sosial media youtube

5 Tipe Media Sosial yang Harus Diketahui Marketer

Tidak semua platform media sosial dibuat sama, loh! Ada beberapa tipe media sosial yang perlu kamu ketahui, apalagi jika kamu merupakan seorang marketing.

Dilansir dari webfx.com, rata-rata seseorang menghabiskan 28% waktunya di internet untuk mengakses media sosial.

Platform media sosial membuat kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan, prospek menarik, dan kamu dapat menghasilkan uang dari media sosial.

Ada beberapa jenis media sosial yang tersedia. Jadi, kamu harus memahami media sosial mana yang cocok dengan tujuanmu.

Berikut kami akan bahas mengenai 5 tipe media sosial. Yuk, simak!

Inilah 5 Tipe Media Sosial

Setiap platform media sosial seperti; facebook, youtube, linkedin, instagram dan lain-lain memiliki fungsinya masing-masing. Jika kamu adalah seorang marketer, kamu perlu untuk memahami praktik terbaik dari banyak situs media sosial yang tersedia.

Social Networking

Contoh platform: Facebook, Twitter, LinkedIn

Alasan masyarakat menggunakan platform ini adalah untuk menghubungkan masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan brand, dan masyarakat dengan pekerjaan secara online.

Lalu, bagaimana platform ini dapat memberi keuntungan dengan bisnismu?

  • Jangkau target audiens melalui iklan: Platform ini membina komunitas yang besar dan beragam. Misalnya pengiklan ingin menjangkau khalayak yang didominasi kaum professional maka dapat menjangkau lewat aplikasi LinkedIn.
  • Network : Terlibat dengan pengikut, temukan pelanggan dengan pola pikir yang sama untuk menjadi bisnis partner yang potensial melalui hashtag dan grup serta membangun koneksi.
  • Riset : Platform sosial media adalah tempat yang bagus untuk menggali lebih dalam mengenai riset pelanggan tentang percakapan sosial mengenai hal spesifik bisa membantu memahami pelanggan dengan baik.

Banyak orang mengatakan bahwa media sosial adalah “platform hubungan” karena mereka memperbolehkan masyarakat untuk terhubung lalu membangun sebuah hubungan.

Kamu bisa berbagi cerita, foto, video, dan banyak lagi. Platform ini fokus pada berbagi pengetahuan dan mengubungkan antar individu maupun kelompok.

media sosial facebook

Media Sharing Networks

Contoh platform : Instagram, Snapchat, YouTube

Jika kamu mencari platform sosial media yang Masyarakat menggunakan platform ini untuk menemukan dan membagi foto, video, live video.

Kamu dapat menciptakan berbagai macam media sosial campaign melalui media-media ini yang berfokus membagikan gambar dan video.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 65% orang lebih mudah belajar secara visual. Media sosial ini adalah sarana yang bagus untuk bisnis kamu yang berfokus pada konten visual untuk menarik masyarakat.

Walaupun Twitter dan Facebook dapat memposting foto maupun video, namun, mereka bukanlah termasuk media sharing network.

Media sharing network hanya berfokus pada visual saja.

media sosial instagram

Social Blogging Network

Contoh Platform: WordPress, Tumblr

Bagi kamu yang gemar mempromosikan bisnismu lewat menulis dan bercerita, platform ini cocok untuk kamu.

Alasan seseorang menggunakan media ini adalah untuk mempublish, menemukan, dan memberikan komentar mengenai sebuah konten secara online.

Tipe media sosial ini juga dapat membantu bisnismu untuk ditemukan di halaman pencarian Google. Tidak hanya itu, melalui media sosial ini kamu dapat lebih membuat masyarakat mengerti tentang brandmu lewat cerita yang kamu tulis.

wordpress social media

Discussion Networks

Contoh Platform : Quora, Reddit, KasKus

Discussion Network adalah tipe lain dari media sosial platform. Tipe media sosial ini berfokus pada berdiskusi mengenai berita, informasi, dan opini seseorang.

Masyarakat melihat berbagai macam ulasan dan bergabung untuk melihat apa yang orang lain katakan.

Network ini sangat bagus jika kamu ingin melakukan riset market.

Kamu dapat belajar banyak mengenai pelangganmu dari membaca ulasan mereka tentang brandmu di sebuah forum.

Walaupun brandmu tidak banyak orang yang tahu, kamu dapat bisa melihata apa yang orang-orang katakan mengenai topik lain di bidang industri yang sama denganmu.

Ketika kamu menggunakan media sosial ini, kamu dapat belajar apa yang orang-orang katakan ketika itu bersangkutan dengan sebuah bisnis dan industri.

Kamu dapat mengerti lebih baik mengenai bagaimana pelangganmu memandang produk dan bisnismu.

reddit

Social Shopping Networks

Contoh Platform: Etsy, Polyvore

Dilansir dari Hootsuite.com, orang-orang menggunakan media sosial ini untuk mengetahui apa yang sedang trend, mengikuti brand terkenal, dan membeli.

Manfaat dari sebuah bisnis memakai media sosial ini adalah sebuah brand dapat membangun kesadaran, meningkatkan keterlibatan, dan menjual produk melalui saluran baru.

Jaringan belanja sosial menarik e-commerce dengan menambahkan unsur sosial.

Pastinya, elemen dari e-commerce muncul di banyak jejarang sosial lainnya. Platform belanja sosial mengambil satu langkah lebih maju dengan membangun situs mereka yang fokus berada di antara pengalaman sosial dan pengalaman berbelanja.

etsy media social

Kesimpulan Tipe Media Sosial

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu mulai membuat akun media sosial dan mengatur akunmu di beberapa platform. Diantaranya adalah;

  • Berapa banyak waktu yang harus kamu habiskan untuk menyusun strategi di media sosial?
  • Apakah kamu mempunyai sumber daya dalam membuat grafik dan video?
  • Apakah sasaranmu adalah menaikkan kesadaran brand atau pendapatan?
  • Apakah kamu perlu staff tambahan untuk mengurus platform ataukah platform ini akan mudah dikelola?

Nahm itu semua adalah tipe-tipe media sosial yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu memakai salah satu media sosial tersebut untuk berjualan? Tulis di kolom komentar, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *