6 Tahap Cara Daftar GrabFood dan Persyaratannya

6 Tahap Cara Daftar GrabFood dan Persyaratannya, Lengkap!

Cara daftar GrabFood bisa dengan mudah dilakukan. Simak pembahasan cara beserta persyaratannya secara lengkap di artikel ini!

Beberapa orang mungkin belum mengetahui cara daftar GrabFood bisa dilakukan dengan mudah secara online. Padahal, menjadi merchant atau mitra di GrabFood dapat membantu bisnis kuliner Anda.

Di masa kini, penjualan online berperan penting dalam perekonomian, terutama bagi UMKM Indonesia. Untuk itu, banyak media yang mewadahi para pedagang untuk berjualan online, salah satunya Grab

Layanan yang satu ini memiliki peran dan memberikan keuntungan yang sangat potensial, khususnya bagi pemilik bisnis di bidang kuliner. Oleh sebab itu, penting bagi Anda para pemilik bisnis kuliner untuk mengetahui cara daftar GrabFood.

Langkah-langkahnya mudah dan bisa Anda lakukan secara online lho. Bagi Anda yang belum mengetahui cara daftar GrabFood, tidak perlu khawatir.

Kami akan membahasnya secara lengkap mulai dari persyaratan yang dibutuhkan, langkah-langkah, hingga keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi mitra GrabFood.

cara daftar grabfood

Apa Itu GrabFood?

Nah, sebelum membahas tentang persyaratan dan cara daftar GrabFood, akan lebih lengkap jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu GrabFood.

GrabFood adalah salah satu layanan pesan antar makanan milik perusahaan transportasi berbasis online asal Singapura, Grab.

Dengan GrabFood, konsumen dapat dengan bebas memesan makanan yang diinginkan hanya lewat ponsel pintar, tanpa perlu berjalan jauh ke warung makan yang diinginkan.

Sementara itu, untuk penjual atau pemilik usaha, Anda bisa menjual dan mengatur pengantaran makanan hanya lewat aplikasi. Tugas antar mengantar akan dikerjakan oleh driver mitra dari Grab.

Sistem baru di dunia jual beli ini menimbulkan banyak minat para pengusaha, khususnya pemilik rumah makan, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara daftar GrabFood secara online.

Karena sekalinya bergabung dengan GrabFood, mereka juga akan mendapatkan banyak keuntungan. Mendaftar menjadi mitra GrabFood juga tersedia secara gratis.

GrabFood menyediakan wadah bagi Anda para pemilik usaha di bidang kuliner untuk mempromosikan menu agar lebih dikenal, lebih laris, dan lebih mudah dijangkau oleh para pelanggan.

Pelanggan tidak perlu repot-repot datang ke toko karena Mitra Pengemudi Grab akan mengantarkan langsung di manapun mereka berada.

Selain itu, bagi Anda yang belum memiliki toko terpisah dan membuat pesanan dari tempat pribadi atau bahkan rumah, tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mendaftarkan bisnis Anda di GrabFood.

keunggulan

Keunggulan GrabFood

Nah, setelah mengetahui tentang apa itu GrabFood, pertanyaan selanjutnya adalah keunggulan apa saja yang dimiliki layanan satu ini yang akan didapat dengan cara daftar GrabFood?

GrabFood hanya menjalin kerja sama dengan restoran terbaik dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 – 23.59 atau pesanan terakhir.

GrabFood juga semakin berkembang dan mulai hadir di lebih dari 170 kota di Indonesia. Inilah salah satu keunggulan pesan makanan lewat GrabFood, karena masih bisa digunakan bahkan pada tengah malam.

Selain itu, ada beberapa keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang berbeda dengan layanan pesan antar lain. Berikut adalah sejumlah keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang bisa digunakan.

Restoran Pilihan

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang pertama, adalah adanya restoran pilihan. Pada aplikasinya, GrabFood memberikan rekomendasi restoran yang memiliki peringkat baik.

Tidak hanya dari segi kualitas makanan, tentunya restoran pilihan ini juga memiliki keunggulan dari segi rasa, harga, serta kehigienisan.

Dengan demikian, Anda bisa mencoba menu makanan nikmat dari berbagai restoran yang direkomendasikan oleh GrabFood.

Diantar dengan Cepat

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang kedua, adalah pengantaran yang cepat. Semakin berkembangnya aplikasi GrabFood, maka rata-rata waktu pengantaran makanan semakin cepat.

