content marketing

Tipe-tipe Content Marketing Untuk Promosi di Internet

Ketahui variasi content marketing yang bisa digunakan untuk promosi serta membangun brand awareness di internet.

Social media telah menjadi tempat yang banyak digunakan sebagai media promosi secara online.

Hal ini dikarenakan social media memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan berasal dari berbagai kalangan, sehingga tidak mengherankan apabila banyak pelaku usaha yang berbondong-bondong untuk melakukan promosi di internet untuk memikat banyak orang.

Namun, dengan banyaknya pelaku usaha yang memasarkan produknya di social media, tentunya anda harus bersaing dengan akun social media brand lain yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta disukai oleh pengguna internet.

Akan tetapi, keraguan tersebut tidak menjadi masalah apabila anda mengetahui jenis content marketing yang tepat dan sesuai dengan minat target audience yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa jenis content marketing yang bisa digunakan untuk promosi di social media secara efektif.

keuntungan menggunakan content marketing

Keuntungan Menggunakan Content Marketing

Sebuah studi dari Statista menyatakan di tahun 2022, sebanyak 5.3 Milliar orang di dunia menggunakan internet untuk berbagai kebutuhan, jumlah pengguna internet yang cukup banyak ini didapatkan mengingat kemudahan dalam menggunakan internet yang bisa diakses melalui handphone yang ada di tangan.

Kemudahan dalam menggunakan internet juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan di internet, misalnya saja melakukan analisa mengenai produk yang diinginkan dan melakukan pembelian di internet secara daring, sehingga tidak memakan waktu untuk mencari barang di luar rumah.

Tidak hanya itu, banyak juga pelaku usaha yang merasakan manfaat dari internet, dimana mereka bisa melakukan pemasaran secara daring dan mendapatkan hasilnya dari transaksi jual beli yang dilakukan secara daring melalui promosi menggunakan content marketing yang tepat.

Penggunaan content marketing yang unik dan sesuai keinginan konsumen juga memberikan keuntungan bagi pelaku usaha yang melakukan promosi di internet, diantaranya adalah :

Membangun Kepercayaan dengan Konsumen

Saat pertama kali melakukan promosi di internet dan social media, tentunya tidak banyak orang yang mengetahui produk yang dimiliki, karena belum memiliki jumlah konsumen yang banyak di internet, kurangnya jumlah konsumen ini juga membuat orang lain masih belum percaya dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

Namun, masalah ini bisa dihadapi apabila anda menggunakan content marketing yang tepat dna menunjukkan antuasiame konsumen pada produk yang ditawarkan secara langsung.

Misalnya saja anda memberikan testimoni konsumen melalui konten video yang menunjukkan kenikmatan konsumen saat mencoba produk yang dimiliki, tampilan ini akan membuat penonton penasaran serta tertarik untuk mememsan dan mencobanya secara daring.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menunjukkan bagaimana konsumen mendaparkan hasil dari layanan yang diberikan oleh suatu brand, testimoni yang baik tentunya akan membuat orang lain tertarik untuk mencoba layanan yang dipromosikan di internet dan social media.

Mendorong Promosi Melalui Konsumen

Melakukan pemasaran di internet dan social media tidak hanya bisa dilakukan oleh kreator atau pelaku usaha secara mandiri, namun anda juga perlu membutuhkan bantuan dari pengikut akun anda yang telah mengetahui produk anda lebih dalam.

Hal ini dikarenakan pengguna internet lebih menyukai ulasan yang diberikan oleh konsumen dibandingkan dari akun social media brand atau mendapatkan rekomendasi dari teman terdekat yang sudah mencoba produk tersebut sebelumnya.

Testimoni jujur dari konsumen juga menjadi pendorong bagi pengguna internet untuk mencoba produk tersebut, meskipun belum pernah mendengar nama brand tersebut sebelumnya.

Anda juga bisa melakukan promosi melalui konten testimoni yang telah diunggah oleh konsumen dan mengunggahnya kembali ke akun social media yang dimiliki, sehingga membuat pengikut akun social media yang belum pernah membeli produk anda semakin berminat untuk membelinya.

