testimoni konsumen

Tips Manfaatkan Testimoni Konsumen Untuk Social Media

Tingkatkan kepercayaan pembeli dengan testimoni konsumen yang dijadikan konten di social media.

Sebelum membeli produk baru dari internet, tentunya pembeli akan melakukan beberapa analisa terlebih dahulu, salah satunya adalah testimoni konsumen.

Ulasan dari pembeli terdahulu tentunya akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen sebelum membeli barang yang ditawarkan.

Saat ini, testimoni konsumen mudah sekali di dapatkan mulai dari ulasan di social media, market place, atau google my business.

Adanya testimoni konsumen juga bisa digunakan sebagai konten social media yang dapat diunggah secara rutin untuk meyakinkan calon pembeli.

Untuk itu berikut cara mudah mengelola testimoni konsumen serta beberapa ide konten ulasan social media yang menarik.

apa itu testimoni konsumen

Apa Itu Testimoni Konsumen

Saat membeli produk di marketplace biasanya konsumen akan diminta testimoni konsumen setelah barang tiba di tempat.

Testimoni konsumen sendiri berisi pengalaman seseorang mengenai produk yang dibeli serta manfaat yang dirasakan serta kesan yang di dapatkan saat menggunakan barang tersebut dalam jangka waktu lama.

Ulasan ini nantinya dapat meningkatkan kepercayaan diri pembeli sebelum membeli produk yang anda jual berkat kepercayaan yang di dapatkan dari pembeli lain.

Sebuah survey juga menyatakan bahwa sekitar 92% konsumen selalu membaca testimoni konsumen sebelum akhirnya membeli produk tersebut dan mungkin anda juga salah satunya.

Karenanya semakin banyak testimoni konsumen yang di dapatkan maka akan menguntungkan sebagai bagian dari promosi word of mouth.

Testimoni konsumen sendiri bisa di sajikan dalam bentuk quote, foto saat menggunakan produk tertentu, atau video ulasan dari konsumen.

Cara ini dapat meningkatkan kepercayaan pembeli potensial untuk membeli produk anda meskipun belum pernah mengenal nama brand tersebut sebelumnya.

Tidak hanya itu, testimoni konsumen juga memberikan beberapa keuntungan baik dari sisi calon pembeli atau penjual.

pexels towfiqu barbhuiya 9821386

Keuntungan Testimoni Konsumen

Benefit dari testimoni konsumen tidak hanya menguntungkan bagi pembeli namun penjual yang membutuhkan banyak ulasan mengenai produk yang dijual.

Dari segi konsumen, keberadaan testimoni ini memiliki pengaruh besar bagi pembeli untuk memercayai sebuah produk atau brand tertentu.

Hal ini dikarenakan testimoni konsumen yang negatif dapat mengubah persepsi pembeli serta sebuah brand yang tidak memiliki ulasan tentunya akan menimbulkan kecurigaan sendiri.

Di sisi lain. testimoni konsumen juga bisa meningkatkan interaksi konsumen saat penjual menjawab ulasan pembeli yang tentunya membuat konsumen merasa di hargai setelah membeli barang tertentu.

Sementara dari mata pembeli, sebuah testimoni konsumen yang lengkap tentunya menguntungkan pembeli untuk mengetahui keinginan pembeli sehingga bisa menjadi saran untuk pelayanan di masa depan.

Tidak hanya itu, ulasan positif dari konsumen tentunya dapat membawa target konsumen menjadi salah satu pelanggan setia.

Namun untuk mendapatkan testimoni konsumen maka anda bisa mendapatkan dari berbagai saluran yang tersedia di internet.

pexels shotkit 5355642

Cara Mendapatkan Testimoni Konsumen

Terdapat beberapa cara bagi konsumen untuk memberikan ulasan produk, mulai dari social media hingga website khusus seperti Google My Business.

Berikut beberapa social media dan website yang bisa digunakan untuk mendapatkan testimoni konsumen secara akurat.

photo1655779567

Mengulas Produk Melalui Twitter

Sebagai social media yang berbasis pada konten tulisan dari penggunanya, maka tidak jarang konsumen menemukan ulasan produk dari twitter.

