pexels photomix company 230544 2

Kenali Social Commerce, Tren Baru Belanja Online

Kini pengguna internet lebih menyukai belanja di social media dibandingkan website e-commerce, lalu bagaimana pelaku bisnis mengatasinya?

Saat mengunjungi aplikasi tiktok, mungkin anda akan menemukan satu atau dua orang yang melakukan siaran langsung sembari berjualan berbagai produk.

Siaran yang berlangsung seru serta berbagai produk menarik yang ditawarkan tentunya membuat penonton tergoda untuk membelinya.

Di sisi lain, tidak hanya tiktok saja yang memiliki layanan social commerce, beberapa platform media sosial lain juga memiliki layanan yang sama, seperti Facebook, Instagram, bahkan Youtube juga turut meramaikan dunia jual beli di social media ini.

Kehadiran social commerce ini juga dipicu adanya pandemi yang menerjang di tahun 2020 lalu menjadikan konsumen akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan bermain social media, hingga akhirnya merubah kebiasaan konsumen yang tadinya hanya ingin melihat konten promosi menjadi ingin membeli produk tersebut tanpa berpaling dari konten di social media.

Perkembangan social commerce yang pesat ini akhirnya membuat berbagai platform terus mengembangkan berbagai layanan shop dengan menambah fitur-fitur tertentu guna memaksimalkan transaksi jual beli di internet.

Tertarik melakukan jual beli di social commerce? Berikut penjelasan mengenai social commerce dan platform social media yang menggunakannya.

apa itu social commerce

Apa Itu Social Commerce

Pernahkah anda melakukan belanja di social media karena tergiur diskon yang menggiurkan? Selamat, anda sudah merasakan pengalaman berbelanja di social commerce.

Social commerce sendiri merupakan layanan jual beli yang terjadi di social media, dimana penjual menawarkan produk di konten yang tersedia dan pembeli bisa berkunjung ke halaman profil social media untuk melihat barang jualan yang ditawarkan.

Dengan menggunakan social commerce, semua pengalaman belanja mulai dari mencari produk hingga membeli barang kebutuhan bisa dilakukan di social media.

Saat ini, beberapa social media yang menawarkan layanan social commerce adalah Instagram, Facebook, Tiktok, Pinterest. Namun, diprediksi beberapa platform lain juga tengah mempersiapkan layanan penjualan di social media sehingga akan meramaikan tren belanja ini.

Melalui layanan social commerce, anda mungkin saja menemukan barang incaran di instagram explore yang ternyata dijual dengan harga miring di instagram shop sehingga anda tidak perlu ketinggalan konten instagam reels yang sedang seru-serunya.

Layanan social commerce sendiri ternyata tidak hanya ditemukan pada layanan shop, namun jika anda bergabung pada grup order produk tertentu di twitter maka kegiatan tersebut juga termasuk social commerce, di mana anda menemukan barang keinginan saat iseng melihat tweet di waktu senggang.

Kegiatan jual beli melalui social commerce sendiri dinilai menguntungkan oleh penjual dan pembeli, karena pelaku usaha mendapatkan konsumen potensial yang mungkin akan membeli kembali apabila produk yang dijual termasuk ke dalam barang kebutuhan.

Sementara itu, layanan social commerce juga menguntungkan bagi konsumen yang tengah mencari barang tertentu di social media dan mendapatkan rekomendasi dari teman untuk mengunjungi toko atau akun yang menjual barang tersebut.

Tidak hanya itu, proses jual beli di social commerce juga memberikan keuntungan lebih bagi penjual yang membantu untuk meningkatkan penjualan.

pexels andrea piacquadio 920382 1

Keuntungan Menggunakan Social Commerce

Kehadiran social commerce ini terlihat menguntungkan bagi usaha kecil yang sedang berkembang untuk mencari konsumen untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Tidak hanya itu, social commerce ini juga memberikan keuntungan lainnya yang bermanfaat bagi konsumen serta penjual.