Secara rata-rata, waktu pengantaran pesanan melalui GrabFod saat ini adalah 29 menit. Angka tersebut, didapatkan dari survei yang telah dilakukan oleh lembaga riset pihak ketiga, Kantar.

Tidak hanya itu, data dari Nielsen juga menunjukkan bahwa tiga dari empat orang di Jakarta memilih GrabFood karena waktu pengantarannya yang cepat.

Kualitas Makanan Terjaga

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang ketiga, adalah kualitas makanan yang diantar terjaga kualitasnya. Pasalnya, Grab telah memperkenalkan Tas GrabFood bagi mitra pengemudi.

Tas ini dilengkapi lapisan luar anti air, serta lapisan dalam termal untuk menjaga suhu makanan. Partisi pembagi ruang juga disediakan untuk meletakkan hingga 8 minuman dalam posisi tegak sehingga tidak tumpah.

Tersedia juga tempat penyimpanan bukti pembelian dan sabuk pengaman agar lebih stabil saat membawa pesanan pelanggan.

Atur Jadwal Antar Pesanan

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang keempat, adalah bisa mengatur jadwal antar pesanan karena Grab menyediakan opsi Pesanan Terjadwal.

Fitur pesanan terjadwal ini, bisa digunakan agar makanan Anda datang sesuai dengan jam yang Anda inginkan. Jadi, sangat cocok sebagai pilihan untuk berbuka puasa nanti.

Melalui fitur ini, Anda bisa memesan makanan dari beberapa hari sebelumnya agar pesanan datang di waktu berbuka puasa atau waktu tertentu

Fitur Pesan Bareng

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang kelima, adalah bisa menyetel fitur pesan bareng. Melalui fitur Pesan Bareng, Anda bisa memesan makanan bersama dengan teman satu kos, atau bersama dengan keluarga.

Fitur ini memungkinkan teman atau keluarga Anda untuk bisa langsung memilih menu sendiri dari ponsel masing-masing. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengurus pesanannya sendirian.

Banyak Promo

Keunggulan pesan makanan lewat GrabFood yang keenam, adalah punya banyak promo. Setiap hari, GrabFood selalu memberikan promo makanan yang menggiurkan.

Tidak hanya untuk satu restoran, tetapi kode promo yang diberikan berlaku untuk pemesanan di seluruh restoran. Jadi, Anda bisa makan dengan lebih hemat.

Selain itu, promo yang diberikan pun sangat melimpah. Jadi Anda bisa memilih sendiri agar pesanan menjadi lebih hemat.

syarat

Persyaratan Mendaftar di GrabFood

Sebelum membahas tentang cara daftar GrabFood, Anda harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan apa saja yang harus dimiliki dan dilengkapi sebelum mendaftar.

Persyaratan ini mencakup dokumen maupun informasi yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi mitra GrabFood. Sebelum menuju alur pendaftaran. Siapkan informasi dan dokumen-dokumen ini:

Informasi Restoran

Nama Bisnis/Restoran

Sesuaikan dengan nama bisnis yang Anda miliki pada banner toko 

Alamat Restoran Disertai Koordinat di Google Maps

Lampirkan alamat yang jelas lengkap dengan RT dan RW. Jika berlokasi di dalam mall ataupun pergedungan, sertakan lantai dan nomor kios

Kontak Restoran

Pastikan nomor telepon yang digunakan aktif dan terdaftar. Sediakan pula email restoran yang masih aktif.

Foto Restoran

Foto restoran mencakup foto tampak luar dan dalam restoran. Untuk foto tampak luar restoran, pastikan banner toko terlihat di dalam foto. Lampirkan juga foto owner yang sedang berada di depan banner toko

Sedangkan untuk foto tampak dalam restoran, pastikan terlihat kasir, meja makan dan dapur. Lampirkan juga foto owner beserta makanan yang dijual di dapur dengan ketentuan wajah harus sesuai dengan foto KTP dan foto terlihat jelas (tidak blur atau terhalang objek lain).

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan foto logo restoran, namun sifatnya opsional saja.

Informasi Pemilik

Foto KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas. KTP yang aktif bisa dicek di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Untuk WNA bisa menggunakan foto passport.

Foto Selfie dengan KTP

Pastikan informasi di dalam KTP terlihat dengan jelas dan lengkap, tidak tertutup tangan atau objek apapun. Wajah juga harus terlihat dengan jelas. Untuk WNA bisa menggunakan foto bersama dengan passport.

