sejarah social media

Sejarah Sosial Media

Mempunyai sosial media adalah hal krusial di era ini. Namun, apakah kamu tahu mengenai sejarah sosial media hingga bisa berkembang seperti sekarang?

Sosial media adalah situs web dan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten dan berbagi konten serta berpartisipasi dalam jejaring sosial

Dilansir dari socialmediatoday.com , media sosial telah ada di mana-mana sejak awal tahun 2000-an, dan telah berkembang pesat sejak saat itu. Fakta dari mediapost.com mengatakan, rata-rata manusia menghabiskan minimal 2 jam 25 menit di sosial media .

Sulit pastinya jika sekarang kita membayangkan dunia tanpa Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, maupun Whatsapp.

Nah, mari kita tarik ulur kebelakang mengenai sejarah sosial media, jauh sebelum adanya Facebook dan juga Myspace

Sejarah Singkat Sosial Media

sejarah sosial media

Dilansir dari online.maryville.edu dalam waktu kurang dari satu generasi, sosial media telah berkembang.

Mulai dari pertukaran informasi elektronik langsung, ke tempat berkumpul virtual, ke platform retail, hingga alat pemasaran penting abad 21.

Bagaimana media sosial mempengaruhi kehidupan miliaran orang? Bagaimana bisnis beradapatasi dengan gaya hidup konsumen digital?

Itu semua adalah bagian dari evolusi media sosial yang sedang berlangsung.

Pra-Internet

Menurut online.maryville.edu media sosial dimulai pada 24 Mei 1844 dengan serangkaian titik dan garis elektronik yang diketik pada mesin telegraf.

Pesan elektronik pertama berasal dari Baltimore ke Washington, D.C., telah membuktikan bahwa, seorang penemu sandi morse, Samuel Morse, memahami konsekuensi bersejarah atas pencapaiannya.

Artikel terbaru dari The Washington Post menulis, “Before Twitter and Facebook, There Was Morse Code: Remembering Social Media’s True Inventor,” yang artinya, sebelum Twitter dan Facebook ada Kode Morse: Mengingat Penemu Sejati Sosial Media.

Saat akar komunikasi digital tertanam dalam, sebagian akun kontemporer tentang sejarah modern internet dan sosial media saat ini menunjukkan Jaringan Agensi Proyek Penelitian Lanjutan-ARPANET pada tahun 1969.

Jaringan digital awal ini dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Departemen Pertahanan Amerika memperbolehkan ilmuwan di empat universitas untuk saling berbagi mengenai software, hardware, dan data lain.

Pada tahun 1987, National Science Foundation meluncurkan jaringan digital yang lebih kuat dikenal sebagai NSFNET.

Satu dekade kemudiam, pada 1997, platform sosial media pertama diluncurkan.

Peluncuran Situs Media Sosial

Sosial media history
Happy woman chatting with friends online. Laptop, social media, desk flat vector illustration. Network and communication concept for banner, website design or landing web page

Pada tahun 1980 sampai 90’an, berdasarkan The History of Social Networking”, perkembangan internet memungkinkan pelayanan komunikasi online seperti CompuServe, America Online, dan Prodigy,

Mereka memperkenalkan komunikasi digital kepada pengguna melalui e-mail, pesan papan buletin , dan obrolan chattinng online.

Awal Mula Social Media

Hal ini menaikkan jaringan sosial media, dimulai dengan layanan pengunggahan profil di Six Degrees yang tidak bertahan lama pada tahun 1997.

Dilansir dari hootsuite.com di SixDegrees.com, kamu dapat membuat halaman profil, membuat daftar koneksi, dan mengirim pesan dalam jaringan. Situs ini mengumpulkan sekitar satu juta pengguna sebelum akhirnya dibeli seharga 125 juta dollar.

Sayangnya, situs ini ditutup pada tahun 2000.