Kemudahan Mengakses Toko Online Dimana Saja

Beberapa tahun lalu, ketika ingin membeli suatu produk, seseorang harus berkunjung ke toko tertentu yang menjual barang tersebut, tidak jarang seorang konsumen harus berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lain untuk memperoleh barang keinginan.

Kegiatan ini tentunya memakan banyak waktu dan tenaga hanya untuk mencari sebuah barang yang ternyata tidak kunjung bertemu, ditambah lagi konsumen terkadang kebingungan mencari toko yang menyediakan barang tersebut.

Untungnya perkembangan teknologi menyelamatkan itu semua dan kini seseorang bisa berbelanja hanya melalui handphone yang terhubung dengan koneksi internet dan anda bisa menemukan barang keinginan di social media dengan harga dan produk yang sesuai tanpa perlu ke luar rumah.

Tidak hanya itu, dengan melakukan belanja di social commerce maka anda tidak perlu berbicara dengan staff yang dimiliki dan tinggal menekan ikon-ikon tertentu dan menunggu barang untuk dikirim ke rumah.

Meningkatkan Brand Awareness dan Engagement

Salah satu keuntungan melakukan promosi di social media adalah kesempatan untuk hadir di kalangan target konsumen yang anda inginkan sehingga membuka kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli yang tertarik pada konten yang anda suguhkan.

Kehadiran sebuah konten yang terus menerus tentunya akan membuat pengguna social media penasaran dan akhirnya berkunjung ke akun tersebut dan melihat konten serta produk yang ditawarkan, apabila konsumen sudah tertarik maka akan membuka kesempatan untuk membeli produk tersebut di layanan social commerce yang ditawarkan.

Cara ini mungkin saja anda dapatkan apabila konsumen membuka aplikasi e-commerce, namun tentu saja jumlah pengguna internet yang membuka akun social media lebih banyak dibandingkan yang mengunjungi website market place pada saat-saat tertentu saja.

Tidak hanya itu, promosi word of mouth yang biasanya ditemui di social media juga menguntungkan bagi pelaku usaha, sehingga lebih banyak orang yang berkunjung ke akun social media anda sambil berbelanja produk yang ditawarkan.

Kemudahan Mengukur Kinerja Penjualan

Pengguna akun social media business pastinya mengetahui fitur insight yang dapat mengukur performa konten yang telah diunggah dalam jangka waktu tertentu.

Berbagai informasi dari layana insight ini tentunya menguntungkan untuk mengukur kinerja strategi marketing yang telah dilakukan untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Di sisi lain, pengukuran insight ini juga tersedia pada layanan social commerce, dimana anda bisa mengukur jumlah barang yang terjual serta disukai konsumen sehingga penjual harus menyetok produk tersebut terus menerus.

Tidak hanya itu, keberadaan informasi tersebut juga memudahkan penjual untuk membuat strategi marketing yang sesuai dengan keinginan konsumen berdasarkan kebiasaan belanja yang dilakukan di social commerce.

Meningkatkan Jumlah Ulasan dan Kredibilitas

Sama seperti akun e-commerce lainnya, setelah barang yang di pesan sampai di tangan konsumen dengan selamat, maka pembeli akan diminta mengisi kolom khusus dimana anda bisa mengisi ulasan saat berbelanja di akun social media tersebut.

Ulasan yang terpercaya dari konsumen tentunya membuat konsumen lain percaya hingga akhirnya ikut membeli barang dari toko tersebut berkat ulasan yang bagus.

Testimoni yang diberikan oleh pelanggan juga dapat membantu akun social media business mendapatkan kredibilitas yang tentunya mendapatkan citra baik di mata konsumennya.

Memberikan Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Sebagian besar pengguna internet mungkin pernah merasakan belanja di website market place, namun tidak dengan social commerce yang menjadi trend di kalangan banyak orang.