Tidak hanya itu, anda juga dapat mengumpulkan ulasan konsumen yang ditulis di social media atau kolom ulasan produk di akun marketplace untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang lebih baik.

Menampilkan Keahlian yang Dimiliki

Internet dan social media tidak hanya digunakan sebagai media promosi untuk akun brand tertentu, namu juga bisa digunakan oleh profesional yang memiliki keahlian di bidang tertentu.

Contohnya adalah influencer social media yang aktif mengunggah konten untuk membahas suatu topik tertentu yang tengah ramai di kalangan komunitasnya, pendapat dari influencer atau key opinion leader biasanya mendapatkan perhatian khusus karena memiliki pengaruh yang lebih besar serta memiliki keahlian di bidang tertentu.

Sehingga apabila anda memiliki keahlian di bidang tertentu maka anda bisa membagikan pemikiran anda ke pengguna internet melalui content marketing yang sesuai agar mudah dipahami oleh pengikut yang dimiliki.

Misalnya saja anda ingin membagikan pendapat mengenai topik tertentu yang sedang viral di kalangan pengguna internet, maka anda bisa memanfaatkan situs blog yang dimiliki untuk mengutarakan pendapat melalui tulisan yang menarik untuk dibaca beserta berbagai data yang mendukung.

Namun apabila anda merupakan influencer social media, maka anda bisa memanfaatkan berbagai fitur social media untuk membuat konten yang dapat menyampaikan pendapat anda ke pengikut yang dimiliki.

Akan tetapi apabila anda kurang tertarik untuk ikut berbagi pendapat mengenai masalah tertentu di social media, maka anda cukup memamerkan keahlian yang dimiliki di social media menggunakan content marketing yang tepat.

Contohnya adalah anda membagikan resep memasak masakan sehat untuk keluarga melalui konten video yang diunggah di Instagram, Tiktok, atau Youtube, dimana konten ini sering dicari oleh ibu rumah tangga yang sedang mencari ide masakan yang disukai oleh keluarga.

Apabila anda telah memiliki pengaruh yang lebih besar dan pengikut yang lebih banyak, maka tidak menutup kemungkinan untuk diajak kolaborasi promosi produk dengan brand lain, sehingga anda mendapatkan uang dari internet.

Meningkatkan Penjualan Secara Drastis

Saat ini hampir semua pelaku usaha melakukan promosi melalui social media atau internet untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak dari jangkauan internet yang luas.

Hal ini juga di dukung oleh kebiasaan baru konsumen yang melakukan analisa produk terlebih dahulu di internet sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya secara daring atau langsung di toko fisik, sehingga melakukan promosi di internet akan membantu untuk menaikkan penjualan secara drastis karena telah terbangun kepercayaan konsumen yang kuat berkat ulasan dari pembeli sebelumnya.

Munculnya trend social commerce dimana penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi di social media juga menjadi faktor pendukung meningkatnya penjualan pelaku usaha di social media.

Hal ini dikarenakan konsumen bisa membeli produk keinginan yang ditawarkan saat melihat berbagai konten social media dan bisa membelinya saat itu juga tanpa perlu meninggalkan konten yang disukai, trend ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan konsumen yang aktif melakukan promosi di social media.

jenis jenis content marketing untuk promosi

Jenis-jenis Content Marketing Untuk Promosi

Bagi pengguna internet aktif tentunya akan menemukan berbagai jenis content marketing yang digunakan untuk promosi produk atau melakukn interaksi dengan pengikut yang dimiliki, namun tidak semua jenis konten tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan pemasaran produk.

Mengingat setiap target konsumen memiliki kesukaan yang berbeda-beda sehingga kreator perlu memilih dan memilah content marketing yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga promosi yang dilakukan bisa disampaikan dengan baik dan efektif.

Karenanya berikut beberapa jenis content marketing yang bisa digunakan untuk keperluan promosi dan interaksi dengan pengguna social media.

