Strategi Pemasaran Produk

10+ Tips Strategi Pemasaran Produk Online Maupun Offline

Mengembangkan suatu bisnis, tiada akan lepas dari yang namanya perencanaan. Adanya suatu rencana bisnis akan membuka jalan menuju kesuksesan. Hal yang paling utama untuk pengembangan bisnis adalah strategi pemasaran.

Keberhasilan suatu bisnis tergantung pada pemasaran yag sedang dilakukan. Meskipun kualitas produk sangat baik, semuanya tidak akan memberikan keuntungan jika strategi yang dilakukan tidak sesuai. Oleh karena itu, ada beberapa tips jitu untuk memulai pemasaran suatu bisnis.

Tips Jitu Strategi Pemasaran Produk Online dan Offline

Strategi pemasaran merupakan usaha untuk mengenalkan barang atau jasa kepada khalayak umum. Dengan strategi yang matang akan membuat tingkat penjualan tinggi. Untuk memulai melaksanakan pemasaran, berikut ada tips jitu yang bisa dilaksanakan agar berhasil.

Konsisten

Strategi Pemasaran Produk

Selalu konsisten sangat dibutuhkan dalam strategi marketing. Tujuannya adalah memaksimalkan biaya marketing supaya efektif.  Bukan hanya itu saja, perencanaan juga penting untuk memulai marketing. Agar pelanggan berdatangan dengan jumlah yang banyak.

Perencanaan akan membuat strategi marketing bisa berjalan dengan lancar. Mulai dari budget yang sudah dianggarkan sampai konsep lainnya. Sehingga bisnis bisa mulai berkembang.

Menghitung budget dengan tepat

Bagian paling sulit untuk melaksanakan strategi pemasaran adalah menentukan besarnya budget yang akan dikeluarkan. Butuh penghitungan yang benar-benar tepat dan akurat. Besar kecilnya budget yang akan dikeluarkan akan lebih efektif jika sebelumnya anggaran sudah dibuat.

Sebagai awal perencanaan anggaran, maka harus mulai melaksanakan pembukuan . Tujuannya agar perencanaan tersebut bisa dilaksanakan lebih efektif. Untuk memudahkan pembukuan bisa menggunakan software yang berkaitan dengan akuntansi.

Mulai memakai website

Setiap perusahaan yang ingin memperkenalkan produk atau jasanya, sering menggunakan website. Media tersebut sekarang sedang booming digunakan. Bahkan lebih efektif dan optimal untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen.

Tingginya presentase masyarakat Indonesia memakai internet bisa menguntungkan ketika promosi barang atau jasa memakai website. Karena sebagian besar konsumen mengetahui suatu produk atau jasa secara detail lewat website. Jadi, media ini sangat cocok untuk masuk dalam strategi pemasaran.

Mulai melakukan branding

Strategi selanjutnya untuk memulai bisnis adalah membuat branding yang baik. Branding merupakan proses yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah produknya bisa diterima oleh masyarakat atau tidak.

Memulai branding produk harus mulai dilakukan oleh suatu perusahaan. Seperti membuat logo, merencanakan gambar, dan mulai menentukan produk yang akan dikenalkan kepada masyarakat. Sehingga calon konsumen akan mengenal dan mengetahui produk tersebut.

Menentukan target market

Menentukan target pasar merupakan hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Strategi ini akan menentukan segala kebijakan yang akan dilaksanakan, mulai dari pemilihan produksi sampai jenis distribusi yang akan dipakai.

Tidak sembarangan ketika menentukan target pasar. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Target market yang jelas akan mempermudah dalam menentukan teknik pemasaran yang akan dilakukan.

Memulai promosi dan iklan

cc

Tips selanjutnya untuk strategi pemasaran adalah mulai melakukan promosi dan iklan. Tujuannya sebagai penambah branding produk atau jasa yang akan dikenalkan kepada masyarakat.

Ada berbagai macam platform sosial media yang bisa dipakai untuk promosi dan iklan. Namun, supaya lebih maksimal penggunaan sosial media, sebaiknya memakai yang berbayar. Misalnya Instagram ads, Youtube ads, dan lain sebagainya.

Selain memakai media sosial, ada berbagai macam media yang bisa digunakan untuk promosi dan iklan. Seperti media cetak, media elektronik, media luar ruangan, sampai media internet. Lakukan pemilihan media promosi yang bijak untuk mengenalkan produk kepada masyarakat.