Berbelanja online di social media akan memberikan pengalaman yang lebih interaktif dibandingkan membeli barang tertentu di website e-commerce.

Hal ini dikarenakan, konsumen dapat dengan mudah melakukan konsultasi dengan teman sebelum memutuskan membeli barang tersebut yang tentunya dibantu dengan ulasan dari pengguna social media yang pernah berbelanja barang tersebut sebelumnya.

Selain itu, bagi seseorang yang sibuk hingga tidak sempat berkunjung ke toko atau pusat perbelanjaan, maka social commerce bisa menjadi solusi yang bagus untuk mendapatkan barang keinginan tanpa perlu ke luar dari zona nyaman, karena semua orang memiliki waktu untuk membuka akun social media namun tidak ada kesempatan untuk berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Social Commerce Mengikis Hambatan Saat Belanja

Kemudahan lain dari melakukan proses jual beli di social commerce adalah kesempatan untuk membeli barang keinginan tanpa perlu melalui perjalanan yang cukup panjang dan memakan banyak waktu.

Tidak hanya itu, konsumen juga memiliki lebih banyak peluang untuk datang ke akun social media anda, mulai dari iklan, saran konten, atau rekomendasi teman yang pernah membeli barang tersebut sebelumnya.

Keuntungan Penjualan yang Banyak

Meskipun trend satu ini baru menjadi trend di kalangan pengguna social media, namun sudah banyak penjual yang mendapatkan keuntungan luar biasa dari social commerce.

Hal ini terjadi dari konsumen yang tertarik untuk melihat konten anda di social media dan kemudian berminat untuk membeli barang yang ditawarkan.

Di sisi lain, pengguna social media memiliki kebiasaan untuk mencari sebuah produk di social media menggunakan kata kunci tertentu, sehingga saat rekomendasi akun social media muncul maka pengguna mulai untuk melihat produk yang ditawarkan, atau mungkin anda juga melakukannya?

Kebiasaan ini tentunya menguntungkan bagi penjual untuk meningkatkan pendapatan tambahan dari social commerce dari keisengan konsumen yang berniat mencari produk tertentu dan malah tertarik untuk membeli barang jualan yang ditawarkan.

Tempat Anak Muda Belanja Barang Keinginan

Apabila target konsumen anda berada di kisaran usia 18-34 tahun maka social commerce menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual barang keinginan.

Hal ini dikarenakan sebagian besar anak muda memiliki gadget sendiri yang bisa digunakan untuk belanja barang keinginan dengan mudah dan cepat.

Selain itu, social media juga menjadi tempat bagi anak muda berkumpul untuk mengekespresikan diri atau menemukan kelompok minat yang sama sehingga menguntungkan bagi konsumen untuk melakukan promosi sembagi jualan di social commerce.

Mendapatkan Konsumen yang Potensial

Berbagai platform social media memiliki pengguna yang sangat banyak dan tersebar di berbagai tempat yang tentunya memiliki minat dan kesukaan yang berbeda-beda.

Perbedaan keinginan ini tentunya menguntungkan bagi penjual untuk mendapatkan konsumen yang potensial dengan mempromosikan konten ke target konsumen yang diinginkan.

Selain itu, kini social media juga biasanya merekomendasikan konten ke target konsumen yang memiliki minat yang sama sehingga membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan pembeli yang sesuai.

pexels karolina grabowska 4968391 1

Platform Social Media Untuk Social Commerce

Untuk saat ini, baru ada 4 social media yang memiliki layanan social commerce yang tentunya akan disusul dengan berbagai platform lain yang membuka fitur tersebut, mengingat perubahan tren dari tradisional menjadi modern serta tren belanja di social media yang sedang naik daun.

Berikut beberapa social media yang menyediakan layanan social commerce yang bisa anda coba untuk menjangkau target konsumen yang dimiliki.

Facebook Shops

Facebook tidak hanya sebagai social media yang biasa digunakan untuk mencari komunitas yang memiliki minat serupa atau relasi yang lebih luas, namun Facebook juga bisa digunakan sebagai media jual beli yang efektif.

Social media yang pernah mendapatkan perhatian dari pengguna internet di Indonesia ini juga telah membuka layanan social commerce dengan nama facebook shops.

Meskpun hype facebook di Indonesia tidak seramai dulu, platform social media ini tetap mendapatkan tempat sendiri di hati pengguna social media dengan 250 juta orang yang aktif melakukan jual beli di facebook shops yang tersebar di seluruh dunia.

Layanan satu ini memungkinkan pengguna facebook untuk melakukan jual beli di platform khusus yang tentunya lebih aman dan mudah.

Pebisnis yang ingin melakukan promosi di facebook shops juga diberikan kemudahan untuk mengatur dan merancang akun facebook shops yang dimiliki.

Dalam memasukkan berbagai barang jualan di facebook shops, maka anda akan diberikan dua pilihan yakni terhubung terlebih dahulu dengan facebook shops sehingga produk anda akan otomatis masuk ke dalam platform tersebut namun jika anda belum melakukan pengaturan maka penjual perlu memasukkan produk satu persatu melalui spread sheet.

Anda juga bisa mengakses layanan facebook shops dnegan mudah yakni masuk ke tab facebook shops yang berada di aplikasi facebook yang kemudian akan menampilkan produk berdasarkan referensi konsumen, setelah pembeli selesai memilih barang yang diinginkan maka bisa langsung membayarnya di aplikasi atau website facebook shops.

Tidak hanya itu, apabila konsumen masih memiliki pertanyaan mengenai produk yang akan dibeli maka bisa melakukan komunikasi dengan penjual melalui fitur messenger.

Selain itu, pembeli juga bisa melakukan komunikasi dengan pembeli melalui layanan whatsapp yang terhubung dengan konten penjual di facebook shops.

Keuntungan lain dari menggunakan facebook shops sebagai media social commerce adalah pemberian informasi yang akurat mengenai data pembeli untuk melacak kebiasaan konsumen yang bisa anda gunakan sebagai strategi marketing yang efektif.

word image 186.png

Selain itu, agar tampilan facebook shops menjadi lebih menarik, maka penjual bisa mengatur tampilan koleksi, pilihan fonts, foto produk, serta warna yang cocok untuk brand yang anda miliki.

Penjual juga bisa memasukkan katalog produk dengan memasukkan barang secara manual atau melakukan ekspor dari website sehingga lebih menghemat waktu untuk mengatur tampilan di facebook shops.

Namun, jika anda merasa pengaturan di facebook shops masih terasa kurang maka anda bisa melakukan test terlebih dahulu guna memerikan pengalaman pembeli sebelum akhirnya bisa diakses untuk melakukan jual beli produk.

Instagram Shop

Sedang bingung memilih barang tertentu namun belum mengetahui brand yang sesuai? Stalking di instagram bisa menjadi solusinya.

Hal ini dikarenakan sebagai besar brand besar atau rintisan membuat akun instagram sebagai media promosi sebelum akhirnya melakukan promosi di platform lain, seperti facebook atau twitter.

Sehingga tidak mengherankan apabila pengguna social media mencari produk tertentu di instagram sebelum akhirnya membeli barang tersebut di social commerce atau website market place.

Platform social media visual yang digandrungi oleh kalangan anak muda ini juga telah meluncurkan layanan instagram shop yang menjadi satu dengan facebook shop.

Penggabungan ini tentunya memudahkan penjual yang juga memiliki akun facebook shop sehingga tidak perlu membuat berbagai pengaturan lain dan cukup menyambungkan akun instagram shop ke akun facebook yang dimiliki, setelah tersambung maka kreator bisa memanfaatkan katalog produk yang telah diunggah ke facebook shop atau membuat katalog baru.

Selain memiliki pengguna aktif yang banyak, instagram shop juga memiliki keuntungan lainnya yakni product tags dimana penjual mengunggah foto produk di akun instagram dan kemudian melakukan tag product dimana konsumen bisa melihat deskripsi produk dan harga yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, product tags juga bisa dimasukkan ke konten video atau foto sehingga promosi yang anda lakukan semakin unik dan menarik.

Penggunaan product tags tentunya memudahkan bagi konsumen yang berminat pada produk yang anda tawarkan dan selanjutnya melakukan pembelian barang melalui instagram shop.

Kelebihan lain dari menggunakan instagram shop sebagai media social commerce adalah keleluasaan dalam menggunakan berbagai konten yang disediakan oleh instagram sehingga memaksimalkan promosi produk yang anda miliki.

Agar tampilan instagram shop menjadi lebih keren maka anda bisa melakukan kustomisasi tampilan menjadi lebih keren dan menarik di mata konsumen sehingga tergiur untuk membeli produk yang anda promosikan.

photo1658310447

Salah satu akun instagram yang menjual produknya di instagram shop adalah @imploracosmetics, dimana konsumen bisa melihat berbagai produk yang dijual di etalase toko dan melakukan pembayaran melalui situs website.

Pinterest

Satu lagi social media visual yang menawarkan layanan social commerce, pinterest memiliki layanan product pins yang tidak langsung mengarah ke fitur social commerce, namun membawa konsumen ke dalam landing page khusus dimana anda dapat melakukan proses jual beli dengan mudah.

Namun, postingan produk di pinterest akan terlihat seperti konten biasa namun memiliki keterangan harga dan deskripsi produk yang bisa konsumen baca sebelum melakukan pembelian produk.

Apabila penjual tertarik untuk melakukan penjualan di pinterest, maka anda bisa menggunakan layanan aplikasi Pinterest for Shopify untuk menambahkan katalog produk ke halaman pinterest business.

Namun, jika anda menggunakan platform e-commerce lainnya maka anda masih bisa melakukan product pins dengan memberikan tanda khusus secara manual ke product yang anda miliki.

Keuntungan lain dari menggunakan pinterest sebagai media social commerce adalah kebiasaan pengguna internet yang mencari inspirasi dekorasi di pinterest sehingga penjual bisa menggunakannya sebagai media jual beli untuk menjual produk yang dimiliki ke konsumen yang berminat.

Tiktok Shop

Platform yang tengah naik daun dan disukai oleh banyak pengguna internet ini juga tidak mau kalah untuk mengikuti trend ini dengan meluncurkan tiktok shop.

Layanan social commerce satu ini awalnya diluncurkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris pada bulan September 2021 yang kemudian tersebar di seluruh negara di dunia.

Kehadiran tiktok shop juga mencuru perhatian konsumen indonesia berkat adanya siaran langsung yang mempromosikan produk yang dijual di tiktok shop sehingga memudahkan konsumen untuk membeli sembari melihat live streaming yang berlangsung.

Proses belanja melalui tiktok shop juga dinilai interaktif karena konsumen bisa melakukan pembelian saat live streaming berlangsung dengan melakukan klik pada keranjang belanja yang ada di bagian kiri layar yang memuat berbagai macam produk yang ditawarkan.

Selain itu, konsumen juga bisa melakukan pembelian barang dengan mengunjungi akun tiktok tertentu dan melakukan pembelian melalui ikon keranjang di halaman profile tiktok.

Penggunaan siaran langsung sebagai media promosi juga dinilai efektif, karena tiktok akan menaikkan live streaming tersebut ke halaman fyp tiktok, sehingga konsumen yang tidak mengetahui produk anda sebelumnya akhirnya mengenal barang yang anda jual kemudian tertarik untuk melakukan pembelian.

Tidak jarang, sebuah akun tiktok shop melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok terkenal untuk membantu menjual barang yang ditawarkan.

Sumber:

https://influencermarketinghub.com/social-shopping-trends/

https://sproutsocial.com/insights/social-commerce/?amp

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.