Foto NPWP

Dokumen atau kartu NPWP yang digunakan boleh dalam bentuk fotokopi

Informasi Bank

Siapkan informasi mengenai nomor rekening akun tabungan dan foto buku tabungan atau tampilan E-Banking. Pastikan bahwa nomor rekening yang dilampirkan terlihat jelas.

Jika informasi rekening berbeda dengan nomor rekening penanggung jawab utama, pastikan juga terlampir surat kuasa.

Informasi Menu

Informasi menu mencakup daftar menu dan foto daftar menu. Foto harus terlihat jelas dan menampilkan makanan dan harga sesuai dengan yang akan ditampilkan di aplikasi GrabFood

Lampirkan pula foto makanan atau menu sesuai dengan menu yang dimiliki. Lakukan pengambilan foto dengan maksimal, makanan yang difoto dengan baik akan meningkatkan minat beli pemesan.

cara

Cara Daftar GrabFood

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, kamu harus melalui beberapa alur cara daftar GrabFood secara online. Berikut ini alurnya seperti dikutip dari laman resmi Grab.

Verifikasi Email

Cara daftar GrabFood secara online bukan dilakukan lewat aplikasi Grab yang ada di Smartphone. Tetapi dengan mengunjungi laman resmi GrabFood.

Lalu isi formulir awal seperti nama restoran atau bisnis, alamat, kota, nama pemilik/penanggung jawab bisnis, nomor handphone, dan email. 

daftar grabfood

Setelah mengisi semuanya, Anda akan dikirimkan email verifikasi ke alamat email yang tadi didaftarkan. Anda harus segera melakukan verifikasi itu dalam kurun waktu 72 jam. Jika telat, Anda harus mengisi data diri lagi di laman resmi GrabFood. 

Lengkapi Informasi Toko

Setelah berhasil melakukan proses verifikasi, Anda akan kembali menerima email berisi tautan formulir yang perlu dilengkapi (Subject Email : Menjadi Partner GrabFood – Data dan dokumen yang dibutuhkan). 

Anda akan dibawa masuk ke halaman help Grab untuk mengisi formulir pendaftarannya. Di dalam formulir itu ada banyak kolom yang harus kamu isi terkait dengan informasi bisnis.

Nah, cara daftar GrabFood yang ini sangat penting, jadi harus diisi dengan saksama dan jangan sampai salah ya. Informasi yang Anda perlu isi, yaitu:

  • Nama warung/restoran serta identitas pribadi, identitas restoran, nama pribadi, nomor HP, surel atau email, hingga upload foto logo restoran sebagai identitas restoran.
  • Jadwal beroperasi yang meliputi jadwal buka dan tutup dari restoran/warung. Pilih hari dan jam saat resto buka dan tutup. Klik tanda panah hijau yang ada di bawah untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Jenis makanan, keterangan, dan daftar menu beserta dengan harga dan fotonya untuk dicantumkan ke aplikasi GrabFood.

Tambahkan menu dengan menekan tombol plus (+). Anda juga bisa menghapus menu dengan tombol X. Isi nama resto, jenis makanan, menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di tempat makan Anda. 

Nah, setelah tahap ini berarti Anda sudah menyelesaikan pendaftaran. Melihat banyaknya kolom yang harus diisi, sebaiknya Anda lakukan tahap pengisian formulir ini pelan-pelan saja.

Periksa lebih teliti lagi dengan data-data yang Anda isikan sebelum melanjutkan ke proses cara daftar GrabFood yang selanjutnya. Jika Anda yakin semua data sudah terisi dengan benar, tekan tanda panah hijau yang ada di paling bawah.

Penandatanganan Kontrak

Tahapan selanjutnya dalam cara daftar GrabFood adalah Grab akan melakukan verifikasi atas seluruh kelengkapan dokumen yang telah Anda kirim.

Dalam waktu 2 hari kerja Anda akan diberitahu apabila terdapat informasi yang kurang lengkap atau ada kesalahan.

Tetapi jika pihak Grab menyetujui pengajuan yang Anda kirimkan, maka Anda akan mendapatkan email balasan dari pihak Grab yang berisi tentang kontrak kerja sama yang harus ditandatangani (Subject Email : Tandatanganilah perjanjian kerjasama GrabFood).