Review tersebut biasanya dikembangkan oleh pengguna twitter yang memiliki minat tertentu yang akhirnya mengulas berbagai produk yang digunakan.

Ulasan yang diberikan juga biasanya bersifat jujur karena kreator membeli dan mencoba produknya sendiri serta digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Sebuah ulasan yang diunggah di twitter yang mendapatkan perhatian dari pengguna twitter nantinya akan menimbulkan testimoni konsumen dari orang lain yang juga menggunakan produk tersebut.

Di saat produk anda mendapatkan ulasan bagus dari konsumen di twitter maka anda bisa menyimpannya untuk kemudian di unggah kembali di akun social media yang anda miliki.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen serta menambah referensi testimoni konsumen dari sumber lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan apresiasi dari pembuat thread ulasan produk di twitter guna memberikan feedback yang sepadan dengan testimoni konsumen yang telah anda dapatkan.

photo1655779672

Testimoni Konsumen di Instagram

Salah satu sumber ulasan konsumen lain di social media adalah platform instagram, dimana aplikasi satu ini memiliki banyak konsumen yang tentunya memiliki berbagai minat yang berbeda.

Pelaku usaha bisa mendapatkan testimoni konsumen dengan mengunggah foto produk tersebut di social media dan membiarkan pembeli anda memberikan ulasan yang beragam mengenai barang tersebut.

Semakin menarik ulasan yang di dapatkan di kolom komentar maka bisa anda gunaka sebagai ide konten social media sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan testimoni konsumen dari pesan langsung yang masuk ke akun anda atau reaksi dari instagram story yang anda dapatkan.

Kreator juga bisa menyimpan ulasan tersebut di instagram highlight agar bisa dilihat berulang kali tanpa perlu susah payah melakukan scrolling akun instagram.

photo1655779804

Ulasan Produk di Google My Business

Mau mendapatkan referensi testimoni konsumen yang terlihat profesional? website google my business bisa menjadi jawabannya.

Layanan yang dikembangkan oleh Google ini sering digunakan untuk mendapatkan testimoni konsumen dimana semua jenis usaha bisa diulas serta diberikan rating sesuai dengan pelayanan yang di dapatkan.

Pelaku usaha sendiri dapat membuat akun google my business untuk mendapatkan testimoni konsumen dengan beberapa langkah berikut.

  1. Lengkapi dulu data perusahaan dengan mengisi di halaman google my bussiness.
  2. Setelah semua informasi lengkap maka anda perlu membuat review link sehingga konsumen bisa memberikan ulasan produk serta pengalaman yang di dapatkan dengan memberikan ranking bintang tertentu.
  3. Pastikan juga review link tersebut bisa di akses melalui Google sehingga mudah dicari oleh konsumen atau mendapatkan ulasan langsung saat mengakses Google Map

Tidak hanya membuat halaman khusus testimoni konsumen namun kreator juga bisa merespon apabila ada seseorang yang membuat ulasan palsu pada produk yang anda kembangkan.

Kreator bisa membalas langsung testimoni konsumen tersebut atau memberikan laporan pada Google terkait ulasan yang terlihat palsu, menyakiti, atau cenderung spam.

photo1655779915

Testimoni Konsumen dari Influencers

Pesatnya perkembangan internet dan social media menjadikan testimoni konsumen yang baik menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli produk tertentu.

Apalagi jika produk tersebut diulas secara langsung oleh influencer secara gratis yang tentunya akan memberikan keuntungan besar bagi sebuah brand.

Hal ini dikarenakan, penggemar dari influencer tersebut akan langsung membeli barang yang direkomendasikan oleh seorang public figure yang memiliki pengaruh besar serta sesuai dengan minat konsumen.

Di sisi lain, kreator juga bisa meminta influencer tersebut untuk melakukan review produk anda guna menarik perhatian penggemar yang juga menjadi target konsumen anda.

Karenanya dalam memilih influencer yang tepat, maka penting bagi kreator untuk melihat public figure yang menjadi kesukaan konsumen yang anda miliki.

Semakin banyak konsumen yang menyukai influencer tersebut maka akan menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan ketenaran dari ulasan produk yang diberikan.

Testimoni Produk Melalui Tiktok

Tiktok menjadi salah satu social media yang tengah naik daun berkat konten video pendek yang mencuri perhatian pengguna internet.

Video durasi pendek ini juga bisa berisi ulasan produk ini dapat dengan mudah tersebar berkat algoritma tiktok yang menyebarkan ke minat tertentu.

Tidak jarang sebuah produk yang dipromosikan melalui tiktok menjadi lebih cepat terkenal sehingga mendapatkan banyak perhatian dari pengguna tiktok sehingga meningkatkan penjualan produk.

Guna mendapatkan lebih banyak testimoni konsumen serta promosi produk maka kreator bisa melakukan kerjasama dengan influencer tertentu yang bergerak di bidang yang sama untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Semakin luas jangkauan konten promosi produk maka anda akan mendapatkan testimoni konsumen yang lebih banyak bahkan popularitas di luar ekspektasi.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan konten tiktok anda melalui iklan berbayar guna menjangkau konsumen yang lebih luas serta mendapatkan testimoni produk yang lebih banyak.

Cari Nama Produk di Social Media

Kreator tidak hanya bisa mendapatkan testimoni konsumen dari akun social media anda yang dikirimkan oleh konsumen.

Namun anda juga bisa mendapatkannya dengan rutin mencari nama brand yang dimiliki di pencarian social media atau internet.

Dengan memeriksa secara rutin maka anda mendapatkan ulasan konsumen yang berbeda setiap saat sehingga memperluas pandangan anda terhadap keinginan konsumen.

Tidak hanya itu, apabila produk anda mendadak viral di social media maka anda bisa memberikan apresiasi terhadap pelopor ulasan produk anda dengan memberikan paket hadiah guna menyenangkan hati konsumen.

Selain itu, dengan mengecek nama brand anda di social media akan mengurangi resiko penyebaran fakta yang tidak benar mengenai produk anda yang bisa diklarifikasi secara langsung.

pexels andrea piacquadio 3796810

Tips Meminta Testimoni Konsumen

Saat pertama kali membuka akun social media, peluang mendapatkan testimoni konsumen tentunya masih belum banyak sehingga kreator perlu mendorong konsumen untuk memberikan ulasan pada produk yang anda miliki.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan testimoni konsumen dari internet atau secara langsung.

Ajak Konsumen Interaksi Terlebih Dahulu

Ketika meminta konsumen memberikan ulasan produk tentunya sulit untuk meminta secara langsung kepada pembeli.

Hal ini bisa saja konsumen sedang memiliki kesibukan lain sehingga belum bisa memberikan testimoni meskipun suka dengan produk tersebut.

Karenanya dalam meminta testimoni konsumen maka anda bisa terlebih dahulu melakukan interaksi terlebih dahulu dengan mengobrol mengenai produk anda atau informasi terbaru mengenai topik yang sesuai konsumen.

Setelah itu, jika pembeli merasa cocok dengan topik yang anda bawakan maka meminta testimoni konsumen bisa dilakukan dengan meminta izin terlebih dahulu.

Konsumen bisa mengisi ulasan produk di form khusus dengan berbagai informasi yang anda inginkan atau memberikan testimoni pada website yang telah anda sediakan.

Dalam meminta testimoni konsumen, pastikan anda tidak meminta dengan terpaksa sehingga membuat konsumen kurang nyaman atau memberikan ulasan secara asal-asalan.

Berikan juga free sample product sebagai balasan telah mengisi testimoni konsumen yang telah anda sediakan.

Meminta Respon dari Social Media

Perkembangan social media yang cepat menjadikan konsumen kini dapat dengan mudah memberikan ulasan mengenai produk yang disukai melalui akun social media brand tertentu.