Blog

Bingung cara memilih lemari kayu untuk pertama kali? Google bisa menjadi solusinya, dimana anda bisa menemukan berbagai artikel yang membahas mengenai suatu topik menggunakan kata kunci tertentu.

Penggunaan Google sebagai mesin pencari sudah biasa digunakan oleh pengguna internet untuk mencari topik mengenai topik tertentu atau menemukan solusi dari masalah yang dihadapi menggunakan kata kunci yang sesuai.

Tidak jarang saat anda terus menerus melakukan pencarian topik tertentu maka anda akan menemukan website yang sama, sehingga akhirnya tertarik pada produk dan layanan yang ditawarkan oleh brand tersebut.

Di sisi lain, penggunaan blog biasanya digunakan oleh pelaku usaha yang menjual produknya ke business tertentu dikarenakan tampilan blog yang terlihat profesional dan formal, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen yang hendak membeli barang tersebut.

Meskipun begitu, banyak juga brand tertentu menggunakan blog sebagai media promosi dan edukasi kepada konsumennya sehingga memudahkan konsumen untuk melihat produk yang ditawarkan sekaligus mendapatkan edukasi mengenai produk tertentu.

sqTZY2pgRqKFr2TWtAfz

Salah satunya yang dilakukan oleh brand furnitur modern Upspace yang mempromosikan produknya melalui blog yang akan memudahkan konsumen untuk melihat berbagai produk yang ditawarkan serta mendapatkan informasi mengenai perkembangan dunia furnitur.

Penggunaan blog sebagai media content marketing juga efektif untuk memaparkan pendapat mengenai topik yang berkaitan mengenai produk dan layanan yang dimiliki.

Cara ini tentunya akan menguntungkan apabila seorang pengguna internet melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu dan akhirnya menemukan konten yang diunggah.

Tidak hanya itu, mengunggah artikel yang berkaitan dengan topik tertentu juga akan membantu meningkatkan ranking blog anda di pencarian teratas dibandingkan kompetitor lain.

Sehingga blog anda mendapatkan kepercayaan lebih dari pengguna internet, meskipun mereka belum mempelajari produk tersebut sebelumnya.

Selain itu, solusi yang dibeirkan melalui artikel juga akan membuat konsumen lebih tertarik untuk menggunakan produk yang diberikan, apalagi jika anda menghubungkan masalah tertentu dengan layanan yang dimiliki.

Namun dalam melakukan promosi menggunakan blog maka kreator perlu melakukan optimasi blog secara efektif.

Pertama adalah melakukan optimasi konten menggunakan strategi search engine optimization.

Misalnya adalah mengangkat topik yang banyak dicari di internet menggunakan kata kunci tertentu.

Apabila anda membuat artikel berdasarkan pembahasan yang sedang hangat di kalangan komunitas, maka akan membuka peluang bagi website anda untuk mendapatkan pencarian teratas.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menambahkan berbagai tambahan media lainnya berupa gambar dan video yang relevan.

Sehingga apabila pengguna menemukan gambar tersebut di internet, maka mereka juga akan dihubungkan ke website tersebut, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan kunjungan organik.

Kedua adalah menggunakan pillar dan cluster konten untuk membagi konten artikel ke dalam beberapa bagian.

Misalnya saja anda memiliki topik membangun rumah idaman sederhana, maka anda bisa memasukkan topik lain yang berkaitan.

Cara ini juga akan membantu menaikkan jumlah pengunjung saat konsumen melakukan pencarian di satu artikel dan akhirnya merambat ke konten lain yang relevan.

Namun dalam menentukan pillar dan cluster content, maka anda perlu melakukan analisa yang lebih mendalam, agar masing-masing artikel salig berhubungan satu sama lain.

Ketiga adalah fokus pada konten yang berkaitan dengan produk yang dimiliki dan tidak menambahkan topik yang kurang relevan.

Cara ini dilakukan agar pengguna internet yang menemukan artikel anda bisa lebih tertarik pada produk yang ditawarkan berkat relevansi yang berkaitan satu sama lain.