Melakukan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Sangat penting untuk mempertahankan konsumen supaya setia terhadap suatu produk. Konsumen yang setia merupakan aset penting untuk bisnis ke depannya. Pasalnya, konsumen tersebut bahkan bisa dipergunakan sebagai alat marketing.

Mulai dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sehingga tidak mengalihkan perhatiannya kepada perusahaan lain. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memberikan reward. Seperti pemberian diskon atau memberikan kartu member.

Menentukan berbagai macam marketing mix yang akan digunakan

Marketing mix merupakan cara menentukan produk, tempat, bentuk promosi dan harga yang tepat. Sehingga mengetahui bagaimana cara memulai bisnis. Seorang pebisnis harus mengetahui semuanya secara spesifik. Sehingga pemasaran bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Mulai memakai mobile marketing

Strategi Pemasaran Produk

Tips strategi pemasaran selanjutnya adalah memulai mobile marketing. Tips ini sangat penting, mengingat  pengguna smartphone semakin banyak. Ada satu hal yang harus dilakukan terkait dengan meningkatnya pengguna smartphone. Yaitu membuat pesan marketing atau konten melalui platform mobile.

Ada banyak konsumen yang akan melihat konten tersebut, bahkan tidak jarang langsung membeli produk tersebut dari smartphone.

Oleh karena itu, segera ulang pengaturan website atau blog perusahaan. Supaya bisa langsung responsif dengan smartphone. Menjangkau pemakai smathphone sangat penting untuk meningkatkan kunjungan website milik perusahaan.

Email marketing

Ketika melakukan email marketing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti merangkai kata persuasif yang tepat. Namun, jangan sampai berlebihan dalam menjabarkan semua kelebihan produk atau jasa. Karena akan membuat konsumen merasa tidak nyaman.

Menyediakan form newsletter dan subscription sangat diperlukan. Tujuannya supaya calon konsumen bisa meninggalkan surat email sehingga mudah untuk dihubungi ketika tertarik dengan tawaran bisnis

Tips strategi pemasaran akan lebih efektif ketika dilaksanakan secara online. Alasannya pengguna internet yang semakin banyak jumlahnya. Selain itu, strategi marketing online juga lebih efektif. Adapun alasannya memakai marketing online bisa terlihat penjelasannya di bawah ini.

Alasan Pentingnya Strategi Pemasaran Secara Online

Ketika semakin banyak masyarakat Indonesia memakai internet, maka strategi marketing yang paling efektif dan efisien adalah secara online. Adapun alasan lainnya pemakaian strategi ini, terangkum dalam beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Lebih luas menjangkau calon konsumen

pengguna internet di indonesia berdasarkan strategi pemasaran
Via Statista.com

Setiap tahunnya, pengguna internet di Indonesia semakin bertambah. Bahkan pada tahun 2017 ada sekitar 56% lebih pengguna internet.

Jumlah pengguna yang begitu besar sangat menguntungkan ketika memakai strategi pemasaran secara online. Apalagi strategi tersebut memakai aplikasi berbagai sosial media.

2. Pelaksanaan lebih mudah

strategi Pemasaran

Sebagian orang akan merasa asing ketika memakai strategi marketing online. Namun, jangan pernah untuk mengabaikan strategi ini. Alasannya adalah pelaksanaan yang lebih mudah. Jangan khawatir tidak bisa, karena banyak bertebaran di internet tentang tutorial pelaksanaan strategi marketing online.

3. Biaya lebih hemat

strategi Pemasaran

Memakai strategi marketing bukan berarti tidak mengeluarkan biaya apapun. Namun, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Bahkan lebih hemat ketika memakai strategi lainnya.

Beberapa dari strategi online merupakan aset untuk jangka panjang untuk melakukan promosi, seperti website atau blog. Bahkan biaya untuk promosi di beberapa platform bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Seperti Google ads, facebook ads, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan lengkap tentang strategi pemasaran. Setiap pebisnis harus menentukan strategi marketing yang tepat. Sehingga bisnis yang dijalankan bisa berkembang. Bahkan pemasaran bisa berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat.

10+ Tips Strategi Pemasaran Produk Online Maupun Offline

Leave a Reply

24 views
Copy link