Berbagai pujian mengenai produk yang diberikan di social media tentunya akan membuat pelaku usaha senang sebab kerja keras yang dilakukan selama ini telah terbayar lunas.

Saat membalas pujian yang diberikan konsumen melalui akun social media anda, maka kreator juga bisa meminta konsumen untuk memberikan ulasan produk di postingan akun social media.

Hal ini dilakukan agar respon positif pelanggan tidak hanya di dengar oleh anda namun juga pengguna social media lain yang memiliki minat yang sama.

Tidak jarang, diadakan juga event giveaway dengan lomba memberikan ulasan di social media yang tentunya dapat meningkatkan testimoni konsumen dengan cepat.

Pelaku usaha juga bisa meminta konsumen untuk mengisi ulasan produk dengan mengisi form yang tersedia di halaman google my business atau website yang anda miliki.

Semakin banyak testimoni konsumen yang di dapatkan maka akan menaikkan citra baik anda di mata calon konsumen.

Kirimkan Email Blast

Saat membeli suatu produk atau layanan tertentu, biasanya konsumen akan diminta untuk mengisi beberapa data tertentu, salah satunya adalah alamat email.

Apabila suatu perusahaan memiliki list email konsumen maka bisa digunakan untuk menyebarkan email blast untuk mendapatkan testimoni konsumen.

Anda bisa menyebarkan email yang berisi arahan mengenai cara mengisi testimoni konsumen sehingga pembeli bisa mengisi ulasan sesuai dengan pengalaman yang dimiliki.

Di sisi lain, agar email broadcast yang dikirimkan tidak terlihat menggangu maka anda bisa memberikan bonus berupa e-book atau gratis voucher sebagai feedback atas ulasan testimoni konsumen yang diberikan.

Pemberian isi email yang menyenangkan dan tidak memaksa akan membuat konsumen dengan sukarela mengisi testimoni konsumen dengan jujur di tambah lagi dengan pemberian hadiah secara gratis.

Feedback Langsung Setelah Membeli Barang

Apabila produsen ingin mendapatkan Testimoni konsumen secara langsung maka cara lain yang bisa dilakukan adalah meminta feedback langsung setelah membeli barang.

Hal ini biasa dilakukan oleh pelaku usaha yang memiliki tempat usaha yang bisa di datangi konsumen sehingga terjadi transaksi secara langsung.

Konsumen bisa melihat halaman ulasan produk yang bisa diakses di website tertentu dengan alamat yang terstera di bon pembayaran.

Tidak hanya itu, pelayan juga bisa meminta konsumen mengisi testimoni konsumen secara langsung dengan memberikan benefit yang bisa diambil saat itu juga.

Testimoni Secara Langsung Melalui Website

Saat membuka website belanja produk tertentu biasanya konsumen akan disajikan pop-up pemberitahan untuk mengisi testimoni konsumen.

Meskipun pemberitahuan ini tidak memiliki kaitan dengan calon pembeli baru namun hal ini sangat berguna bagi pembeli yang telah membeli produk tertentu dan ingin memberikan ulasan sebelum membeli produk tersebut kembali di website.

Pemberitahuan tersebut bisa disajikan saat pertama kali konsumen masuk ke halaman website atau barang telah sampai di rumah.

Namun, agar konsumen tidak terganggung dengan pop up pemberitahuan tersebut maka kreator bisa memunculkannya sesekali serta memberi warna yang menarik agar konsumen tidak merasa terganggu.

Rangkum Ulasan Konsumen di Youtube Comment

Apabila kreator memiliki akun youtube business untuk brand anda serta sering kali mengunggah konten video di youtube, maka kemungkinan besar untuk memperluas jangkauan konsumen lebih besar.

Hal ini dikarenakan pengguna youtube acap kali melihat konten video dengan durasi panjang sembari melakukan kegiatan tertentu.

Karenanya saat kreator mengunggah konten video dengan tema tertentu yang mendapatkan apresiasi dari penonton youtube maka anda bisa merangkum komentar tersebut menjadi konten testimoni yang menarik.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen yang dimiliki untuk mendapatkan diri satu sama lain.