Keempat adalah menulis artikel untuk dibaca oleh manusia, meskipun algoritma Google bekerja berdasarkan penggunaan kata kunci yang relevan.

Hal ini dilakukan mengingat pengguna internet adalah pembaca setia yang membaca artikel yang disuguhkan dan buka mesin atau bot.

Sehingga apabila anda menulis konten yang berpatokan pada penggunaan kata tertentu akan menghasilkan konten yang kurang relevan dan sulit dipahami oleh pembaca.

Pastikan untuk menemukan gaya bahasa yang tepat dan mudah dimengerti oleh target pembaca yang diinginkan.

Kelima adalah gunakan header yang relevan dengan isi konten serta mudah ditemukan saat menggunakan kata kunci tertentu.

Penggunaan header yang sesuai membantu pengguna internet yang hendak mencari konten berdasarkan topik tertentu dan tidak ingin membaca keseluruhan isi artikel.

Di sisi lain, algoritma google juga tetap menaikkan header artikel yang menggunakan kata kunci tertentu.

Infografis

Saat menyampaikan informasi ke konsumen untuk konten edukasi maka anda juga perlu memberikan data yang valid.

Pemberian data ini akan membuat konsumen percaya bahwa konten yang disuguhkan memiliki kebenaran informasi, sehingga bisa digunakan untuk pertimbangan melakukan kegiatan tertentu, apalagi jika informasi disampaikan oleh brand terkenal.

Salah satu sata untuk menyampaikan informasi ke audience adalah menggunakan infografis yang mengumpulkan data dalam bentuk grafis sehingga mudah dipahami oleh penonton.

Biasanya infografis ini digunakan oleh kreator Linkedin, Instagram, atau Blog dimana penggunanya mencari data untuk mendapatkan wawasan baru.

Dalam pembuatan konten infografis yang menarik dan mudah dipahami oleh audience, maka anda perlu melakukan beberapa analisa terlebih dahulu.

Pertama adalah menentukan topik yang akan dibahas, anda bisa membahas topik yang sedang naik daun atau permasalahan yang sedang dibicarakan oleh komunitas yang dimiliki.

Contohnya adalah anda ingin membahas mengenai kebiasaan belanja konsumen pada waktu-waktu diskon, dimana anda bisa mengumpulkan data mengenai barang yang sering dibeli serta budget yang dihabiskan untuk belanja.

Infografis ini nantinya berguna bagi pelaku usaha yang melakukan transaksi di marketplace untuk menyusun strategi promosi pada waktu-waktu diskon.

Kedua adalah melakukan pengumpulan informasi secara internal atau eksternal, data secara internal biasanya berupa kebiasaan konsumen, penjualan produk, atau wawancara dengan konsumen melalui berbagai saluran informasi.

Namun, apabila anda ingin mendapatkan informasi secara eksternal maka anda bisa meminta data dari lembaga survey, portal berita terpercaya, atau lembaga yang memiliki informasi yang relevan.

Setelah proses pengumpulan data yang memakan banyak waktu, biaya, dan tenaga, maka inilah saatnya melakukan pengolahan data melalui alat ukur tertentu.

Apabila hasil sudah berhasil di dapatkan, maka anda bisa mengubah data tersebut dalam bentuk infografis yang mudah dipahami oleh audience.

Pastikan untuk memberikan warna-warna cerah di infografis serta memberikan keterangan tambahan di kolom tersebut agar mudah dibaca oleh pengguna social media.

Agar tampilan menjadi lebih menarik, maka anda bisa menambahkan beberapa informasi serta gambar yang relevan, sehingga pembaca memiliki gambaran solusi yang perlu dilakukan setelah melihat infografis tersebut.

Tentunya anda juga ingin audience mendapatkan informasi berharga agar tidak terjebak ke dalam berita palsu bukan?

Anda bisa menyebarkan data infografis tersebut ke berbagai saluran social media yang dimiliki, sehingga mudah diakses oleh pengguna internet.

Infografis yang sukses adalah tabel dan grafik yang simpel serta memberikan dampak bagi penggunanya, dimana pembaca dapat memahami isi data dengan lebih simpel.

