share of voice

5 Trik Meningkatkan Share of Voice di Media Sosial

Selama lebih dari 50 tahun, Marketing dapat menggunakan aturan untuk menentukan jumlah uang yang akan diinvestasikan dalam periklanan. Aturan tersebut adalah Share of Voice.

Apa itu Share of Voice?

Share of voice media

Dilansir dari Postbeyond, Share of Voice (SOV) adalah ukuran pasar yang dimiliki oleh brand kamu dibandingkan dengan pesaingmu.

Sederhananya, menentukan ini dapat memungkinkan kamu untuk memiliki visi yang lebih besar tentang merek, popularitas, dan otoritasmu di pasar.

Dulu sebelum adanya era digital, untuk mengetahui SOV, kamu harus melihat liputan pers. Sekarang di era pemasaran digital. Share of Voice menjadi lebih kompleks.

Perusahaan perlu melihat beberapa metrik berbeda termasuk lalu lintas website, keterlibatan media sosial, dan lainnya untuk menentukan SOV.

Menurut databox.com ketika kamu mengatakan Share of Voice itu mungkin sebagai berikut:

  • Seberapa baik orang – orang mengenal brandmu?
  • Seberapa sering brandmu terlihat oleh mereka secara online?
  • Apakah mereka membicarakan brandmu?
  • Berapa banyak artikel menulis tentang brandmu?

Jadi, ketika kamu tahu posisi brandmu di hadapan orang lain, pahamilah letak masalah perusahaanmu dan perbaikilah itu untuk memikat lebih banyak orang di web.

Pentingnya SOV

Sebagian besar Share of Voice terhubung langsung dengan kesuksesan yang akan kamu dapat di industri. Ini menunjukkan bahwa kamu mendominasi pasar dan tampil di depan pelanggan yang kamu inginkan.

Dilansir dari Marketing91.com ada beberapa keuntungan SOV diantaranya:

Memahami konsep ini bisa membantu kamu meningkatkan pemasaran. Berikut adalah beberapa trik untuk meningkatkan Share of Voice:

5 Trik Meningkatkan Share of Voice

tips share of voice

Sekarang setelah kamu memahami apa itu Share of Voice, bagaimana kamu dapat memaksimalkannya? Berikut kami sediakan 5 trik yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan Share of Voice brandmu:

Selalu Aktif (Always Be Active)

Agar bisa didengar di sosial media, kamu harus aktif. Tidak ada jalan lain.

Dilansir sproutsocial.com, jika kamu hanya membuat tweet sekali sehari atau memposting ke Instagram seminggu sekali, maka kamu akan diabaikan dan dilupakan.

Semua jejaring sosial media utama memiliki jutaan pengguna aktif yang berbagi konten , terlibat, dan menjelajahinya setiap hari. Satu-satunya cara adalah dengan aktif secara konsisten.

Brandmu bisa memulai dengan membuat kalender media sosial yang menguraikan semua konten yang kamu rencanakan pada bulan tersebut.

Kamu tidak perlu menyertakan secara detail setiap postingan yang ingin kamu buat. Tujuannya adalah menjadwalkan konten yang harus dirilis pada tanggal tertentu serta konten yang dibuat dari wesite sendiri.

Ini akan memungkinkanmu untuk mengisi celah konten dan memberimu kemampuan untuk berbagi konten sepanjang waktu.

Hal yang tidak kamu inginkan adalah audiensmu harus melalui waktu yang lama tanpa mendengar kabar dari brandmu.

Karena, walaupun kamu tidak memposting, ada kemungkinan besar kompetitormu melakukannya. Kamu memberikan mereka lebih banyak waktu dan ruang untuk meningkatkan Share of Voice mereka.

Buat Konten yang Dapat Dibagikan

Menurut Hootsuite.com cara lain yang baik untuk meningkatkan Share of Voice adalah dengan memposting konten yang ingin dibagikan orang-orang. Misalnya seperti tips, gambar, GIF, dan video cenderung populer.

Semakin banyak konten yang original atau lucu maka semakin baik.

Share of voice twitter
Share of voice instagram

Buat Anggaran Sesuai

Dengan melacak Share of Voice sosial mediamu, kamu akan memiliki gagasan yang lebih baik mengenai di mana harus berinvestasi dalam konten bersponsor, bermitra dengan pemberi pengari sosial.

Atau mungkin cukup dengan mengalokasikan lebih banyak sumber daya dukungan. Misalnya, apakah suaramu di Twitter kurang, tetapi si Instagram cukup?

Pertimbangkan untuk menyelenggarakan obrolan Twitter atau menyiapkan profil Twitter untuk dukungan.

Memiliki strategi media sosial yang tepat akan memungkinkanmu untuk fokus mengembangkan Share of Voice di tempat yang paling kamu butuhkan.

Bantu Orang Untuk Terhubung

share of voice people

Dikutip dari Marketing91.com iklan yang efektif adalah dengan membangun hubungan yang sukses antara publik dengan brandmu. Buatlah mereka berfikir, “Oh iklan ini aku banget!’, “Iklan ini sama dengan kehidupanku dan yang aku butuhkan.”.

Salah satu hal terbaik untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan ulasan dan testimoni untuk produkmu. Bahkan logo brandmu berperan dalam meningkatkan Share of Voicemu.

Kamu pasti sudah membaca sekian artikel tentang manfaat memiliki logo produk yang bagus. Ini karena produkmu mewakili kamu di mana saja sehingga itu harus efektif.

Namun, hal yang mungkin tidak kamu tahu adalah bahwa dalam kasus memposting iklan, kamu harus benar-benar mencoba memanfaatkan orang dan contoh kehidupan nyata.

Saat kamu menggunakan gambar orang, publik akan langsung terhubung.

Jangan Fokus Hanya Pada Sosial Media

share of voice media social

Menurut sproutsocial.com, meningkatkan Share of Voice bukan berarti berhenti di media sosial saja. Kamu dapat menggunakan setiap saluran pemasaran untuk membantu.

Disebutkan dalam publikasi besar dan direfrensikan di seluruh web untuk memicu percakapan tentang brand sosial mediamu. Gunakanlah SEO untuk mendapatkan kontenmu berada di halaman pertama Google.

Jalankan iklan yang berbayar untuk meningkatkan kesadaran merek. Karena semakin kamu dapat menjangkau saluran pemasaran, maka semakin besar dampak untuk brandmu.

Mulailah dengan menyusun semua saluran yang tersedia untuk kamu. Itu termasuk:

  • Email
  • Situs brandmu
  • Search Ads
  • Pembelian Media
  • Seluruh sosial mediamu

Kemudian, kamu dapat memulai membuat kampanye yang dapat melibatkan semua saluran.

Misalnya, kamu dapat membuat sebuah postingan di blog yang dapat di unduh. Kemudian kamu dapat mempromosikan postingan blog itu dan menyertakan list email dengan iklan untuk menyebarkan berita.

Buatlah konten yang berguna serta relevan untuk audiensmu, dan terapkanlah strategi promosi yang dapat kamu terapkan dengan baik. Obrolan mengenai brandmu harus mulai berkembang.

Kesimpulan

Meningkatkan Share of Voice merupakan salah satu kunci untuk menonjol di pasar yang ramai.

Dalam era digital yang terus berubah, penting untuk mengukur daya upaya pemasaran brandmu, menguji hal baru, dan melihat apa yang memiliki dampak terbesar untuk pelangganmu.

Kami berharap dengan beberapa trik ini dapat meningkatkan Share of Voice brandmu. Jika kamu punya tambahan trik, jangan lupa tulis di kolom komentar , ya!

5 Trik Meningkatkan Share of Voice di Media Sosial

Leave a Reply

19 views
Copy link