Mendapat Email Verifikasi Outlet

Selesai tanda tangan kontrak, Anda akan mendapatkan email verifikasi outlet (Subject Email : GrabFood – Verifikasi Email Anda).

Lakukan verifikasi dalam waktu 72 jam dengan klik tautan yang dilampirkan di dalam email. Jika lewat dari batas waktu yang ditentukan, verifikasi restoran Anda akan gagal.

Sehingga Anda perlu meminta email verifikasi lagi dengan menghubungi tim telesales GrabFood. 

Proses Tim Dari OVO

OVO adalah digital wallet yang bekerja sama dengan Grab dan GrabFood terkait pembayaran di dalam aplikasi.

Maka, untuk menjadi merchant GrabFood, Anda diminta untuk melakukan pendaftaran dan autentikasi akun OVO sebagai platform pembayaran antara konsumen dan pebisnis.

Proses ini terkait dengan pembuatan rekening dan pengaktifannya. Akan ada tahapan validasi antara akun OVO dengan restoran Anda.

Nantinya tim OVO akan meminta verifikasi nama Anda, restoran, dan alamat restoran Anda. Nah, setelah semua data selesai divalidasi, Anda akan mendapat notifikasi dari tim OVO. 

Materi Pelatihan Akan Dikirimkan Lewat Email

Setelah semua proses di atas berjalan dengan sukses dan tervalidasi dengan baik. Anda akan dikirimkan e-mail oleh tim GrabFood berisi bahan training terkait cara menggunakan aplikasi untuk merchant untuk berbisnis makanan.

Anda juga akan mendapatkan informasi terkait cara mengaktifkan akun GrabFood Merchant Anda.  

keuntungan

Keuntungan Bergabung dengan GrabFood

Dengan cara daftar GrabFood, Anda akan bisa menikmati beberapa keuntungan yang bakal menambah nilai omset usaha Anda setelah bergabung menjadi mitra GrabFood.

Tak hanya itu, berikut sederet manfaat yang akan Anda dapat jika bergabung dengan GrabFood.

Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Pengguna GrabFood sudah ada di mana-mana, dan jumlahnya mencapai jutaan orang. Dengan menjadi mitra GrabFood, tentu Anda berpotensi untuk menjaring calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas lagi

Misalnya, selama ini hanya orang-orang di lingkungan sekitar restoran Anda saja yang menjadi pelanggan setia, tapi setelah bergabung, warga dari kecamatan sebelah juga bisa menikmati makanan yang Anda tawarkan. 

Meningkatkan Pendapatan

Apabila konsumen yang mengetahui mengenai informasi restoranmu semakin meluas, otomatis omset yang didapat juga akan meningkat drastis.

Akan tetapi, hal tersebut bukan jaminan juga, karena yang menentukan laris atau tidaknya adalah kualitas dari produk yang Anda jual. 

Dikutip dari Detikcom, 80 persen merchant UMKM yang tergabung di dalam GrabFood mengalami peningkatan omset mencapai 30 persen lebih.

Dari liputan ini bisa disimpulkan bahwa merealisasikan cara daftar GrabFood ini akan memberi hasil yang sepadan, bukan? 

Promosi Murah Meriah

Saat foto restoran atau bisnis kuliner Anda terpampang di aplikasi GrabFood atau masuk ke dalam daftar rekomendasi, secara tidak langsung hal tersebut akan memperluas eksistensi dari bisnis atau restoran Anda sendiri. 

Terlebih lagi jika restoran Anda memperoleh rating dan review yang diberikan konsumen tinggi, bisnis kuliner Anda berpotensi menjadi semakin dikenal oleh konsumen. 

Nah, setelah mengetahui cara daftar GrabFood yang mudah dan keunggulan yang ditawarkan baik kepada pihak mitra restoran maupun konsumen, apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan restoran Anda pada layanan ini?

Cara daftar GrabFood ini tidak hanya berlaku pada restoran atau bisnis kuliner yang memiliki outlet atau tempat. Bagi Anda yang memiliki bisnis kuliner rumahan, Anda tetap bisa melakukan cara daftar GrabFood ini lho.

Dengan cara daftar GrabFood, Anda telah melakukan salah satu strategi pemasaran bisnis yang berpotensi untuk mengembangkan usaha Anda.

Jika Anda tertarik untuk tips atau strategi pemasaran melalui media sosial atau platform digital lainnya, Anda bisa mengandalkan Socialmediamarketer sebagai partner Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.