Penggunaan infografis juga penting dalam content marketing untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand yang dimiliki serta memastikan bahwa anda memiliki peran besar pada industri dan komunitas tersebut.

Konten Video 

Konten video menjadi salah satu content marketing yang banyak digunakan oleh kreator social media beberapa tahun belakangan.

Hal ini dikarenakan konten video mampu menyajikan informasi dan hiburan yang menarik diiringi dengan visual yang cantik, sehingga merasa terhibur untuk menyaksikan konten tersebut.

Di tambah lagi dengan popularitas Tiktok yang meningkat beberapa tahun belakangan menjadikan banyak social media berlomba-lomba membuat jenis konten yang sama.

Di sisi lain, platform social media menyediakan berbagai jenis konten video yang bisa diakses sesuai kebutuhan dan keinginan.

Konten Siaran Langsung

Sebelum kemudahan dalam mengakses internet saat ini, biasanya antara penjual dan pembeli melakukan interaksi dengan membalas berbagai komentar dan pesan yang masuk.

Interaksi satu ini memang dapat membantu meningkatkan hubungan dengan konsumen, namun pembeli harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan balasan dari pembeli apabila mengirim pesan di waktu yang kurang tepat.

Untungnya saat ini tersedia konten siaran langsung, dimana kreator bisa membalas berbagai pertanyaan yang masuk dan dicantumkan pada kolom komentar secara cepat.

Interaksi ini tentunya memudahkan konsumen yang hendak bertanya mengenai suatu barang tertentu saat live streaming diadakan.

Kemudahan dalam melakukan interaksi dengan konsumen dan pengikut secara langsung, menjadikan konten anda dapat ditemukan hampir di seluruh social media.

Konten siaran langsung sendiri juga terus menerus melakukan pembaharuan untuk interaksi dan promosi yang menarik.

Salah satunya adalah hadirnya live shopping dimana konsumen bisa melakukan transaksi selama siaran langsung dilakukan.

Trend live shopping ini juga menguntungkan bagi pelaku usaha karena mereka bisa mempromosikan produk yang dimiliki dan mendapatkan pembelian di waktu yang bersamaan.

Kegiatan live shopping yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu meningkatkan penjualan secara drastis bagi pelaku usaha.

Konten Video Pendek

Konten video pendek menjadi salah satu jenis video yang digandrungi oleh pengguna social media saat ini.

Hal ini dikarenakan penonton bisa melihat berbagai konten video yang menarik dalam waktu singkat sehingga tidak memakan banyak waktu.

Meskipun singkat namun penonton bisa mendapatkan informasi dan hiburan yang beragam, sehingga penonton betah menghabiskan banyak waktu untuk melihat konten video pendek.

Kepopuleran konten video pendek juga menjadikan banyak kreator social media menggunakannya sebagai media promosi atau interaksi.

Meskipun begitu, konten video pendek lebih cocok digunakan untuk membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan tersedianya fitur reply video, dimana anda bisa membalas berbagai komentar yang masuk untuk membagun interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Selain itu, konten video pendek juga akan menyulitkan kreator untuk menunjukkan produk yang dimiliki secara lebih detail karena keterbatasan durasi.

Meskipun begitu, anda bisa mengunggah konten berupa cerita di balik layar proses pembuatan atau pengemasan produk, sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen.

Konten Video Panjang

Sebelum adanya konten video pendek yang merajalela, pengguna internet biasa disuguhkan dengan konten video panjang.

Konten ini menjadi fitur unggulan dari Youtube, dimana pengguna bisa menonton konten dengan durasi yang lebih panjang dengan penjelasan yang lebih detail.

Di sisi lain, konten video panjang juga menguntungkan bagi kreator untuk menjelaskan produk dan layanan yang dimiliki dengan lebih mudah.

Sumber :

https://www.semrush.com/blog/types-of-content-marketing/

https://blog.hubspot.com/marketing/content-marketing-types

https://www.searchenginejournal.com/content-marketing/content-types/#close

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *