pexels luis quintero 2774556

Tips Menentukan Target Audience Untuk Social Media

Jadikan strategi marketing produk di instagram lebih terarah dengan mengetahui target audience yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Bagi seorang digital marketing yang biasa membuat konten di social media tentunya memahami bahwa mengetahui target audience penting dalam membuat strategi konten.

Hal ini dikarenakan kreator akan membuat konten yang membantu untuk menyelesaikan masalah konsumen di samping membuat konten promosi produk.

Selain itu dengan mengetahui target audience yang sesuai maka akan membantu konten anda menyasar target market yang tepat dengan mudah.

Namun sebelum anda menemukan target audiens tentunya anda harus mengetahui siapa saja orang-orang yang ingin anda sasar, sehingga cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membangun persona yang ingin anda tampilkan di social media.

Setelah lambat laun mendapatkan pengikut yang cukup banyak maka kreator bisa mengumpulkan informasi tersebut untuk membangun campaign yang sesuai dengan konsumen lain yang ingin anda tuju.

Informasi yang dikumpulkan pun tidak skedar usia dan jenis kelamin namun ke data yang lebih banyak spesifik, seperti tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, serta status perkawinan.

Hal ini dikarenakan setiap target audiens tentunya memiliki kebiasaan dan pola pikir yang berbeda sehingga mempengaruhi pilihannya dalam membeli produk tertentu di internet.-

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengetahui data demografi target audiens lainnya, seperti :

  • Platform social media yang digunakan untuk mendapatkan informasi (Instagram, facebook, atau tiktok)
  • Tipe konten yang ingin di baca dan di bagikan ke orang lain (reels, story, highlight, atau feed)
  • Topik populer yang sering di diskusikan (berita, event, atau influencer)
  • Orang berpengaruh yang diikuti di social media (influencer, brand, atau kreator)

Dengan informasi tersebut nantinya anda akan memiliki pengetahuan lebih mengenai konsumen anda serta mampu membuat konten terbaik berdasarkan selera target audiens sehingga lebih mudah viral di internet.

target audience

Pengertian Target Audience

Secara mudahnya, target audiens merupakan kumpulan orang yang dikelompokkan berdasarkan karakteristik khusus, seperti: jenis kelamin, usia, lokasi, kemampuan membeli, profesi atau usaha yang dijalankan, penghasilan, status perkawinan, dan lain sebagainya.

Tujuan utama dari menentukan target audience adalah menentukan target pasar tertentu sehingga lebih mudah bagi digital marketing untuk menyampaikan pesan pada waktu yang tepat dengan komunikasi yang lebih bermakna.

Hal ini tentunya penting bagi digital marketing yang bergerak di bidang pemasaran atau pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan ke kalangan konsumen yang lebih luas.

Selain itu, saat anda melakukan promosi iklan campaign secara online tertentu maka akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan target audience yang biasanya menjadi pertanyaan saat meluncurkan iklan digital di facebook, instagram, atau social media lainnya.

Di samping itu, bagi sebuah usaha yang memiliki jenis produk yang berbeda tentunya membutuhkan persona lain yang sesuai dengan target audience yang dituju.

Salah satu contoh mudahnya adalah apabila produk dari perusahaan Paragon yang memiliki tiga brand skincare dan make up, yakni Wardah, Emina, dan juga MakeOver.

Meskipun ketiganya bergerak di bidang yang sama namun ketiga perusahaan tersebut memiliki target audiece yang berbeda, seperti Wardah yang fokus pada wanita dewasa, Emina untuk remaja, serta MakeOver dengan target wanita namun dengan tampilan yang lebih elegan.

Ketiga perusahaan tersebut tentunya memiliki target audience yang berbeda dan tentunya memiliki persona sendiri yang bisa di tampilkan di kalangan konsumen luas.

Di sisi lain, target audience merupakan kumpulan orang yang membagikan masalah, tujuan, dan minat yang sama, sehingga mereka memutuhkan produk atau layanan yang tepat dan membantu masalah yang mereka hadapi.

Singkatnya, target audience akan membeli segala produk yang anda luncurkan dan tawarkan apabila sesuai dengan masalah dan tujuan yang mereka alami.

Sehingga jika anda berusaha untuk menarik perhatian semua orang di internet di website anda maka anda akan mendapatkan orang-orang yang mengikuti akun social media atau website tanpa melakukan apapun.

Hal ini tentunya merugikan bagi pelaku usaha yang belum mendapatkan konsumen yang sesuai meskipun sudah melakukan promosi besar-besaran akibat strategi pemasaran yang kurang sesuai sehingga membuat calon konsumen kurang tertarik.

pexels tirachard kumtanom 733850

Manfaat Menemukan Target Audience

Menentukan target audience tentunya penting bagi kreator social media sehingga tanpa menentukan sasaran yang tepat dan tidak hanya mengunggah konten secara acak atau upload konten promosi.

Konten instagram yang sama terus menerus tentunya akan membuat pengikut anda bosan dan kurang memberikan alasan bagi mereka untuk mengikuti akun instagram anda serta menunggu konten instagram yang anda unggah.

Selain itu, jika anda membuat kembali konten yang sedang viral maka anda mungkin menjadi terkenal di internet namun kurang menjangkau pembeli yang berminat pada produk anda sehingga hanya betahan sementara waktu atau memiliki banyak pengikut tanpa adanya kenaikan penjualan yang siginifikan.

Sehingga jika anda telah mengetahui target audience yang tepat maka akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan dan meningkatkan performa pencarian produk anda di internet.

Anda juga tidak akan membuang waktu untuk membuat konten yang kurang relevan sehingga lebih fokus pada membuat konten yang terbukti dapat meningkatkan atensi konsumen dan penjualan produk yang siginifikan.

pexels lisa 1833399

Cara Menentukan Target Audiens

Memiliki pengetahuan mengenai target audience instagram merupakan bagian paling penting untuk membuat strategi marketing di instagram.

Hal ini nantinya akan memudahkan kreator dalam membuat konten yang tepat di sosial media sehingga dapat memancing mereka untuk melakukan interaksi di postingan yang telah anda unggah.

Selain itu anda juga sebaiknya mengetahui waktu aktif konsumen untuk mengunggah konten dan menjangkau mereka di waktu yang tepat.

Sehingga penting bagi anda untuk ketahui dan mempelajari cara menentukan target audience di instagram serta memahami taktik instagram yang tepat untuk menjangkau mereka.

Mencari Target Audience dari Sumbernya

Jika anda telah memiliki jumlah konsumen yang cukup banyak dan ingin memperluas jangkauan pembeli maka anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari konsumen yang sebelumnya.

Terdapat dua cara untuk mendapatkan informasi dari orang pertama, melalui wawancara atau survey langsung.

Keduanya tentunya akan memberikan hasil yang berbeda, seperti membuat konsumen lebih nyaman dan lainnya dapat membantu anda menemukan informasi yang berharga.

Pada wawancara dengan konsumen tentunya anda akan menemukan informasi yang lebih dalam dan belum anda ketahui sebelumnya, seperti emosi yang dihadirkan oleh konsumen saat menjelaskan sebuah produk atau layanan yang anda berikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan pertanyaan tambahan yang akan memancing konsumen memberikan informasi berhaga yang belum anda ketahui sebelumnya.

Anda juga bisa mendapatkan kata kunci yang sering digunakan oleh konsumen sehingga bisa anda gunakan untuk optimasi konten di internet.

Sementara jika anda mengumpulkan informasi target audience maka mereka akan menjawab lebih sedikit di kolom yang disediakan atau memilih jawaban yang telah ditentukan sebelumnya sehingga membuat hasil jawaban tidak terlalu luas.

Pemberian wawancara dan survey ini berguna untuk mengetahui target konsumen yang sesuai dan kebiasaan dari konsumen yang bisa anda terapkan di konten instagram.

Namun untuk mendapatkan jawaban yang lebih banyak dan beragam maka anda bisa melakukan sesi give away khusus dengan syarat mengisi survey yang anda adakan atau memberikan produk dan layanan gratis pada konsumen khusus.

Sementara jika anda ingin mengumpulkan jawaban dari konsumen maka anda bisa menggunakan platform Google Form atau website pihak ketiga lainnya untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail.

Fitur polling yang ada di instagram story juga bisa anda gunakan untuk mengumpulkan jawaban yang lebih banyak dari konsumen yang mengikuti anda di instagram.

Gunakan Layanan Instagram Insight

Dalam mengembangkan sebuah akun instagram tentunya anda tidak hanya mengunggah konten yang menarik secara terus menerus namun juga meluangkan waktu untuk mendengarkan keinginan konsumen.

Cara ini nantinya akan membantu konsumen dalam menemukan percakapan yang berkaitan dengan produk anda dalam memahami brand yang anda kembangkan, barang yang anda jual serta industri yang anda geluti.

Salah satu caranya adalah mengadakan survei secara langsung atau melihat performa konten anda di instagram

Tidak hanya menyebarkan kuisioner untuk mengenali keinginan konsumen dengan lebih mudah dan efektif namun anda juga bisa menggunakan tools instagram untuk mendapatkan informasi dari konsumen melalui interaksi yang anda lakukan di social media.

Pada layanan ini anda akan melihat performa konten instagram anda dalam jangka waktu tertentu, seperti jumlah likes yang di dapatkan,konten yang disukai oleh konsumen, domisili konsumen, serta usia rata-rata konsumen yang anda miliki.

Dengan berbagai informasi terbaru yang disediakan secara terus menerus tentunya akan memudahkan kreator membuat jenis konten yang tepat serta strategi pemasaran yang sesuai dengan target audience yang anda incar.

Strategi ini nantinya tidak hanya membantu konten anda untuk viral namun mendapatkan konsumen yang sesuai keinginan.

pexels tracy le blanc 607812 2

Cara Menjangkau Target Audience di Sosial Media

Setelah mengumpulkan informasi target audience melalui interviewe dan survei serta menganalisa kinerja konten instagram, maka inilah saatnya membangun strategi marketing yang dapat menjangkau target audiens berdasarkan informasi yang telah anda dapatkan.

Namun yang paling penting adalah konten instagram yang bisa anda buat untuk membangun interaksi di instagram serta membawa mereka untuk membeli produk yang anda jual? maka anda memerlukan topik yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Dari survei yang dilakukan oleh Sprout Social Index, konsumen mengikuti sebuah akun instagram dengan empat alasan utama :

  • Mempelajari produk atau layanan baru
  • Mengetahui informasi terbaru mengenai brand tertentu
  • Mendapatkan diskon atau promo
  • Mencari hiburan

Berdasarkan penelitian tersebut maka anda bisa membuat list kata kunci serta topik yang bisa menjadi fondasi mengenai topik yang berkaitan dengan informasi yang anda miliki.

Buat Konten yang Disukai Konsumen

Beberapa social media menggunakan infografis dan lainnya memakai video untuk menarik perhatian konsumen.

Jenis konten tersebut bisa di gunakan pada akun instagram anda dengan topik yang mereka sukai serta mulai memadupadakannya dengan strategi marketing yang telah anda buat.

Salah satu contohnya, jika target audience anda adalah seseorang yang memiliki masalah dengan kulit wajah maka anda bisa membuat video tutorial mengenai produk apa saja yang bisa mereka gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

photo1657184032

Salah satunya postingan instagram akun @sociolla yang memberikan rekomendasi produk untuk bergaya di ibukota sehingga bisa tampil menarik di depan banyak orang.

Tidak hanya memberikan rekomendasi produk yang sesuai namun anda juga bisa menjawab pertanyaan konsumen yang ada di direct message atau kolom instagram untuk membantu masalah mereka sekaligus mendekatkan diri satu sama lain.

Cara ini bisa anda lakukan menggunakan fitur balas komentar yang ada di instagram reels untuk membalas pertanyaan konsumen dengan konten baru yang tentunya memudahkan kreator untuk mencari ide konten di instagram.

Selain itu, sebagai social media visual tentunya penggunaan gambar dengan resolusi tinggi dapat menarik minat konsumen untuk melihat dan melakukan interaksi dengan konten anda dan akhirnya mengikuti akun instagram anda agar tidak ketinggalan berbagai konten baru.

Guna memaksimalkan penggunaan konten instagram maka anda menggunakan aplikasi edit foto dan video yang tersedia di internet serta mencari inspirasi tampilan konten dengan mengunjungi akun instagram kompetitor atau menelusuri halaman instagram explore.

Strategi lain yang bisa anda gunakan untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan memasukkan video testimoni pelanggan atau mengunggah kembali ulasan yang ada di kolom komentar atau direct message.

Anda juga bisa mengunggah ulasan produk dari latar belakang konsumen yang berbeda untuk membantu menjangkau target audience yang lebih luas.

Tidak hanya itu, guna mencari ulasan konsumen di social media maka anda bisa menggunakan fitur pencarian dan mengetik nama anda di kolom tersebut.

Dalam waktu sekejap anda bisa menemukan ulasan konsumen baik yang buruk atau bagus untuk kemudian dilayani dengan baik guna menemukan akar masalahnya dan membantu menyelesaikannya serta mengunggah ulasan konsumen yang baik di konten testimoni.

Anda juga bisa melakukan wawancara khusus ke konsumen yang tampaknya bisa memberikan dampak besar bagi target audience anda guna meningkatkan jumlah kepercayaan pembeli.

Berbagai strategi tersebut tidak hanya bisa digunakan di instagram namun beberapa social media lain, seperti Facebook, Twitter, Youtube, serta Linkedin.

Gunakan Hastag yang Relevan

Penggunaan hastag tidak hanya membantu pengguna instagram untuk mencari konten yang sesuai dengan minat, namun juga membantu kreator instagram untuk memperluas jangkauan postingan ke target audience yang tepat.

Namun dalam penggunaan hastag instagram maka pastikan untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dan biasa di gunakan oleh pengguna sehingga konten anda bisa lebih mudah muncul di kolom pencarian.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk menggunakan tagar yang secukupnya agar konten anda tidak terlihat spam serta lebih banyak dari caption instagram yang anda masukkan.

