapat Anda manfaatkan. Fitur ini akan menunjukkan kecenderungan perilaku pelanggan atau konsumen Anda.

Analisis tersebut dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan meningkatkan penjualan berdasarkan kecenderungan pelanggan.

Olsera POS

Aplikasi kasih Olsera POS menggunakan basis cloud, sehingga Anda dapat mengakses data transaksi yang tersimpan secara online maupun offline dimanapun dan kapanpun.

Andap dapat menggunakan aplikasi kasir gratis ini tanpa biaya selama 14 hari. Selanjutnya, Anda harus membayar per bulan untuk menggunakan fitur di Olsera POS.

Beberapa fitur menarik di Olsera POS yang dapat Anda manfaatkan yaitu fitur pembayaran cicilan dan scanning barcode.

Pawoon

Aplikasi kasir gratis yang kami rekomendasikan selanjutnya yaitu Pawoon. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang telah memiliki beberapa cabang usaha seperti retail, waralaba, kafe, dan lain sebagainya.

Pawoon merupakan aplikasi kasir yang berbasis cloud. Sehingga Anda dapat melihat data transaksi yang tersimpan dari setiap cabang toko yang Anda miliki sekaligus.

Aplikasi ini dapat Anda sambungkan dengan printer tipe dot matrix atau thermal untuk mencetak struk. Caranya pun cukup mudah, Anda cukup mengkoneksikan smartphone Anda dengan mesin printer menggunakan LAN atau bluetooth.

Anda dapat menikmati fitur di aplikasi ini secara gratis selama 14 hari.

Loyverse POS

Loyverse POS merupakan aplikasi kasir gratis lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Aplikasi ini tersedia di Android dan dapat anda download melalui Playstore.

Klaim aplikasi ini adalah Anda dapat menggunakannya secara gratis selamanya. Selain itu, Loyverser POS juga minim iklan yang mengganggu meskipun terhitung gratis.

Fitur Back Office dapat Anda temukan di aplikasi ini. Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan jumlah penjulan dengan analisis barang terlaris serta catatan penjualan dalam kurun waktu harian sampai bulanan yang disediakan oleh aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini berbasis cloud. Anda dapat memeriksa data transaksi secara mudah dan real time.

Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir gratis rekomendasi kami selanjutnya adalah Kasir Toko Portable. Anda dapat menikmati fitur aplikasi ini secara gratis selamanya di Android.

Kasir Toko Portable biasanya digunakan untuk mencatat transaksi di toko, restoran, maupun warung kopi. Hal ini karena tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan.

Sistem yang dipakai Kasir Toko Portable adalah stok global. Anda dapat menyamakan harga produk dengan harga di pasaran terbaru atau berdasarkan harga dari supplier.

Aplikasi ini juga menyediakan laporan transaksi dalam jangka waktu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan berikut dengan laporan saldonya.

Myprofit

Myprofit adalah aplikasi kasir gratis lokal yang dikembangkan oleh InterActive. Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis selamanya.

Apabila Anda menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan batas transaksi maupun barang, serta tidak ada batas waktu pemakaian.

Keunggulan Myprofit dibandingkan aplikasi kasir gratis lainnya adalah sudah terintegrasi dengan perangkat lunak accounting seperti Arus Kas atau Neraca Perdagangan.

Dengan keunggulan tersebut, Anda dapat dengan mudah memasukkan data yang dibutuhkan untuk perangkat lunak accounting yang Anda miliki.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Front End (bagian penjualan) dan Back Office. Selain itu, Anda dapat mengkoneksikan aplikasi ini ke mesin printer untuk mencetak struk melalui sambungan bluetooth.

Simplify POS

Apabila Anda mencari aplikasi kasir gratis untuk usaha pemula, Anda mungkin ingin mecoba Simplify POS. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini cocok untuk pelaku usaha menengah ke bawah. Fitur yang disediakan aplikasi ini tergolong lengkap untuk kebutuhan usaha Anda.

Beberapa fitur pada Simplify POS adalah manajemen produk dan kategori, manajemen pegawai, dan lain sebagainya. Metode pembayaran yang disediakan pun cukup beragam. Mulai dari tunai, kartu kredit, OVO, Gopay, sampai kartu debit.

final image

Itulah 10 rekomendasi aplikasi kasir gratis dan tips memilihnya yang mungkin Anda butuhkan untuk mengelola bisnis Anda. Aplikasi kasir gratis ini dapat Anda gunakan untuk mencatat data transaksi pada usaha Anda dengan efektif dan efisien.

Kami juga menyediakan artikel menarik lainnya berkaitan dengan bisnis yang mungkin anda ingin tahu.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.