Kemudian, layanan ini diikuti oleh Friendster pada tahun 2001. Platform dasar ini menarik jutaan pengguna dan mengangktifkan pendaftaran alamat email dan jaringan online dasar.\

Weblogs atau blog adalah bentuk awal lain dari komunikasi sosial digital. Situs blog mulai mendapatkan popularitas dengan peluncuruan situs penerbitan LiveJournal pada tahun 1999.

Ini bertepatan dengan peluncuran platform Blogger oleh perusahaan teknologi Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahum 2003.

Pada tahun 2002, LinkedIn didirikan sebagai situs jejaring untuk para profesional yang berorientasi pada karir. Pada tahun 2020, LinkedIn telah berkembang menjadi lebih dari 675 juta pengguna dari seluruh dunia.

LinkedIn tetap menjadi situs media sosial pilihan bagi para pencari kerja serta HRD dalam mencari kandidat kerja kompeten dan memenuhi syarat

Pada tahun 2003, Myspace diluncurkan. Lalu pada tahun 2006, ini adalah situs web yang paling banyak dikunjungi masyarakat.

Karena Myspace mempunyai fitur pengguna untuk berbagai musik baru di profil mereka.

Pada tahun 2008, Myspace dikalahkan oleh Facebook. Pada tahun 2011, Myspace dibeli oleh musisi Justin Timberlake seharga 35 juta dollar.

Google berupaya untuk memasuki lanskap media sosial lalu meluncurkan Google+ pada tahun 2012. Namun sayangnya, diakhir 2018, kurang lebih 500.000 data pribadi pengguna Google+ bocor.

Sosial Media Modern

modern social media

Media sosial saat ini sudah mempunyai layanan yang menarik perhatian dan digunakan lebih dari 5 miliar pengguna di seluruh dunia

Berikut kamu rangkum media sosial paling terkemuka:

Facebook

Facebook diluncurkan pada tahun 2004 oleh mantan mahasiswa Havard, Mark Zuckerberg. Ia memiliki hampir 1,7 miliar pengguna, 96% berasal dari AS, menurut Pew Research.

Reddit

Reddit hadir pada tahun 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian, dengan tujuan sebagai platform berbagi berita dan informasi.

Namun, 300 juta pengguna Reddit telah mengubah Reddit menjadi kombinasi agregasi berita dan situs komentar sosial.

Popularitasnya didasarkan pada kemampuan untuk “memberikan suara positif” dan “memberikan suara negatif” pada postingan pengguna.

Twitter

Jack Dorsey, Evan Williams, dan Biz Stone meluncurkan Twitter yang mulai terkenal pada tahun 2006.

Postingan twitter pertama ditulis oleh co-foundernya, Jack Dorsey pada 21 Maret 2006 yang bertuliskan, “just setting up my twttr,” yang artinya “baru saja mengatur twttrku.”

Dorsey awalnya membuat twitter untuk mengirimkan kabar terbaru dengan sesama teman.

Instagram

Apakah kamu ingat dengan filter instagram dulu yang semuanya terkesan “vintage“?

Kita harus berterima kasih kepada para pendiri Instagram atas ketidakmampuan kita menjalani hari tanpa memposting foto yang lalu di filter gaya vintage.

Pada 16 Juli 2010 salah satu foto Instagram pertama diterbitkan oleh salah satu pendiri yaitu Mike Krieger dengan username @mikeyk. Foto tersebut adalah tentang foto pelabuhan yang tidak diberi teks dan difilter dengan banyak filter.

Kesimpulan

Apa yang akan terjadi selanjutnya di medis sosial dipengaruhi oleh model bisnis yang akan berkembang dan juga kemajuan teknologi.

Bagaimana paltform besar sosial media menghasilkan? Bagaimana manusia beradaptasi? Jawaban dari pertanyaan ini dapat menentukan tahap lanjutan dari evolusi sosial media

Bagaimana, menarik bukan sejarah media sosial? Kamu paling suka pakai platform apa? Tulis di kolom komentar, ya!

Sejarah Sosial Media

Leave a Reply

11 views
Copy link