Selain itu, algoritma instagram juga kurang menyukai taktik tersebut sehingga alih-alih konten anda mendapatkan atensi konsumen malah mendapatkan teguran karena konten terlihat spam.

Namun sebelum mengunggah konten instagram pastikan juga untuk mengecek hastag yang digunakan agar tidak terjadi penulisan kata yang malah merugikan anda dengan penggunaan kata kunci yang kurang sesuai.

Pastikan juga untuk memperbarui penggunaan tagar instagram dengan menggunakan hastag yang sedang populer sehingga konten instagram anda tetap berada di pusat pencarian instagram.

Ikuti Akun Instagram yang Memiliki Komunitas Sama

Banyaknya akun instagram yang memiliki industri dan komunitas yang sama tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan akun instagram, salah satunya adalah menjangkau target audience yang lebih luas.

Hal ini dilakukan mengingat pengguna instagram terkadang mendapatkan rekomendasi akun instagram lain saat mengikuti salah satu akun instagram.

Di sisi lain, membangun jaringan social di instagram juga menjadi kunci untuk menjangkau target audience, hal ini dikarenakan beberapa akun instagram juga telah memiliki audience yang tentunya bisa anda jangkau untuk masuk ke akun instagram anda.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun Primostats yang dirangkum oleh website influencemarketing hub, dimana akun tersebut melakukan interaksi dengan tweet yang memiliki engagement tinggi serta sesuai dengan minat target audience yang dimiliki.

Dengan melakukan interaksi secara intens akhirnya akun Primostatis mendapatkan pengikut yang lebih banyak di minggu berikutnya.

Strategi ini juga bisa anda gunakan untuk menjangkau target audience yang lebih luas dengan melakukan interaksi dengan akun instagram yang tepat.

Gunakan Layanan Iklan Berbayar

Saat mengembangkan akun instagram menggunakan cara organik mungkin saja anda akan menjangkau konsumen dengan waktu yang lebih lama.

Karenanya untuk mempercepat menjangkau target audience yang diinginkan maka anda bisa menggunakan lauanan iklan berbayar di instagram.

Dengan cara ini anda bisa menjangkau konsumen yang sesuai target audience dengan pihan usia, lokasi, serta waktu tayang berdasarkan budget yang anda miliki.

Penggunaan iklan berbayar ini juga bisa membantu anda menentukan target audience yang tepat berdasarkan informasi yang anda himpun di penayangan iklan tersebut sehingga bisa digunakan untuk strategi marketing ke depannya.

Dalam layanan instagram ads juga ada beberapa fitur yang bisa anda maksimalkan dengan baik, seperti caption gambar, tipe konten yang bisa dipilih sesuai kebutuhan mulai dari post feed, story, serta reels, penjadwalan iklan instagram.

Kolaborasi dengan Influencers

Saat membuat akun instagram, seorang pengguna tidak hanya mengikuti akun instagram business yang dirasa menarik namun juga akun influencer yang memiliki minat yang sama.

Hal ini menjadikan seorang influencer memiliki banyak pengikut setia serta meniru produk yang dipakai dan dipromosikan di instagram sehingga bisa menjadi tempat yang sesuai untuk promosi di instagram.

Selain itu hubungan sehat yang dibangun antara influencer dan pengikutnya di instagram juga bisa menjadi indikasi yang bagus dan bisa digunakan untuk promosi akun instagram brand anda.

Dengan membangun hubungan melalui kolaborasi dengan influencer instagram maka akan membantu menaikkan perhatian serta interaksi di instagram.

Karenanya dalam memilih influencers di instagram maka pastikan untuk memilih akun instagram yang disukai oleh konsumen dan komunitas anda dan tidak sekedar viral di internet.

Kreator bisa mencari akun influencer yang sesuai dengan mencari di halaman pencarian dengan kata kunci tertentu dan temukan konten dan akun instagram yang mendapatkan perhatian dari komunitas anda.

Selain itu, jika anda sudah memiliki pengikut instagram yang cukup banyak maka anda bisa bertanya kepada mereka mengenai influencer yang sedang mereka ikuti serta menjadi bahan perbincangan di instagram.

Setelah menemukan akun influencer yang tepat maka anda bisa mengajak mereka untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai cara, seperti meminta untuk promosi produk, mengajak untuk bergabung di acara siaran langsung yang anda adakan, serta melakukan kolaborasi untuk promosi campaign tertentu.

Namun jika masa promosi sudah selesai maka anda bisa melihat hasil promosi yang dilakukan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan untuk menggunakan influencer tersebut di kesempatan berikutnya.

Sumber:

4 Ways to Find Your Target Audience On Social (& How to Reach Them) (influencermarketinghub.com)

A Guide to Finding your Instagram Target Audience | Sprout Social

How to Identify Your Instagram Target Audience and Create Customers (nealschaffer.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.