Guna mendapatkan komentar yang berisi testimoni konsumen maka kreator bisa membuat konten yang mampu menarik minat penonton untuk memberikan ulasan produk.

Salah satu contohnya adalah konten perbandingan, ulasan, atau tutorial produk yang tentunya dapat membuat penonton bertahan lama melihat video anda.

pexels anna shvets 5257306

Ide Konten Testimoni Konsumen

Setelah mengumpulkan berbagai testimoni konsumen maka kreator bisa memajangnya di social media sebagai konten ulasan produk yang bisa dibaca oleh konsumen setiap saat.

Berikut beberapa ide konten tetsimoni konsumen yang anti bosan serta bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Testimoni Produk di Instagram Highlight

Salah satu ide konten testimoni yang sering ditemui adalah instagram highlight yang biasa berada di profile akun instagram business.

Penempatan konten ulasan di bagian tersebut dilakukan guna mempermudah konsumen melihat review produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, posisi di bagian atas juga dianggap strategis sehingga mudah dilihat oleh pengguna instagram saat melakukan stalking akun social media anda.

Konten testimoni di highlight biasanya diambil dari konten story yang telah diambil terlebih dahulu kemudian disimpat pada instagram highlight.

Kreator juga bisa memajang testimoni konsumen yang masuk ke direct message atau kolom komentar di konten tertentu kemudian di unggah di instagram story.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memasukkan kerja sama promosi anda dengan influencer tertentu sebagai bagian dari konten testimoni.

Keuntungan lain dari memajang testimoni konsumen di instagram highlight adalah konsumen bisa menambahkan ulasan terbaru dengan mudah dan cepat tanpa mengganggu instagram feed yang telah di buat.

Ulasan Konsumen Melalui Instagram Photo

Tidak hanya mengunggah konten testimoni melalui instagram highlight namun kreator juga bisa memasukkan ulasan konsumen melalui instagram photo.

Agar konten testomoni yang di tampilkan di instagram photo terlihat berbeda dengan yang ada di highlight maka kreator bisa menampilkan ulasan konsumen yang unik serta menyentuh perasaan.

Hal ini nantinya akan menjadi ciri khas tersendiri serta bisa membangun interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Kreator bisa menyajikan konten testimoni konsumen dalam bentuk story telling sehingga menyentuh hati pengguna instagram yang membacanya.

Tak hanya itu, konten testimoni yang terlihat unik dan menyentuh juga memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak orang sehingga meningkatkan insight akun instagram yang anda miliki.

Manfaatkan Kolom Komentar di Website

Saat membuka sebuah website produk tertentu, anda tidak jarang menemukan kolom testimoni yang berada di bagian atas halaman atau memiliki tempat sendiri di bagian bawah halaman website.

Pemberian testmoni konsumen di halaman website juga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen sebelum membeli produk anda.

Keuntungan lain dari memasukkan konten testimoni di website adalah konsumen bisa memasukkan ulasan dalam bentuk gambar, video, atau tulisan guna memberikan variasi yang lebih beragam.

Sayangnya di kolom testimoni konsumen ini, kreator kurang bisa mengontrol kegiatan konsumen sehingga apabila terdapat keluhan konsumen maka anda bisa merespon secara langsung untuk mengurangi pandangan yang buruk mengenai brand anda.

Testimoni di Twitter Thread

Pengguna twitter tentunya tidak asing dengan fitur twitter thread yang dapat memuat tweet dalam jumlah banyak.

Kehadiran twitter thread tidak hanya bisa digunakan untuk membuat konten edukasi namun juga testimoni yang berasal dari mention pengguna twitter.

Dengan adanya twitter thread ini kreator bisa menambahkan testimoni konsumen dengan mudah sambil memasukkan nama akun konsumen sehingga ulasan terlihat lebih asli.

Sumber :

https://neilpatel.com/blog/customer-testimonials/

https://blog.hubspot.com/service/customer-reviews-testimonials

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.